Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > Pentingnya PCI DSS Untuk Keamanan Transaksi Pada Bisnis Anda

Pentingnya PCI DSS Untuk Keamanan Transaksi Pada Bisnis Anda

Oct_Pentingnya PCI DSS_Thumbnail

Di tengah pesatnya pertumbuhan bisnis, keamanan data menjadi prioritas utama bagi setiap bisnis yang beroperasi di ranah digital. Dalam upaya untuk melindungi informasi sensitif pelanggan dan memastikan keamanan transaksi online, Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) muncul sebagai kerangka kerja yang krusial bagi setiap bisnis yang bertujuan untuk memastikan perlindungan data yang optimal dan keamanan transaksi yang terjamin.

 

Apa itu PCI DSS? 

Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) merupakan standar keamanan yang didesain untuk melindungi informasi pembayaran dan data kartu kredit pelanggan. Dikembangkan oleh Payment Card Industry Security Standards Council (PCI-SSC), standar ini bertujuan untuk mengurangi risiko pencurian identitas dan kebocoran data yang dapat merugikan pelanggan dan perusahaan. PCI-SSC terbentuk atas kolaborasi beberapa institusi keuangan, termasuk American Express, JCB International, Discover Financial Services, Visa Inc, dan MasterCard Worldwide. PCI DSS mengharuskan perusahaan yang memproses, menyimpan, atau mentransmisikan data kartu pembayaran untuk menerapkan langkah-langkah keamanan tertentu guna melindungi informasi sensitif pelanggan.

 

Faspay, sebagai payment gateway, memiliki sertifikasi PCI-DSS Level 1 yang secara berkala diperbarui melalui proses audit setiap tahun. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa Faspay telah berhasil memenuhi 12 standar persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh dan menjaga sertifikasi PCI-DSS Level 1. Pada industri yang terus berkembang, kepatuhan terhadap standar keamanan merupakan landasan yang vital bagi penyedia layanan pembayaran guna membangun kepercayaan dan memastikan keberlangsungan operasional yang aman dan terpercaya. Berikut adalah 12 persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperoleh sertifikasi kepatuhan PCI DSS:  

  1. Mempertahankan firewall yang kuat untuk melindungi data pelanggan.
  2. Tidak menggunakan password default dan data keamanan sensitif harus dilindungi dengan enkripsi.
  3. Perlindungan data kartu kredit yang disimpan harus dioptimalkan.
  4. Keamanan jaringan harus dijaga melalui implementasi langkah-langkah pengamanan yang kuat.
  5. Sistem dan aplikasi yang rentan harus selalu dijaga dan diperbarui secara teratur.
  6. Pengelolaan akses yang ketat harus diterapkan untuk memastikan hanya personel yang berwenang yang dapat mengakses data pelanggan.
  7. Setiap individu dengan akses ke data kartu pembayaran harus memiliki identifikasi unik.
  8. Akses fisik ke data pelanggan harus terbatas dan termonitor dengan ketat.
  9. Sistem monitoring dan pengujian keamanan harus diimplementasikan secara teratur.
  10. Kebijakan keamanan informasi yang kuat harus ditetapkan dan diterapkan di seluruh organisasi.
  11. Setiap orang yang bekerja di organisasi harus diberi pelatihan keamanan data secara teratur.
  12. Proses penilaian kepatuhan PCI DSS harus dijalankan secara berkala untuk memastikan bahwa organisasi tetap memenuhi standar keamanan yang ditetapkan.

 

Standar ini berlaku untuk semua organisasi yang terlibat dalam pemrosesan data pembayaran, termasuk perusahaan e-commerce, penyedia layanan pembayaran, dan lembaga keuangan, lainnya, yang menyimpan, memproses, atau mengirimkan data pemegang kartu. Namun, dalam proses verifikasi yang sebenarnya, persyaratan yang perlu dipenuhi sering kali bervariasi tergantung pada jumlah transaksi yang dilakukan.

 

Pentingnya PCI DSS

Tujuan utama dari Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) adalah memastikan perlindungan data pembayaran pelanggan dan meminimalkan risiko keamanan terkait dengan transaksi kartu pembayaran. Beberapa tujuan spesifik dari PCI DSS meliputi:

1. Melindungi Data Pelanggan

Standar ini bertujuan untuk melindungi data sensitif pelanggan, termasuk informasi kartu kredit dan data pembayaran lainnya, dari akses yang tidak sah dan penyalahgunaan.

2. Mencegah Penipuan

PCI DSS bertujuan untuk mengurangi risiko penipuan dan pencurian identitas dengan memastikan bahwa sistem keamanan yang tepat diterapkan untuk melindungi setiap titik data transaksi.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Melalui pemenuhan standar keamanan yang ketat, PCI DSS bertujuan untuk membangun kepercayaan yang lebih besar antara bisnis dan pelanggan, memastikan bahwa pelanggan merasa aman dalam menggunakan kartu pembayaran mereka.

4. Meningkatkan Keamanan Transaksi

Standar ini ditujukan untuk memastikan bahwa setiap transaksi pembayaran diproses melalui infrastruktur yang aman, mengurangi risiko terhadap pencurian data dan aktivitas ilegal lainnya.

5. Mencegah Pelanggaran Hukum

PCI DSS bertujuan untuk memastikan bahwa bisnis mematuhi regulasi keamanan yang ditetapkan oleh otoritas pembayaran dan mencegah potensi sanksi hukum yang dapat timbul akibat pelanggaran keamanan data.

 

Pentingnya PCI DSS tak dapat dipungkiri, terutama dalam melindungi data pembayaran pelanggan dan memastikan keamanan transaksi yang terjamin. Dalam konteks ini, pilihan yang tepat bagi bisnis adalah memilih layanan pembayaran yang sudah tersertifikasi PCI DSS. Faspay, sebagai payment gateway yang telah mengadopsi standar keamanan ini, menawarkan solusi yang andal dan aman bagi bisnis Anda. Daftarkan bisnis Anda disini dan bisnis Anda dapat beroperasi dengan standar keamanan yang tertinggi untuk melindungi data pelanggan serta memastikan kelancaran transaksi!

 

Lihat Artikel Lainnya

Virtual account BRI

5 Cara Bayar Virtual Account BRI (BRIVA) di BRImo

Unicorn Decacorn

Unicorn? Decacorn? Jangan Bingung, Ini Penjelasannya

Faspay Newletters Peran Key Opinion Leader_Remaining Products Eng

Key Opinion Leader (KOL): Role & Tips on How to Choose Them

close-up-clothes-hanging-rack

Bisnis Thrifting Berpeluang Besar, Begini Tips Memulainya!