Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Plugin Pembayaran wordpress

Plugin pembayaran WordPress merupakan salah satu tipe ekstensi yang sangat berguna untuk para pebisnis. Terutama, Anda yang memiliki usaha sendiri dalam sebuah situs web atau aplikasi, simak informasi selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu Plugin Pembayaran WordPress?

Sebagaimana Plugin pada umumnya, Plugin pembayaran WordPress adalah tools yang dapat memberikan banyak fitur pada situs web ataupun aplikasi.  Namun,   Plugin satu ini lebih fokus memberikan fitur yang berguna untuk memperlancar metode transaksi atau cara pembayaran. 

Jenis   Plugin ini sangat penting diterapkan pada situs web atau aplikasi berbasis WordPress yang berguna menjual berbagai macam produk. Baik menjual layanan jasa, barang, makanan, maupun jenis produk lainnya.

Untuk diketahui, ada banyak alasan kenapa   Plugin pembayaran WordPress penting diterapkan ke situs web atau aplikasi tempat Anda berjualan. Namun, inti dari semua itu adalah untuk mengoptimalisasi situs web atau aplikasi supaya lebih mendukung kegiatan berjualan. Dengan begitu, Anda bisa mengembangkan usaha yang dikelola secara lebih optimal.  

Keuntungan Menggunakan Plugin Pembayaran WordPress

Pada dasarnya, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan pengguna WordPress saat menerapkan   Plugin pembayaran ke situs web atau aplikasinya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pengguna Dapat Menambahkan Fitur-Fitur Situs Web atau Aplikasinya

Menerapkan   Plugin bisa menjadikan pengguna WordPress mampu menambahkan fitur-fitur ke dalam situs web atau aplikasinya. Seperti diketahui, e-commerce yang dibuat dengan WordPress tidak memiliki fitur apa pun. Sementara itu, ketika menerapkan   Plugin pembayaran, situs web atau aplikasi bisa memiliki beberapa metode pembayaran kekinian. 

  1. Plugin Memungkinkan Anda Menggunakan Fitur yang Belum Terlihat

Menginstal   Plugin memungkinkan Anda menggunakan fitur yang belum terlihat oleh pengguna WordPress. Contohnya, mengganti tema situs dan menjadikan tampilannya lebih mudah dikustomisasi. 

  1. Mengurangi Ukuran Aplikasi WordPress

Plugin dapat mengurangi ukuran aplikasi WordPress sehingga kecepatan memuat situs web atau aplikasi jadi lebih meningkat.

  1. Plugin Memisahkan Source Code yang Tidak Kompatibel

Plugin bisa memisahkan source code yang tidak kompatibel dengan software tak berlisensi. Hal ini berfungsi untuk memaksimalkan kenyamanan pengguna situs web atau aplikasi. Baik Anda sebagai pemilik toko maupun pengunjung, yakni para pelanggan. 

Ciri-Ciri   Plugin Pembayaran WordPress Terbaik untuk Toko Online

Setelah mengetahui beberapa keuntungan menggunakan  Plugin pembayaran WordPress, Anda mungkin tertarik untuk menerapkan tipe ekstensi ini. Namun, mengingat jenisnya cukup banyak, sebaiknya ketahui terlebih dulu ciri-ciri   Plugin pembayaran terbaik yang bagus diterapkan ke e-commerce Anda.  

Berikut ini adalah ciri-ciri ataupun kriteria  Plugin pembayaran terbaik yang bagus digunakan ke situs tempat berjualan milik Anda.

  • Memiliki Antarmuka yang Simpel

Pastikan jenis Plugin pembayaran yang akan diterapkan menawarkan antarmuka simpel. Seperti diketahui, dengan antarmuka simple atau user-friendly, Anda tidak butuh banyak waktu untuk mempelajarinya. 

  • Menyediakan Beberapa Opsi Pembayaran 

Salah satu tujuan menerapkan   Plugin adalah memaksimalkan kenyamanan yang dirasakan pelanggan dalam hal transaksi. Oleh karena itu, pastikan   Plugin yang dipilih menyediakan beberapa opsi pembayaran. Terutama, transaksi yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan.

  • Terintegrasi ke Beberapa Add-On

Guna memaksimalkan performa situs web atau aplikasi, sebaiknya cari   Plugin yang bisa terintegrasi ke banyak add-on. Hal ini berguna supaya situs Anda bisa makin bebas ditambahkan fitur berguna lainnya.

  • Terdapat Fitur Kustomisasi Tampilan 

Selain fitur yang lengkap, pelanggan juga membutuhkan situs web atau aplikasi dengan tampilan simpel. Sebab dengan itu, pelanggan akan mudah memahami cara berbelanja di toko online Anda. Supaya bisa menerapkan tampilan terbaik di situs web atau aplikasi, cari  Plugin yang memungkinkan Anda untuk mengustomisasi tampilannya. 

  • Selalu Tersedia Update 

Untuk diketahui, mengupdate Plugin sangat penting guna meningkatkan kemampuan situs web atau aplikasi dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan, seiring dengan makin majunya teknologi, jumlah usahawan yang memiliki toko online pasti makin banyak. 

Di sisi lain, kompetitor tersebut akan terus berusaha memperbaiki layanannya supaya makin banyak pelanggan berbelanja di tempatnya. Serupa dengan itu, Anda juga perlu meningkatkan pelayanan dalam toko online, salah satunya dengan meng-update   Plugin.

  • Menyediakan Tools Analisis

Sebuah   Plugin yang terintegrasi dengan tools analysis dapat memberikan laporan mengenai beberapa hal. Seperti performa situs web atau aplikasi, kinerja penjualan produk, perilaku konsumen, dan lain sebagainya.

Dengan keberadaan tools analysis ini, Anda bisa merencanakan lebih banyak strategi pemasaran yang lebih matang.  

  • Harga Terjangkau 

Untuk diketahui, berbagai jenis Plugin pembayaran WordPress yang ada ditawarkan dengan harga variatif. Ada yang tersedia dengan harga tinggi, murah, dan ada juga yang disediakan secara gratis.

Sebagai bentuk percobaan, Anda bisa mencoba Plugin yang gratis terlebih dulu. Jika memerlukan tambahan fitur, Anda bisa membeli   Plugin yang berbayar.

Namun, perlu diketahui bahwa berbayar tidaknya Plugin tidak terlalu menentukan bagaimana kualitasnya. Sebab mengenai bagus tidaknya ekstensi ini bisa dirasakan sendiri oleh pengguna.

Jenis-Jenis Plugin Pembayaran WordPress  

Supaya Anda tidak salah dalam memilih, berikut ini ada beberapa jenis  Plugin pembayaran WordPress yang cukup recommended untuk digunakan. Apa saja itu? Yuk, simak di bawah ini!

1. WooCommerce

Woocomerce Plugin wordpress

  Plugin pembayaran WordPress pertama yang sangat direkomendasikan untuk digunakan pebisnis adalah WooCommerce. Untuk diketahui, ekstensi ini sangat cocok dipakai para pebisnis hybrid ataupun pengusaha yang baru bertransformasi ke toko online.

Hal ini dikarenakan, WooCommerce merupakan Plugin yang disediakan secara gratis oleh WordPress untuk pengguna situsnya. Yang menarik,   Plugin satu ini memiliki banyak sekali fitur unggulan.

Salah satunya, situs web atau aplikasi jadi bisa menjual produk apa pun, baik fisik maupun digital. Selain itu, opsi pembayaran yang lengkap juga bisa dikelola dengan menerapkan   Plugin ini.

Sebab, Anda bisa mengintegrasikan toko online dengan payment gateway terbaik. Keunggulan lain yang bisa didapatkan melalui WooCommerce adalah sebagai berikut.

  • Tersedia fitur WooCommerce Pre-orders untuk memudahkan konsumen memesan barang yang akan segera tersedia.
  • Kompatibel dengan platform SEO seperti Yoast SEO untuk menaikkan peringkat situs web atau aplikasi.
  • Terdapat fitur WooCommerce Shipment Tracking untuk integrasi dengan penyedia jasa populer guna memudahkan pengecekan ongkir.

2. Easy Digital Download

easy digital download

 

Tidak kalah bagus dari WooCommerce, Easy Digital Download juga bisa digunakan untuk memaksimalkan e-commerce yang berbasis WordPress. Sesuai dengan namanya,   Plugin satu ini tergolong sangat mudah diintegrasikan ke situs web atau aplikasi Anda.

Bahkan, meskipun Anda adalah pemula yang tidak paham mengenai coding sedikit pun. Di sisi lain, jenis   Plugin ini juga menawarkan cukup banyak extension yang berguna untuk toko online Anda.

Contohnya, seperti integrasi dengan payment gateway hingga platform marketing. Selain itu, beberapa keunggulan yang dimiliki   Plugin ini adalah sebagai berikut.

  • Tersedia laporan e-commerce yang mendetail untuk dianalisis lebih lanjut.
  • Manajemen pengelolaan catatan pelanggan lebih ekstensif untuk memperbaiki strategi pemasaran.
  • Mengoptimalkan penjualan produk digital.

3. BigCommerce

Big Commerce

BigCommerce menjadi salah satu   Plugin terbaru yang cocok diterapkan ke e-commerce berbasis WordPress. Meskipun dikatakan baru, ekstensi ini memiliki cukup banyak fitur menarik yang sangat berguna untuk pengembangan toko online Anda.

Namun, perlu diketahui bahwa BigCommerce adalah   Plugin yang tidak bisa diunduh secara gratis ataupun digunakan dengan tanpa biaya. Pengguna harus membayar biaya per bulannya untuk mendapatkan layanan dari   Plugin ini.

Jika toko online Anda sudah cukup maju dan memiliki penghasilan yang stabil, BigCommerce sangat recommended untuk diterapkan ke e-commerce. Pasalnya, software satu ini memiliki fitur yang dapat mengelola penjualan multi-channel serta mendukung katalog lengkap.

Selain itu, BigCommerce juga dapat menampilkan trafik penjualan dan volume pesanan. Beberapa keunggulan lain dari BigCommerce adalah sebagai berikut.

  • Support AMP. Dengan BigCommerce, toko online Anda dapat diakses dengan format AMP atau Accelerated Mobile Pages sehingga loading-nya lebih cepat.
  • Tersedia opsi bantuan layanan 24/7, bisa melalui telepon, chat, hingga email.
  • Terintegrasi dengan PCI Compliance untuk memudahkan Anda dalam menangani masalah PCI DSS.

4. WP EasyCart

easy wp cart 

Untuk Anda yang baru membangun situs belanja onlinePlugin satu ini cocok dijadikan pilihan. Pasalnya, WP EasyCart menyediakan paket yang bisa digunakan untuk beberapa waktu.

Meskipun gratis, layanan yang tersedia sangat berguna untuk bisnis Anda. Salah satunya adalah proses integrasi yang sangat mudah sehingga tidak merepotkan Anda.

Jika mengakses fitur premium, Anda bisa mendapatkan layanan QuickBooks untuk bookkeeping. Kemudian, ada juga AffiliateWP untuk memanage afiliasi.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari   Plugin pembayaran ini di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Menampilkan produk yang dijual secara lebih lengkap dengan paket gratis.
  • Integrasikan dengan berbagai platform pembayaran secara gratis.
  • Manajemen pesanan secara lebih efisien tanpa perlu paket premium.
  • Mendukung invoice jika ditingkatkan ke paket premium.

Pasang Plugin Pembayaran WordPress dengan Mudah via Faspay 

Nah, setelah mengetahui beberapa jenis   Plugin pembayaran WordPress terbaik, mana yang ingin Anda coba pertama kali? Yang mana pun   Plugin-nya, pastikan memilih platform pembayaran terpercaya untuk diintegrasikan ke situs web atau aplikasi Anda, contohnya Faspay.

Untuk diketahui, Faspay merupakan perusahaan payment gateway yang telah menjadi bagian dari perkembangan toko online sejak beberapa tahun silam. Perusahaan ini dapat membantu pengusaha seperti Anda untuk memaksimalkan performa toko online dengan menerapkan metode pembayaran yang lengkap.  

Selain itu, Faspay juga sudah terintegrasi dengan berbagai   Plugin pembayaran untuk WordPress, salah satunya adalah WooCommerce.  Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan usaha Anda di Faspay untuk mendapatkan berbagai layanan terbaiknya.

Lihat Artikel Lainnya

Oct_Pentingnya PCI DSS_Thumbnail

Pentingnya PCI DSS Untuk Keamanan Transaksi Pada Bisnis Anda

settlement adalah

Mengenal Settlement: Pengertian, Cara Pakai, dan Fungsinya

invoice online indonesia

Bikin Invoice Tanpa Ribet dengan Faspay Billing

super savers

Nikmati Gratis Biaya Faspay untuk Merchant Baru! #FaspaySuperSavers