WhatsApp Image 2021-04-16 at 12.55.56 PM

Digital marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan secara online dan memiliki manfaat untuk sebuah bisnis, tidak terkecuali bisnis perhotelan dan pariwisata. Industri perhotelan adalah bisnis yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat di berbagai daerah.

Perkembangan teknologi telah mempermudah akses informasi dan pemesanan untuk masyarakat. Hingga saat ini, bisnis hotel di dunia online juga semakin hangat dibicarakan, sehingga jika Anda adalah salah satu pebisnis di bidang perhotelan, sudah dapat dipastikan persaingan bisnis setiap harinya semakin ketat.

Digital marketing dapat mendorong bisnis Anda lebih unggul dari para kompetitor, mendapatkan lebih banyak paparan di platform online, dan semakin banyak pelanggan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk menunjang bisnis Hotel dan Pariwisata.

1. Gunakan Website

Website merupakan salah satu bentuk strategi digital marketing, yang mempermudah calon pelanggan untuk mendapatkan berbagai informasi lengkap mengenai bisnis perhotelan Anda. Di dalam website, Anda dapat menampilkan berbagai informasi seperti lokasi, biaya, fasilitas, harga, live chat, bahkan pemesanan hotel.

Website juga dapat meningkatkan kredibilitas calon pelanggan terhadap bisnis Anda, karena dapat dipercaya. Dengan website, Anda juga dapat berpromosi lebih efektif, karena dapat diakses dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun.

2. Manfaatkan Optimalisasi Mesin Pencari 

Tips digital marketing selanjutnya adalah meningkatkan traffic website dengan memanfaatkan optimalisasi mesin pencari, seperti SEO, SEA, dan SEM.

  • SEO (Search Engine Optimization) yaitu upaya yang dilakukan dengan mengoptimalisasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian, dan SEO dapat dilakukan secara organik (gratis).
  • SEA (Search Engine Advertising) optimalisasi mesin pencari dengan cara memasang iklan berbayar dan langsung menampilkannya di halaman mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.
  • SEM (Search Engine Marketing)  merupakan gabungan dari SEO dan SEA. Jika SEO hanya mengoptimalisasi website secara organik, dan SEA mengoptimalisasi website melalui iklan yang berbayar, maka SEM memastikan kedua usaha optimalisasi SEO dan SEA berjalan secara optimal.

3. Gunakan Social Media Marketing

Saat ini, mayoritas masyarakat Indonesia telah memiliki media sosial. Melalui media sosial, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan untuk berkunjung di bisnis perhotelan Anda.

Ada beberapa sosial media yang tdigemari oleh masyarakat Indonesia yang dapat digunakan, seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan lain-lain. Penggunaan social media menjadi salah satu strategi digital marketing yang sangat efektif.

4. Rencanakan, Buat dan Distribusikan Konten Marketing

Merupakan strategi digital marketing yang berfokus dalam merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, konsisten, dan mampu menarik perhatian calon pelanggan dan masyarakat.

Dengan menyediakan konten yang berkualitas pada website atau media sosial, maka akan membuat bisnis Anda  akan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

5. Buat Konten Visual

Anda dapat membuat video digital marketing untuk konten visual, karena mayoritas masyarakat Indonesia menggemari hal tersebut sebelum menggunakan suatu produk atau jasa.Peran video sebagai salah satu strategi pemasaran online untuk bisnis perhotelan cukup penting.

Hal ini dikarenakan materi visual dalam bentuk video akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan nyata untuk calon pelanggan.

Melalui video marketing, Anda dapat memperlihatkan berbagai informasi mengenai fasilitas yang disediakan, pemandangan, dan keunggulan-keunggulan lainnya.

Jika Anda salah satu pebisnis perhotelan dan ingin mengoptimalkan pelanggan lebih banyak lagi, dapat menggunakan layanan Faspay Billing, dimana bisnis perhotelan Anda dapat mengirimkan invoice online lewat email atau payment link lebih mudah dan cepat.

Selain itu, ada banyak keunggulan lainnya, seperti membuat dan mengirim tagihan real-time, memantau status tagihan lewat satu dasbor, mengatur dan menerima tagihan berkala, serta dapat terima laporan transaksi setiap bulannya. 

Jangan ragu untuk daftarkan bisnis perhotelan Anda melalui Faspay! Segera fasilitasi bisnis Anda dengan mendaftarkan disini atau hubungi sales@faspay.co.id

Related Articles

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.