Promosi online

Setiap bisnis dan usaha, membutuhkan strategi untuk memasarkan produk maupun jasanya. Dengan perkembangan teknologi saat ini, promosi online banyak dipilih karena menghadirkan manfaat yang besar. Jenis promosi ini tak hanya digunakan untuk perusahaan korporasi besar, tapi juga UMKM dan bisnis kecil hingga menengah.

Ada banyak manfaat mengapa strategi promosi online ini lebih banyak dipilih. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, sekaligus cara-cara agar promosi yang dilakukan jadi lebih maksimal.

Pentingnya Promosi Online dalam Bisnis

Promosi online merupakan langkah-langkah untuk mempromosikan produk, baik berupa jasa, layanan, maupun barang, melalui internet atau media sosial. Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, jenis pemasaran ini memiliki cakupan yang lebih luas.

Dengan memanfaatkan promosi daring, calon pembeli tidak hanya dari satu tempat, melainkan juga dari wilayah dan daerah lain. Selain jangkauan yang lebih luas, strategi promosi ini juga lebih disesuaikan dengan pola dan kebiasaan masyarakat sekarang.

Saat ini, banyak orang menghabiskan waktunya untuk berselancar di dunia maya atau bermain sosial media. Memanfaatkan platform daring ini juga menjadi langkah bisnis untuk tetap up to date dengan perkembangan zaman.

Baca juga: Contoh Membuat Laporan Perencanaan Marketing dengan Benar

7 Strategi Promosi Online dalam Bisnis

Agar promosi yang dilakukan memberikan keuntungan secara optimal, langkah dan strategi berikut bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

  • Memberikan Potongan Harga atau Diskon

Diskon bisa jadi teknik promosi online yang efektif untuk menarik perhatian khalayak. Tawarkan potongan harga dengan persentase tertentu, sehingga daya daya tarik produk jadi lebih terlihat. Meski caranya sederhana, namun strategi ini efektif untuk meningkatkan penjualan.

Cara ini cukup efektif jika pangsa pasar Anda adalah customer yang menginginkan produk atau jasa dengan harga terjangkau. Memberikan diskon bisa dilakukan di laman e-commerce, sosial media, website atau platform belanja lain. Saat ini misalnya, banyak yang memanfaatkan tanggal kembar untuk memberikan diskon atau potongan harga.

  • Memberikan Gift Box 

Menawarkan hadiah atau gift box juga jadi langkah yang menarik yang bisa dicoba. Dengan memberikan gift box pada pembelian atau nilai transaksi tertentu, customer lebih tertarik untuk melakukan pembelian. 

Selain itu, memberikan gift box juga bisa memperkuat loyalitas pelanggan. Ketika pelanggan sudah loyal, maka kemungkinan mereka melakukan pembelian kembali jadi lebih besar. Mereka juga tak segan merekomendasikan bisnis Anda ke teman atau keluarga. 

  • Buy 1 Get 1 Free

Ada juga bentuk promosi dengan menawarkan "Buy 1 Get 1 Free". Cara ini bisa digunakan untuk menarik konsumen melakukan transaksi untuk produk atau jasa tertentu. Tawaran ini sering dilihat sebagai nilai tambah yang besar oleh konsumen, sehingga mendorong mereka untuk membeli lebih banyak.

Namun penggunaan promo “Buy 1 Get 1” tetap harus dipertimbangkan, jangan sampai promo ini membuat Anda jadi rugi. Biasanya promo ini bisa digunakan ketika grand opening atau soft opening bisnis, bisa juga dilakukan dengan durasi atau rentang waktu tertentu. 

  • Cashback 

Promo lain yang cukup menarik perhatian pelanggan adalah promosi cashback. Dengan menggunakan promo cashback, nantinya pelanggan akan mendapatkan pengembalian uang setelah pembelian dilakukan. 

 

Kehadiran promo cashback ini tentu membuat pelanggan lebih puas dalam berbelanja. Sehingga mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian ulang pada kesempatan berbelanja selanjutnya.  

  • Flash Sale

Flash sale adalah bentuk promosi online yang menawarkan diskon produk dalam waktu terbatas. Taktik ini menciptakan rasa urgensi dan dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian segera.

 

Berikutnya ada pula bentuk promosi dengan metode flash sale. Flash sale merupakan promosi dengan menawarkan diskon produk dengan waktu yang terbatas. Kehadiran flash sale sering ditemui di marketplace di jam-jam tertentu setiap harinya.

 

Flash sale menciptakan rasa urgensi pada pelanggan, sehingga mendorong mereka untuk melakukan pembelian sesegera mungkin. Seringkali harga yang ditawarkan ketika flash sale juga lebih terjangkau dibandingkan dengan harga di waktu normal. 

  • Manfaatkan Media Sosial

Kehadiran media sosial tidak hanya sebagai media komunikasi, tapi juga media promosi online.Pemanfaatan media sosial menjadi strategi marketing 6.0 yang bisa meningkatkan transaksi penjualan. 

Media sosial bisa digunakan untuk menemukan target pasar yang tepat, membaca trend, hingga berkolaborasi dengan influencer. Anda juga bisa berkomunikasi lebih dekat dengan calon customer lewat interaksi dan percakapan timbal balik di media sosial. 

Baca juga: Affiliate Marketing, Apa Itu? Berikut Contoh dan Tips Memulainya

  • Buat Konten Marketing yang Menarik

Karena memanfaatkan media sosial, website, ataupun marketplace, Anda bisa membuat konten marketing yang menarik. Mengunggah terlalu banyak promo akan membuat platform jual beli terlihat monoton. 

Sebagai gantinya, buat konten edukatif atau hiburan sebagai media soft selling kepada calon pelanggan.Strategi sosial media marketing ini cocok untuk semua jenis bisnis, baik bisnis jasa atau promosi produk. 

Media yang Digunakan dalam Melakukan Strategi Promosi Online

Pemilihan media yang tepat membuat promosi online bisa memberikan dampak positif pada perkembangan dan penjualan perusahaan. Media yang disarankan untuk promosi daring di antaranya:

  • Website

Platform pertama yang bisa Anda gunakan adalah website. Manfaatkan website perusahaan untuk melakukan promosi dengan memanfaatkan landing page maupun pembuatan konten informatif. Website juga bisa menjadi laman yang tepat untuk memberikan informasi terkait layanan, produk atau jasa Anda.

  • Media Sosial

Media sosial tak hanya menjadi sebagai media komunikasi, kini kehadirannya juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi daring. Pilihan media sosial yang cocok untuk melakukan promosi antara lain:

  • Instagram

Ketika ingin menampilkan foto produk, maka Instagram adalah tempat yang tepat. Instagram menjadi platform berbasis visual, sehingga promosi bisnis online bisa dilakukan lewat flyer, video pendek, hingga poster.

Baca juga: Tips Digital Marketing untuk Hotel dan Pariwisata 

  • Facebook

Meski jumlah penggunanya sudah turun, namun Facebook tetap jadi tempat yang tepat untuk melakukan promosi online. Di Facebook, konten video dan foto bisa dipilih untuk melakukan marketing online guna menarik calon pelanggan.

  • Tiktok

Tiktok tak hanya berlaku sebagai media sosial, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi. Berbeda dengan Instagram dan Facebook, konten promosi yang bisa Anda gunakan di Tiktok adalah video pendek berisi pengenalan produk ataupun review-nya.

  • WhatsApp

Meskipun terkenal sebagai platform untuk berkirim pesan, namun WhatsApp bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi. Promosi lewat WhatsApp bisa dilakukan lewat grup, chat personal, hingga story.

3. Marketplace

Promosi online juga bisa dilakukan secara optimal dengan memanfaatkan marketplace. Kehadiran marketplace sebagai tempat belanja bisa menjadi ruang untuk promosi sekaligus transaksi produk. 

Promosi di marketplace bisa dilakukan dengan memberikan cashback, potongan harga, atau promosi lainnya. Marketplace di Indonesia yang saat ini banyak digunakan adalah Shopee, Tokopedia, serta Lazada.

Keuntungan Melakukan Kegiatan Promosi Online

Tidak sedikit keuntungan promosi online yang bisa didapatkan oleh pelaku bisnis. Mulai dari menjangkau pasar yang lebih luas, hingga menaikkan penjualan. Promosi daring ini juga menggunakan biaya yang lebih terjangkau, sehingga lebih menguntungkan segi finansial perusahaan.

Promosi daring tak akan maksimal jika Anda tidak memanfaatkan pelayanan payment digital. Apalagi saat ini pemanfaatan e-wallet untuk bertransaksi lebih disukai oleh pelanggan. Tanpa menghadirkan pembayaran daring, promosi yang dilakukan pun tak bisa dilakukan dengan optimal. 

Agar pengaturan payment digital jadi lebih mudah, Anda bisa menggunakan Faspay. Faspay sebagai perusahaan payment gateway yang menyediakan berbagai layanan pengelolaan transaksi pelanggan. Salah satunya adalah Faspay Billing, layanan invoice online untuk menerima pembayaran daring tanpa harus menggunakan aplikasi ataupun website.

Layanan Faspay Billing ini cocok untuk pengusaha yang ingin memberikan pengalaman yang lebih nyaman dalam transaksi pelanggan. Lewat Faspay Billing, pemilik bisnis dapat membuat dan mengirimkan invoice online, selain itu pelanggan juga dapat langsung melakukan pembayaran sesuai kebutuhan di dalam invoice tersebut.

Selain itu, jika pemilik bisnis sudah memiliki website atau aplikasi, Faspay Billing dapat diintegrasikan secara langsung menggunakan API yang telah disediakan oleh Faspay.

Dengan layanan tersebut, Anda bisa memaksimalkan promosi online tanpa mengkhawatirkan masalah invoice dan transaksi dari pelanggan. Daftar jadi merchant Faspay sekarang untuk menikmati Faspay Billing agar manajerial bisnis Anda tertata dengan baik.

Related Articles

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.