Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran, pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Pembayaran Digital

Perkembangan teknologi yang terus melaju secara pesat, melahirkan transformasi-transformasi baru pula terhadap jalannya bisnis. Mayoritas kegiatan sehari-hari telah didominasi oleh kegiatan digital, mulai dari yang sederhana hingga kompleks, seperti komunikasi, memasak, transportasi, berbelanja, hingga sistem pembayaran digital.

Digitalisasi bisnis ini tidak hanya dinikmati oleh pengusaha-pengusaha besar atau individu yang berani membuka bisnis baru atau start-up. Pengusaha kecil seperti bisnis UMKM pun bisa menggunakannya. Apa pun sektor bisnis yang dijalankan, skala besar maupun kecil, saat ini setiap pengusaha bisa dikatakan bergantung pada data dan teknologi.

Oleh karena itu, sangat penting melakukan transformasi digital pada bisnis. Tanpa melakukannya kemungkinan besar sebuah bisnis tidak dapat berjalan lancar bahkan terpaksa gulung tikar. Untuk mengetahui lebih jelas tentang betapa pentingnya transformasi digital pada bisnis, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Pembayaran Digital?

Pembayaran digital adalah suatu cara untuk melakukan transaksi keuangan dengan bantuan teknologi digital. Dalam sistem pembayaran ini, pemanfaatan pembayaran non cash seperti virtual account, online debit, online credit, hingga uang elektronik atau e-money umum digunakan. Masyarakat dan pemerintah pun mengakui uang elektronik sebagai alat pembayaran yang sah. 

Kehadiran metode pembayaran ini tak lepas dari perkembangan teknologi. Pemakaiannya akan memudahkan setiap transaksi yang dilakukan, sebab transaksi tak harus bertatap muka dan tak membutuhkan uang tunai maupun kartu kredit. 

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Menggunakan Payment gateway

Karena kemudahan tersebut, pembayaran dengan sistem digital jadi lebih praktis dan efisien. Pengguna bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja, bahkan jika tak membawa uang tunai maupun kartu kredit. 

Meskipun lebih mudah, namun sistem keamanan pembayaran digital sama baiknya dengan sistem pembayaran lain. Dengan keamanan yang tinggi dan dilengkapi enkripsi, setiap transaksi yang dilakukan dapat dipantau lewat perangkat yang terhubung.

Jenis Pembayaran Digital di Indonesia

Pembayaran digitalSetelah mengetahui apa itu pembayaran secara digital, Anda juga harus mengetahui apa saja jenis pembayaran digital yang berlaku di Indonesia, antara lain:

E-wallet

Jenis yang pertama adalah dompet digital atau e-wallet. Sesuai dengan namanya, sistem pembayaran ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan uang dalam bentuk digital. Sekarang ini, e-wallet bisa digunakan untuk pembayaran secara online dan offline

Berkat inovasi terbarunya, kini e-wallet juga bisa Anda manfaatkan untuk keperluan lain. Misalnya untuk melakukan pembayaran tagihan, transfer uang, hingga pembelian pulsa. Contoh dari e-wallet antara lain LinkAja, OVO atau Dana.

Mobile Payment

Pembayaran digital berikutnya adalah mobile payment, yakni sistem pembayaran digital yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi lewat ponsel. Cara kerjanya dengan mengunduh aplikasi mobile payment, kemudian menghubungkannya dengan kartu, baik debit maupun kredit. 

Dengan memanfaatkan mobile payment, Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggerakkan perangkat di dekat pembacanya. Biasanya mesin pembaca ini sudah menggunakan teknologi nirkabel. Serupa dengan e-wallet, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengirim dan menerima uang dari pengguna lain. 

Baca juga: Rekomendasi Payment gateway untuk Bisnis

QRIS

Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS merupakan sistem pembayaran digital yang cukup populer sekarang ini. Pembayaran menggunakan QR dikembangkan oleh sistem pembayaran bersama Bank Indonesia, sehingga proses transaksi berlangsung cashless tapi tetap efisien. 

Lewat QRIS, siapa saja bisa melakukan pembayaran, meskipun menggunakan layanan bank atau aplikasi e-wallet yang berbeda. Berkat teknologi tersebut, QRIS menjadi salah satu metode pembayaran yang mudah, cepat, dan disukai oleh anak muda.

Virtual Account

Berikutnya adalah virtual account, yakni sistem pembayaran secara digital yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran virtual. Cara kerjanya mirip dengan pembuatan rekening, namun dilakukan secara virtual. 

Tak perlu khawatir, virtual account tetap dikelola oleh bank atau lembaga keuangan yang sah. Pengguna yang sudah memiliki virtual account bisa langsung melakukan berbagai transaksi, dari transfer hingga pembayaran tagihan. Jenis pembayaran digital ini sangat membantu pengguna yang tidak memiliki rekening bank fisik.

Internet Banking

E-banking atau lebih dikenal sebagai internet banking, juga menjadi salah satu metode pembayaran jenis digital. Dengan menggunakan internet banking, nasabah maupun konsumen bisa melakukan transaksi memanfaatkan fitur yang ada di situs web bank.  

Serupa dengan jenis pembayaran digital lainnya, internet banking membutuhkan jaringan internet agar bisa terhubung dengan jaringan bank. Lewat situs web resmi bank tersebut, berbagai proses transaksi bisa dilakukan, dari pembayaran atau penerimaan dana.

Terminal POS

POS atau Point of Sale merupakan alat bantu pembayaran yang berada di tempat penjualan. Terminal POS bisa juga dianggap sebagai kasir di mal atau toko tempat konsumen melakukan pembelian barang.  

Ada beragam jenis mesin POS yang saat ini digunakan, namun yang paling umum adalah mesin untuk kartu debit atau kredit. Dengan mesin tersebut, konsumen bisa melakukan pembayaran tagihan dengan menggesek kartu yang dimiliki.

Mobile Banking

Saat ini, hampir semua bank di Indonesia sudah menyediakan mobile banking sebagai media untuk melakukan pembayaran secara daring. Dengan memanfaatkan mobile banking, pengguna bisa memanfaatkan berbagai layanan perbankan tanpa harus ke bank. 

Cara kerja dari mobile banking serupa dengan virtual account, namun m-banking mengharuskan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi dengan rekening bank yang dimiliki. Lewat m-banking, Anda bisa melacak pengeluaran, melakukan transaksi, mengirim dana dan lainnya.

Kripto

Meski masih jarang digunakan di Indonesia, pembayaran dengan sistem kripto mulai banyak dijumpai akhir-akhir ini. Sistem pembayaran ini menggunakan mata uang digital untuk melakukan transaksi. Beberapa jenis mata uang kripto yang sering digunakan adalah Bitcoin, Ethereum, serta Litecoin.

Kripto memanfaatkan teknologi blockchain yang rumit, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima dana tanpa harus menggunakan layanan bank. Tidak semua perusahaan menerima pembayaran kripto sebagai media bayar resmi, sehingga pemakaiannya harus dipertimbangkan dengan bijak.

Alasan Pebisnis Harus Transformasi Pembayaran Digital Payment Gateway

Pembayaran DigitalBerikut adalah beberapa alasannya:

  •  Pelanggan lebih mudah, aman, dan nyaman saat bertransaksi

Payment gateway memudahkan pelanggan untuk memilih metode pembayaran yang mereka sukai, termasuk pembayaran digital. Selain itu, setiap pembayaran yang dilakukan akan terkonfirmasi secara otomatis, sehingga pelanggan tidak perlu repot-repot mengkonfirmasi ulang pembayarannya.

  • Bisnis Lebih Modern dan Terpercaya di Mata Konsumen

Teknologi yang semakin canggih membuat pelanggan lebih percaya dan nyaman jika melakukan transaksi secara online. Apalagi jika sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, yang tentunya sudah dimiliki oleh Faspay. Dengan memilih payment gateway terbaik, bisnis Anda akan makin disukai oleh konsumen. 

  • Pencatatan dan Daftar Transaksi Lebih Mudah dan Akurat

Sebagai pebisnis, pencatatan setiap transaksi adalah hal yang krusial. Payment gateway memudahkan Anda dalam pencatatan setiap transaksi dan pastinya lebih akurat. Lewat satu dasbor, semua proses transaksi akan tercatat secara otomatis yang akan mempermudah Anda.

  • Dapat Menganalisis Kebiasaan Belanja dan Transaksi Pelanggan

Setiap pebisnis akan mendapatkan laporan transaksi setiap bulannya. Hal ini dapat Anda jadikan sebagai data untuk menganalisis perilaku, kebiasaan, dan produk favorit pelanggan.

Baca juga: Pertimbangan Memilih Payment gateway Terbaik di Indonesia 

  • Sediakan Beragam Channel Pembayaran

Payment gateway membantu bisnis Anda menyediakan berbagai metode pembayaran kesukaan pelanggan hanya dengan satu platform saja. Faspay menyediakan 40+ channel pembayaran mulai dari virtual account, debit-credit card, e-money, hingga pembayaran lewat gerai ritel, seperti Alfamart.

Sediakan Pembayaran Digital Payment Gateway Mudah dengan Faspay

Melihat bagaimana perkembangan pasar dan teknologi saat ini, pembayaran digital menjadi aspek penting yang harus bisnis miliki. Karena alasan itulah, Anda membutuhkan Faspay Business, layanan sistem pembayaran online dari Faspay. 

Faspay Business merupakan sistem pembayaran daring yang disambungkan ke API ataupun plugin merchant. Sistem pembayaran ini cocok untuk Anda yang sedang membuka bisnis dan sudah memiliki aplikasi atau website pendukung. Dengan Faspay Business, Anda bisa menerima 50+ metode pembayaran. 

Faspay dapat membantu Anda mempermudah sistem transaksi untuk menerima pembayaran dari pelanggan di merchant online maupun offline, begitu pula dengan sistem transaksi internal. 

Daftar jadi merchant Faspay sekarang dengan mudah dan cepat tanpa biaya apa pun. Ketika memakai Faspay Business, Anda hanya akan bayar sesuai penggunaan. Ini tentu memudahkan Anda untuk mengatur budget dan keuangan perusahaan.

Lihat Artikel Lainnya

Faspay SendMe Kirim Dana

Faspay SendMe! Kirim Dana ke Berbagai E-Money dengan Mudah

Faspay Update end agustus_Newsletter copy

Pentingnya Content Marketing untuk Bisnis, Simak 5 Tips Berikut!

Payment Gateway Indonesia

Jasa Maklon Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Biayanya