Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran, pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

sistem pembayaran online

Sistem pembayaran online saat ini banyak digunakan oleh pebisnis, dimana pada era digital saat ini, belanja online memang semakin digemari oleh berbagai kalangan. Selain mudah karena Anda hanya perlu mengakses website dari rumah, belanja online juga praktis karena pesanan akan langsung diantar ke lokasi yang Anda inginkan.

Tentu, kecanggihan teknologi yang memungkinkan semua ini terjadi dan sistem pembayaran online memiliki peran besar dalam menjaga keamanan dalam bertransaksi. Bagi pebisnis, tentu Anda perlu mengikuti perkembangan teknologi agar dapat menunjang operasional bisnis Anda dan menawarkan opsi metode pembayaran digital yang beragam.

5 Sistem Pembayaran Online yang Sering Digunakan oleh Pelanggan

Internet Banking

Internet banking merupakan sistem pembayaran online yang sampai saat ini paling banyak digunakan oleh pengguna. Metode ini dapat diterapkan dengan banyak cara misalnya transfer bank, via mesin ATM atau mobile banking app. Cara yang hybrid ini masih diminati karena praktis, aman dan tentunya mesin ATM sudah banyak tersedia di gerai-gerai minimarket seluruh Indonesia.

Kartu Kredit

Pembayaran menggunakan sistem pembayaran online yang satu ini, cukup digemari terutama bagi pengguna yang membayar sesuatu secara mencicil. Selain itu kelebihan kartu kredit bagi bisnis Anda yakni kartu kredit dapat digunakan untuk transaksi dari dalam dan luar negeri sehingga jika Anda dapat menjangkau pelanggan internasional.

Online Credit

Online credit merupakan sistem pembayaran online kredit yang dihasilkan dari inovasi produk perusahaan Fintech atau financial technologyAda banyak jenis online credit dengan kelebihannya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Hadirnya online credit didasari karena adanya kebutuhan akan pembayaran cicilan di e-commerce, karena tidak semua orang bisa bayar secara tunai dan mendapatkan kartu kredit. Jenis online kredit yang sering digunakan antara lain Akulaku, Kredivo, dan Indodana.

Virtual Account

Sistem pembayaran online berikut nya adalah Virtual Account, yang merupakan rekening digital yang biasanya pada akun ini terdapat ID pelanggan yang dibuat oleh pihak Bank. Pembuatan account ini juga dapat disesuaikan oleh permintaan pengguna maupun entitas seperti perusahaan.

Dengan adanya virtual account, pengguna dimudahkan misalnya seperti saat melakukan pembayaran tidak  lagi diperlukan konfirmasi pembayaran kepada penjual. Pengguna hanya perlu membayar sesuai nominal pada invoice tagihan ke nomor virtual account milik penjual dan transaksi akan otomatis selesai.

E-Money

Tren pengguna e-money saat ini meningkat pesat dan menjadi salah satu metode pembayaran online yang banyak diminati oleh pengguna. Hadirnya e-money memudahkan segala jenis transaksi belanja online (terbatas hanya di beberapa merchant yang bekerja sama).  Beberapa e-money yang banyak dikenal seperti OVO, Linkaja, ShopePay, Rekening Ponsel, dan masih banyak lagi.

Salah satu payment gateway yang menyediakan solusi pembayaran online terlengkap adalah Faspay. Dengan lebih dari 50+ metode pembayaran, Anda dapat menyediakan kemudahan pembayaran bagi pelanggan dan tentunya dapat memudahkan urusan transaksi sehingga Anda dapat fokus untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Daftar sekarang dan ubah bisnis Anda jadi #MudahGoDigital bersama Faspay!

Gabung dengan Penyedia Payment Gateway Terbesar

Lihat Artikel Lainnya

Faspay Payment Gateway Terbaik Indonesia

Pelanggan Bayar Ini Itu Tanpa Worry dengan BTN Virtual Account!

Ciri-Ciri Bukti Transfer Palsu

Ciri-Ciri Bukti Transfer Palsu dan Tips Menghindarinya

Ide Hampers Lebaran

10 Ide Hampers Lebaran Bermanfaat, Menarik, dan Berkesan

Apa Itu Nomor Kartu ATM

Apa itu Nomor Kartu ATM? Kenali Fungsi dan Cara Mengeceknya