Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

cara membuat linktree

Penggunaan platform online dalam pengelolaan bisnis merupakan hal yang familiar ditemukan di era digital ini. Dari berbagai platform yang digunakan, Linktree sering kali menjadi perbincangan. Lantas, bagaimana cara membuat Linktree untuk jualan?

Dengan Linktree, pengelolaan bisnis online bisa dilakukan dengan lebih praktis. Dalam platform yang menyediakan berbagai tautan ini, calon konsumen dapat diarahkan ke berbagai halaman khusus yang berkaitan dengan bisnis, seperti e-commerce dan website bisnis.

Sebelum mengetahui cara membuat Linktree, pahami dulu fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform ini serta fungsinya. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Linktree?

Linktree adalah platform digital yang dapat memuat berbagai tautan terkait dengan bisnis, seperti halaman e-commerce, website bisnis, media sosial, dan nomor WhatsApp bisnis yang dapat dihubungi oleh calon konsumen. 

Sebagai contoh, pengusaha toko kue melakukan promosi secara online melalui Instagram. Namun, ia juga mengelola website bisnis yang berisi resep-resep unik serta pengisian form pemesanan di halaman produk. Untuk mencakup semua tautan tersebut, ia mencantumkan platform Linktree. Dengan begitu, calon konsumen dapat mengarahkan calon konsumen untuk melakukan pemesanan dengan lebih mudah.

Linktree meringkas semua kebutuhan pencantuman berbagai tautan halaman penting hanya dalam satu tautan. Calon konsumen cukup mengklik tautan Linktree untuk menuju ke halaman produk, e-commerce, ataupun lainnya untuk melakukan pemesanan produk dan menyelesaikan transaksi.

Fitur Linktree

Linktree dapat digunakan secara gratis. Dengan kata lain, pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan biaya jika ingin mencoba cara membuat Linktree. Namun, fitur-fitur yang tersedia pada Linktree berbayar tentunya akan berbeda dengan Linktree gratis.

Terdapat beberapa macam Linktree berdasarkan jenis langganannya, yaitu Linktree Free, Linktree Starter, Linktree Pro, dan Linktree Premium. Adapun beberapa fitur yang dapat dinikmati dengan Linktree Pro adalah:

  • Analytic Clicks and Views untuk menunjukkan jumlah tampilan atau kunjungan, beserta CTR (Click Through Rate) selama 28 hari terakhir.
  • Leap Link mengarahkan pengunjung secara langsung ke tautan tertentu.
  • Penambahan kolom pendaftaran email ke Linktree untuk integrasi email .
  • Integrasi Facebook pixel untuk melacak pengunjung, membuat kelompok, menduplikasi, dan melakukan pemasaran ulang di Facebook dan Instagram.
  • Integrasi Google Analytics untuk melacak event dari Linktree yang terhubung ke akun Google Analytics.
  • Priority Link untuk memilih salah satu tautan yang menarik perhatian lebih daripada yang lain.
  • Scheduled Link untuk mengaktifkan dan menonaktifkan tautan berdasarkan jadwal yang ditentukan, berlaku untuk zona waktu yang berbeda.
  • Kustomisasi tampilan untuk mengatur tampilan berdasarkan warna latar belakang, gaya, dan warna tombol.
  • Font khusus untuk penambahan font dan gaya font bagi teks tombol agar tautan Linktree terlihat lebih menarik.

Baca juga: Ketahui 4 Keuntungan Menggunakan Plugin Pembayaran Pada WordPress 

Fungsi Linktree

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat Linktree, pelaku usaha perlu memahami dulu fungsi dari platform tautan ini. Berikut adalah masing-masing penjabarannya:

1. Tampilan Tautan Menjadi Rapi

Linktree menjadi platform andalan untuk mengatur tautan bisnis menjadi lebih rapi. Alih-alih menampilkan semua tautan e-commerce, website, maupun nomor WhatsApp secara berurutan, pelaku usaha bisa mencantumkan Linktree di profil Instagram untuk mengarahkan calon konsumen ke berbagai tautan penting yang berhubungan dengan bisnis.

2. Promosi Bisnis Menjadi Praktis

Dengan pembuatan Linktree, promosi bisnis menjadi lebih praktis. Pelaku usaha hanya perlu menyematkan satu tautan Linktree pada setiap postingan promosi di media sosial ataupun iklan. Calon konsumen yang tertarik dapat memilih tautan untuk mengunjungi halaman terkait dan melanjutkan transaksi.

3. Analisis Bisnis Lebih Terpersonalisasi

Terdapat fitur analitik yang terintegrasi dengan Google Analytics untuk dimanfaatkan oleh pengguna Linktree. Dengan adanya fitur tersebut, jumlah tayangan atau kunjungan setiap tautan dapat diketahui. Dari data ini, pelaku usaha dapat mengetahui konten mana saja yang paling menarik perhatian.

Cara Membuat Linktree

Linktree dapat menghubungkan calon konsumen dengan seluruh halaman bisnis terkait yang dikelola oleh pelaku usaha, seperti e-commerce dan website bisnis. Agar dapat menikmati berbagai fitur yang ditawarkan, catat cara membuat Linktree berikut:

  1. Isilah alamat email untuk membuat dan melakukan verifikasi akun Linktree.
  2. Tentukan nama pengguna yang akan menjadi URL dari Linktree.
  3. Buatlah kata sandi yang kuat.
  4. Klik tombol “Register”.
  5. Isilah “Nama Depan” dan “Belakang” pengguna.
  6. Pilihlah tiga kategori yang paling merepresentasikan bisnis.
  7. Tentukan paket berlangganan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.
  8. Salinlah tautan ke media sosial bisnis agar dapat menjangkau lebih banyak pengunjung.

Cara Mengarahkan Linktree ke Platform Bisnis Lain

Setelah berhasil menerapkan cara membuat Linktree, saatnya untuk membuat tautan yang mengarahkan pengunjung ke platform bisnis lain. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun Linktree.
  2. Pilih menu “Links”.
  3. Klik “Add New Link”.
  4. Isikan teks platform bisnis yang dituju, seperti Shopee dan nama website pribadi.
  5. Masukkan tautan platform terkait.
  6. Periksa kembali dengan mengakses tautan yang sudah dicantumkan.

Itulah cara membuat Linktree yang dapat dijadikan acuan untuk meringkas tautan berbagai halaman penting bisnis dalam satu platform. Dengan Linktree, semua platform bisnis online dapat terangkum dan memudahkan pengunjung menyelesaikan transaksi secara efisien.

Selain buat Linktree, pelaku usaha memerlukan sistem payment gateway yang dapat memudahkan pelacakan transaksi pembayaran. Salah satu sistem pembayaran online yang dapat dimanfaatkan adalah Faspay Business.

Faspay Business adalah sistem pembayaran online yang disambungkan API atau plugin merchant. Dengan Faspay Business, pelaku usaha dapat menerima lebih dari 50 metode pembayaran dari website atau aplikasi bisnis.

Jadi, mari permudah transaksi pembayaran online dengan Faspay. Yuk, daftar menjadi merchant Faspay segera!

Saat ini, Faspay juga sedang memiliki promo menarik nih!

Dengan harga spesial Rp. 3.499/transaksi, Anda bisa terima pembayaran dari 10+ virtual account bank, yaitu  BCA, BRI, Mandiri, BNI, BSI, PermataBank, Maybank, Sinarmas, Danamon, Neo Commerce, dan CIMB Niaga. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keuntungan lainnya, mulai dari gratis Biaya Set Up, gratis Biaya Maintenance, dan juga gratis Social Media Exposure Senilai Jutaan Rupiah. Promo hanya berlaku hingga 29 Februari. Jadi, segera daftarkan bisnis Anda di sini ya!

Baca juga: 10 Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik di Tahun 2024

Lihat Artikel Lainnya

strategi blue ocean

Mengenal Manfaat Strategi Blue Ocean dan Tips Menerapkannya

Marketing 6.0 Faspay

Understanding the Marketing Strategy 6.0 Revolution for Businesses

25August_Live IG_Thumbnail

6 Tips for Selling on IG Live, Check Out the Complete Guide!

Manfaat Tagihan Online Bagi Pelanggan dan Pelaku Bisnis Faspay

Manfaat Tagihan Online Bagi Pelanggan dan Pelaku Bisnis