Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > Strategi Promosi Tanggal Kembar untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Promosi Tanggal Kembar untuk Meningkatkan Penjualan

strategi promo tanggal kembar

Strategi promosi saat ini sudah semakin meningkat. Bahkan saat ini sudah banyak strategi penjualan yang memanfaatkan tanggal kembar. Pemanfaatan tanggal kembar ini sudah banyak dilakukan oleh banyak e-commerce di Indonesia. 

Pada saat tanggal kembar, konsumen aktif mencari barang dengan harga diskon yang lebih rendah daripada hari-hari biasa atau manfaat lainnya. Festival yang disebut "tanggal kembar" sering diadakan di platform belanja online setiap bulan pada tanggal dengan angka kembar, seperti 7.7, 8.8, dan puncaknya pada 12.12 yang bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS).

Selain itu, menurut penelitian dari Ipsos Indonesia, hampir separuh dari 1.000 responden telah merencanakan berbagai produk yang akan dibeli saat tanggal 12.12. Ini adalah peluang besar bagi merek untuk menjangkau pasar yang lebih besar dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Baca Juga: Strategi Marketing Jitu untuk Bisnis

Tips Strategi Promosi di Tanggal Kembar

Salah satu strategi meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan promo tanggal kembar. Dalam meningkatkan promosi di tanggal kembar sendiri, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, seperti berikut ini:

Atur Batas Waktu Diskon

Atur batas waktu diskon adalah langkah penting dalam strategi promosi untuk meningkatkan penjualan di tanggal kembar. Ini berarti menetapkan periode waktu tertentu di mana diskon akan berlaku untuk produk atau layanan tertentu. Dengan mengatur batas waktu, pelanggan merasa perlu untuk segera melakukan pembelian karena mereka menyadari bahwa diskon akan berakhir setelah periode tersebut. 

Strategi ini sering disebut Flash Sale, di mana penjualan hanya berlangsung dalam waktu singkat, seringkali hanya beberapa jam, dan biasanya menggunakan fitur countdown untuk memberi pengguna kesadaran tentang waktu tersisa.

Hal ini menciptakan dorongan tambahan bagi konsumen untuk berbelanja pada tanggal kembar, meningkatkan minat dan aktivitas belanja online. Selain itu, batas waktu juga membantu dalam menciptakan atmosfer eksklusivitas, di mana konsumen merasa bahwa mereka mendapatkan akses ke penawaran khusus yang tidak tersedia setiap saat. 

Dengan demikian, aturan batas waktu diskon menjadi salah satu strategi yang efektif dalam memaksimalkan hasil promosi pada momen-momen khusus seperti tanggal kembar.

Atur Jumlah Barang Diskon

Selain menetapkan batas waktu diskon, cara lainnya adalah dengan mengatur jumlah barang yang tersedia. Ini akan menciptakan rasa urgensi pada pelanggan, membuat mereka khawatir kehilangan kesempatan untuk mendapatkan produk yang terbatas. 

Akibatnya, pelanggan cenderung untuk segera membeli barang tersebut. Teknik copywriting yang efektif juga dapat membantu dalam strategi ini, seperti contoh penggunaan kalimat yang mencerminkan keterbatasan barang yang tersedia. Misalnya, menggunakan kalimat persuasif seperti "Promo diskon 50% tinggal 50 barang lagi! Jangan lewatkan kesempatan ini!"

Selain itu, strategi ini juga dapat memberikan manfaat psikologis bagi konsumen. Konsumen seringkali merasa bahwa mereka telah mendapatkan kesepakatan yang lebih baik atau lebih berharga ketika mereka berhasil memanfaatkan penawaran yang memiliki keterbatasan, seperti diskon barang yang jumlahnya terbatas. 

Ini dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap merek atau produk yang ditawarkan, karena mereka merasa bahwa merek tersebut memperhatikan kebutuhan dan preferensi mereka.

Penting untuk mencatat bahwa penggunaan strategi ini haruslah bijaksana dan cermat. Penjual perlu mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk ketersediaan stok, margin keuntungan, dan tujuan promosi jangka panjang. 

Strategi ini sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan atau terlalu sering, karena dapat mengurangi nilai eksklusivitas dan keefektifan promosi. Selain itu, penjual juga harus memastikan bahwa promosi yang mereka tawarkan masih menguntungkan secara finansial, meskipun dengan jumlah barang yang terbatas.

Berikan Voucher atau Kupon Khusus

Anda juga dapat menciptakan kupon spesial pada tanggal kembar untuk memberikan diskon kepada pelanggan, seperti potongan harga, cashback, atau bahkan kupon gratis lainnya. Pendekatan ini masih dianggap efektif dalam meningkatkan minat pelanggan untuk berbelanja pada tanggal kembar.

Baca juga: Cara Menentukan, Manfaat dan Tujuan Penetapan Harga, Inilah Strateginya!

Meskipun demikian, sebelum menerapkan rencana ini, penting untuk melakukan analisis terlebih dahulu. Pastikan bahwa diskon dan tambahan voucher yang diberikan masih dapat menghasilkan keuntungan yang diinginkan. Alternatifnya, Anda juga dapat membatasi penggunaan voucher hanya pada tanggal kembar tertentu atau untuk periode waktu yang singkat saja.

Promo Gratis Ongkir (Ongkos Kirim)

Promo gratis ongkir adalah salah satu strategi promosi yang sering digunakan saat momen tanggal kembar. Dalam promosi ini, pelanggan dapat menikmati pengiriman barang tanpa biaya tambahan untuk ongkos kirim. 

Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan minat pembelian konsumen, karena mereka merasa mendapatkan nilai tambah dengan penghematan biaya pengiriman. Selain itu, promo gratis ongkir juga dapat menjadi pendorong bagi konsumen yang awalnya ragu untuk membeli menjadi lebih termotivasi untuk bertransaksi.

Hal ini dikarenakan, pelanggan yang suka berbelanja online sangat menyukai penawaran gratis ongkir. Berdasarkan laporan dari katadata, sekitar 61,6% pelanggan menikmati manfaat promo gratis ongkir saat berbelanja. Mereka merasa lebih menguntungkan karena tidak perlu membayar biaya tambahan selain harga produk saat berbelanja dengan gratis ongkir.

Dengan demikian, dalam konteks promosi meningkatkan penjualan di tanggal kembar, penawaran gratis ongkir dapat menjadi strategi yang kuat untuk menarik pelanggan dan meningkatkan volume penjualan.

Memanfaatkan Ads/Iklan

Setelah menggunakan berbagai strategi promosi, Anda dapat meningkatkan pendapatan merek Anda pada tanggal kembar (double days) dengan mengiklankan toko Anda. 

Mengiklankan sangat bermanfaat untuk meningkatkan exposure toko Anda di tengah persaingan yang sengit, terutama saat tanggal kembar (double days). Melalui iklan, produk dari toko Anda akan menjadi lebih terlihat oleh banyak pelanggan. 

Ada banyak channel di mana kamu bisa menempatkan iklan untuk bisnismu, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, atau iklan di pasar online. Pastikan kamu memilih tempat yang sesuai dengan kebiasaan konsumen agar iklan lebih efektif.

Selain iklan digital, kamu juga bisa bekerja sama dengan orang-orang yang populer di media sosial, yang biasa disebut influencer, untuk mempromosikan bisnis secara online. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang ini mempengaruhi keputusan beli konsumen, jadi pilihlah influencer yang memiliki pengikut yang cocok dengan pelanggan yang ingin kamu jangkau.

Selain itu, biasanya dengan memanfaatkan ads atau iklan, biasanya toko Anda akan mendapat banyak perhatian dari audiens. Hal ini dikarenakan bisa saja muncul pemasaran di media sosial

Baca juga: Mengenal Revolusi Strategi Marketing 6.0 untuk Bisnis

Strategi promosi untuk meningkatkan penjualan di tanggal kembar adalah kunci penting dalam mengoptimalkan pendapatan bisnis. Beberapa strategi yang efektif termasuk penggunaan iklan untuk meningkatkan exposure toko, penerapan batas waktu pada event promosi, dan pemberian diskon atau penawaran khusus untuk menarik minat pelanggan.

Selain itu, memanfaatkan data pengguna dan up-selling produk juga menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan pendapatan. Dengan memanfaatkan momen tanggal kembar secara optimal melalui berbagai strategi promosi, bisnis dapat meraih kesempatan emas.

Salah satu channel pembayaran yang akan memudahkan penjualan di toko Anda selama promo tanggal kembar adalah Faspay Billing. Dengan Faspay Billing akan memberikan optimalisasi sistem operasional Anda dengan efisien terutama saat jumlah orderan sangat membludak. 

Hal ini karena Faspay Billing mampu mengirimkan tagihan ataupun invoice online secara satuan maupun sekaligus. Keuntungan ini bahkan bisa Anda dapatkan meskipun Anda tidak memiliki website ataupun aplikasi toko online

Pembuatan Faspay Billing (invoice online) bisa dilakukan di all-in-one dashboard yang disediakan Faspay, kemudian pemilik bisnis dapat mengirimkan invoice ke pelanggan melalui email atau Whatsapp. Pembuatan dan pengiriman invoice online menggunakan Faspay Billing dapat dilakukan secara massal, sehingga memudahkan pemilik bisnis saat ingin melakukan penagihan. Pelanggan dapat melakukan pembayaran invoice online dengan berbagai pilihan channel pembayaran di dalam invoice tersebut, dan kemudian notifikasi real-time akan masuk setelah tagihan berhasil dibayarkan.

Kemudahan dalam menggunakan produk-produk Faspay sangat banyak dan membantu bisnis Anda semakin berkembang. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera daftar jadi merchant Faspay sekarang!

Lihat Artikel Lainnya

1500-0-

Zakat Online – Penyalur Zakat Bisa Fasilitasi Donatur dengan Payment Gateway

Payment Gateway Indonesia

Jasa Maklon Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Biayanya

perusahaan payment gateway

4 Tips Memilih Perusahaan Payment Gateway