Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran, pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

payment gateway

Payment gateway merupakan sistem yang digunakan untuk memfasilitasi proses pembayaran secara online. Caranya dengan saling menghubungkan antara situs website bisnis atau aplikasi e-commerce dengan berbagai metode pembayaran online

Penggunaan payment gateway pada sebuah bisnis dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya kemudahan bertransaksi antara penjual dan pembeli. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap terkait apa itu payment gateway, manfaat serta keuntungan pemakaiannya.

Apa Itu Payment Gateway?

Melihat dari istilah bahasa Inggris yang digunakan, arti dari payment gateway adalah gerbang pembayaran berbasis teknologi yang membuat semua transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sistem pembayaran ini bisa digunakan dengan memanfaatkan jaringan internet. 

Di Indonesia, payment gateway mulai resmi digunakan pada 4 Desember 2017 di Jakarta. Diawasi dan dikelola langsung oleh Bank Indonesia, sistem payment ini digunakan khusus untuk mengintegrasikan berbagai instrumen pembayaran. 

Dalam artian, jika perusahaan menggunakan payment gateway maka transaksi nasional hingga lokal bisa terintegrasi dengan baik. Tak perlu khawatir, sistem pembayaran ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang unggul, sehingga tiap data akan terlindungi dengan baik. 

Baca juga: Pentingnya Peran Payment Gateway untuk Pengembangan Bisnis 

Karena memanfaatkan jaringan internet, sistem pembayaran ini bisa membuat transaksi dilakukan lebih mudah. Anda bisa melakukan pembayaran secara langsung dengan sistem daring tanpa harus pergi ke bank, maupun bertemu dengan penjual atau pembeli.

Cara Kerja Payment Gateway?

payment gateway

Bagi yang tak terbiasa, sistem dan cara kerja payment gateway memang cukup rumit. Berikut adalah penjelasan terkait cara kerjanya.

1. Konsumen Melakukan Transaksi

Tahap awal dalam payment gateway adalah konsumen melakukan transaksi. Konsumen yang memutuskan untuk membeli suatu produk, akan memunculkan opsi pembayaran. Dalam salah satu opsi pembayaran, akan muncul sistem payment gateway yang terpasang.

2. Penerusan Informasi ke Payment Gateway

Berikutnya adalah penyampaian informasi, payment gateway akan meneruskan informasi dari langkah pertama ke koneksi sumber pembayaran. Misalnya, konsumen memilih melakukan transaksi dengan pembayaran transfer bank, maka payment gateway akan menyampaikan informasi ke bank tersebut.

3. Informasi Diterima

Jika sudah, informasi tersebut akan disampaikan ke asosiasi penerbit kartu, baik Visa maupun Mastercard. Tak hanya kedua jenis kartu tersebut, payment gateway juga akan menghubungkan konsumen ke bank yang bekerja sama lainnya. Jangan khawatir, sistem keamanan payment gateway aman dari penyadapan.

4. Pemberian Kode Khusus

Nantinya setelah mendapatkan informasi terkait transaksi yang hendak dilakukan, asosiasi penerbit akan memberikan balasan berupa kode khusus. Kode ini hanya diketahui oleh penerbit kartu dan prosesor yang terdapat dalam payment gateway.

5. Transaksi Berhasil

Apabila kode sudah diterima, perusahaan payment gateway akan mengubah status pembayaran konsumen menjadi lunas. Pihak pembayar payment gateway kemudian meneruskan informasi tersebut ke merchant pemasang. Merchant pun bisa langsung mengirimkan produk atau menindak lanjuti transaksi yang dilakukan konsumen.

Keuntungan Payment Gateway?

payment gateway

Kehadiran payment gateway memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Berikut adalah berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan sistem ini.

1. Tak Harus Memiliki Banyak Rekening

Adanya sistem payment gateway membuat pelaku bisnis tak harus memiliki banyak rekening untuk melakukan transaksi. Dengan memanfaatkan pembayaran ini, maka Anda terjaring ke lembaga keuangan dan bank-bank legal yang ada di Indonesia secara otomatis. 

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Pembayaran Digital Lewat Payment Gateway untuk Bisnis

2. Opsi Pembayaran Lebih Banyak

Transaksi yang dilakukan secara daring akan memudahkan prosesnya. Karena model transaksi ini, maka penyediaan sarana pembayaran pun bisa makin beragam. Sebagai konsumen, Anda bisa memilih berbagai opsi pembayaran yang tersedia.

3. Rekap Pembayaran yang Lebih Mudah

Anda yang menggunakan perusahaan payment gateway terbaik akan merasakan bahwa proses rekap pembayaran dan pembelian jadi lebih mudah. Pembayaran ini akan melakukan rekapitulasi secara otomatis dan real time, sehingga membuat pengelolaan keuangan lebih efisien.

4. Jangkauan yang Lebih Luas

Mengandalkan sistem pembayaran atau pembelian manual, jangkauan bisnis hanya akan terbatas di satu tempat saja. Berbeda jika menggunakan payment gateway, Anda bisa memperluas jangkauan bisnis Anda hingga ke mancanegara. Nilai produk yang Anda jual pun jadi meningkat karena berhasil menembus pasar internasional.

5. Transaksi Lebih Cepat Selesai

Menggunakan sistem pembayaran ini, tiap transaksi yang dilakukan bisa jadi lebih cepat terselesaikan. Baik Anda sebagai konsumen atau pemilik usaha, Anda tak perlu menunggu lama untuk menyelesaikan setiap transaksi pembayaran.

6. Keamanan yang Lebih Terjamin

Dibandingkan dengan pembayaran konvensional, pembayaran dengan sistem payment gateway jauh lebih aman. Perkembangan teknologi ini tak akan membuat perusahaan Anda mengalami kerugian atau kebocoran data, karena sudah dilengkapi berbagai security system yang dapat menjamin setiap transaksi. Tentunya kehadiran payment gateway ini memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan. 

Baca juga: Simak Bagaimana Sistem Keamanan di Payment Gateway Bisa Menjamin Transaksi Bisnis Anda

7. Tidak Ada Limit Transaksi

Payment gateway menghadirkan transaksi tanpa limit kepada siapa saja. Konsumen sebagai pelanggan diperbolehkan untuk melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja tanpa batas, tanpa harus terikat batasan nominal atau jumlah transaksi. 

Pilih Faspay untuk Payment Gateway Terbaik Bisnis Anda

Demikianlah penjelasan lengkap terkait payment gateway dalam dunia bisnis. Melihat pentingnya peran sistem pembayaran ini, sayang rasanya jika perusahaan Anda tak memanfaatkannya. Tak perlu khawatir, kini hadir Faspay Business, yakni metode pembayaran online yang dapat disambungkan dengan API atau plugin dengan website atau aplikasi bisnis Anda.

Layanan ini cocok untuk bisnis yang memiliki website maupun aplikasi sendiri, sehingga pembeli bisa melakukan pembayaran lewat 50+ metode pembayaran yang telah bekerja sama dengan Faspay, yaitu virtual account, e-wallet, kartu kredit, QRIS maupun toko ritel. Dengan cara ini, pembeli pun lebih tertarik untuk melakukan pembelian produk karena kemudahan dalam transaksinya. Agar manfaat tersebut dapat Anda rasakan secara nyata, daftar jadi merchant Faspay sekarang.

Lihat Artikel Lainnya

Faspay Payment Gateway dengan Logo Baru

Jangkau Pelanggan Unbanked dengan Pembayaran Melalui Gerai Retail

Faspay Payment Gateway dengan Logo Baru

Faspay Hadir dengan Wajah Baru: Inovasi untuk Layanan Pembayaran yang Lebih Cepat, Aman, dan Andal

split payment

Apa itu Split Payment? Ini Manfaat dan Contoh Penerapannya

cara transfer uang ke luar negeri faspay

3 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri, Mudah dan Aman!