Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

strategi blue ocean

Strategi blue ocean adalah strategi yang dilakukan untuk menciptakan pasar baru dengan menawarkan nilai-nilai unik dan berbeda dari bisnis lain kepada pelanggannya.

Strategi ini dinilai efektif dalam mencapai target dan segmentasi pasar yang tepat sehingga memungkinkan perusahaan untuk berfokus pada kebutuhan serta preferensi pelanggannya.

Lantas, apa saja manfaat dan tindakan yang perlu dilakukan dalam menerapkan strategi bisnis ini? Mari simak ulasan selengkapnya melalui pembahasan berikut.

Apa itu Blue Ocean Strategy?

Strategi samudra biru atau blue ocean strategy adalah pendekatan bisnis yang dilakukan dengan mencari ruang pasar baru dan belum ditempati oleh pesaing lain.

Secara harfiah, blue ocean merupakan lautan biru yang tenang, dalam, dan luas. Lautan tersebut dianalogikan sebagai kondisi suatu pasar yang tidak ada persaingan dan masih ada banyak peluang bagi suatu bisnis untuk bertumbuh.

Strategi blue ocean pertama kali diperkenalkan dalam buku yang diterbitkan pada tahun 2005, karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne. Kedua penulis buku tersebut menjelaskan bahwa strategi samudra biru dapat menciptakan lompatan nilai yang besar bagi suatu perusahaan.

Strategi samudra biru dibuat karena adanya anggapan bahwa batasan pasar dan struktur industri itu cenderung tidak pasti, sehingga para pelaku bisnis bisa menciptakan peluangnya sendiri.

Perbedaan Blue Ocean dan Red Ocean

Pada dasarnya, blue ocean strategy adalah jenis strategi bisnis yang berkebalikan dengan red ocean strategy.

Red ocean strategy atau strategi samudra merah merupakan suatu pendekatan tradisional dalam bisnis dengan cara bersaing pada pasar yang sudah ada. Strategi samudra merah sering kali membuat suatu bisnis menurunkan laba dan harga produk agar bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Sementara itu, blue ocean strategy mengutamakan pasar yang belum ada pesaing sehingga membuat kompetisi menjadi tidak relevan. Secara umum, perusahaan yang mengusung strategi samudra biru dapat menciptakan, menawarkan, atau menerima permintaan baru dari pasar.

Baca juga: 5 Manfaat Customer Relationship Management (CRM) untuk Bisnis

Manfaat Blue Ocean Strategy

Terdapat berbagai manfaat yang bisa diperoleh perusahaan dengan menerapkan strategi samudra biru, di antaranya sebagai berikut.

1. Memahami Peluang Kesuksesan Bisnis

memahami peluang kesuksesan bisnis

Manfaat blue ocean strategy yang pertama adalah memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi peluang yang belum ditemukan sebelumnya.

Sebab, strategi ini akan berfokus pada pasar baru dengan banyak potensi bisnis yang belum termanfaatkan. Dengan begitu, perusahaan dapat mengambil keuntungan tersebut untuk bertumbuh dan menciptakan layanan yang belum ada persaingan.

2. Mencapai Target dan Segmentasi Pasar yang Spesifik

mencapai target dan segmentasi pasar yang spesifik

Karena menciptakan pasar baru, perusahaan yang menerapkan strategi samudra biru lebih mudah untuk mencapai target dan segmentasi pasar secara spesifik.

Alhasil, hal ini membuat perusahaan dapat berfokus pada kebutuhan serta preferensi pelanggan yang belum terlayani sebelumnya.

3. Berpeluang Menjadi Pemimpin Pasar

berpeluang menjadi pemimpin pasar

Perusahaan yang menerapkan strategi blue ocean akan pertama kali mencetuskan produk yang menawarkan nilai unik dan tidak ada pesaingnya.

Jika nantinya ada kompetitor lain yang masuk ke dalam segmentasi pasar ini, perusahaan pencetusnya berpotensi menjadi pemimpin pasar (market leader) karena sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat luas.

Tindakan dalam Blue Ocean Strategy

Terdapat empat tindakan yang perlu dilakukan oleh pebisnis dalam menerapkan strategi samudra biru, mulai dari eliminate, reduce, raise, hingga create. Berikut masing-masing penjelasannya.

A. Eliminate (Menghapus)

Langkah pertama yang dapat dilakukan dalam menerapkan strategi samudra biru adalah menghilangkan elemen-elemen yang tidak bernilai di dalam produk atau layanan perusahaan.

Dengan begitu, perusahaan bisa berfokus pada hal-hal yang paling penting dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Konsep Product Life Cycle, Tahapan, Beserta Contohnya

B. Reduce (Mengurangi)

Langkah berikutnya, Anda perlu mengurangi unsur-unsur yang berlebihan namun tetap diperlukan dalam suatu produk atau layanan perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya produksi dan menghasilkan produk yang lebih terjangkau dan efisien bagi pelanggan.

C. Raise (Meningkatkan)

Agar dapat menghasilkan produk yang unggul dan memperhatikan pengalaman pelanggan, perusahaan juga perlu meningkatkan elemen-elemen penting dan bernilai di dalam produk terkait.

Secara tidak langsung, hal ini dapat menjadi peluang bagi perusahaan untuk membedakan produknya dengan pesaing lain.

D. Create (Menciptakan)

Langkah terakhir dari strategi blue ocean adalah create atau menciptakan. Pada tahapan ini, perusahaan dapat menciptakan elemen-elemen baru suatu produk yang belum ada di pasaran.

Tindakan inilah yang dapat membuat perusahaan mampu menarik perhatian dan pelanggan baru.

Kelebihan dan Kekurangan Strategi Blue Ocean

Setiap strategi bisnis tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tidak terkecuali dengan strategi samudra biru. Adapun sejumlah kelebihan dan kekurangan strategi blue ocean yang perlu dipahami adalah sebagai berikut.

Kelebihan:

  • Berkesempatan untuk mengendalikan harga serta menghasilkan keuntungan lebih tinggi pada pasar yang baru diciptakan.
  • Bisa mencapai target dan segmentasi pasar yang lebih spesifik sehingga turut meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan.
  • Mendorong inovasi dan kreativitas di dalam perusahaan untuk menciptakan ide baru.

Kekurangan:

  • Memerlukan biaya yang cukup besar untuk mengembangkan ide baru.
  • Membutuhkan waktu dan usaha yang lebih besar untuk membangun brand awareness.
  • Memiliki risiko pesaing masuk ke pasar baru.

Tips Menerapkan Strategi Blue Ocean

Agar strategi samudra biru dapat berjalan optimal, terdapat beberapa tips yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis, di antaranya:

  • Menciptakan ceruk pasar (niche market) baru: Perusahaan perlu berfokus pada kebutuhan segmen pasar yang belum terlayani sebelumnya.
  • Menciptakan inovasi: Melahirkan produk atau layanan baru yang inovatif, unik, dan memiliki nilai tersendiri di mata pelanggan. Contohnya seperti Lemonilo yang menciptakan produk mie instan sehat.
  • Membuat slogan unik: Slogan unik yang menggambarkan nilai dari suatu bisnis dapat membantu perusahaan untuk menciptakan identitas kuat di dalam pasar.

Contoh Perusahaan yang Menerapkan Strategi Blue Ocean

Salah satu contoh perusahaan di Indonesia yang menerapkan strategi ini adalah Wardah. Wardah menciptakan pasar baru yang menawarkan produk kosmetik dan perawatan kulit halal serta sesuai dengan kepercayaan konsumen Muslim.

Karena menerapkan strategi tersebut, Wardah akhirnya berhasil dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi market leader dalam industri kosmetik halal di Indonesia.

Manfaatkan Faspay untuk Optimalkan Persaingan Bisnis Anda

Dapat disimpulkan, strategi blue ocean menjadi salah satu metode pendekatan yang dapat dilakukan untuk memperoleh posisi kuat di dalam pasar.

Selain menerapkan berbagai strategi bisnis, Anda juga dapat memaksimalkan persaingan bisnis dengan menyediakan layanan yang bisa memudahkan transaksi pelanggan, salah satunya adalah sistem pembayaran digital.

Berbicara mengenai sistem pembayaran digital, menggunakan Faspay Business bisa menjadi langkah tepat.

Faspay Business memiliki fungsi utama sebagai payment gateway yang memungkinkan bisnis Anda untuk menerima pembayaran online melalui berbagai metode, seperti virtual account, credit card, e-wallet, QRIS dan masih banyak lagi.

Tak perlu khawatir, Faspay Business menyediakan opsi integrasi yang beragam sehingga proses aktivasi dapat berlangsung dengan mudah dan cepat. Selain itu bagi bisnis yang belum memiliki website atau aplikasi pun tetap bisa menggunakan pembayaran digital dari Faspay dengan all-in-one dashboard yang bisa diakses dimana pun dan kapan pun, Anda dapat langsung mendaftar Faspay Billing.

Anda pun bisa memperoleh bantuan dari customer care atau support team yang responsif dan siap membantu Anda kapan pun.

Tunggu apa lagi? Segera daftar menjadi merchant Faspay dan nikmati kemudahan pembayaran bisnis Anda sekarang juga!

Baca juga: Inilah Metode Riset Pemasaran Sebagai Landasan Aktivitas Pemasaran

Lihat Artikel Lainnya

E-payment adalah

Mengenal E-payment: Definisi, Manfaat, dan Contohnya

Keuntungan Menggunakan VA - Faspay

5 Keuntungan Penggunaan Virtual Account (VA) untuk Bisnis

Rumus BEP dan Cara Perhitungannya

Ini 2 Rumus BEP (Break Even Point) dan Contoh Perhitungannya

cover-newsletter-04

5 Kesalahan dalam Berbisnis Yang Wajib Dihindari