Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

content marketing adalah

Persaingan bisnis di era sekarang semakin ketat, sehingga membutuhkan strategi content marketing yang ampuh untuk mempromosikan brand maupun produk Anda. Terlebih lagi, saat ini sudah bisa melakukan promosi atau pemasaran lewat online dan terhubung dengan seluruh konsumen maupun pebisnis lain di dunia.

Maka dari itu, bagi para pelaku bisnis, membuat konten berkualitas adalah kunci untuk menarik perhatian konsumen sesuai target pasar yang telah ditentukan.
Selain itu, konten tersebut juga membantu untuk membangun brand hingga mempengaruhi perilaku konsumen. Artinya, saat ini content marketing bukan lagi sekedar sebuah pilihan saja, melainkan sudah menjadi kewajiban bagi para pelaku bisnis untuk tetap bisa bertahan di pasar yang semakin kompetitif ini.

Namun, kenyataannya masih belum banyak pelaku bisnis yang memahami tentang konten pemasaran yang berkualitas dan sesuai dengan target market mereka.
Meski begitu, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena kami akan membahasnya dengan detail dan jelas. Pembahasan kali ini akan fokus pada pengertian content marketing, contoh, hingga tips membuatnya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Apa itu Content Marketing?

Content Marketing FaspayContent Marketing adalah salah satu strategi pemasaran bisnis Anda dengan fokus untuk membagikan konten berupa audio, video, gambar, maupun tulisan. Bahkan, ini juga menjadi salah satu strategi marketing 6.0 dan sangat penting untuk bisnis karena bisa menumbuhkan brand awareness serta membangun hubungan dan interaksi antara customer dan bisnis Anda. Maka dari itu, untuk mencapai tujuan tersebut, konten harus memiliki 3 prinsip utama yaitu penting, relevan dan konsisten.

Tujuan penggunaan prinsip tersebut adalah supaya tercipta perasaan butuh dari para konsumen yang pada akhirnya mempunyai kedekatan emosi dengan konten yang Anda buat.
Dengan begitu, secara tidak langsung mereka tertarik dengan konten tersebut dan menciptakan peluang untuk membeli maupun menggunakan produk atau jasa dalam bisnis Anda.

Pada intinya, content marketing adalah sebuah strategi pemasaran melalui pembuatan konten yang berkualitas supaya bisa menarik perhatian konsumen serta meningkatkan peluang penjualan produk.

Sekarang ini, Anda bisa membuat konten berkualitas dengan memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Jenis TikTok Marketing bagi Bisnis

Media sosial ini memungkinkan konten yang Anda buat bisa tersampaikan dengan baik kepada target konsumen yang telah ditentukan. Terlebih lagi, saat ini sudah terdapat fitur ads yang bisa menyesuaikan preferensi konten yang Anda buat.

Mulai dari usia, jenis kelamin, wilayah, minat, dan lain sebagainya bisa dengan mudah Anda sesuaikan melalui fitur ads tersebut. Dengan begitu, konten Anda jauh lebih mudah tersampaikan kepada target pasar.

Selain media sosial, Anda juga bisa memanfaatkan media konvensional untuk membuat konten pemasaran produk atau jasa bisnis. Misalnya, baliho, poster, hingga brosur juga bisa Anda manfaatkan.

Tujuan Pembuatan Content Marketing untuk Bisnis

content marketing

Perlu Anda ketahui, terdapat beberapa tujuan content marketing yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis.

Berikut beberapa tujuan pembuatan konten pemasaran:

1. Meningkatkan brand awareness

Pertama, tujuan pembuatan konten ini adalah untuk meningkatkan brand awareness. Sebab, brand awareness sangatlah penting bagi setiap pelaku bisnis, terutama yang baru merintis usahanya.

Kondisi tersebut dikarenakan konten yang Anda hasilkan berfungsi untuk mengenalkan brand bisnis terhadap target konsumen.

2. Meningkatkan konversi pelanggan

Setelah brand bisnis Anda dikenal oleh target konsumen, maka tujuan lain dari pembuatan konten ini adalah mengkonversikannya menjadi pelanggan tetap.

Artinya, konsumen yang sudah mengenal brand bisnis Anda, akan mencoba untuk mencari informasi tentang produk yang ditawarkan. Apabila produknya sesuai yang mereka cari, maka konsumen tersebut bisa menjadi pelanggan tetap bisnis serta produk Anda akan terjual.

3. Meningkatkan traffic website

Salah satu media promosi konten bisnis adalah dengan menggunakan website. Maka dari itu, jika Anda membuat konten berkualitas, tentunya traffic website akan meningkat.

Dengan begitu, traffic yang terus meningkat dapat membantu dan memberikan kesempatan untuk mengkonversi traffic menjadi revenue bagi bisnis Anda.

Contoh Content Marketing

Terdapat beberapa contoh content marketing yang bisa Anda jadikan referensi untuk kebutuhan konten bisnis Anda. Berikut penjelasannya:

1. Infografis

Contoh pertama ini lebih fokus menyajikan data, informasi, dan pengetahuan yang memudahkan konsumen untuk mendapatkan berbagai informasi tentang bisnis Anda secara singkat serta jelas.

2. Blog atau website

blog konten marketingMenulis di blog juga bisa menjadi contoh konten pemasaran yang berkualitas karena sebagian besar masyarakat akan mengunjungi situs website untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai sebuah bisnis.

3. Sosial media

Selanjutnya, dengan mengunggah konten berupa video, carousel, mikroblog, dan lainnya di sosial media juga membantu konsumen mengenali brand Anda dengan mudah.

4. Email

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan email marketing untuk mempromosikan produk atau jasa. Biasanya, cara ini diterapkan dengan memberikan informasi menarik kepada konsumen, seperti cashback, diskon, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat dan Strategi Efektif Email Marketing

Tips Membuat Content Marketing yang Menarik

Setelah mengetahui beberapa penjelasan mengenai konten pemasaran di atas, saatnya Anda memperhatikan cara membuat strategi konten marketing dengan mudah di bawah ini!

Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat content  marketing yang baik untuk membantu bisnis semakin berkembang? Simak 5 Tips berikut ini!

1. Kenali target audiens bisnis

Mengetahui siapa target konsumen bisnis Anda sangat penting karena memudahkan untuk menentukan konten seperti apa yang harus dibuat. 

Lakukan dengan mengidentifikasi target konsumen, sehingga akan memiliki peluang lebih besar untuk membuat konten yang tepat sasaran dan dapat menjangkau audiens.

2. Terapkan story telling

Konten dengan teknik story telling cenderung lebih menarik bagi konsumen karena berisi cerita yang membuat mereka ikut ke dalam alur cerita yang kita buat dengan memainkan emosional. 

Anda juga dapat menggunakan metode soft selling untuk bisnis dengan menerapkan teknik story telling pada pembuatan konten promosi.

Baca Juga: 7 Trik Psikologi Marketing untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda

3. Kirimkan konten pada channel yang tepat

Selanjutnya, melakukan pengiriman konten pada channel yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan dari content marketing

Sebab, akan menjadi percuma jika konten yang dibuat menarik dan berkualitas, tetapi tidak bisa menjangkau target konsumen. 

Maka dari itu, pilihlah channel yang tepat sesuai dengan audiens yang ingin kalian jangkau. Konten bisa Anda kirim melalui Facebook, Instagram, TikTok ataupu website, sesuai kebutuhan Anda.

4. Keep On The Trend

Selalu ada hal-hal baru yang tren sepanjang waktu, maka buatlah konten yang up-to-date sesuai dengan tren yang sedang berkembang. 

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan konten Anda serta mendapatkan peluang untuk “viral”dan dilihat oleh banyak orang.

5. Konsisten membuat konten

Terakhir, konsisten dalam membuat konten sering kali diabaikan oleh beberapa marketer. Padahal, langkah ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dari sebuah program marketing. 

Konsistensi dapat membantu menumbuhkan brand awareness dan membuat audiens mengetahui dan mengenal bisnis Anda. Pada akhirnya, bisa berada pada top of mind audiens dalam waktu yang lama. Hal ini akan berpengaruh dalam menumbuhkan kesadaran merek bisnis Anda.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian, tujuan, contoh, hingga tips membuat content marketing yang menarik bagi bisnis Anda.

Pada dasarnya, content marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang wajib dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk menumbuhkan brand awareness hingga meningkatkan penjualan produk.

Selain pembuatan konten yang berkualitas dan tepat, untuk mengembangkan bisnis juga diperlukan metode pembayaran yang sesuai dengan zaman sekarang. Di mana, era digitalisasi sekarang cenderung melakukan pembayaran secara online menggunakan dompet digital, seperti ShopeePay, DANA, OVO dan lainnya.

Maka dari itu, supaya tidak menghambat bisnis Anda, segera daftar Faspay sekarang agar kebutuhan alat pembayaran bisnis Anda terpenuhi dan Anda bisa sediakan berbagai metode pembayaran dari mulai virtual account, e-wallet, kartu kredit, QRIS, toko ritel, dan berbagai channel lainnya.

Lihat Artikel Lainnya

Daftar Aplikasi Pinjol Ilegal

Daftar Aplikasi Pinjol Ilegal Terbaru 2024 dan Cara Mengecek

payment gateway Faspay

Faspay, Pilihan Payment Gateway Indonesia untuk Berbagai Industri Bisnis

FASPAY UPDATE 10 SEP 2021-07

Proses Refund Tanpa Rekening Tujuan? Bukan Masalah! Pakai Fitur Baru Paycheck dari Faspay SendMe

sistem pembayaran online

5 Sistem Pembayaran Online yang Paling Sering Digunakan