Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Proses pencairan dana di Alfamart

Berkat kemajuan teknologi di era digital, kini pencairan dana bisa dilakukan secara lebih praktis melalui gerai minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Bahkan tanpa memiliki rekening atau akun bank khusus, kini siapa saja bisa menarik dananya dengan mudah.

Apalagi, gerai Indomaret dan Alfamart adalah dua jaringan minimarket terbesar di Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah. Karena itu, layanan ini tentu sangat bermanfaat bagi yang tidak memiliki akses ke sistem perbankan, misalnya pelajar atau penghuni daerah terpencil.

Apa yang Dimaksud dengan Pencairan Dana?

Pada dasarnya, proses mencairkan dana didefinisikan sebagai suatu cara mengakses, mengambil, atau memperoleh dana yang sebelumnya dimiliki dalam bentuk non tunai menjadi bentuk tunai. Itu sebabnya, proses ini biasa juga disebut sebagai tarik tunai.

Sederhananya, proses ini melibatkan pengubahan aset yang tidak likuid menjadi likuid agar dapat digunakan sesuai kebutuhan. Dengan kata lain, ini mengacu pada kegiatan menguangkan dana yang dimiliki, baik itu dana simpanan di bank, hasil investasi, atau dana dari sumber lainnya.

Sementara itu, proses penarikan dana ini sendiri bisa dilakukan melalui berbagai cara. Di antaranya melalui bank secara langsung, melalui mesin ATM, dan lain sebagainya. 

Berikut beberapa opsi cara pencairan yang umum digunakan saat ini:

1. Pencairan Melalui Bank

Proses pencairan uang di bank

Pengguna layanan perbankan dapat mentransfer dana dari akun mereka menjadi uang tunai dengan cara mengunjungi kantor bank terdekat dan mengikuti prosedur yang disyaratkan oleh pihak bank tersebut.

2. Pencairan Melalui ATM (Automated Teller Machine)

proses pencairan uang melalui ATM

ATM adalah mesin yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi perbankan termasuk pencairan tunai. Pengguna cukup menggunakan kartu debit mereka untuk mengakses dana tunai melalui mesin ATM. Metode ini termasuk praktis karena ATM tersedia di berbagai lokasi dan dapat diakses kapan saja.

4. Pencairan Melalui Cek

Pencairan uang melalui cek

Pencairan melalui cek adalah salah satu metode tradisional untuk memperoleh dana tunai. Caranya, penerima memperoleh cek dari pemberi dana, lalu cek tersebut dapat ditukarkan di bank atau lembaga keuangan terkait sesuai nominal yang tertera.

5. Pencairan Melalui Layanan Pihak Ketiga

Pencairan dana melalui pihak ketiga

Saat ini, sudah banyak layanan pihak ketiga yang menyediakan opsi untuk mencairkan dana. Cukup kunjungi gerai terkait, berikan informasi yang diperlukan, dan lakukan validasi, maka Anda bisa menerima dana tunai.

Salah satu contoh pihak ketiga yang melayani pencairan uang tunai atau cash out adalah gerai minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Adapun keuntungan dari metode ini yaitu Anda tidak membutuhkan rekening bank tertentu untuk bisa mencairkan dana. 

Faspay merupakan salah satu yang bekerja sama dengan gerai Indomaret dan Alfamart, sehingga mitra dan pelanggannya bisa mencairkan dana di gerai ritel tersebut. Inovasi ini tentunya memudahkan para mitra dan pelanggannya, hal ini dapat Anda nikmati jika sudah terlebih dahulu mendaftar Faspay Cash out.

Apa itu Faspay Cash Out?

Faspay Cash Out adalah layanan dari Faspay yang menyediakan opsi untuk mencairkan uang tunai dari merchant melalui gerai ritel minimarket. Berikut beberapa contoh penggunaan populer dari layanan ini:

  • Fintech: Memudahkan penarikan uang tunai bagi pelanggan yang tidak memiliki nomor rekening.
  • Checkout E-Commerce: Menjangkau unbanked population, yaitu individu cukup umur yang belum memiliki rekening bank.
  • Logistik: Mengirim pembayaran komisi pekerja logistik seperti kurir dan driver via gerai ritel.

Proses pencairan dana dengan Faspay Cash Out sangat sederhana, dapat dilakukan di gerai minimarket dengan alur atau flow sebagai berikut:

  1. Merchant mengakses Faspay Cash Out melalui dasbor Faspay.
  2. Merchant kemudian melakukan top up sejumlah uang yang akan disalurkan kepada pelanggan dari merchant di dashboard Faspay Sendme
  3. Faspay akan mengirim kode pembayaran kepada merchant, lalu diteruskan ke pelanggan dari merchant tersebut yang hendak mencairkan dana.
  4. Selanjutnya, pelanggan cukup menunjukkan kode pembayaran dan kartu tanda pengenal kepada kasir atau personil di ritel minimarket yang dikunjungi.
  5. Selesai, personil minimarket akan memberikan uang sesuai nominal yang dicairkan.

Cara mencairkan dana di Alfamart dan Indomaret melalui layanan Faspay Cash Out pada dasarnya sama, dapat dilakukan sesuai panduan di atas. Cukup kunjungi kasir dan berikan kode pembayaran yang Anda peroleh dari merchant beserta KTP atau tanda pengenal lain.

Faspay Cash Out, Solusi Pencairan Dana Secara Praktis

Faspay Cash Out merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk menarik uang tunai melalui gerai minimarket yang terhubung dengan jaringan Faspay, di antaranya yaitu Indomaret dan Alfamart.

Keunggulan utama dari layanan ini adalah kemudahan akses yang diberikan kepada pengguna. Melalui gerai-gerai mitra seperti Indomaret dan Alfamart yang tersebar di berbagai lokasi, pengguna dapat dengan cepat dan mudah mencairkan dana mereka.

Salah satu kelebihan Faspay Cash Out adalah notifikasi langsung yang diterima oleh pengguna setelah proses pencairan berhasil. Dengan adanya notifikasi ini, pengguna akan segera mendapatkan konfirmasi bahwa dana mereka telah berhasil dicairkan.

Selain itu, Faspay juga menyediakan fitur dashboard yang terintegrasi, di mana pengguna dapat dengan mudah memeriksa status transaksi mereka. Melalui dashboard ini, pengguna dapat melihat riwayat pencairan, melacak transaksi yang sedang berlangsung, dan memperoleh informasi terkini mengenai dana mereka.

Manfaat Pencairan Dana Tunai Melalui Gerai Minimarket dengan Faspay Cash Out

Penarikan dana tunai tanpa rekening di gerai minimarket seperti Indomaret dan Alfamart tentunya dapat memberikan sejumlah manfaat yang signifikan dibanding metode tarik tunai konvensional. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Mempermudah Akses Keuangan Kepada Setiap Orang

Manfaat pertama dari layanan pencairan tunai ini yaitu dapat memberikan akses keuangan yang lebih mudah kepada individu yang belum memiliki rekening bank. Contohnya seperti para pekerja informal, pelajar, atau penduduk di daerah terpencil yang sulit mengakses layanan perbankan.

  • Proses Pencairan Lebih Sederhana

Karena tidak membutuhkan rekening, maka Anda juga tidak membutuhkan kartu ATM untuk bisa mendapatkan dana tunai. Cukup dengan kode transaksi yang valid, siapa saja kini bisa mencairkan dana yang dimiliki.

  • Integrasi Sistem yang Mudah

Proses pencairan tunai atau cash out melalui gerai Indomaret atau Alfamart telah terintegrasi dengan sistem pembayaran yang digunakan oleh penyedia layanan online payment gateway.

Dengan adanya integrasi ini, proses pencairan menjadi lebih mudah dan efisien. Pelanggan hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan, baik melalui merchant minimarket maupun sistem yang terhubung dengan gerai tersebut.

  • Tidak Perlu Melalui Birokrasi Perbankan

Jika mencairkan dana secara langsung melalui bank, maka dibutuhkan persyaratan berupa dokumen tertentu. Selain itu, proses birokrasinya seringkali sangat berbelit-belit. Melalui gerai minimarket, maka prosesnya bisa menjadi lebih mudah.

  • Terhindar dari Resiko Skimming

Di sisi lain, jika mencairkan dana melalui mesin ATM, pengguna akan lebih rentan terjerat aksi kejahatan yang dikenal dengan istilah skimming. Karena tidak membutuhkan kartu dan rekening bank, maka Anda bisa terhindar dari resiko tersebut.

  • Jaringan Gerai yang Luas

Gerai Indomaret dan Alfamart memiliki jaringan yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia. Ini membuat layanan pencairan dana tunai tanpa rekening melalui kedua gerai tersebut dapat dijangkau oleh banyak orang, terutama di daerah yang sulit dijangkau oleh bank.

Apalagi, gerai minimarket umumnya berada dekat dengan area pemukiman, pendidikan, atau tempat kerja. Hal ini tentu sangat memudahkan aksesibilitas bagi para pengguna layanan yang butuh pencairan tunai secara cepat.

  • Biaya Transaksi Terjangkau dan Bersifat Tetap

Sebagaimana transaksi pada umumnya, terdapat biaya layanan yang ditetapkan untuk setiap transaksi. Karena biayanya terjangkau dan bersifat tetap, maka penerima dana dapat mencairkan dana tunainya tanpa terbebani.

Dengan berbagai keunggulan di atas, maka tarik tunai via Faspay Cash Out bisa menjadi solusi bagi bisnis yang memiliki pengguna yang butuh pencairan dana online tetapi belum memiliki rekening bank. 

Jika sudah terdaftar sebagai merchant, hubungi sales@faspay.co.id untuk aktivasi layanan. Bila Anda belum mendaftarkan diri, lakukan registrasi untuk gerai Anda di halaman berikut.

 

Lihat Artikel Lainnya

e payment indonesia

Pentingnya Sistem Pembayaran E-Payment Untuk Bisnis

invoice-online-dengan-fastpay-billing

Peran Teknologi Keuangan Digital Payment Gateway Bagi NGO/LSM

cara membuat linktree

Cara Membuat Linktree untuk Pengelolaan Bisnis Digital

payment gateway Faspay

Faspay, Pilihan Payment Gateway Indonesia untuk Berbagai Industri Bisnis