Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Layanan Disbursement

Dalam transaksi dan aktivitas akuntansi di lingkup perusahaan, banyak yang sudah tidak asing dengan istilah disbursement. Sederhananya, disbursement adalah pengeluaran atau pembayaran dana. Jadi, penting untuk memilih layanan disbursement Indonesia terbaik untuk bisnis Anda.

Sebab, penyedia layanan disbursement yang terpercaya memiliki keamanan tingkat tinggi untuk melindungi dana perusahaan dari berbagai potensi risiko. Baik itu risiko penipuan, kecurangan, maupun serangan siber.

Selain itu, layanan disbursement yang baik juga akan membantu meningkatkan efisiensi dalam mengelola keuangan bisnis. Oleh karena itu, ketahui apa saja tips memilih penyedia layanan disbursement terbaik di Indonesia.

Apa yang Dimaksud Disbursement?

Secara harfiah, disbursement berarti pembayaran atau pengeluaran. Singkatnya,disbursement dalam dunia bisnis dan akuntansi perusahaan mengacu pada kegiatan pencairan uang dari rekening bank kepada pihak ketiga. Istilah ini juga dikenal memiliki makna lain, yaitu perbelanjaan, kas, pengeluaran, serta biaya, tergantung pada konteks penggunaannya.

Dalam praktik perusahaan, disbursement lebih bermakna pengeluaran atau pencairan dana yang dilakukan oleh rekening bank dan dana lain. Sehingga di dalam perusahaan, kegiatan disbursement ini sangat sering dilakukan, dimana dalam proses perniagaannya pastinya memerlukan aktivitas perpindahan uang yang cepat, mudah, transparan dan aman. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa penjabaran mengenai contoh kegiatan disbursement dalam berbagai industri.

Contoh Pembayaran Disbursement dalam Bisnis

Sebelum mengetahui tips memilih penyedia layanan disbursement Indonesia yang terbaik, sebaiknya ketahui dulu apa saja contoh kegiatan disbursement dalam bisnis. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Pembayaran Gaji (Payroll)

Payroll

Setiap bulan, perusahaan melakukan disbursement untuk membayar gaji karyawan. Dana akan ditransfer langsung ke rekening karyawan sesuai dengan kesepakatan kontrak atau peraturan internal perusahaan. Kegiatan ini termasuk contoh disbursement rutin dan berulang yang menjadi kewajiban perusahaan.

2. Pengembalian Dana (Refund)

Contoh Pengembalian Dana (Refund)

Refund terjadi ketika pelanggan mengajukan permintaan pengembalian dana untuk produk atau layanan yang dibeli dan ingin dikembalikan. Dalam hal ini, perusahaan harus mengirimkan kembali dananya ke rekening pelanggan, agen, mitra bisnis, dan lain-lain. 

3. Pinjaman Uang Secara Online (Online Lending)

Pinjaman Uang Secara Online

Dalam bisnis peminjaman online, disbursement akan dilakukan ketika pengguna mengajukan pinjaman melalui aplikasi atau situs web

Jika disetujui, maka uang akan dipindahkan secara elektronik ke rekening peminjam, dan peminjam diwajibkan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan bersama.

4. Aktivitas Keuangan atau Payout Lainnya

Aktivitas Keuangan atau Payout Lainnya

Payout mengacu pada pembayaran atau proses pencairan dana dari sebuah sistem atau platform tertentu kepada individu atau pihak penerima. Istilah ini lebih luas dan dapat mencakup berbagai jenis pembayaran bisnis.

Contohnya termasuk pembayaran dividen kepada pemegang saham, pembayaran komisi kepada agen, vendor, atau mitra bisnis, refund, pembayaran hadiah atau insentif, dan masih banyak lagi. Jadi, payout tidak terbatas pada pembayaran gaji saja.

Manfaat Disbursement untuk Bisnis

Proses disbursement dalam bisnis dapat memberikan berbagai manfaat, baik bagi pihak perusahaan yang mengeluarkan dana maupun pihak penerima dana. Mulai dari efisiensi transaksi hingga jaminan keamanan transaksi, berikut ini 3 manfaat yang paling umum:

1. Transaksi Lebih Cepat dan Praktis

Jika dilakukan melalui penyedia layanan disbursement Indonesia terpercaya, kegiatan transaksi akan menjadi lebih cepat dan praktis. Pembayaran dapat dilakukan secara real time dalam satu platform untuk berbagai keperluan.

Termasuk untuk mengirimkan uang ke banyak nomor rekening atau akun sekaligus, bahkan untuk transfer bank yang berbeda-beda. 

Ini dapat membantu menghemat waktu, meningkatkan produktivitas, serta meminimalisir risiko kesalahan dalam proses pembayaran.

2. Keamanan Transaksi Lebih Terjamin

Disbursement yang tercatat secara berkala melalui layanan disbursement Indonesia terpercaya sangat bermanfaat untuk membantu memantau alokasi anggaran bisnis, sehingga bisa mencegah penyalahgunaan dana oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Apalagi, saat ini sudah banyak pembayaran yang dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis dan verifikasi otomatis. 

3. Memudahkan Proses Audit

Disbursement yang dicatat dengan baik juga bisa memudahkan proses audit. Apalagi jika bisnis tersebut menggunakan sistem payout terpercaya yang dilengkapi dengan fitur dashboard dan statements yang merekam seluruh transaksi secara otomatis.

Jika catatan dan bukti pembayaran dapat dengan mudah diakses, maka berbagai data penting bisa langsung digunakan berkaitan dengan proses audit untuk mengurangi kerumitan dalam pencatatan dan proses perekapan data keuangan.

Tips Memilih Penyedia Layanan Disbursement Indonesia

Indonesia memiliki berbagai penyedia layanan disbursement. Untuk mendapatkan manfaat di atas, penting untuk memilih penyedia layanan disbursement aman terpercaya di Indonesia. Agar tidak salah pilih, Anda bisa mengikuti berbagai tips lengkapnya berikut ini.

1. Prioritaskan Keamanan

Pertama-tama, selalu prioritaskan untuk memilih penyedia layanan disbursement yang memiliki sistem keamanan yang canggih dan berlapis. Keamanan data sangat penting untuk mencegah kebocoran informasi sensitif perusahaan.

Contoh informasi sensitif yang harus dilindungi yaitu data keuangan dan informasi pribadi karyawan atau pelanggan. Jadi, pastikan penyedia layanan disbursement Indonesia tersebut sudah mengimplementasikan protokol keamanan yang tinggi.

Termasuk di antaranya sistem enkripsi data dan mekanisme otorisasi yang ketat. Sebab, perlindungan data yang kuat akan memberikan rasa aman bagi perusahaan dan pelanggan.

2. Pilih Penyedia Layanan yang Transparan

Selanjutnya, pilihlah layanan disbursement yang memberikan transparansi dalam setiap proses transaksinya. Pastikan Anda dapat melihat dengan jelas berapa besar nominal yang dikenakan dalam setiap transaksi.

Jangan lupa juga untuk memastikan tidak ada biaya tersembunyi seperti biaya admin saat transfer, instalasi, atau maintenance. Transparansi ini akan membantu mengelola keuangan dan menghindari adanya kebingungan terkait biaya yang harus dibayarkan.

3. Perhatikan Kemudahan Penggunaan

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan ketika ingin memilih layanan disbursement, yaitu penggunaannya sederhana dan mudah dipahami pemilik bisnis. Contohnya yaitu desain antarmuka yang intuitif dan proses transaksi yang sederhana.

Pastikan layanan tersebut menyediakan buku panduan atau dukungan yang memadai agar pengguna tidak kesulitan. Hal ini penting agar seluruh anggota tim dapat mengakses dan menggunakan layanan disbursement dengan mudah.

4. Pilih yang Jaringannya Luas

Saat memilih penyedia layanan disbursement Indonesia, periksa apakah mereka memiliki jaringan yang luas untuk transaksi ke banyak rekening. Sebab semakin banyak mitra bisnis yang Anda miliki, semakin banyak pula rekening tujuan pembayaran yang harus diakomodasi.

Sebaiknya, pilihlah layanan disbursement yang pemakaiannya memiliki channel dan metode pembayaran luas, sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi dengan berbagai pihak terkait, termasuk transfer antar bank di Indonesia.

5. Kecepatan Transaksi

Tips terakhir, jangan lupa mempertimbangkan kecepatan transaksi yang ditawarkan. Proses pembayaran yang cepat akan membantu bisnis Anda untuk lebih responsif, agar dana yang akan dikirimkan tidak tertunda.

Jadi, pilihlah layanan disbursement Indonesia yang menawarkan transaksi secara real-time dengan waktu proses yang cepat. Pastikan juga laporan transaksinya bisa masuk secara otomatis untuk mempermudah pencatatan.

Faspay, Payment Gateway Penyedia Layanan Disbursement Terbaik

Solusi penyedia layanan disbursement di Indonesia yang bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan bisnis dan perusahaan adalah Faspay. Sebagai salah satu payment gateway terlengkap di Indonesia, Faspay menyediakan berbagai layanan pembayaran terintegrasi.

Salah satunya yaitu Faspay SendMe, solusi mudah dan aman untuk kebutuhan transfer dana secara real time. Dengan jaringan pembayaran ke berbagai akun e-money, virtual account, dan 150+ rekening bank Indonesia, Anda bebas mengirimkan dana disbursement dengan fleksibel dan instan.

Keunggulan Faspay SendMe untuk Proses Disbursement

Faspay SendMe adalah layanan transfer dana yang menawarkan sejumlah keunggulan untuk mengakomodir proses disbursement secara digital. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

1. Pembayaran Real-Time

Faspay SendMe memungkinkan proses pengiriman dana secara real-time tanpa adanya penundaan. Artinya, setiap transaksi pembayaran dilakukan secara instan dan dana akan langsung sampai ke rekening tujuan pada saat itu juga. 

2. Mendukung Transfer Massal

Cukup sekali klik, Anda bisa mengirim dana secara massal ke banyak rekening tujuan secara bersamaan tanpa memakan waktu lama atau proses manual yang panjang.

3. Validasi Otomatis

Setelah transaksi, sistem kami akan langsung melakukan verifikasi dan validasi rekening tujuan secara otomatis dan secara mobile, sehingga bisa meminimalisir risiko kesalahan pembayaran.

4. Fleksibilitas Akses

Faspay SendMe bisa diintegrasikan secara fleksibel ke sistem bisnis Anda. Tersedia juga pilihan penggunaan tanpa integrasi melalui fitur dashboard.

5. Laporan Transaksi dan Rekonsiliasi

Sistem kami dapat memantau seluruh status pengiriman dana dan melakukan rekonsiliasi secara cepat untuk mempermudah pencatatan transaksi.

Yuk, daftar sekarang melalui https://faspay.co.id/id/daftar/, dan dapatkan layanan disbursement Indonesia terbaik melalui Faspay!

Lihat Artikel Lainnya

Faktur Pembelian

Faktur Pembelian: Definisi, Manfaat, Serta Komponennya

7 Ide Bisnis Anak Muda dan Peluang Suksesnya di 2024 Faspay

Ini 7 Peluang Usaha 2024 untuk Anak Muda yang Dapat Dicoba!

payment gateway terbaik

5 Cara Transfer Uang Aman untuk Pebisnis

emoney

Transaksi Online Lebih Mudah Bayar dengan E-money, Alat Pembayaran Kekinian