Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > Strategi Meningkatkan Penjualan di Tanggal Kembar

Strategi Meningkatkan Penjualan di Tanggal Kembar

NewsLetter Faspay-01 (1)

Festival tanggal kembar (double days) semakin diminati oleh masyarakat untuk berbelanja online. Festival tanggal kembar ini biasa diadakan di e-commerce/ marketplace pada tanggal kembar setiap bulannya seperti 7.7, 8.8 dan puncaknya pada 12.12 yang bertepatan pada HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional). Pada momen tanggal kembar seperti ini, pelanggan berbondong-bondong untuk memburu barang dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan pada hari biasa atau keuntungan lainnya. Disamping itu, dilansir dari hasil riset Ipsos Indonesia, dari 1.000 responden, hampir setengahnya telah memiliki rencana belanja berupa daftar ragam produk yang akan dibeli saat 12.12. Hal ini merupakan kesempatan emas untuk brand dalam meraih pasar yang lebih luas dan meraup untung yang lebih besar.

Oleh karena itu, dalam memanfaatkan momen tanggal kembar, brand perlu menerapkan beberapa strategi agar bisa meningkatkan penjualan, diantaranya:

  1. Atur batas waktu diskon
    Saat membuat diskon di tanggal kembar, jangan lupa untuk atur batas waktu diskon. Hal ini akan membuat pelanggan tidak sempat berfikir dua kali saat akan membeli produk tersebut karena adanya kesan urgensi. Strategi ini biasa dikenal dengan Flash Sale, dimana sale hanya akan berlangsung selama beberapa jam, dan biasanya menggunakan fitur countdown/ hitung mundur. 
  2. Atur jumlah barang diskon
    Selain mengatur batas waktu diskon, strategi lainnya adalah dengan atur jumlah barang. Hal ini akan memberikan efek psikologis kepada pelanggan dengan rasa takut kehilangan kesempatan memiliki barang tersebut dan pelanggan pun akan langsung membeli barang yang terbatas. Strategi ini juga bisa dibantu dengan teknik copywriting yang baik, contoh: 

    “Sale 50% hanya tersisa 50pcs lagi! Siapa cepat dia dapat” 

  3. Voucher atau kupon khusus
    Anda juga bisa membuat voucher atau kupon khusus tanggal kembar untuk memberikan diskon kepada pelanggan, bisa berupa potongan harga, cashback, maupun kupon gratis lainnya. Teknik ini masih dinilai efektif untuk menarik antusiasme para pelanggan dalam berbelanja di tanggal kembar. 
  4. Promo gratis ongkos kirim
    Gratis ongkir sangat diminati oleh pelanggan yang gemar berbelanja online. Dilansir dari katadata, sebesar 61,6% pelanggan menyukai promo gratis ongkir saat berbelanja. Pelanggan cenderung merasa lebih untung saat berbelanja dengan gratis ongkir karena tidak perlu mengeluarkan biaya lain diluar harga produk. 
  5. Gunakan iklan/ ads
    Setelah menerapkan beberapa strategi promosi diatas, Anda bisa mengoptimalkan pendapatan brand pada tanggal kembar (double days) dengan memasang iklan untuk toko Anda. Memasang iklan sangat berguna untuk meningkatkan visualisasi toko Anda ditengah persaingan yang ketat, apalagi saat tanggal kembar (double days). Dengan iklan, produk toko Anda akan dilihat oleh lebih banyak pelanggan.

Strategi-strategi diatas juga bisa digabungkan untuk memberikan keuntungan yang berlipat pada tanggal kembar (double days). Jangan lupa untuk mempromosikan program promo Anda sebelum tanggal kembar berlangsung pada media sosial bisnis Anda. Untuk memudahkan menerima pembayaran pelanggan pada double days, Anda bisa pakai Faspay sebagai solusi pembayaran digital bisnis Anda.

Lihat Artikel Lainnya

WhatsApp Image 2021-04-20 at 5.52.36 PM

Faspay Bagi-Bagi Rezeki Ramadhan Bisnis Makin Berkah dengan Alfamart Cash Out

ekspansi bisnis 2

Langkah Melakukan Ekspansi Bisnis untuk Memperkuat Fondasi Bisnis

Faspay Update 17 JULY 2020-01

Indodana, channel pembayaran kartu kredit virtual untuk memenuhi preferensi bayar pelanggan Anda

WhatsApp Image 2020-11-24 at 3.29.39 PM (1)

Strategi Tingkatkan Pengalaman Pelanggan yang Bikin Sukses Bisnis Anda

Baca Juga  5 Cara Transfer Uang Aman untuk Pebisnis