Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

rekber adalah

Rekber adalah singkatan dari rekening bersama. Umumnya, rekber adalah produk keuangan dan perbankan yang digunakan untuk pasangan suami istri dan keluarga. Selain untuk kebutuhan keuangan rumah tangga, rekber banyak digunakan untuk pengelolaan keuangan bisnis. Dengan begitu, rekan bisnis bisa memantau dan mengelola jalannya bisnis bersama. 

Dalam bisnis, rekber adalah salah satu metode pembayaran online yang menjadikan proses transaksi jual beli berjalan dengan praktis, baik bagi pembeli maupun penjual. Lantas, apa saja keuntungan penggunaannya dan bagaimana cara kerjanya? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Rekber?

Rekber adalah jenis rekening yang ditujukan untuk digunakan dua individu atau lebih. Dalam bisnis, implementasi rekber biasanya melibatkan tiga pihak, yaitu pihak pembeli, pihak penjual, dan pihak netral. Adapun pihak netral berperan sebagai penanggung jawab yang memastikan transaksi antara pembeli dan penjual melalui rekber tersebut berjalan dengan lancar.

Pemilik rekber memiliki akses penuh untuk mengelola dana dalam rekening tersebut, termasuk melakukan penyetoran maupun penarikan. Mengingat rekber bisa diakses oleh dua orang atau lebih, pengelolaannya dilakukan oleh lembaga perbankan. Adapun pencairan dana bisa dilakukan apabila pemilik rekening atau rekan bisnis mencapai kesepakatan bersama.

Baca juga: 5 Cara Aman dan Mudah Transfer Uang untuk Pebisnis 

Keuntungan Rekber

Sebagai sistem pembayaran online yang dikelola oleh lebih dari satu orang, rekber adalah pilihan tepat untuk rekan bisnis di berbagai sektor. Adapun beberapa keuntungan utama yang ditawarkan oleh rekber adalah:

1. Pengelolaan Keuangan Lebih Mudah

Pengelolaan Keuangan Lebih Mudah - faspay

Pada dasarnya, rekber adalah jenis rekening yang digunakan untuk menyimpan dana bersama. 

Pengelolaan rekber dalam bisnis dapat memudahkan pengelolaan keuangan. Pemilik rekening dapat memantau aliran kas masuk dan keluar. Dengan begitu, pelaku usaha dapat melihat semua pengeluaran yang digunakan untuk kebutuhan bisnis dan pemasukan dari hasil penjualan pada periode tertentu.

2. Keamanan Terjamin

Keamanan Terjamin - faspay

Rekber adalah salah satu pilihan pembayaran online yang terjamin keamanannya. Adanya rekber akan memperkecil risiko kecurangan pembelian dari transaksi fiktif. Bukti transfer tidak bisa dipalsukan karena adanya pengecekan berlapis dari setiap pemilik rekening bersama.

Apabila transaksi telah dikonfirmasi oleh semua pihak pemegang rekber, maka barulah terbukti keasliannya. Setelah dilakukan pengecekan dan konfirmasi bahwa uang pembeli sudah masuk ke rekening, produk baru akan dikirimkan ke pembeli.

3. Transparansi Cash Flow

transparansi cash flow

Keuntungan rekber selanjutnya adalah transparansi keuangan. Semua pemilik rekening bersama memiliki akses untuk mengawasi arus masuk dan keluar (cash flow) keuangan. Transparansi ini dapat mengurangi risiko kesalahpahaman antara pemilik bisnis dalam pengelolaan keuangan.

4. Tanggung Jawab Terbagi Secara Adil

tanggung jawab terbagi secara adil - faspay

Transparansi rekber adalah salah satu keuntungan utama yang dapat berdampak positif pada pembagian tanggung jawab pemilik bisnis. Dengan begitu, masing-masing pelaku bisnis terkait dapat menjalankan perannya dengan baik.

Baca juga: Ini 4 Fungsi Open API dalam Teknologi Bisnis, Perlu Tahu! 

5. Fleksibilitas Akses

fleksibilitas akses - faspay

Pemilik rekber adalah pihak yang berhak untuk mengakses rekening ketika ada keperluan mendadak. Setiap pemilik rekening bersama dapat menggunakan dana di dalamnya kapan pun dengan syarat sesuai dengan kesepakatan bersama.

6. Kepercayaan Pembeli Meningkat

kepercayaan pembeli meningkat - faspay

Dalam bisnis jual beli, rekber adalah sistem pembayaran online yang memiliki berbagai manfaat untuk penjual. Keamanan rekening terjamin sehingga risiko penipuan dan kecurangan lainnya pun bisa diminimalisasi. Dengan begitu, pembeli pun cenderung lebih merasa aman ketika belanja online.

Cara Kerja Rekber

Rekber adalah salah satu produk keuangan dengan sistem yang terbilang sederhana. Cara kerjanya dapat dimengerti dengan mudah. Maka dari itu, banyak pelaku usaha toko online menggunakan rekber untuk memudahkan dan mengamankan transaksi bagi pembeli.

Berikut adalah cara kerja rekber untuk keperluan usaha:

  1. Pemegang rekber bisnis memiliki akses, hak, dan kewajiban yang sama.
  2. Terdapat kesepakatan antara pelaku usaha dan pelanggan untuk bertransaksi melalui rekber.
  3. Pembeli melakukan pembayaran melalui transfer ke rekber toko online.
  4. Penjual mengkonfirmasi transaksi dari penyedia jasa rekber.
  5. Setelah transaksi dikonfirmasi, penjual akan mengemas pesanan dan mengirimkannya ke alamat tujuan yang dicantumkan pembeli.
  6. Pembeli menunggu pesanan untuk sampai ke alamat tujuan. Jika telah sampai, pembeli perlu mengkonfirmasi barang telah diterima.
  7. Setelah pembeli mengonfirmasi pesanan telah datang, penyedia jasa rekber bisa menyerahkan uang dari transaksi jual beli kepada penjual.

Tips Penggunaan Rekber dengan Faspay

Itulah penggunaan rekber dalam transaksi bisnis yang dapat membantu keamanan dalam transaksi jual beli. Meskipun rekber terbilang aman, penggunaannya tidak lepas dari risiko tindak kejahatan, seperti penipuan eskro atau wire fraud. Lantas, bagaimana cara menanggulanginya? Sebagai pemilik toko online, Anda bisa melakukan analisis dan membandingkan antara penyedia jasa rekber satu dan lainnya.

Salah satu cara untuk memastikan keamanan transaksi online melalui rekber adalah dengan menggunakan jasa payment gateway dari Faspay. Terdapat berbagai produk sebagai solusi bagi pemilik bisnis untuk menyediakan pembayaran online, salah satunya adalah Faspay Business.

Faspay Business telah dipercaya oleh lebih dari 5.000 bisnis dari berbagai sektor industri, mulai UMKM hingga korporasi. Aktivasinya mudah dan cepat. Faspay Business cocok untuk bisnis yang sudah memiliki website dan aplikasi sehingga mampu menerima lebih dari 50+ metode pembayaran.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari buat transaksi pembayaran online lebih mudah dengan daftar menjadi merchant Faspay sekarang!

Baca juga: Kenali Apa itu Cyber Security, Ancaman dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Lihat Artikel Lainnya

How Does Payment Link Facilitate Payments and Enhance Convenience in Business Transactions

How the Payment Link Facilitates Payment and Improve Business Transaction Convenience

cara membuat proposal usaha

10 Cara Membuat Proposal Usaha yang Menarik Agar Dilirik Investor

hcma

Pemaparan Solusi Pembayaran Online bagi Hotel dalam HCMA Bali Annual Meeting 2019 di Yogyakarta

5 Cara Pembayaran Melalui BCA Virtual Account Faspay

5 Cara Pembayaran Melalui BCA Virtual Account