Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

inilah keuntungan pembayaran melalui virtual account bni

Berkat perkembangan teknologi saat ini, segala sesuatu menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis, termasuk dalam hal transaksi. Jenis pilihan metode pembayaran yang semakin populer adalah transaksi pembayaran virtual account atau akun virtual.

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan nomor virtual dan bagaimana cara kerjanya? Selain itu, apa saja keuntungan yang ditawarkan oleh salah satu metode pembayaran ini? Simak informasinya secara lebih spesifik melalui pembahasan berikut.

Apakah yang Dimaksud dengan Virtual Account?

Virtual account adalah salah satu jenis metode bayar menggunakan nomor rekening yang dibuat secara virtual khusus untuk transaksi tertentu. Nomor ini dapat digunakan untuk membayar secara daring atau online tanpa harus mengungkapkan nomor rekening pribadi.

Biasanya, sebuah bank akan membuat nomor ID pelanggan yang dikenal sebagai virtual account number. Setiap kali melakukan transaksi, pelanggan akan mendapatkan satu ID unik sebagai nomor rekening bank virtual pribadi mereka. Berikut 2 jenis virtual account tersebut:

  1. Jenis Fixed Virtual Account: Pelanggan dapat menggunakan nomor virtual untuk bertransaksi secara berulang.
  2. Jenis Non-Fixed Virtual Account: Nomor ditentukan secara acak dan biasanya hanya digunakan untuk satu kali transaksi.

Nomor tersebut disebut nomor unik yang berbeda satu sama lain, sama seperti nomor bank pada umumnya. Jadi, sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan antara virtual account dan rekening biasa lho!

Namun, perbedaan virtual account dengan transfer rekening biasa yaitu kemudahannya. Jauh lebih praktis, cepat, dan efisien karena pembayaran sampai konfirmasinya akan dilakukan secara otomatis.

Keuntungan Melakukan Pembayaran Melalui Transfer Virtual Account BNI

Virtual account adalah metode pembayaran yang menguntungkan karena kecepatan dan efisiensinya melalui adanya konfirmasi otomatis. Namun, umumnya setiap penyedia layanan VA atau bank punya keuntungan khusus lainnya.

Salah satu bank penyedia layanan virtual account yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia adalah BNI. Berikut ini beberapa keuntungan membayar via jenis nomor virtual BNI berdasarkan cara kerja virtual account:

1. Pengguna Tidak Harus Mempunyai Rekening BNI

Pengguna Tidak Harus Mempunyai Rekening BNI

Salah satu keuntungan paling signifikan dari pembayaran BNI virtual account adalah Anda tidak perlu memiliki akun bank terkait untuk dapat menggunakan layanan ini. Artinya, pengguna bank lain juga tetap bisa memilih pembayaran via nomor virtual BNI sebagai pilihan metode.

Sebab, nomor ini pada dasarnya tidak terkait dengan rekening individual, melainkan dengan suatu entitas atau perusahaan tertentu. Artinya, VA berfungsi sebagai alat pembayaran secara online yang terhubung dengan sistem online payment.

Hal ini tentu sangat memudahkan siapa saja untuk bertransaksi melalui nomor virtual sesuai kebutuhan. Karena tidak harus terikat dengan satu bank tertentu, jadi Anda tidak harus membuka akun baru atau memindahkan dana dari bank lain.

2. Bisa Bertransaksi Kapan Saja dan Dimana Saja

transaksi dimana saja dan kapan saja

Manfaat virtual account selanjutnya adalah fleksibilitasnya. Nomor virtual memungkinkan pengguna untuk membayar kapan saja dan dari mana saja tanpa harus datang langsung ke bank.

Caranya mudah, bisa dilakukan secara online, via SMS, maupun via mesin ATM. Apalagi, layanan ini tersedia 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa terbatas oleh jam kerja bank atau tempat fisik tertentu.

Sehingga, Anda dapat melakukan transaksi kapan pun dibutuhkan selama memiliki akses internet atau akses menuju ATM. Hal ini tentu sangat memudahkan dalam situasi penting atau mendesak.

3. Birokrasi Transaksi Lebih Singkat

birokrasi lebih singkat

Perbedaan antara virtual account dengan transfer biasa yaitu transaksinya menawarkan proses pembayaran yang lebih singkat dan minim birokrasi. Sebab, Anda tidak perlu lagi mengisi formulir secara manual atau menunggu antrian di bank.

Kini, Anda bisa membayar via mobile banking, SMS banking, maupun via mesin ATM. Dengan adanya fitur virtual account, transaksinya akan diproses secara otomatis sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

Selain itu melalui otomatisasi dalam pencatatan dan konfirmasi transaksi, resiko terjadinya human error juga bisa diminimalisir. Sehingga, seluruh informasi transaksi seperti tanggal, waktu, dan nominalnya menjadi lebih akurat.

4. Dapat Melayani Segala Jenis Transaksi

menerima transaksi semua pembayaran

Keuntungan menggunakan virtual account selanjutnya yaitu dapat melayani segala jenis transaksi. Mulai dari pembayaran online, tagihan rutin, pembelian produk atau layanan tertentu, pengiriman uang, subscription aplikasi digital, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda dapat menggunakan nomor virtual account saat berbelanja online di berbagai platform e-commerce. Fleksibilitas ini memudahkan pengguna mengelola berbagai transaksi keuangannya dalam satu platform secara sekaligus.

Bahkan, beberapa penyedia juga dapat membuat virtual account secara otomatis untuk setiap transaksi baru dengan nominal berbeda. Hal ini tentu dapat memberikan jaminan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

5. Tidak Perlu Mengirim Bukti Transaksi

tidak perlu mengirim bukti transaksi

Keuntungan terakhir sekaligus manfaat paling signifikan dari transaksi via nomor virtual meskipun dari bank yang berbeda adalah kemudahan transakasinya. Sebab pengirim tidak perlu lagi mengirim bukti transaksi untuk konfirmasi bahwa sudah menerima pembayaran.

Sebaliknya, proses konfirmasi pembayaran menggunakan virtual account akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Setelah Anda melakukan pembayaran sesuai nominal, transaksi yang masuk akan tercatat secara otomatis dalam sistem dan penerima akan segera menerima notifikasi.

Hal ini tentu dapat mengurangi kerumitan dalam proses transaksi keuangan dan membuatnya lebih efisien. Sehingga, waktu yang dibutuhkan untuk mengambil foto struk atau screenshot bukti transfer bank bisa digunakan untuk hal lain yang lebih penting.

Cara Melakukan Pembayaran Via Virtual Account

Pada dasarnya, membayar melalui transfer virtual account sangat fleksibel karena bisa dilakukan melalui berbagai cara. Sebagai panduan, berikut ini cara melakukan pembayaran melalui nomor virtual secara umum.

Cara Melakukan Pembayaran Via Virtual Account BNI

Untuk melakukan pembayaran melalui VA BNI, Anda bisa melakukannya secara online via mobile banking, melalui SMS banking, atau secara langsung di mesin ATM. Berikut panduan cara pembayarannya secara lengkap:

  • Via Mobile Banking

Saat melakukan transaksi, pilih opsi bayar via virtual account. Selanjutnya, buka aplikasi mobile banking. Pada menu utama, pilih “Transfer” lalu klik opsi “Virtual Account Billing”.

Input nomor virtual akun yang dituju. Kemudian, masukkan berapa nominal uang yang akan ditransfer dengan tepat, konfirmasi, lalu masukkan password transaksi.

  • Via SMS Banking

Saat melakukan transaksi, pilih opsi metode pembayaran via virtual account. Pastikan Anda memiliki saldo pulsa, lalu buka aplikasi SMS banking. Pilih menu “Transfer”, kemudian klik opsi “Rekening BNI”.

Masukkan 16 digit nomor virtual account yang sudah diperoleh sebelumnya. Kemudian masukkan nominal uang sesuai jumlah tagihan, klik setuju, maka Anda akan diarahkan ke aplikasi pesan.

Kirim SMS sesuai format isi pesan yang tercantum dari aplikasi SMS banking. Selanjutnya, akan masuk SMS yang meminta kode pembayaran atau PIN. Selesaikan pembayaran dengan cara mengetikkan kode PIN Anda.

  • Via ATM

Saat melakukan transaksi, pilih menu membayar via virtual account. Selanjutnya, masukkan kartu ATM Anda ke dalam mesin, masukkan PIN, klik opsi “Transfer”, dan pilih jenis akun virtual yang akan digunakan.

Kemudian, pilih menu “Virtual Account Billing” dan masukkan 16 digit nomor virtual yang sudah diperoleh sebelumnya. Tidak perlu mengetikkan nominal, karena sistem akan secara otomatis menampilkan jumlahnya.

Cukup pastikan bahwa nominal tersebut sudah benar, lalu lanjutkan proses pengiriman hingga selesai. Karena pembayarannya sudah terkonfirmasi otomatis, Anda tidak perlu menyimpan struk bukti pembayaran tersebut.

Cara Melakukan Pembayaran Via Virtual Account BRI

Pada dasarnya, prosedur pembayaran via nomor virtual bagi nasabah BRI kurang lebih sama dengan prosedur pembayaran sebelumnya. Berikut ini rincian cara membayar virtual account melalui aplikasi BRImo, SMS, dan ATM:

  • Via Mobile Banking (BRImo)

Saat melakukan transaksi, pilih opsi pembayaran via virtual account. Selanjutnya, buka aplikasi mobile banking BRI terbaru yaitu BRImo. Pilih menu “Pembayaran” lalu klik opsi “Briva”.

Masukkan nomor VA yang dituju. Kemudian, masukkan berapa nominal uang yang akan ditransfer. Masukkan PIN m-banking untuk konfirmasi, lalu klik kirim.

  • Via SMS Banking

Saat melakukan transaksi, pilih opsi membayar via virtual account. Pastikan Anda memiliki sisa pulsa, lalu tulis SMS dengan format berikut: BAYAR[spasi]BRV[spasi]>NomorVA[spasi]>NominalBayar[spasi]>PIN.

Kirim pesan tersebut ke nomor 3300. Selanjutnya, Anda akan memperoleh SMS balasan sebagai konfirmasi apakah pembayaran ini berhasil atau tidak.

  • Via ATM

Saat melakukan transaksi, pilih opsi bayar via virtual account. Masukkan kartu ATM Anda ke dalam mesin, masukkan PIN, pilih menu “Pembayaran”, klik “Lainnya”, lalu pilih opsi “Briva”.

Masukkan 16 digit nomor VA yang sudah diperoleh sebelumnya. Konfirmasi apakah nominal transfer sudah benar atau tidak, kemudian ikuti instruksi yang tertera untuk menyelesaikan transaksi.

Cara Melakukan Pembayaran Via Virtual Account Bank Lain

Selain kedua bank di atas, hampir semua penyedia layanan keuangan saat ini sudah menyediakan fitur pembayaran via virtual account jenis bank apapun, termasuk bank BCA, Mandiri, Permata, bank OCBC NISP, dan lain sebagainya.

Hal ini karena sekarang hampir semua bank memiliki virtual account atau rekening virtual dan tidak ada perbedaan khusus antara virtual account bank yang satu dengan bank lainnya. Sehingga prosedurnya hampir sama, bisa dilakukan dengan cara berikut:

  1. Saat bertransaksi, pilih opsi bayar via VA rekening bank tujuan Anda. Jika nomor rekening tujuan berbeda bank, masukkan kode bank tersebut.
  2. Simpan 16 digit nomor tersebut.
  3. Pilih metode pembayarannya, apakah via internet banking, aplikasi mobile banking, SMS banking, ATM, atau langsung ke teller bank.
  4. Bayar berdasarkan metode yang dipilih.
  5. Verifikasi dan konfirmasi, lalu simpan bukti bayarnya jika perlu.

Virtual account telah mengembangkan fitur-fitur inovatif dengan berbagai keuntungan. Hal ini membuktikan pembayaran via VA lebih mudah dibanding sistem pembayaran bank biasa. Transaksi keuangan menjadi lebih mudah sebab pengirim tidak harus melalui birokrasi proses kerja bank pada umumnya.

Apabila Anda adalah pebisnis yang tertarik menerapkan pembayaran online dengan  VA, bisa mendaftar langsung ke rekening bank di Indonesia yang menyediakan layanan tersebut. Namun, cara ini umumnya membutuhkan waktu lama karena harus mengurus langsung ke bank penerbit.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan jasa payment gateway dari Faspay untuk memudahkan proses pengajuan VA. Untuk menerapkan metode pembayaran virtual account dengan mudah, daftar Faspay sekarang melalui tautan berikut!

Lihat Artikel Lainnya

layanan-invoice-online-indonesia

Fintech Kian Marak, Ketahui Tren Industri Perbankan dan Layanan Keuangan 2021

settlement adalah

Mengenal Settlement: Pengertian, Cara Pakai, dan Fungsinya

virtual office Faspay

4 Keunggulan Virtual Office dan Cara Kerjanya, Sudah Tahu?