Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > 10 Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik di Tahun 2024

10 Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik di Tahun 2024

plugin wordpress untuk toko online - Faspay

Plugin WordPress untuk toko online didesain dengan tujuan mendorong performa website bisnis yang nantinya dapat meningkatkan cara kerjanya. Secara umum, plugin adalah ekstensi yang digunakan untuk mendukung performa suatu platform online.

Di WordPress sendiri, terdapat berbagai macam plugin yang bisa digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan. Bagi pemilik toko online, plugin WordPress bisa digunakan untuk membuat website lebih menarik bagi pengunjung.

Artikel kali ini akan mencakup daftar plugin WordPress untuk toko online yang dapat membantu bisnis lebih berkembang di tengah kompetisi sengit. Mari cari tahu selengkapnya.

Plugin WordPress untuk Toko Online

Mengoptimalkan performa dan kegunaan website toko online kini bisa digunakan tanpa harus memahami coding yang rumit. Setiap plugin website bisnis yang ada di daftar berikut memiliki fungsi yang berbeda antara satu dan lainnya. Untuk mengetahui kegunaan masing-masing, cek penjabarannya satu per satu:

1. Shopify

shopify - faspay

Bagi pemilik toko online yang belum memiliki website, Shopify bisa menjadi plugin tepat untuk mempermudah pembangunan platform bisnis online dari awal. Pengunduhan plugin ini gratis dengan biaya tahunan sebesar $99 hingga $399 per tahun untuk layanannya.

Sebagai salah satu plugin WordPress populer, instalasi aktif Shopify telah menembus angka 5.000. Tidak hanya jumlah instalasinya yang tinggi, kualitas plugin yang dikembangkan oleh WP Shopify ini juga dibuktikan dengan rating 4/5.

Lantas, apa saja yang ditawarkan oleh plugin Shopify kepada pemilik toko online? Beberapa fitur berikut dapat dinikmati oleh pemilik toko online, di antaranya adalah:

  • Penyediaan sertifikat SSL.
  • Metode pembayaran terintegrasi.
  • Kustomisasi mudah.
  • Manajemen produk detail.
  • Opsi pengiriman mudah.
  • Tersedia informasi tracking.
  • Terdapat perbandingan harga biasa dan harga diskon.
  • Informasi stok barang tercantum.
  • Analitik yang menunjukkan pertumbuhan toko online.
  • Platform berbasis cloud sehingga tidak perlu upgrade server.

2. WooCommerce

woocommerce - faspay

Plugin WordPress untuk toko online selanjutnya adalah WooCommerce yang berguna untuk membangun website eCommerce. Terdapat add-ons premium, ekstensi, tema, dan tool keamanan yang bisa diintegrasikan dengan toko yang dibangun dengan plugin ini.

WooCommerce yang dikembangkan oleh Automattic menjadi plugin WordPress populer dengan instalasi aktif lebih dari 5 juta. Rating-nya pun juga tinggi, yaitu 4,5/5. Untuk menggunakan plugin ini, Anda perlu membayar mulai dari $10 per bulannya. Adapun beberapa fitur yang dimiliki oleh plugin toko online WooCommerce adalah:

  • Memiliki komunitas global yang besar.
  • Banyak metode pembayaran yang bisa digunakan.
  • Cocok untuk produk dalam berbagai jenis.
  • Kustomisasi sesuai kebutuhan untuk membuat website yang user-friendly.
  • Kompatibel dengan Yoast SEO yang dapat mengoptimalkan visibilitas website di pencarian.
  • Pilihan pengiriman mudah dengan penghitungan ongkir otomatis.
  • Pelacakan pengiriman melalui WooCommerce Shipment Tracking.

Baca juga: Cara Setting WooCommerce Payment Gateway di Faspay

3. Yoast SEO

yoast seo - faspay

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO untuk toko online yang berfungsi untuk mendorong trafik website secara organik.

Tujuannya adalah memunculkan website toko online di halaman pertama mesin pencarian. Dengan begitu, visibilitasnya pun akan meningkat sehingga dapat menarik perhatian calon pengunjung baru.

Penggunaan Yoast SEO khusus ditujukan dalam pembuatan konten. Plugin Yoast SEO akan menunjukkan skor konten setelah analisis konten selesai dilakukan. Beberapa fitur Yoast SEO yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan performa website adalah:

  • Pengecekan atribut gambar sesuai dengan keyword yang ditargetkan.
  • Rich Snippet Preview yang menunjukkan pratinjau di pencarian Google.
  • Pembuatan sitemap yang membantu Google crawler memahami struktur website.

4. LiteSpeed Cache

litespeed cache - faspay

Salah satu plugin WordPress untuk toko online yang dapat membantu meningkatkan kecepatan loading adalah LiteSpeed Cache. Dengan menggunakan plugin ini, beban server dapat ditekan hingga 50% dan membuat website bekerja lebih optimal. LiteSpeed Cache menyediakan beberapa manfaat berikut:

  • Penggabungan CSS dan JavaScript untuk menghapus kode yang tidak digunakan.
  • Pengoptimalan database dengan fitur berkualitas.

5. Redirection

redirection - faspay

Untuk mencari plugin WordPress terbaik, Anda harus mengetahui kebutuhan website. Salah satu plugin yang dapat membantu manajemen halaman adalah Redirection. Plugin ini berguna untuk mengatasi tautan yang rusak atau broken link.

Redirection akan mengelompokkan tautan rusak agar pengalihan nantinya bisa dilakukan dengan lebih mudah. Dengan adanya plugin ini, halaman yang error pun dapat dimonitor dan segera diatasi untuk menjaga kelancaran pengguna menjelajahi website.

6. JetPack

jetpack - faspay

Keamanan website merupakan salah satu prioritas utama dalam pemeliharaan toko online. Agar dapat memastikan keamanan website, Anda bisa menggunakan plugin JetPack yang berfungsi mengoptimalkan kinerja dan manajemen sistemnya.

JetPack adalah salah satu plugin WordPress untuk toko online yang dapat memberikan proteksi terhadap penyusup dengan fitur 2fa atau autentikasi dua faktor. Di samping itu, JetPack juga melindungi website toko online dari serangan brute force yang merupakan peretasan dengan cara menebak username dan kata sandi pengguna.

Tidak hanya itu, JetPack juga dapat memblokir malware dan spam yang dapat mengganggu berjalannya toko online. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur dari Jetpack yang dapat membantu Anda mengetahui data pengunjung website toko online.

Baca juga: Ketahui 4 Keuntungan Menggunakan Plugin Pembayaran Pada WordPress

7. Imagify

imagify - faspay

Penggunaan gambar pada website toko online dapat memperlambat kecepatan loading. Imagify bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Plugin WordPress untuk toko online ini berfungsi untuk mengompres atau mengecilkan ukuran gambar dalam tiga level, yaitu normal, agresif, dan ultra. 

Apabila hasil kompres gambar tidak sesuai dengan keinginan, Anda bisa mengembalikannya ke kualitas asli dengan menggunakan fitur restore.

8. Contact Form 7

contact form 7 - faspay

Agar dapat memberikan pengalaman belanja yang baik kepada pelanggan, pemilik toko online bisa menggunakan plugin Contact Form 7. Dengan plugin ini, pembuatan formulir kontak, pendaftaran, pemesanan, dan konfirmasi pesanan menjadi praktis.

Contact Form 7 juga menyediakan fitur mode khusus pelanggan dan dilengkapi dengan sistem captcha untuk memastikan keamanan data.

9. MemberPress

memberpress - faspay

Jika mencari plugin WordPress untuk toko online yang menyediakan layanan membership atau subscription, MemberPress bisa menjadi solusi bagi pemilik toko online. MemberPress dikembangkan oleh Caseproof, LLC dan dapat dihargai sekitar $149 hingga $349.

Terdapat berbagai fitur khusus yang memungkinkan Anda mengelola keanggotaan bisnis. Di samping itu, terdapat sistem penagihan otomatis serta penambahan dan pemutusan keanggotaan secara langsung melalui website.

10. BigCommerce

bigcommerce - faspay

Plugin WordPress untuk toko online memiliki beragam fungsi sesuai dengan skala bisnis. Untuk bisnis berskala besar, BigCommerce bisa menjadi solusi manajemen yang tepat. Software ini memiliki fitur pengelolaan penjualan multi-channel dari satu control panel. Terdapat katalog lengkap yang dapat mengoptimalkan pengalaman belanja pelanggan. Selain itu, BigCommerce juga mendukung AMP dan metode pembayaran global yang lengkap.

Itulah beberapa plugin WordPress untuk toko online yang dapat menjadi pilihan untuk solusi pengelolaan bisnis. Pemilik toko online bisa terbantu ketika website dikelola dengan baik dan memiliki kinerja yang optimal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Selain plugin WordPress, Anda memerlukan sistem pembayaran online. Anda bisa mengintegrasikan Faspay Business untuk mengoptimalkan proses pembayaran online di website atau aplikasi Anda.

Faspay Business adalah sistem pembayaran online yang dapat disambungkan dengan API ataupun plugin ke website bisnis. Dengan Faspay Business, Anda bisa menerima pembayaran online dari 50+ metode pembayaran, seperti transfer, credit card, virtual account (VA), dan masih banyak lainnya sehingga memudahkan customer bisnis Anda dalam melakukan pembayaran dan tentunya dapat meningkatkan transaksi.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari daftar menjadi merchant Faspay dan nikmati praktisnya transaksi pembayaran online untuk menunjang performa bisnis.

Baca juga: BRI Virtual Account: Kenali Manfaat dan Cara Menggunakannya

Lihat Artikel Lainnya

Screen Shot 2022-08-03 at 16.17.17

Alasan Pentingnya Menjaga Penampilan di Kantor yang Perlu Anda Tahu

tips-menemukan-inspirasi-usaha-online-yang-cocok-untuk-bisnis-anda

Tips Menemukan Inspirasi Usaha Online yang Cocok Untuk Bisnis Anda

payment link

Terima pembayaran instan melalui chat platform dan media sosial dengan payment link

invoice online

Manfaat Bagi Pebisnis Menggunakan Online Invoice