Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > 14 Usaha Sampingan Karyawan untuk Menambah Penghasilan

14 Usaha Sampingan Karyawan untuk Menambah Penghasilan

usaha sampingan karyawan - faspay

Agar bisa mendapatkan tambahan penghasilan, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan usaha sampingan karyawan. Sekarang, ada banyak peluang usaha yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Salah satu peluang usaha tersebut adalah menjadi content creator. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan usaha sampingan karyawan, simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui beberapa rekomendasi peluang usaha yang bisa Anda jadikan referensi.

Rekomendasi Usaha Sampingan Karyawan

Di zaman sekarang, terdapat banyak sekali ide usaha sampingan karyawan, baik yang membutuhkan modal banyak atau kecil. Bagi Anda yang sedang mencari usaha sampingan karyawan pabrik maupun kantor, simak beberapa rekomendasi berikut ini.

1. Warung Kopi

Warung kopi merupakan salah satu rekomendasi usaha sampingan karyawan yang bisa Anda coba. Anak muda zaman sekarang sangat gemar mengunjungi warung kopi, baik untuk mengerjakan tugas maupun sekadar nongkrong. Usaha ini cocok untuk dijalankan karyawan karena tidak perlu buka dari pagi hari. Anda bisa membukanya ketika menjelang malam karena pada umumnya warung kopi akan ramai dikunjungi pada jam-jam tersebut.

2. Content Creator

Content creator merupakan rekomendasi usaha sampingan online untuk karyawan yang patut Anda coba. Tak perlu memikirkan konten yang rumit, Anda bisa membuat konten tentang pekerjaan Anda sehari-hari dan meraih banyak kepopuleran. Setelah Anda populer, maka akan ada banyak tawaran sponsor dan endorse yang bisa menghasilkan banyak cuan untuk Anda.

3. Usaha Rental

Usaha sampingan karyawan ini cocok untuk dilakukan untuk menarget orang-orang yang memiliki hobi, seperti mendaki, cosplay, fotografi, dan sebagainya. Hobi-hobi tersebut membutuhkan beberapa peralatan untuk dapat melakukannya. Maka dari itu, Anda bisa membuat usaha rental peralatan yang sesuai hobi Anda. Misal, membuka rental kostum untuk cosplay. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan hobi sekaligus mendapat banyak uang.

Baca juga: Jasa Maklon Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Contoh Dan Biayanya

4. Tutor Online

Zaman sekarang sudah ada banyak sekali platform yang menyediakan fasilitas tutor secara online. Jika Anda merasa mampu dalam bidang tertentu, maka tidak ada salahnya untuk mencoba daftar ke platform tersebut. Dengan begitu, Anda bisa berbagi ilmu yang bermanfaat sekaligus mendapat tambahan uang.

5. Blogger

Blogger merupakan usaha sampingan yang cocok untuk Anda yang gemar menulis. Untuk mengawali usaha ini, Anda perlu mengumpulkan portofolio tulisan Anda untuk ditawarkan pada banyak orang. Selain itu, Anda juga bisa membuat blog sendiri dan menulis artikel di tempat tersebut secara rutin. Dari blog tersebut, Anda bisa mendapat uang dari memasang iklan atau bekerja sama dengan suatu brand.

6. Afiliator

Bagi Anda yang sedang mencari usaha sampingan karyawan tanpa modal, maka affiliator bisa menjadi pilihan utama. Tugas Anda sebagai afiliator adalah mempromosikan layanan maupun produk dari pihak lain. Lalu, setiap kali ada orang yang bertransaksi melalui tautan yang Anda promosikan, Anda akan mendapatkan komisi.

7. Editor Video

Editor video merupakan salah satu pekerjaan yang sering dicari pada zaman sekarang. Selain sebagai hiburan, video juga bisa dijadikan sebagai promosi maupun untuk mengabadikan momen-momen penting. Perlu diingat, jika ingin melakukan usaha sampingan yang satu ini, Anda memerlukan peralatan yang memadai agar hasil editan Anda berkualitas.

8. Penerjemah

Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing, Anda bisa mencoba usaha sampingan yang satu ini. Selain menerjemahkan sebuah buku atau literatur lainnya, Anda juga bisa menjadi penerjemah antar individu untuk dapat memperlancar komunikasi. Profesi ini sangat dibutuhkan di banyak perusahaan yang sering berhubungan dengan klien asing.

9. Berjualan Foto

Bagi Anda yang hobi fotografi, usaha sampingan karyawan yang satu ini bisa menjadi pilihan utama Anda. Ada beberapa website yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual hasil foto Anda. Foto apapun yang Anda ambil bisa berpotensi terjual di website tersebut. Jadi, sembari menajamkan kemampuan fotografi, Anda juga bisa menjual hasil jepretan tersebut ke beberapa website untuk mendapatkan uang.

10. Usaha Kosan

Kosan merupakan salah satu usaha sampingan karyawan yang sangat menguntungkan. Usaha ini juga bisa menjadi passive income bagi Anda. Namun, usaha ini membutuhkan modal yang terbilang besar dan membutuhkan beberapa persiapan khusus, seperti survei lokasi hingga mengetahui potensi pelanggan yang ada lokasi tersebut.

11. Copywriter dan Content Writer

Selain blogger, menjadi copywriter dan content writer bisa menjadi usaha sampingan yang cocok bagi Anda yang gemar menulis. Kedua profesi tersebut kerap kali digabung dan digunakan untuk memperkenalkan suatu brand sekaligus mempromosikannya. Salah satu kelebihan dari usaha sampingan ini adalah waktu dan tempat pengerjaannya sangat fleksibel, Anda bisa melakukannya kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: Ketahui Risiko yang Dihadapi Oleh Pebisnis Dengan Transaksi Manual

12. Dropship

Dropship merupakan salah satu usaha sampingan yang cocok bagi Anda yang ingin berjualan secara online, tapi tidak punya banyak modal. Dropship memungkinkan Anda berjualan online tanpa perlu menyetok barang apapun. Ketika ada pesanan, pihak supplier akan langsung mengirimkannya ke alamat pelanggan dengan mengatasnamakan toko Anda.

13. Penulis E-Book

Selain menjadi tutor online, menulis e-book juga bisa menjadi salah satu usaha sampingan bagi Anda yang ingin berbagi ilmu. Anda bisa menulis e-book tentang bidang yang Anda kuasai lalu lakukan promosi secara online agar menjangkau banyak orang. Hal tersebut akan semakin mudah dilakukan apabila personal branding Anda sudah kuat.

14. Usaha Laundry

Usaha sampingan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang hidup di area sekitar kampus maupun perkantoran. Apabila kekurangan modal, Anda bisa membuat proposal usaha dan mengajak beberapa orang untuk jadi investor. Jika usaha ini berjalan dengan lancar, maka kamu bisa mendapatkan penghasilan yang stabil setiap waktunya.

Itulah beberapa informasi mengenai usaha sampingan karyawan yang patut Anda coba. Untuk dapat mendukung usaha sampingan tersebut, Anda perlu memperhatikan sistem tagihan kepada para pelanggan yang melakukan transaksi. Untuk mempermudah Anda dalam menjalankan sistem tagihan tersebut, Anda bisa menggunakan Faspay Billing Lite.

Faspay Billing Lite merupakan aplikasi berbasis web yang cocok digunakan oleh pengusaha UMKM. Dengan menggunakan Faspay Billing Lite, Anda bisa membuat tagihan secara online lebih mudah. Tak hanya itu, Anda juga bisa memantau seluruh tagihan yang sedang berjalan melalui Faspay Billing Lite.

Selain itu, Faspay juga menyediakan QR business profile yang memungkinkan pemilik bisnis untuk menyediakan katalog produk hingga link pembayaran secara praktis menggunakan kode QR, lho.

Jadi tunggu apalagi? Ayo gunakan Faspay sekarang juga dan jadikan usaha sampingan Anda semakin berkembang.

Baca Juga : Layanan Refund untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Lihat Artikel Lainnya

cara membuat linktree

Cara Membuat Linktree untuk Pengelolaan Bisnis Digital

Newsletter, THUMBNAIL DAN MERCHANT PAGE DESEMBER 2023 DAMRI_Thumbnail

Lengkapi Fasilitas Sleeper Seat, DAMRI Rilis Produk Terbaru ‘Double Decker Bus’

Payment Gateway Indonesia

Jasa Maklon Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Biayanya

Manfaat Tagihan Online Bagi Pelanggan dan Pelaku Bisnis Faspay

Manfaat Tagihan Online Bagi Pelanggan dan Pelaku Bisnis