Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay Thumbline desember 2022_Remaining Products Eng (2)

Cara Setting Virtual Account untuk Website

Virtual account adalah sebutan rekening yang hanya bersifat virtual, tetapi bisa digunakan untuk berbagai metode pembayaran. Dilihat dari bentuknya, istilah yang juga sering disingkat VA ini serupa dengan nomor rekening pada umumnya, yakni berupa angka.

Selain itu, angka tersebut juga diberikan oleh bank sebagai nomor ID rekening. Namun, perlu diketahui bahwa VA tidak sama dengan nomor rekening bank.

Ingin tahu informasi lengkap mengenai virtual account? Yuk, simak selengkapnya di ulasan berikut ini, ya.

Pengertian Virtual Account 

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, virtual account merupakan sederet angka yang berfungsi sebagai nomor rekening virtual seseorang. Nomor ID VA bisa didapatkan ketika seseorang ingin mentransfer sejumlah uang ke rekening tertentu.

Jadi, jika seseorang ingin mendapatkan VA, tidak perlu datang ke bank dulu untuk memiliki nomor rekening ini. Di sisi lain, sifat VA tidak permanen sehingga setiap transaksi yang dilakukan pasti memiliki nomor ID unik alias berbeda-beda.

Meski begitu, nomor ID ini dapat dikenali dan dilacak jika Anda ingin mengetahuinya. Sebagai informasi, VA ini sangat berguna untuk pebisnis yang ingin memudahkan konsumen dalam hal pembayaran. 

Jika Anda mempunyai toko online dan menerapkan sistem pembayaran dengan virtual account, konsumen tidak perlu mengirimkan bukti transferan. Sebab, transaksi ini dikelola secara real time sehingga Anda sebagai pebisnis bisa langsung mendapat notifikasi ketika pembayaran sudah dilakukan.

Cara Kerja Virtual Account 

Dasarnya, cara kerja virtual account bisa dimengerti dengan mudah. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai bagaimana VA bekerja.

  • Pemilik toko online memberikan nomor unik yang dikeluarkan oleh sistem payment gateway kepada pelanggan.
  • Pelanggan yang menerima nomor unik bersiap untuk melakukan pembayaran barang yang dibeli di toko online Anda.
  • Saat transaksi berhasil, Anda sebagai pemilik toko online bisa mendapatkan notifikasi bahwa pelanggan sudah melakukan pembayaran.
  • Dari nomor unik VA tersebut, Anda bisa mengetahui identitas pelanggan yang melakukan pembelian. Selanjutnya, Anda bisa memproses pesanan untuk dikirim segera.

Dari poin-poin tadi, bisa disimpulkan bahwa cara kerja virtual account ini akan sangat berguna untuk merekam jejak identitas pelanggan. Di satu sisi, pelanggan juga bisa mendapat kemudahan dalam hal pembayaran.

Manfaat Virtual Account 

Sekilas, Anda mungkin mengira jika cara kerja VA lebih rumit dibandingkan transfer antar bank. Terlebih, jika istilah ini belum benar-benar Anda kenali.

Namun, kenyataannya sistem pembayaran ini sangat berguna untuk pengelola toko online seperti Anda. Sebab dengan ini, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat berikut ini. 

1. Transaksi yang Lebih Praktis 

Jika Anda menerapkan sistem pembayaran menggunakan virtual account di toko online, transaksi yang terjadi akan otomatis masuk pembukuan. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mencatat pembukuan secara manual.

Selain itu, bentuk VA yang terbilang unik dan beda satu sama lain bisa memudahkan pemilik toko dalam mengetahui siapa yang sudah melakukan transaksi. Anda pun tidak perlu memastikan transferan berhasil masuk ke rekening atau tidak, sebab sistem payment gateway yang akan memastikan itu berhasil.

Dari kepraktisan ini, Anda bisa memproses pesanan pelanggan secara lebih cepat dan tepat. Sebab, informasi mengenai pelanggan tercatat secara langsung di notifikasi pembayaran.

2. Memberikan Kemudahan untuk Konsumen Melakukan Pembayaran 

Sering kali, seseorang tidak jadi belanja hanya karena sistem pembayarannya tidak bisa dilakukan oleh orang tersebut. Bukan hanya karena tidak punya rekening, melainkan juga bisa dikarenakan kendala biaya admin.

Tentu saja, tidak sedikit masyarakat yang enggan melakukan transfer ke bank lain karena biaya admin yang terbilang cukup mahal. Terlebih, jika dalam satu harinya, orang tersebut biasa melakukan lebih dari satu kali transaksi.

Jika pelanggan tidak jadi membeli di tempat Anda, Ini tentu tidak bagus untuk bisnis yang dikelola. Entah untuk saat ini ataupun ke depannya.

Sebaliknya, jika pelanggan merasa puas dengan layanan yang terdapat di toko online Anda, konsumen tersebut pasti belanja lagi. Bahkan, bisa jadi pelanggan setia bisnis Anda. 

3. Pembayaran Aman

Dibandingkan dengan menggunakan sistem konvensional, transaksi memakai VA dipastikan jauh lebih aman. Ini dikarenakan, nomor ID VA tidak bersifat selamanya sehingga risiko disalahgunakan benar-benar sangat minim.

5 Virtual Account Paling Banyak Diminati

Jika Anda tertarik untuk memiliki sistem pembayaran akun, informasi mengenai bank mana saja yang memiliki layanan ini tentu perlu diketahui. Nah, berikut adalah beberapa bank yang mempunyai layanan VA, dari yang paling diminati hingga cukup disukai masyarakat.

1. BCA 

Bank Central Asia atau BCA merupakan salah satu bank yang memiliki layanan virtual account. Dibandingkan layanan di bank lain, BCA lebih banyak diminati para pebisnis.

Sebab, dengan menerapkan sistem pembayaran menggunakan VA dari BCA, pelanggan tidak dikenakan biaya tambahan selain nominal barang. Jadi, lebih banyak konsumen yang senang menggunakan VA ini dibandingkan layanan lain.

2. Bank Mandiri 

Bank Mandiri merupakan salah satu bank besar di Indonesia yang menyediakan layanan VA. Bank ini dapat memudahkan para pebisnis dalam mengidentifikasi pembayaran yang terjadi.

Jadi, setiap transaksi akan tercatat dengan rapi sehingga Anda bisa melihatnya kembali dengan sangat mudah.

3. BRI 

Dikenal dengan sebutan BRIVA layanan virtual account dari BRI juga dapat mencatat transaksi yang berlangsung secara real-time. Selain itu, transaksi dengan BRIVA juga dikenal sangat praktis dan simpel.

Bukan itu saja, pengelolaan rekening VA ini juga lebih mudah dan efisien sehingga toko online Anda dipastikan lebih baik ke depannya.

4. BNI 

Untuk saat ini, BNI VA masih jarang digunakan oleh para pebisnis. Layanan dari Bank Nasional Indonesia ini lebih sering dipakai untuk pemerintah daerah.

Meski begitu, jika Anda ingin mencobanya, tentu saja itu bukan hal yang salah. Namun, mengingat VA ini jarang diterapkan, tampaknya tidak menerapkan pun bukan masalah. Keputusannya bisa ditentukan oleh masing-masing.

5. CIMB 

Bank CIMB juga bisa menjadi pilihan terbaik saat Anda sedang mencari bank yang menyediakan layanan VA. Menawarkan banyak keuntungan seperti kemudahan transaksi, fleksibilitas sistem pembayaran, catatan lebih rapi, dan masih banyak keunggulan lainnya.

Jenis-Jenis Bisnis yang Bisa Mendapatkan Layanan VA dari Bank

Sebagai informasi, sistem pembayaran menggunakan virtual account masih sangat jarang dimiliki pebisnis pemula. Biasanya, sistem ini hanya ada di perusahaan-perusahaan yang sudah besar dan tersohor.

Ini dikarenakan, bank tidak serta-merta memberikan layanannya pada sembarang perusahaan. Bank-bank sebagaimana disebutkan melakukan proses identifikasi yang cukup panjang hingga verifikasi.

Jika Anda bertanya jenis bisnis apa saja yang bisa mendapatkan layanan ini, sebenarnya semua berpeluang memiliki sistem pembayaran ini. Namun, karena proses yang terbilang sulit, beberapa orang mungkin tidak lolos kualifikasi sehingga tidak bisa menikmati layanan ini.

Untuk mengatasi hal ini, pebisnis dapat bekerja sama dengan perusahaan besar untuk mendaftarkan dirinya ke bank penyedia layanan VA. Perusahaan besar yang dimaksud di sini adalah penyedia layanan fintech seperti payment gateway.

Saat ini, ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan tersebut dan menawarkan nilai jualnya masing-masing. Namun, daripada bingung mencari opsi paling tepat, Anda bisa memilih Faspay.

Cara Setting Virtual Account untuk Website dengan Faspay 

Semenjak didirikan bertahun-tahun silam, telah banyak pebisnis yang sukses berkat layanan payment gateway dari Faspay. Saat ini, perusahaan yang bergerak di bidang fintech ini sudah bekerja sama dengan lebih banyak perusahaan sehingga layanannya dipastikan makin tidak terbatas.

Salah satunya adalah Bank Central Asia dengan layanan virtual account. Jadi, jika bingung bagaimana cara setting VA, Anda dapat mendaftar sistem pembayaran BCA VA di Faspay. 

Dengan mendaftar di Faspay, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke bank hanya untuk menerapkan layanan BCA VA website bisnis. Cukup lakukan tiga langkah mudah berikut dan dapatkan segera keuntungan memiliki sistem pembayaran virtual account BCA dari Faspay.

Di antara langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

1. Daftar Menjadi Merchant Faspay

menjadi merchangt faspay

 

Jika Anda belum memiliki merchant di Faspay, silakan registrasi terlebih dulu di laman https://faspay.co.id/id/daftar/.

2. Hubungi Tim Sales Faspay

 

hubungi tim sales faspay

Hubungi Tim Sales Faspay di sales@faspay.co.id jika sudah memiliki merchant di platform ini.

3. Isi Formulir Pendaftaran

Lengkapi data dan dokumen yang dibutuhkan, lalu kirim ke email tadi.

4. Integrasi Payment Gateway

 

Pengintegrasian Faspay

Integrasi, lalu secepatnya Anda dan konsumen bisa menikmati manfaat sistem pembayaran BCA VA di website. 

Gunakan Payment Gateway sebagai Virtual Account Anda!

Untuk diketahui, sistem pembayaran menggunakan VA ini bisa diterapkan pada toko online Anda dengan cara yang mudah. Namun, dikarenakan masih banyak pebisnis yang belum tahu hal ini, opsi menjadi bagian dari perusahaan payment gateway adalah pilih paling tepat. 

Maksudnya, Anda bisa mendaftar sebagai salah satu member di perusahaan tersebut terlebih dulu. Pasalnya, kebanyakan bank yang menyediakan layanan VA lebih mudah memberikan layanannya ke lembaga-lembaga besar. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memanfaatkan perusahaan payment gateway yang sudah dipastikan kredibilitasnya. Faspay telah menjadi perusahaan penyedia layanan payment gateway terpercaya di Indonesia selama lebih dari sembilan tahun.

Jadi, jika Anda ingin mendaftar layanan virtual account dengan mudah, hubungi Faspay sekarang juga. Daftar lebih cepat, untung lebih cepat!

Sebagai salah satu perusahaan payment gateway terbaik, Faspay menyediakan layanan dan bekerja sama dengan BCA.

Lihat Artikel Lainnya

Faspay Update 17 JULY 2020-01

Indodana, channel pembayaran kartu kredit virtual untuk memenuhi preferensi bayar pelanggan Anda

Holicat

Bagaimana Cerita Holicat Indonesia Setelah Menggunakan Faspay? #MerchantStory

e payment indonesia

Mengenal Apa Itu E Payment dan Perkembangannya di Indonesia

FintechID

Faspay’s Participation in Indonesia Fintech Summit 2022