Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

mengenal cyber security - Faspay

Tahukah Anda apa itu cyber security? Pada dasarnya, cyber security adalah bentuk perlindungan terhadap perangkat, data, jaringan, dan program dari serangan siber yang merugikan.

Di era digital yang semakin berkembang, cyber security menjadi aspek krusial dalam dunia bisnis karena keamanan data dan informasi akan berpengaruh terhadap keberlanjutan bisnis, serta kepercayaan pelanggan.

Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai apa itu cyber security dalam artikel ini supaya Anda bisa menjaga kelancaran bisnis secara optimal!

Apa itu Cyber Security?

Cyber security adalah serangkaian praktik untuk melindungi sistem, jaringan, program, dan unsur lainnya yang terhubung ke internet dari kejahatan siber.

Kejahatan siber tidak hanya ditargetkan pada perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga perusahaan kecil yang mungkin sistem keamanannya masih lemah.

Jadi, terlepas dari skala bisnis Anda, cyber security adalah hal krusial yang perlu dimiliki untuk memberikan perlindungan yang solid dan mencegah serangan siber yang dapat menghentikan kelangsungan bisnis Anda.

Konsep Cyber Security

Untuk memberikan keamanan optimal, cyber security mengacu pada tiga macam konsep, yaitu CIA (Confidentiality, Integrity, Availability). Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga konsep tersebut.

  • Confidentiality (Kerahasiaan): melindungi informasi yang sensitif dari pencurian dan kebocoran data. Perlindungan dilakukan dengan membatasi akses atau menambahkan fitur, seperti Two Factor Authentication (2FA).
  • Integrity (Integritas): menjaga keaslian dan kebenaran data agar tidak terjadi manipulasi. Artinya, data yang sudah disimpan tidak boleh dihapus, diubah, dan diakses tanpa persetujuan administrator.
  • Availability (Ketersediaan): memastikan sistem dan layanan tetap dapat diakses oleh pihak yang berwenang.

Baca juga: 4 Sistem Keamanan Payment Gateway, Transaksi Bisnis Aman

Jenis-Jenis Cyber Security

Ada berbagai macam jenis cyber security yang perlu Anda terapkan untuk keberlangsungan bisnis Anda. Adapun beberapa jenis dan contoh cyber security adalah sebagai berikut:

Application Security

Application Security - Faspay

Jenis cyber security yang pertama adalah application security untuk menjaga keamanan website atau aplikasi dari serangan siber dengan menerapkan praktik coding yang aman dan rutin melakukan pembaruan aplikasi.

Information Security

Information Security - Faspay

Information security (InfoSec) merupakan bentuk perlindungan terhadap berbagai macam data dan informasi penting, seperti informasi pribadi, informasi keuangan, informasi sosial media, dan sebagainya.

Network Security

Network Security - Faspay

Bagi perusahaan, network security dapat melindungi beragam aset dan jaringan internal yang berharga dari akses yang tidak sah dan penyalahgunaan. Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan antivirus dan firewall untuk mendeteksi ancaman siber.

Operational Security

Operational Security - Faspay

Salah satu jenis cyber security adalah operational security, yang akan melakukan analisis dan manajemen risiko terhadap keamanan siber. Jenis keamanan ini akan mengidentifikasi informasi-informasi penting perusahaan untuk dijadikan sebagai acuan dalam menentukan perlindungan data.

Cloud Security

Cloud security - Faspay

Cloud security adalah bentuk perlindungan terhadap data yang disimpan di cloud storage agar terhindar dari gangguan, seperti pembajakan traffic layanan dan penyalahgunaan data.

Contoh perlindungan tersebut adalah pengelolaan akses yang ketat, enkripsi data, dan pemantauan secara terus-menerus terhadap aktivitas yang mencurigakan.

End-User Education

End-user education - Faspay

End-user Education termasuk cyber security yang penting karena melibatkan proses edukasi mengenai kebijakan, prosedur, dan protokol keamanan siber kepada pengguna teknologi ataupun internet.

Disaster Recovery Plan

Disaster recovery plan - Faspay

Terakhir, jenis cyber security adalah disaster recovery plan (DRP), di mana perlindungan ini akan diimplementasikan setelah serangan siber terjadi.

Dalam menerapkan DRP, perusahaan Anda harus mempertimbangkan aspek, seperti anggaran dan pengaturan keuangan, sumber daya, teknologi, administrasi, dan perangkat keras.

Ancaman Cyber Security yang Sering Ditemukan

Ancaman cyber security - Faspay

Tak hanya memahami konsep dan jenisnya, tetapi Anda juga harus tahu apa saja kejahatan siber yang sering menyerang individu maupun perusahaan. Berikut adalah ancaman siber yang perlu Anda ketahui:

  • Malware: perangkat lunak yang dapat merusak komputer pengguna melalui email atau unduhan yang mencurigakan. Beberapa jenis malware yang perlu diwaspadai adalah virus, trojan, spyware, adware, ransomware, dan botnet.
  • Phishing: kejahatan siber yang disamarkan sebagai email atau pesan dari perusahaan sah untuk meminta informasi pribadi.
  • Serangan Man-in-the-Middle: penyadapan komunikasi antar dua individu untuk pencurian data, seperti lewat jaringan wifi yang tidak aman.
  • Serangan Denial-of-Service (DoS): mencegah komputer memenuhi permintaan akses yang sah dengan membanjiri sistem dan jaringan dengan traffic, sehingga tidak dapat beroperasi.
  • Injeksi SQL (Structured Query Language): pencurian data dari pusat informasi dengan menyisipkan kode berbahaya ke dalam basis data melalui pernyataan SQL.

Baca juga: Ketahui Standar Keamanan Transaksi Online dan Manfaatnya

Manfaat Cyber Security untuk Keamanan Bisnis

Terdapat sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengimplementasikan cyber security ke dalam bisnis Anda. Beberapa manfaat cyber security adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Keamanan Data, Informasi, dan Situs Bisnis

Keamanan data, informasi, dan situs bisnis - Faspay

 

Pertama, manfaat cyber security adalah meningkatkan sistem keamanan untuk melindungi data dan informasi sehingga terhindar dari penyalahgunaan yang bisa membahayakan kelancaran bisnis.

Tak hanya itu, cyber security juga bisa melindungi situs bisnis Anda. Dengan begitu, baik Anda, karyawan, maupun pengguna, dapat mengakses situs bisnis tanpa perlu khawatir akan ancaman siber.

2. Melindungi Kepercayaan Konsumen

Melindungi kepercayaan konsumen - Faspay

Apabila Anda bisa menjamin data dan informasi pribadi milik pelanggan dapat terjaga dengan baik, otomatis hal ini akan berdampak pada peningkatan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.

3. Menjaga Produktivitas Perusahaan

Menjaga produktivitas perusahaan - Faspay

Serangan siber dapat menghambat produktivitas dan kinerja perusahaan, misalnya ketika komputer perusahaan terinfeksi virus sehingga kinerjanya menurun.

Oleh karena itu, salah satu manfaat cyber security adalah mencegah terjadinya serangan siber pada perangkat dan aspek penting lainnya di perusahaan. Dengan begitu, secara tidak langsung, produktivitas perusahaan tetap terjaga dengan baik.

4. Menjadi Solusi untuk Ancaman Cyber Security

Solusi ancaman cyber security - Faspay

Terakhir, manfaat cyber security adalah menyediakan solusi yang komprehensif untuk berbagai bentuk kejahatan siber. Hal ini dikarenakan sistem keamanan siber umumnya mencakup antivirus, antispam, firewall, keamanan nirkabel, hingga penyaringan konten online.

Jaga Kelancaran Bisnis dengan Faspay

Demikian informasi terkait apa itu cyber security dan manfaatnya untuk kelancaran bisnis Anda di era digital seperti sekarang. 

Selain memahami apa itu cyber security, Anda juga harus cermat dalam menentukan upaya-upaya yang bisa meningkatkan keamanan dan kelancaran bisnis. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan payment gateway yang sudah bersertifikasi dengan baik, seperti yang disediakan oleh Faspay.

Faspay berkomitmen kuat dalam menjamin keamanan data pengguna dan keamanan transaksi para merchant dari ancaman cyber security karena berlisensi resmi Bank Indonesia, serta bersertifikasi PCI DSS level 1.

Lalu, sebagai award-winning payment gateway dengan channel pembayaran terlengkap di Indonesia, Faspay telah memudahkan para pebisnis untuk menerima pembayaran online, pengiriman dana, dan membantu pertumbuhan bisnis.

Faspay telah dipercaya oleh lebih dari 5.000 bisnis di berbagai industri karena menawarkan sistem pembayaran online yang praktis dan cepat, serta mempermudah transaksi bisnis melalui layanannya, seperti Faspay Business.

Yuk, segera daftarkan bisnis Anda sebagai merchant Faspay agar bisnis Anda bisa berkembang secara optimal!

Baca juga: Pentingnya PCI DSS Untuk Keamanan Transaksi Pada Bisnis Anda

Lihat Artikel Lainnya

inilah keuntungan pembayaran melalui virtual account bni

Inilah 5 Keuntungan Pembayaran Melalui Virtual Account BNI

Pembayaran Digital - Faspay

Ini 3 Keuntungan Pembayaran Digital dan Jenisnya

Strategi pemasaran online

7 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif untuk Bisnis

7 Ide Bisnis Anak Muda dan Peluang Suksesnya di 2024 Faspay

7 Ide Bisnis Anak Muda dan Peluang Suksesnya di 2024