Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Strategi Pemasaran Terbaik Produk Food & Beverage Agar Dapat Bersaing

Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan penjualan adalah teknik dan strategi pemasaran produk. Dengan menerapkan strategi marketing yang tepat, produk Anda dapat bersaing dengan kompetitor dalam bidang yang sama.

Salah satu bidang bisnis yang tingkat persaingannya cukup ketat adalah industri makanan dan minuman (food and beverage). Maka, penting untuk mempelajari strategi marketing terbaik agar produk makanan dan minuman Anda mampu bersaing di pasaran.

Apa yang Dimaksud dengan Strategi Pemasaran Produk?

Apa saja yang harus dilakukan agar suatu produk dapat menarik perhatian pasar atau masyarakat? Pada dasarnya, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah definisi dari strategi pemasaran.

Jadi, strategi pemasaran adalah perencanaan rinci tentang bagaimana cara menjual sebuah produk atau jasa secara efektif kepada target pasar tertentu. Dalam konteks bisnis food and beverages, maka jenis produk yang dijual tentu adalah makanan dan minuman.

Tujuan pemasaran ini sangat sederhana, bisa untuk mencapai keuntungan maksimal, memperluas jangkauan pelanggan, atau untuk membangun kesadaran merek (brand awareness).

Secara lebih rinci, strategi pemasaran produk yang efektif umumnya melibatkan 4 variabel penting yang disebut sebagai strategi pemasaran 4P, yaitu sebagai berikut:

1. Product (Produk)

Variabel pertama yang harus diperhatikan adalah produk itu sendiri sebagai dasar dari seluruh strategi pemasaran. Penting untuk mempertimbangkan fitur produk, kualitas, merek atau logo, keunikan, dan perbedaannya dengan produk pesaing.

2. Price (Harga)

Setelah produk, variabel selanjutnya adalah harga. Penentuan harga yang tepat sangat penting, sebab harga akan mempengaruhi persepsi nilai produk di mata konsumen. Jadi, harga harus selaras dengan nilai yang ditawarkan oleh produk.

3. Place (Tempat)

Tempat atau distribusi produk jualan juga memiliki peran vital dalam kesuksesan strategi pemasaran produk. Sebab, pemilihan tempat penjualan yang strategis dan efisien akan mempengaruhi keterjangkauan produk oleh target konsumen.

4. Promotion (Promosi)

Promosi adalah variabel terpenting dalam teknik marketing atau pemasaran. Melalui pendekatan dan strategi promosi yang kreatif dan efektif, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek dan produk di mata konsumen.

Rekomendasi Jenis Strategi Pemasaran yang Efektif

Pada dasarnya, setiap bidang bisnis atau produk yang berbeda dapat menggunakan jenis strategi pemasaran apapun. Misalnya, industri food and beverages dapat mengadopsi strategi pemasaran produk kerajinan atau jenis produk lainnya, sepanjang teknik atau strategi tersebut relevan dan efektif untuk diterapkan.

Untuk mengetahui seperti apa formula yang paling tepat dan efektif dalam memasarkan produk, Anda bisa bereksperimen dan mencoba lebih dari satu jenis strategi marketing. Sebagai referensi, berikut ini beberapa jenis strategi yang umum dilakukan.

1. Direct Selling

Direct Selling sebagai strategi pemasaran produk

Sesuai namanya, direct selling (penjualan langsung) adalah strategi pemasaran dengan cara menjual produk atau layanan secara langsung kepada target pasar. Teknik ini melibatkan interaksi langsung untuk memberikan penjelasan produk dan mendapatkan umpan balik (feedback) dari konsumen.

2. Earned Media

Strategi pemasaran produk Earned Media

Strategi pemasaran produk ini memanfaatkan liputan dari media, baik itu melalui pemberitaan atau ulasan positif dari pihak ketiga. Karena bukan merupakan promosi langsung dari perusahaan, earned media sangat efektif untuk kredibilitas brand.

3. Point of Purchase (POP)

Point of Purchase (POP)

POP adalah salah satu contoh strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara menempatkan iklan atau materi pemasaran langsung di dekat produknya. Karena itu, strategi ini lebih cocok diterapkan jika Anda menjalankan bisnis yang memiliki lokasi penjualan fisik, misalnya toko retail.

4. Internet Marketing

Internet marketing

Hampir semua orang tentu tidak asing lagi dengan jenis strategi pemasaran produk satu ini. Sesuai namanya, internet marketing memanfaatkan berbagai platform online sebagai media promosi. Berikut ini beberapa contoh jenisnya:

  • Social Media Marketing: Mempromosikan produk melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan lain-lain untuk berinteraksi dengan konsumen dan meningkatkan brand awareness.
  • Search Engine Marketing (SEM): Meningkatkan visibilitas situs web di hasil pencarian melalui iklan berbayar atau optimasi mesin pencari.
  • Content Marketing: Menciptakan konten sebagai media pemasaran untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan otoritas brand.
  • E-mail Marketing: Mempromosikan produk via e-mail untuk memberikan penawaran menarik dan informasi produk kepada pelanggan.

5. Paid Ads

Paid ads

Rekomendasi terakhir adalah paid ads, yaitu strategi pemasaran dengan cara membayar untuk menampilkan iklan di platform tertentu. Bisa berupa iklan cetak, televisi, radio, atau iklan online untuk mencapai target pasar secara cepat dan luas.

Bagaimana Langkah Strategi Pemasaran?

Apapun metode atau strategi yang dipilih, langkah untuk menjalankan strategi pemasaran produk secara keseluruhan tetap sama. Sebagai panduan, berikut ini langkah-langkah yang perlu diperhatikan ketika melakukan pemasaran.

1. Pahami dan Kenali Target Pasar

Pertama-tama, identifikasi dan pahami dengan baik siapa target pasar Anda. Mengenali karakteristik, preferensi, dan kebutuhan konsumen akan membantu Anda menyusun strategi pemasaran yang tepat dan relevan sesuai dengan target konsumen.

2. Buat Target Marketing yang Realistis

Selanjutnya, tentukan target marketing yang realistis dan dapat diukur, bak secara kualitatif maupun kuantitatif. Sebagai contoh, coba tentukan berapa banyak penjualan yang ingin Anda capai dalam periode tertentu dan bagaimana cara mencapainya.

3. Amati Strategi Marketing Kompetitor

Meneliti dan menganalisis strategi pemasaran dari pesaing dapat menjadi referensi yang bermanfaat. Coba identifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, serta temukan celah yang dapat dimanfaatkan untuk membedakan produk Anda dengan produk kompetitor.

4. Buat Anggaran Dana untuk Promosi

Salah satu aspek utama dalam menerapkan strategi pemasaran produk yang efektif adalah budget atau anggaran dana. Sebaiknya, pilihlah taktik pemasaran yang paling efektif dan sesuai dengan ketersediaan anggaran yang Anda miliki.

5. Bangun Tempat Usaha yang Strategis (Khusus Bisnis Offline)

Khusus jenis bisnis offline, pilihlah lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh target pasar. Pastikan tempat usaha tersebut bisa menarik perhatian dan mudah ditemukan oleh konsumen.

6. Bangun Toko Online dengan Website Sendiri

Sedangkan saat berbisnis online, buatlah situs web yang profesional dan responsif sebagai pusat operasional Anda. Selain itu, sebenarnya jenis bisnis offline juga dapat membangun website sendiri. Yang penting, pastikan situs web tersebut mudah digunakan dan menyediakan informasi lengkap tentang produk.

7. Jalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Jangan lupa berfokus pada kepuasan pelanggan dan jalin hubungan yang baik dengan mereka. Tanggapi setiap pertanyaan, masukan, dan keluhan dengan cepat dan sopan. Sebab, tingkat kepuasan pelanggan berbanding lurus dengan jumlah transaksinya.

8. Manfaatkan Internet, E-mail, dan Media Sosial

Internet marketing adalah jenis strategi pemasaran produk yang efektif untuk diterapkan pada bidang bisnis apapun, termasuk makanan dan minuman. Jadi, manfaatkan platform digital seperti media sosial dan e-mail untuk memperluas jangkauan Anda. Bila perlu, manfaatkan jasa influencer untuk tingkatkan eksposur.

9. Manfaatkan Strategi Digital Marketing

Salah satu aspek penting dalam pemasaran secara digital melalui internet adalah pemanfaatan SEO (Search Engine Optimization). Selain itu, Anda juga bisa membuat iklan online via Google Ads atau yang lainnya untuk meningkatkan visibilitas.

10. Tawarkan Sampel Produk

Jika Anda memiliki offline store, coba tawarkan sampel produk kepada calon konsumen atau berikan mereka kesempatan mencoba produk Anda. Ini adalah salah satu cara efektif untuk memperkenalkan produk Anda kepada target pasar.

11. Berikan Promo

Selain menawarkan produk gratis sebagai sampel, coba berikan promo dan penawaran khusus seperti giveaway, diskon, buy one get one, dan lain-lain. Hal ini akan menarik konsumen dan mendorong mereka untuk segera membeli produk Anda.

12. Gunakan Sistem Dropship, Reseller, atau Franchise

Terakhir, coba manfaatkan sistem dropship atau reseller untuk memperluas distribusi produk Anda. Khusus untuk bisnis makanan dan minuman, maka model yang bisa digunakan adalah sistem franchise atau kemitraan. Ini dapat membantu memperluas pasar sekaligus meningkatkan penjualan produk.

Contoh Strategi Pemasaran Produk

Agar Anda semakin paham terkait bagaimana cara memasarkan produk kuliner dengan efektif, berikut ini beberapa contoh strategi pemasaran untuk produk makanan dan minuman yang bisa diterapkan.

  • Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan

Ada beberapa contoh strategi yang bisa Anda implementasikan. Misalnya, coba lakukan kolaborasi dengan food influencer terkenal, baik itu para food blogger maupun koki terkenal.

Opsi lain adalah dengan membuat konten menarik tentang produk yang ditawarkan. Seperti membuat postingan foto-foto yang tampak lezat dan menggugah selera, atau membuat video tutorial memasak.

  • Contoh Strategi Pemasaran Produk Minuman

Untuk minuman, pada dasarnya Anda bisa menerapkan teknik pemasaran produk yang sama seperti contoh di atas. Contoh lain, Anda bisa membuat sistem franchise sebagai strategi penjualan produk sekaligus strategi marketing.

Sistem ini terbukti efektif, contohnya seperti strategi dari salah satu brand minuman asal Cina yang sebelumnya sempat viral di Indonesia karena cabangnya yang tersebar luas di mana-mana.

Maksimalkan Strategi Pemasaran Bersama Faspay

Salah satu strategi marketing yang efektif menurut pembahasan di atas adalah dengan menawarkan promo menarik kepada konsumen, misalnya dalam bentuk diskon, cashback, dan lain sebagainya.

Namun selain menerapkan strategi marketing, mempersiapkan teknis bisnis juga penting untuk memastikan operasionalnya berjalan maksimal. Salah satunya yaitu dari aspek teknis pembayaran online.

Anda bisa memanfaatkan Faspay, online payment gateway terbaik di Indonesia yang menawarkan berbagai jenis layanan untuk memaksimalkan operasional bisnis. Mulai dari layanan Faspay SendMe, Faspay Billing, Faspay Cash Out, Faspay Dana Usaha, Faspay Business, hingga QRIS.

Dengan bertransaksi secara online melalui sistem payment gateway, bisnis Anda menjadi lebih siap dalam hal teknis. Selain itu, pelanggan juga berkesempatan memperoleh berbagai promo khusus yang bisa membantu memaksimalkan strategi pemasaran produk Anda.

Yuk, daftar Faspay sekarang dan dapatkan payment gateway terbaik untuk meningkatkan pengalaman transaksi pelanggan dan mengoptimalkan strategi bisnis Anda. Simak juga informasi mengenai produk Faspay selengkapnya di sini!

Lihat Artikel Lainnya

cara memaksimalkan performa website

Cara Memaksimalkan Performa Website Baru dan Sedang Berkembang. Simak Tipsnya Disini!

May-Bisnis Agen Travel

10 Cara Memulai Bisnis Tiket Pesawat (Agen Travel) dengan Mudah Di Rumah

Newsletter, THUMBNAIL DAN MERCHANT PAGE OCTOBER 2023 DAMRI_Thumbnail

Faspay Digandeng DAMRI sebagai Mitra Pembayaran Online Resmi DAMRI Apps

BRI VIrtual Account Kenali Manfaat dan Cara Menggunakannya Faspay

BRI Virtual Account: Kenali Manfaat dan Cara Menggunakannya