cara promosi produk online

cara promosi produk

Sekarang ini, promosi produk online diperlukan strategi yang tepat dan efektif untuk menjangkau target audiens. Hal ini karena melakukan pemasaran secara online berbeda dengan yang konvensional atau tradisional.

Terlebih lagi, perkembangan teknologi ini semakin membuat masyarakat melakukan transaksi atau belanja secara online. Tentu, untuk mengenalkan produk bisnis Anda, wajib untuk melakukan promosi yang tepat agar mampu bersaing di tengah ketatnya persaingan pasar.

Artinya, cara promosi produk online merupakan hal yang perlu diperhatikan bagi pebisnis, baik skala usaha kecil menengah maupun skala besar

Baca Juga: Contoh Poster Promosi Produk F&B yang Menarik 

Jika strategi pemasaran yang dilakukan sudah tepat, maka akan jauh lebih mudah bagi pebisnis untuk mendapatkan keberhasilan dan mewujudkan semua tujuan maupun visi dan misinya. 

Namun, pastikan pula psikologi marketing juga diperhatikan karena dapat membantu mengetahui target pasar, kebutuhan dan keinginan konsumen, serta perilakunya bagaimana. Nah, inilah yang juga sangat berguna dalam promosi produk secara online.

Maka dari itu, pada artikel ini akan membahas bagaimana cara melakukan pemasaran produk online yang paling efektif dan tepat beserta dengan media promosinya.

Yuk, simak pembahasannya sampai akhir, ya!

​​10 Cara Promosi Produk Online yang Paling Efektif

Menjadi seorang pebisnis tidaklah mudah, karena Anda harus mengikuti tren yang terus berkembang dan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen serta menciptakan produk yang unik agar mampu bertahan di tengah persaingan yang sangat ketat.

Demi mewujudkan hal tersebut, salah satu yang bisa Anda lakukan adalah melakukan promosi produk online yang efektif agar tepat sasaran kepada audiens. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Ketahui Target Pelanggan 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui target pasar bisnis. Dalam hal ini, Anda bisa memulai dengan memetakan secara demografis dan psikografis sesuai dengan produk yang ditawarkan. 

Misalnya produk Anda kaos T-shirt, Anda bisa mulai memetakan sebagai berikut: laki-laki/wanita, dengan umur 22 - 45 dan memiliki kesukaan terhadap fashion serta gemar berbelanja online

Hal ini bertujuan agar budget yang nanti Anda gunakan untuk promosi sudah sesuai dan sampai kepada audiens sebagai target pasarnya.

  • Memberikan Diskon Khusus

Harga merupakan salah satu pertimbangan bagi konsumen saat ingin membeli sebuah produk. Maka dari itu, promo atau diskon merupakan hal yang dapat menarik pelanggan untuk berbelanja di online store Anda. 

Salah satu teknik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan metode flash sale. Di mana Anda akan mengadakan penjualan cepat dengan waktu dan jumlah produk yang terbatas dan bisa dilakukan pada saat promosi di tanggal kembar, seperti 2-2-2022, 12-12-2022, dan sebagainya.

Dalam periode flash sale ini, pelanggan bisa mendapatkan potongan harga yang lebih murah dari biasanya.

  • Membuat Website

Cara selanjutnya adalah dengan membuat website profesional bagi bisnis Anda. Dengan adanya website, Anda bisa menjual semua produk atau jasa di sini.

Namun, untuk menarik perhatian pelanggan, Anda bisa membuat konten atau artikel yang menjelaskan produk atau jasa yang dijual. Dalam hal ini, artikel yang dibuat bertujuan sebagai alat promosi agar pembaca mengetahui produk yang Anda jual dan tertarik untuk membelinya.

  • Manfaatkan Media Sosial

Melakukan promosi lewat media sosial merupakan salah satu langkah paling tepat untuk mengenalkan produk Anda dengan audiens

Hal ini dikarenakan, media sosial merupakan media promosi paling efektif karena pembeli jauh lebih mudah untuk menjangkau informasi dari sebuah brand melalui konten yang dibuat.

Terlebih lagi, meningkatnya pengguna aktif media sosial di dunia membuat konten yang Anda buat bisa semakin viral dan membuat brand dikenal secara luas.

  • Buat Content Marketing

Cara promosi selanjutnya adalah melalui content marketing yang berarti berfokus pada konten, baik itu blog, media sosial, podcast, atau lainnya.

Hal ini dikarenakan content marketing bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat antara pemilik bisnis dan pelanggan dalam jangka waktu lama. Namun, pastikan Anda membuat konten yang relevan dengan target audiens.

  • Membagikan Konten Melalui Email Marketing

Siapa sangka, jika email marketing bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi dan mengenalkan produk kepada target audiens.

Bahkan, cara ini diklaim cukup efektif karena orang yang menerima email merupakan target konsumen dan bisa langsung terhubung dengan calon pelanggan. 

  • Berkolaborasi Dengan Influencer 

Jika Anda tidak bisa membuat konten yang menarik dan mampu menggaet calon konsumen, maka sebaiknya lakukan kerja sama dengan influencer. 

Hal ini dikarenakan, influencer adalah orang yang mempunyai jumlah pengikut di media sosial cukup banyak dan mampu untuk mempengaruhi keputusan pembeli calon konsumen.

  • Bangun Komunikasi dengan Konsumen

Untuk membangun komunikasi yang baik dengan konsumen, Anda bisa mulai dengan menanyakan produk yang dikirim sudah tiba atau belum. Lalu ketika sudah sampai, kamu bisa menanyakan testimoni dari mereka setelah mencoba produk dari bisnis Anda. 

Membangun hubungan personal dengan pelanggan juga bisa kamu lakukan dengan memberikan kupon voucher khusus dan ucapan ulang tahun di hari spesial mereka. Tentunya cara ini dapat membuat pelanggan kamu lebih dekat dan lebih loyal terhadap bisnis kamu.

  • Memanfaatkan Marketplace

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan platform marketplace untuk melakukan promosi produk secara online. Caranya cukup mudah, yakni dengan membuat deskripsi produk yang informatif, menarik, serta berikan gambar yang berkualitas.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan harga lebih terjangkau dari kompetitor untuk menggaet konsumen membeli produk. Dalam hal ini, Anda juga bisa memberikan diskon tertentu kepada calon pembeli.

  • Manfaatkan iklan media sosial

Cara terakhir adalah memanfaatkan iklan media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, atau lainnya. Iklan ini dapat membantu untuk membagikan konten yang relevan dengan target audiens Anda.

Media Promosi Produk Online

Jika Anda sudah mengetahui beberapa cara promosi, maka selanjutnya adalah akan dijelaskan beberapa media promosi produk online yang bisa digunakan.

Berikut ini beberapa media promosinya:

  • Instagram

Pertama, ada Instagram yang bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi produk bisnis. Melalui media ini, Anda bisa membagikan foto dan video produk yang menarik agar calon konsumen tertarik untuk membeli.

  • Facebook

Sama halnya dengan sebelumnya, media Facebook bisa dijadikan pilihan karena penggunanya sangat banyak dan harga untuk melakukan promosi diklaim lebih murah.

Apalagi, jika Anda menggunakan Facebook Ads dengan membagikan konten unik dan menarik, maka peluang sampai ke target audiens sangat besar, sehingga mereka bisa mengenal produk bisnis Anda.

  • TikTok

Sekarang ini, TikTok sudah bisa digunakan untuk mempromosikan produk para pebisnis dan jumlah pengguna aktifnya pun semakin meningkat.

Kemudian, pihak developer memberikan fitur live shopping yang bisa digunakan untuk mengenalkan produk bisnis dengan cara siaran langsung dan diberikan diskon khusus.

Baca Juga: Promosi Produk Lebih Menarik dengan Reels dan Tiktok

  • Marketplace

Selanjutnya, marketplace juga bisa dijadikan media promosi sekalian menjual produknya secara langsung. Biasanya, cara promosi melalui media ini adalah dengan memberikan diskon atau promo khusus kepada konsumen.

  • WhatsApp

Terakhir, ada WhatsApp yang mana bisa dilakukan dengan cara membagikan produk yang Anda jual di story, grup tertentu, atau mengirimkan kepada teman kontak untuk membelinya.

Luaskan Jangkauan Pasar Produk Online dengan Faspay Payment Gateway

Apakah Anda sudah paham bagaimana cara melakukan promosi produk online? Jika sudah, maka saatnya Anda memberikan kemudahan kepada konsumen untuk melakukan transaksi secara online.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan invoice online melalui payment gateway dari Faspay.

Baca Juga: Invoice Online, Bantu Meningkatkan Kemudahan Berbisnis

Anda bisa menggunakan layanan Faspay Billing yang berfungsi sebagai tools pembuat  invoice online bagi bisnis agar bisa menerima pembayaran secara online, meskipun belum memiliki website atau aplikasi tertentu.

Selain itu, terdapat juga Faspay Business yang mana sebuah sistem pembayaran online yang nantinya bisa diintegrasikan dengan plugin merchant atau API. Faspay Business cocok digunakan bagi bisnis yang sudah mempunyai website atau aplikasi dan dapat menerima 50+ sistem pembayaran.

Jika ingin menerapkannya pada bisnis Anda, segera daftar di sini dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Isi formulir pendaftaran
  2. Merchant akan menerima respon email dari tim Akuisisi Faspay dalam satu hari kerja
  3. Merchant wajib mengirimkan dokumen yang diperlukan
  4. Merchant akan melalui proses KYC dan dilanjutkan proses integrasi, namun prosedur integrasi tidak diperlukan untuk produk Faspay Billing
  5. Merchant akan menerima user credential untuk menggunakan layanan Faspay.

Perluas jangkauan bisnis dengan menghilangkan batasan geografis menggunakan produk pembayaran online dari Faspay payment gateway!

Related Articles

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.