Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Thumbnail article February end-02

Korean wave atau sering disebut dengan hallyu merupakan masuknya kebudayaan pop dari negeri gingseng, Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, korean wave sudah masuk sejak tahun 2000-an dan memberikan dampak kepada beberapa aspek kehidupan masyarakat seperti selera dalam musik, fashion dan termasuk tren kecantikan. Tren kecantikan wanita Korea Selatan juga masuk ke pasar Indonesia dan menjadi kiblat kecantikan masyarakat Indonesia beberapa tahun belakang. Ditambah lagi, Korea Selatan yang memang terkenal dengan kecantikan para penduduknya, sehingga tren kosmetik korea semakin diminati di Indonesia. Dengan adanya minat di pasar Indonesia, ide kosmetik Korea bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda yang berminat memulai bisnis di dunia kecantikan. Mari kupas tuntas mengenai bisnis kosmetik korea di Indonesia pada artikel dibawah!

Tren Kosmetik Korea yang Banyak Diminati

cosmetic-facial-cream-close-up-beauty-face-asian-woman-with-fresh-clean-skin-holding-facial-cream-bottle-isolated-white-beauty-skin-care-concept

Sebelum memutuskan untuk bisnis di bidang kecantikan Korea, ada baiknya untuk mengetahui tren Korea apa saja yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Mari simak beberapa tren berikut ini:

  1. Tren kosmetik yang minimalis
    Tren kosmetik ini menerapkan konsep minimalis. Biasanya, produk yang digunakan hanya sedikit, namun sudah mencangkup banyak manfaat. Konsumen akan merasa lebih hemat dalam hal biaya dan waktu dalam pembelian kosmetik dengan tren minimalis. Selain itu, tren kosmetik yang minimalis akan menghindari kulit dari berbagai macam masalah baru seperti breakout, iritasi, kulit kering, hingga jerawat.
  2. Tren kosmetik dari bahan yang alami
    Korea selatan juga terkenal dengan kosmetiknya yang banyak mengandung bahan alami yang memiliki manfaat tertentu, seperti yang paling populer adalah ginseng. Ginseng sendiri terkenal dengan antioksidan yang dapat membantu merawat kulit agar terhindar dari garis-garis halus, kerutan dan dapat mencegah penuaan dini.
  3. Tren kosmetik dengan bahan aktif
    Niacinamide, AHA, BHA, retinol, pernahkah Anda mendengar istilah bahan aktif kosmetik berikut? Jika Anda ingin mendirikan bisnis di bidang kosmetik, Anda harus paham bahan-bahan aktif yang biasanya digunakan di dunia kecantikan, karena tren kosmetik dengan bahan aktif sedang naik daun dan banyak peminatnya di pasaran.
  4. Tren kosmetik anti penuaan
    Salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh masyarakat adalah kerutan dan flek hitam, salah satu tren kosmetik Korea yang banyak diminati salah satunya adalah tren dengan fokus anti penuaan. Kosmetik anti aging biasanya berupa serum, ampoule, masker wajah, dan tabir surya. 
  5. Tren kosmetik mirror skin
    Tren yang terakhir adalah mirror skin, dimana hasil dari kosmetik pada wajah akan dewy, kenyal, berkilau dan lembab seperti kulit wanita Korea. Biasanya, produk kosmetik berbentuk essence dan pelembab dan mengandung bahan-bahan yang bermanfaat untuk melembabkan.

Jenis Bisnis Kosmetik Korea

asian-woman-touching-checking-her-skin-room
  1. Brand sendiri
    Jenis bisnis kosmetik korea pertama yang bisa Anda coba adalah dengan membuat brand sendiri. Jika Anda membuat brand sendiri, poin plusnya adalah Anda bisa membuat formula yang sesuai dengan keinginan target pasar.
  2. Reseller
    Selain membangun brand sendiri, Anda juga dapat menjadi reseller dari brand kosmetik korea. Reseller berarti Anda membeli produk dari orang lain bukan untuk digunakan pribadi, melainkan untuk dijual kembali. Kelebihannya adalah Anda tidak perlu repot memikirkan produksi produk hanya tinggal fokus ke promosi.
  3. Dropshipper
    Anda tidak punya modal yang cukup besar? Atau tidak punya tempat untuk menjadi warehouse atau tempat penyimpanan produk? Maka menjalankan bisnis dropship solusinya. Dropship adalah menjual produk langsung dari supplier, tanpa adanya stok barang. Dengan dropship, Anda bisa menjual produk berbagai macam merek sekaligus.

Keuntungan Bisnis Kosmetik Korea

beauty-social-media-influencer-makeup-review-marketing-with-content-creator-friends-brand-ambassador-happy-women-blog-web-podcast-advertising-products-online-cosmetics-broadcast

Bisnis kosmetik Korea bisa dibilang sangat memiliki potensi yang besar. Berdasarkan data BPOM yang dikutip dari Investor Daily, industri kosmetik mengalami kenaikan jumlah perusahaan hingga 20,6%. Sepanjang 2021 hingga Juli 2022, industri kosmetik mengalami pertambahan dari 819 menjadi 913. Hal ini menjadi bukti bahwa bisnis kosmetik mendapatkan pasar yang cukup luas. Selain itu, karena kosmetik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan.

Langkah Memulai Bisnis Kosmetik Korea

woman-desktop-exploring-diagrams

Anda mulai tertarik untuk membangun bisnis kosmetik korea? Yuk mari simak beberapa langkah untuk memulai bisnis kosmetik di bawah ini!

  1. Riset dan Menentukan Target Pasar
    Hal pertama saat Anda ingin mendirikan bisnis baru adalah melakukan riset. Anda bisa melakukan riset kompetitor dan riset pasar terlebih dahulu untuk melihat kondisi dan peluang pasar. Dengan melakukan riset, Anda memiliki data yang jelas untuk melihat tren apa yang sedang berkembang dan diminati di pasaran, sehingga Anda bisa menentukan model dan strategi bisnis apa yang cocok.
  2. Siapkan Modal Usaha
    Setelah melakukan riset dan mengetahui bisnis kosmetik apa yang akan Anda bangun, selanjutnya adalah persiapkan modal bisnis. Bila ingin memulai bisnis, persiapkan dengan matang modal yang Anda punya dan jangan terburu-buru karena modal yang akan menjadi pendukung dalam development produk, penyediaan bahan baku, pengurusan usaha, dan masih banyak lagi.
  3. Tentukan Konsep Produk yang Dijual
    Dari banyaknya tren dan konsep kosmetik yang ada, tentunya Anda tidak bisa menerapkan semua konsep dan Anda harus memilih konsep produk apa yang ingin Anda tawarkan kepada target pasar. Pastikan dalam menentukan konsep harus berdasarkan riset terlebih dahulu.
  4. Urus Perizinan dan Dokumen Usaha yang Lainnya
    Tidak ingin bisnis Anda bermasalah di tengah jalan? Maka dari itu dari awal Anda harus mengurus perizinan dan menyiapkan dokumen lain yang dibutuhkan. Ditambah lagi, untuk bisnis kosmetik membutuhkan izin yang lebih kompleks lagi seperti izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Maka dari itu, sangat penting untuk mengurus perizinan sebelum memulai bisnis Anda agar bisnis Anda aman, dan pelanggan pun semakin percaya.
  5. Gunakan Media Sosial untuk Promosi
    Langkah selanjutnya adalah melakukan promosi untuk bisnis Anda. Salah satu channel yang paling efektif pada sekarang ini adalah media sosial. Buat website, Instagram, Facebook, atau Twitter untuk bisnis kosmetik Anda agar lebih mudah dalam menjangkau target pasar. Selain itu, dengan media sosial, tidak hanya promosi tetapi juga dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Hal terakhir yang tidak kalah penting dalam memulai bisnis online kosmetik Korea adalah mempersiapkan sistem pembayaran online yang aman dan mudah untuk pelanggan Anda. Anda bisa memakai payment gateway solusinya. Bisnis Anda memiliki website ataupun tidak memiliki website, keduanya bisa menggunakan payment gateway, Faspay. Beberapa keuntungan bisnis kosmetik Anda memakai payment gateway Faspay adalah dapat menyediakan sistem pembayaran yang fleksibel seperti pilihan channel pembayaran yang beragam dan juga bisa kirim tagihan melalui payment link dan invoice melalui email. Sangat memudahkan bisnis dan pelanggan Anda bukan? Daftar Faspay sekarang dan dapatkan berbagai manfaatnya! Kunjungi faspay.co.id/id/daftar sekarang.

Lihat Artikel Lainnya

tips umkm agar sukses berjualan online

5 Tips UMKM Agar Sukses Berjualan Online

payment gateway terbaik

Ingin Tingkatkan Penjualan Saat Bulan Ramadhan? Simak 3 Tips Berikut Ini, Ya!

Faspay Berbagi Kiat Menghadapi Tren Digital Payment Lewat “Tasty Thursday”

Faspay Berbagi Kiat Menghadapi Tren Digital Payment Lewat “Tasty Thursday”

Prediksi Pertumbuhan E-commerce Indonesia di Tahun 2020

Prediksi Pertumbuhan E-commerce Indonesia di Tahun 2020