Ini 7 Trik Psikologi Marketing Tingkatkan Penjualan Bisnis

Trik psikologi marketing

Selain melakukan cara marketing yang baik untuk meningkatkan penjualan dan laba perusahaan. Namun, dalam dunia pemasaran, psikologi memainkan peran yang tak kalah penting. Psikologi membantu dalam mengetahui target pasar, memahami perilaku konsumen, keinginan mereka, dan cara berpikir mereka. Lalu, apa saja strategi psikologi marketing tersebut?

Memahami beberapa prinsip dasar psikologi dapat mengubah strategi pemasaran dari baik menjadi luar biasa. Mari simak tentang teknik marketing secara psikologi melalui ulasan dibawah ini.

 

Trik Psikologi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Sebelum menjalankan strategi pemasaran atau marketing, memahami bagaimana cara berpikir konsumen atau psikologi mereka adalah hal yang perlu dilakukan guna dapat menarget pasar yang tepat. Berikut trik psikologi marketing yang umum dilakukan, antara lain:

1. Hindari Menggunakan Kata Perintah

Trik psikologi marketing yang pertama adalah pastikan untuk tidak menggunakan kata perintah, seperti : free trial, sebagian besar bisnis akan menggunakan kalimat yang umum dipakai seperti : “Daftarkan diri Anda untuk uji coba gratis selama 30 hari” atau dalam bahasa Inggris dengan kalimat singkat “Try premium trial for 30 days”, segera lakukan perbaikan

Terdapat alternatif yang lebih baik dari itu, seperti dengan cara menggunakan pendekatan yang berkesan memanggil tindakan/Call To Action (CTA) calon pelanggan Anda, contoh: “Tidak ada pembayaran untuk bulan pertama”. Tujuannya sama, tetapi berpotensi hasil yang berbeda.

2. Berikan Tingkatan Label Pada Pelanggan

Trik psikologi marketing berikutnya adalah memberikan tingkatan label pada pelanggan Anda. Membuat pelanggan Anda merasa istimewa adalah salah satu cara menciptakan retensi, dan Anda juga memiliki kesempatan untuk mengubah pelanggan menjadi brand ambassador bagi produk Anda secara cuma-cuma. Cara ini merupakan metode akuisisi yang baik, mengingat berapa banyak pelanggan baru yang berkualitas bisa saja jadi berdatangan karena rekomendasi dari mulut ke mulut. Simak cara berikut :

  • Berikan penamaan ke pelanggan berdasarkan tingkat status yang lebih tinggi dibanding yang lainnya (mungkin setelah mereka menjadi pelanggan untuk jangka waktu tertentu, atau bagi yang telah melakukan tindakan tertentu terkait produk maupun jasa Anda)
  • Berikan merchandise khusus sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan.
  • Berikan medali/sertifikat digital yang bisa pelanggan pasang di website mereka untuk mengatakan bahwa mereka adalah anggota tersertifikasi yang meraih status tertentu.

3. Pahami Tipe-Tipe Pelanggan

Memahami tipe-tipe pelanggan juga merupakan salah satu trik psikologi marketing. Ada 3 tipe dasar Pelanggan, mari kita kenali melalui penjelasan nya sebagai berikut :

  • Hemat

Tipe Pelanggan hemat adalah individu yang menahan pengeluaran uang mereka selama yang mereka bisa. Mereka membelanjakan lebih sedikit dan menghemat lebih banyak dibandingkan dengan orang kebanyakan. Cara menawarkan ke individu ini dengan Gunakan kata-kata jelas dan tidak basa basi. Andalkan data angka, bagan, dan grafik. Gunakan itu semua sebagai daya tarik emosional mereka dalam mendorong penjualan.

  • Loyal

Tipe Pelanggan loyal adalah individu yang berbelanja lebih banyak dan menghemat lebih sedikit dibanding dengan kebanyakan orang. Tindakan pembelian mereka benar-benar didorong oleh pemicu emosional. Cara menawarkan ke individu ini dengan iklan yang bersifat emosional. Bisa saja berupa video yang mencakup banyak gambar.

  • Perhitungan

Tipe Pelanngani ini berada di tengah-tengah antara pembeli hemat dan loyal. Kebanyakan individu membeli barang yang masih bisa mereka perkirakan secara rasional, tapi juga yang tidak menjadi resiko bagi keuangan mereka. Cara menawarkan ke individu ini adalah buatlah keseimbangan strategi pemasaran emosi sekaligus berdasarkan data. Contohnya, Anda bisa sertakan jaminan uang kembali, garansi seumur hidup, atau pengiriman gratis.

4. Bangun Urgensi dengan Cara Cerdas

Ciptakan urgensi dengan cara tekankan hal-hal unik dari produk Anda dan manfaat atau keuntungan bagi pelanggan seandainya pengguna membeli atau menggunakan produk Anda. Jangan membangun urgensi dengan kata-kata klise, namun ke arah yang lebih spesifik dan unik untuk membuatnya beda dari pada produk lain. Cara ini cukup efektif sebagai salah satu trik psikologi marketing

5. Tunjukkan Nilai Bisnis

Trik marketing penjualan berikutnya adalah menunjukan tujuan dari bisnis Anda. Apabila bisnis Anda memiliki visi dan misi untuk membantu banyak orang, maka dapat ditunjukan dengan membangun kegiatan tertentu, misalnya: kegiatan amal bagi penderita kanker atau anak-anak yang butuh sekolah gratis. Faktanya, 64% orang dari hasil survey, menyatakan bahwa keputusan pembelian mereka lebih cenderung didasarkan pada faktor psikologis satu ini.

6. Gunakan Teknik Penawaran

Penelitian menunjukkan bahwa orang akan lebih cenderung membeli ketika produk Anda memberikan manfaat atau solusi dari masalah yang dialami. Anda bisa menawarkan dengan memberikan contoh cara penyelesaian yang relevan dan aktual dari masalah yang dihadapi, cara ini akan lebih menarik dan lebih berpotensi menjual.

7. Tampilkan Testimoni Pelanggan dengan Konten Unik

Kejutkan pelanggan dengan testimoni unik dengan sajian yang tidak terduga, maka Anda bisa membangun loyalitas terhadap brand dengan lebih baik. Calon Pelanggan akan melihatnya dan mempertimbangkan untuk menggunakan jasa/membeli produk Anda, karena mereka lebih mempercayai testimoni pengguna Anda dibanding iklan.

Itu dia berbagai trik psikologi marketing yang dapat diterapkan pada bisnis Anda. Selain menerapkan strategi pemasaran yang tepat, Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan payment gateway. Pemanfaatan payment gateway dapat meningkatkan kemudahan transaksi pelanggan dan kelancaran bisnis Anda secara keseluruhan.

Faspay Business adalah sistem pembayaran online yang disambungkan API atau plugin. Dengan Faspay Business, Anda tidak hanya dapat menerima lebih dari 50 metode pembayaran online, tetapi juga akan mendapatkan akses all-in-one dashboard untuk melacak seluruh transaksi penjualan. Sehingga Anda dapat lebih mudah memantau performa bisnis Anda.

Penggunaan Faspay Business yang praktis cocok dengan kebutuhan pembayaran online yang semakin dibutuhkan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jadikan pembayaran online semakin mudah dan praktis dengan daftar menjadi merchant Faspay!

Related Articles

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.