Mengenal Payment Gateway: Pengertian dan Manfaatnya

payment gateway

Payment gateway adalah sebuah sistem yang digunakan untuk memfasilitasi proses pembayaran secara online dengan saling menghubungkan situs web dan aplikasi e-commerce.

Penggunaan payment gateway pada sebuah bisnis dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya kemudahan bertransaksi antara penjual dan pembeli. Lantas, apa saja manfaat lain dari payment gateway?

Mari simak ulasan dibawah ini tentang apa itu payment gateway dan manfaatnya.

Apa itu Payment Gateway?

Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Payment gateway dapat mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi.

Manfaat Payment Gateway

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan payment gateway. Baik itu manfaat bagi para pebisnis, ataupun manfaat bagi para pelanggan. Berikut beberapa manfaat payment gateway adalah: 

1. Pelaku bisnis tidak perlu membuat banyak rekening

Manfaat payment gateway yang pertama adalah pelaku bisnis tidak perlu menyediakan semua rekening dari seluruh  bank di Indonesia. Payment gateway membuat Anda secara otomatis terjaring dengan bank-bank di Indonesia hanya dalam 1 kali integrasi.

2. Mudahnya rekap pembayaran dan pembelian

Beirkutnya manfaat paymentgateway adalah memberikan kemudahan dalam proses merekap laporan keuangan. Salah satu kegiatan yang memusingkan bagi para pebisnis adalah merekap pembayaran dan penjualan.

Salah melakukan perhitungan, hasil rekapan Anda akan berantakan. Bahkan tak jarang harus mengulang rekapan dari awal. Dengan menggunakan payment gateway ini, Anda tidak perlu merekap karena adanya laporan keuangan harian yang dikirim otomatis dan statistik penjualan yang dapat diakses real-time.

3. Jangkauannya lebih luas

Mengandalkan sistem pembayaran atau pembelian manual, jangkauan bisnis Anda cukup terbatas. Berbeda dengan payment gateway Indonesia, akan memperluas jangkauan bisnis Anda hingga ke mancanegara. Pelanggan Anda nantinya bisa membeli barang dagangan Anda meski keberadaannya tidak di Indonesia. Tentu hal ini akan membuat bisnis Anda jadi lebih berkembang. Nilai produk Anda juga akan mengalami peningkatan karena telah berhasil menembus pasar asing. 

4. Keamanan transaksi sangat terjamin

Terkadang hingga saat ini masih banyak orang yang enggan belanja online karena dirasa tidak aman. Hal ini tak lepas dari masih adanya kasus penipuan dalam transaksi jual beli online yang mengakibatkan konsumen jadi rugi. 

Salah satu fungsi payment gateway adalah dapat membangung kepercayaan atas reputasi bisnis online Anda di mata pelanggan. Keamanan payment gateway Indonesia ini sudah pasti terjamin karena diawasi dan memperoleh lisensi dari lembaga keuangan di Indonesia serta sertifikasi keamanan berstandar Internasional. 

5. Transaksi tidak terbatas

Layanan payment gateway Indonesia ini dapat digunakan untuk transaksi dalam jumlah besar. Di waktu yang sama, Anda bisa melakukan puluhan, ratusan, hingga ribuan transaksi online yang diminta oleh para pelanggan. Anda juga tak perlu takut dengan adanya gangguan sistem. 

Nah, itu tadi pengertian serta manfaat yang akan Anda dapatkan sebagai pelaku bisnis saat memutuskan untuk menggunakan payment gateway. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan sistem payment gateway Indonesia yang bagus dan terpercaya? Daftar Faspay sekarang!

Related Articles

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.