Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

pembayaran digital faspay

Sebagai pebisnis di zaman modern ini, penting untuk memanfaatkan berbagai teknologi yang sudah berkembang, salah satunya adalah metode pembayaran digital.

Pemanfaatan metode pembayaran digital tentu dapat memudahkan Anda untuk bertransaksi dengan pelanggan, karena prosesnya bisa dilakukan dengan cepat dan transparan.

Lantas, apa saja metode pembayaran online yang umum digunakan untuk memudahkan proses transaksi dengan pelanggan? Mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahui berbagai alat pembayaran digital selengkapnya!

Apa itu Sistem Pembayaran Digital?

Sebelum membahas apa saja jenis-jenis pembayaran digital, penting untuk mengenali pengertiannya terlebih dahulu.

Digital payment system atau sistem pembayaran digital adalah suatu proses transfer nilai atau nominal dari suatu akun pembayaran ke akun lainnya menggunakan perangkat digital, seperti smartphone atau komputer.

Artinya, sistem pembayaran ini akan bersifat cashless, contactless, dan paperless sehingga terasa lebih praktis dan efisien.

Kini, sistem pembayaran online telah digunakan untuk berbagai keperluan transaksi, mulai dari pemesanan tiket transportasi, belanja online, pembayaran makanan dan minuman di restoran, hingga pembelian token listrik dan pulsa internet.

Berbagai Keuntungan Pembayaran Digital

Secara umum, terdapat berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan metode pembayaran online untuk keperluan bisnis, di antaranya sebagai berikut.

1. Lebih Fleksibel

Keuntungan pembayaran digital yang pertama adalah terasa lebih fleksibel. Sebab, metode pembayaran ini dapat dilakukan kapan dan di mana saja, selama pelanggan memiliki smartphone, koneksi internet, serta aplikasi pembayaran.

Dengan menggunakan metode pembayaran online, pelanggan tidak perlu mencari bank atau ATM untuk menarik uang tunai yang dibutuhkan dalam sistem transaksi tradisional.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Pembayaran Digital Lewat Payment Gateway untuk Bisnis

2. Proses Cepat

Jika bertransaksi menggunakan uang tunai, pemilik bisnis biasanya perlu menukar uang kembalian yang pastinya akan memakan waktu lebih lama. Hal ini tentu tidak berlaku dengan metode pembayaran secara digital.

Metode ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan lebih cepat, karena hanya perlu memindai atau memasukkan kode pembayaran menggunakan aplikasi khusus.

3. Transparan

Digital payment system biasanya akan terhubung dengan email pengguna sehingga memungkinkan pemilik bisnis untuk memantau aktivitas transaksi yang dilakukan, terutama jika menggunakan layanan payment gateway.

Pemilik bisnis dapat dengan mudah memantau riwayat transaksi serta saldo bisnisnya, hal ini memungkinkan bisnis mengelola transaksi keuangan dengan lebih efektif.

Nantinya, laporan dan riwayat aktivitas transaksi yang dilakukan akan dikirimkan secara berkala melalui email pengguna atau dapat melakukan pengecekan melalui dashboard yang disediakan oleh penyedia digital payment system.

Jenis-Jenis Pembayaran Digital yang Umum Digunakan

Karena berbagai keunggulannya, digital payment system sudah mulai digunakan untuk keperluan transaksi. Namun, apa saja jenis pembayaran online yang umum digunakan? Berikut penjelasannya.

1. Dompet Digital

e-wallet - faspay

Dompet digital atau e-wallet merupakan salah satu alat pembayaran online yang cukup populer. Pada dasarnya, dompet digital merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membawa uang dalam format digital.

Saat ini, ada berbagai jenis dompet digital yang umum digunakan, di antaranya adalah OVO, DANA, Linkaja, ShopeePay, dan masih banyak lagi.

2. QRIS

QRIS - faspay

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan gabungan dari berbagai kode QR yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia.

Untuk menggunakan QRIS, pelanggan hanya perlu menggunakan smartphone untuk memindai atau scanning kode QR (barcode) dua dimensi yang sudah terhubung oleh suatu data sistem keuangan.

Baca juga: Inilah Fungsi Penting Pembayaran Online untuk Berbagai Industri 

3. Mobile Banking dan Internet Banking

mobile banking - faspay

Mobile banking merupakan layanan yang disediakan oleh bank untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi melalui aplikasi pada smartphone.

Aplikasi tersebut menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan oleh pengguna, di antaranya adalah transfer uang, pembayaran kartu kredit, pembayaran listrik, pengisian saldo dompet digital, dan masih banyak lagi.

Selain mobile banking, beberapa perbankan juga menyediakan layanan internet banking yang bisa digunakan untuk bertransaksi melalui situs web bank terkait.

4. Virtual Account (VA)

virtual account - faspay

Virtual account (VA) adalah akun rekening bank virtual yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menerima pembayaran dari pengguna.

Nantinya, pembeli dapat memasukkan kode unik dari virtual account tersebut ke dalam akun bank untuk mengakses rincian pembayaran serta mentransfer sejumlah dana.

Metode pembayaran ini dinilai lebih praktis karena pembeli tidak perlu memasukkan nomor rekening penerima dana maupun nominal harga yang perlu dibayar secara spesifik.

Kini, terdapat berbagai bank yang menyediakan virtual account untuk keperluan transaksi pengguna, seperti BCA, BRI, Mandiri, BNI, Danamon, dan lain sebagainya.

5. Online Credit

online credit - faspay

Jenis pembayaran digital yang umum digunakan berikutnya adalah online credit. Metode pembayaran ini merupakan inovasi dari perusahaan financial technology (fintech) untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi online.

Dengan menggunakan online credit, nasabah dapat melakukan pembayaran cicilan pada beberapa e-commerce. Beberapa jenis online credit yang umum digunakan adalah Kredivo, Akulaku Paylater, Indodana, Ceria Paylater, dan sebagainya.

Nikmati Kemudahan Pembayaran Digital pada Bisnis Anda dengan Faspay

Dapat disimpulkan, alat pembayaran digital adalah suatu sistem yang dihadirkan untuk memudahkan proses transaksi dengan pelanggan.

Jika ingin menggunakan sistem pembayaran online untuk bisnis Anda, Faspay bisa menjadi pilihan tepat.

Faspay merupakan payment gateway yang menyediakan solusi pembayaran online melalui beragam metode, seperti internet banking, online debit, QRIS, online credit, virtual account, e-wallet, retail payment, dan masih banyak lagi.

Tak perlu khawatir, Faspay telah dipercaya oleh lebih dari 5.000 bisnis di berbagai industri, seperti industri hospitality, industri e-commerce, transportasi, logistik, FMCG hingga game online dan masih banyak industri lainnya yang sudah bertransformasi digital maupun non-digital untuk menyediakan sistem pembayaran online di mana saja dan kapan saja.

Faspay juga menyediakan opsi integrasi yang beragam sehingga dapat memudahkan Anda untuk memilih sistem pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Mari nikmati kemudahan transaksi secara digital dan daftarkan bisnis Anda sebagai merchant Faspay sekarang juga!

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Bisnis Membutuhkan Sistem Pembayaran Online

Lihat Artikel Lainnya

Faspay Newletters I MEI 2023_Remaining Products Eng

Sekarang Pelanggan Bisa Bayar BRIVA Melalui Agen BRILink, Jangkau Pelanggan Lebih Luas

era industri 4 - 0

Ini 4 Manfaat Era Industri 4-0 (Era Digitalisasi)

WhatsApp Image 2021-04-20 at 5.52.36 PM

Faspay Bagi-Bagi Rezeki Ramadhan Bisnis Makin Berkah dengan Alfamart Cash Out

usaha sampingan karyawan - faspay

14 Usaha Sampingan Karyawan untuk Menambah Penghasilan