Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

customer relationship management Faspay

Customer relationship management adalah salah satu strategi yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam melakukan transaksi dengan suatu perusahaan.

Hal ini dikarenakan strategi bisnis tersebut mampu mendekatkan komunikasi dan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan, sehingga transaksi akan terasa lebih hangat.

Bahkan, jika dilakukan secara berkelanjutan, customer relationship management dapat membuat pelanggan tidak mudah berpindah ke kompetitor lain.

Mari simak informasi lebih lanjut mengenai tujuan, manfaat, hingga tahapan customer relationship management dalam dunia bisnis melalui artikel berikut ini!

Apa itu Customer Relationship Management (CRM)?

Pengertian customer relationship management (CRM) atau manajemen hubungan pelanggan adalah strategi bisnis berupa pendekatan dan pengelolaan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan.

Strategi CRM dipercaya dapat membantu perusahaan untuk lebih memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Selain itu, strategi ini juga bisa menjaga interaksi hubungan baik dengan pelanggan sehingga membuatnya tidak mudah berpindah ke kompetitor lain.

Secara umum, CRM adalah strategi yang dapat melibatkan berbagai aspek, mulai dari pengumpulan data pelanggan, analisis data, manajemen penjualan, pelayanan untuk pelanggan, serta interaksi dan komunikasi dengan pelanggan.

Komponen Customer Relationship Management

Terdapat tiga komponen penting yang perlu diperhatikan dalam menerapkan strategi CRM, yaitu pelanggan, manajemen, dan hubungan. Berikut masing-masing penjelasannya:

  • Pelanggan, yaitu seluruh pihak yang akan, sedang, atau pernah menggunakan jasa/produk suatu perusahaan.
  • Hubungan, yaitu komunikasi dua arah yang dilakukan oleh pelanggan dan perusahaan untuk memberikan kepuasan dalam jangka panjang bagi kedua belah pihak.
  • Manajemen, yaitu proses pengaturan dan pengelolaan yang berfokus pada peningkatan hubungan dan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan.

Baca juga: 4 Cara Jitu Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Bisnis Online

Tujuan Customer Relationship Management

Tujuan utama dilakukannya customer relationship management adalah untuk mendekatkan komunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Selain itu, sejumlah tujuan yang bisa dicapai oleh perusahaan dengan menerapkan strategi CRM adalah sebagai berikut:

  • Memaksimalkan hubungan dengan pelanggan untuk membantu meningkatkan penjualan perusahaan, baik secara up-selling maupun cross selling.
  • Menyajikan informasi lengkap mengenai pelanggan untuk mengoptimalkan interaksi dan jalinan hubungannya dengan perusahaan. Hal ini mampu membantu mempertahankan pelanggan yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan.
  • Memanfaatkan informasi dan data pelanggan secara terintegrasi untuk memberikan pelayanan yang memuaskan serta memenuhi kebutuhan pelanggan secara optimal.
  • Dapat menyampaikan informasi dari perusahaan maupun pelanggan secara konsisten.

Contoh Tahapan Customer Relationship Management

Secara umum, terdapat tiga tahapan utama yang perlu dilakukan dalam menerapkan customer relationship management, yaitu:

A. Menarik Pelanggan Baru (Acquire)

  • Melakukan promosi dan pendekatan dengan pelanggan sebaik mungkin.
  • Memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada pelanggan saat dengan bertransaksi dengan perusahaan.
  • Memberikan respons yang adaptif dan positif kepada pelanggan ketika sedang membutuhkan sesuatu.

B. Menambah Nilai atau Value Pelanggan (Enhance)

  • Up selling: Strategi yang dilakukan dengan menawarkan produk yang sama namun lebih berkualitas.
  • Cross selling: Strategi menawarkan produk tambahan saat pelanggan sudah melakukan transaksi pada suatu produk. Misalnya, Anda dapat menawarkan keyboard dan mouse kepada pelanggan yang sudah membeli monitor komputer.

C. Mempertahankan Pelanggan (Retain)

  • Menyediakan channel atau saluran untuk pelanggan agar dapat menjalin komunikasi atau menyampaikan kritik dan saran kepada perusahaan.
  • Bersedia untuk mendengarkan komplain dari pelanggan.
  • Menyebarkan promo produk terbaru kepada pelanggan, baik melalui email ataupun media sosial.

Baca juga: Ketahui 7 Trik Psikologi Marketing untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda

Manfaat Customer Relationship Management dalam Bisnis

Jika dilakukan dengan tepat dan berkelanjutan, customer relationship management dapat memberikan sejumlah manfaat untuk keberlangsungan suatu bisnis, di antaranya sebagai berikut:

1. Mengurangi Biaya Operasional

mengurangi biaya operasional - faspay

Manfaat customer relationship management yang pertama adalah dapat membantu mengurangi biaya operasional.

Pasalnya, dengan menerapkan CRM, perusahaan sudah memiliki target pasar yang pasti dan mengetahui apa saja kebutuhan pelanggan.

Hal ini membuat perusahaan mampu melakukan strategi promosi dengan tepat dan bijak sehingga dapat meminimalkan pengeluaran yang tidak perlu.

2. Memaksimalkan Efisiensi Operasional

memaksimalkan efisiensi operasional Faspay

Selain mengurangi biaya, CRM yang dilakukan dengan tepat juga dapat memaksimalkan efisiensi operasional.

Melalui strategi ini, Anda tidak perlu menyiapkan kegiatan bisnis yang tidak dibutuhkan karena khawatir dengan penurunan kualitas pelanggan. Sebab, CRM mampu membantu perusahaan untuk memberikan pelayanan yang maksimal, efektif, dan efisien.

3. Mendorong Loyalitas Pelanggan

mendorong loyalitas pelanggan Faspay

Jalinan hubungan dan interaksi yang baik antara perusahaan dan pelanggan tentu dapat memberikan berbagai dampak positif, salah satunya adalah mendorong loyalitas pelanggan.

Sebab, CRM dapat memaksimalkan pelayanan dan memberikan kepuasaan kepada pelanggan sehingga membuat mereka tetap setia dengan perusahaan Anda.

4. Meningkatkan Time to Market

meningkatkan time to time market - faspay

Time to market adalah durasi atau periode waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengembangkan, memproduksi, serta meluncurkan produk baru.

Dengan menerapkan CRM, perusahaan akan memperoleh informasi lengkap mengenai pelanggan dan target pasar, mulai dari tren pembelian hingga waktu pelanggan dalam bertransaksi.

Hal tersebut tentu bisa membantu perusahaan untuk mengembangkan produk baru lebih cepat serta menerapkan strategi promosi yang tepat di masa mendatang.

5. Meningkatkan Pendapatan

meningkatkan pendapatkan - faspay

Karena dapat mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi operasional, hingga mendorong loyalitas pelanggan, CRM secara tidak langsung bisa meningkatkan pendapatan perusahaan secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap perusahaan untuk menerapkan strategi CRM dengan tepat dan bijak guna mengembangkan bisnis secara berkelanjutan.

Ada cukup banyak kegiatan CRM dalam sebuah bisnis yang perlu dilakukan, namun kini sudah hadir tools-tools seperti aplikasi atau software yang dapat membantu mempermudah prosesnya. Berikut beberapa aplikasi atau software yang bisa digunakan pemilik bisnis:

  1. HubSpot
  2. Pipedrive
  3. Zoho
  4. Insightly
  5. Monday Sales CRM
  6. Qontak
  7. Odoo.com
  8. Mailchimp

Selain beberapa aplikasi yang sudah disebutkan di atas, terdapat software lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah kegiatan CRM. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dari bisnis Anda dan tentunya menyesuaikan budget perusahaan.

Demikian informasi lengkap mengenai customer relationship management serta perannya dalam menyukseskan bisnis Anda.

Sebagai upaya menerapkan strategi CRM secara optimal, cobalah untuk memahami apa saja kebutuhan dan keinginan pelanggan selama bertransaksi.

Hal tersebut dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.

Berbicara mengenai metode pembayaran, Faspay bisa menjadi solusi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Faspay memungkinkan bisnis Anda untuk menerima pembayaran online melalui berbagai metode, seperti e-wallet, online credit, virtual account, retail payment, credit card, dan masih banyak lagi.

Tak perlu khawatir, Faspay sendiri sudah dipercaya oleh 5000+ merchant untuk membantu mengoptimalkan operasional bisnisnya.

Apalagi yang Anda ragukan? Segera daftarkan bisnis Anda menjadi merchant Faspay dan nikmati berbagai keuntungannya sekarang juga!

Baca juga: Cara Membuat Strategi Konten Marketing yang Sukses untuk Bisnis Anda

Lihat Artikel Lainnya

faspay raih penghargaan

Faspay dengan Bangga Raih Penghargaan sebagai 2019 Indonesia Payment Gateway of The Year dari Frost and Sullivan

rencana-liburan-1.jpg

Rencanakan Liburan Hemat agar Cicilan Tak Membengkak

Faspay Thumbline MEI 2023 part 1-03

Apa Itu Settlement, Cara Pakai, dan Fungsinya

8 pelajaran penting alibaba

8 Pelajaran Penting dari Alibaba