Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran, pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Inovasi Teknologi dalam Revolusi Industri Perhotelan

Industri perhotelan telah menjadi salah satu sektor yang terus bertransformasi seiring dengan perkembangan teknologi. Mulai dari sistem pemesanan online hingga pengalaman pengguna yang disesuaikan, inovasi teknologi telah membentuk ulang cara bisnis perhotelan beroperasi dan berinteraksi dengan pelanggan.

Inovasi teknologi seperti hadirnya layanan payment gateway, Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), dan otomatisasi telah merevolusi pengalaman konsumen dan membantu perkembangan bisnis perhotelan. Simak apa saja inovasi teknologi dalam revolusi bisnis perhotelan melalui ulasan dibawah ini.

7 Inovasi Teknologi yang Termasuk dalam Revolusi Industri Perhotelan

Inovasi teknologi menjadi salah satu hal yang dapat membawa keuntungan bagi bisnis perhotelan. Hal ini dikarenakan berbagai manfaat yang diberikan. Berikut contoh teknologi Industri dalam bisnis perhotelan, antara lain:

1. Internet of Things (IoT)

Salah satu inovasi teknologi di bisnis perhotelan adalah Internet of Thing atau IOT. Inovasi taknologi satu ini telah banyak digunakan oleh hotel-hotel di seluruh dunia untuk menghubungkan berbagai perangkat melalui internet.

Penerapannya seperti dimanfaatkan untuk mengendalikan lampu hingga suhu ruangan. Tentu hal ini akan berdampak besar pada efektivitas biaya operasional hotel sehari-hari.

2. Payment Gateway

Selanjutnya inovasi teknologi dari industri perhotelan adalah Payment gateway, yang merupakan sebuah medium atau layanan yang bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit maupun pembayaran online bagi kliennya dalam aktivitas bisnis elektronik/ online.

Layanan ini ditawarkan Faspay dengan berbagai fitur unggalan seperti sistem deteksi keamanan terkini, integrasi cepat, UNIcount (pembayaran berbagai transaksi melalui 1 nomor transaksi), dan dashboard yang terpusat.

3. Big Data

Big data juga merupakan salah satu dari inovasi teknologi bisnis perhotelan. Dimana big data dapat digunakan untuk pengumpulan data yang berkembang pesat di hampir semua industri, begitu pula perhotelan.

Big data dapat digunakan untuk membantu pihak hotel menawarkan pengalaman yang lebih personal. Seperti misalnya, pihak hotel dapat menawarkan rekomendasi lokasi wisata yang cocok berdasarkan usia, budget dan jenis kelamin.

4. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)

Kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan AI merupakan salah satu inovasi teknologi yang siap memberikan dampak di industri perhotelan yang dapat membantu pihak hotel untuk memprediksi momen-momen ketika kamar terisi penuh dengan melihat pada tren check-in tamu.

5. Augmented Reality (AR)

AR menghadirkan pengalaman yang canggih bagi tamu untuk dapat melakukan tur virtual untuk melihat fasilitas-fasilitas maupun atraksi yang ditawarkan hotel.

6. Teknologi Pengenalan (Recognition Technology)

Teknologi ini menghadirkan autentikasi biometrik yang lebih mulus yang dimanfaatkan para tamu untuk membuka kamar hotel dan melakukan check-in/ check-out dengan pemindaian wajah atau sidik jari.

7. Chatbot

Chatbot merupakan layanan yang memungkinkan para tamu untuk mengajukan pertanyaan dan berinteraksi dengan AI. Chatbot dapat menyediakan jawaban dan memahami pertanyaan-pertanyaan sederhana, pihak hotel pun dapat dimudahkan dengan adanya layanan ini dan fokus pada hal-hal yang lebih kompleks.

Bagaimana Teknologi Digital Dapat Mempengaruhi Industri Perhotelan?

Berbagai inovasi teknologi yang telah dipaparkan di atas tentunya telah dan akan merevolusi industri perhotelan menjadi semakin memanjakan para calon tamu. Penerapan teknologi di industri ini telah mengubah cara hotel beroperasi, memberikan keuntungan besar dalam hal efisiensi, pengalaman tamu yang lebih baik, dan keuntungan bisnis yang meningkat. Dengan terus mengadopsi inovasi teknologi, hotel dapat tetap bersaing dan memberikan layanan yang unggul bagi para tamu yang datang.

Berikut adalah penjelasan tentang manfaat penerapan inovasu teknologi bagi industri perhotelan, antara lain:

A. Efisiensi Operasional

Inovasi teknologi telah membantu hotel meningkatkan efisiensi operasional hotel. Sistem manajemen hotel berbasis teknologi memungkinkan hotel untuk mengotomatisasi proses seperti reservasi kamar/ruangan/fasilitas, manajemen inventaris, dan pengelolaan sumber daya manusia.

Hal ini mengurangi beban kerja manual dan memungkinkan staf hotel untuk fokus pada pelayanan tamu yang lebih baik. Selain itu, sistem informasi perhotelan terintegrasi memungkinkan departemen yang berbeda untuk berbagi data secara real-time, mengurangi salah informasi dan meningkatkan koordinasi di antara mereka.

B. Pengalaman Tamu yang Lebih Baik

Teknologi telah membawa pengalaman tamu hotel ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan adopsi teknologi canggih seperti kunci pintar, tamu dapat melakukan check-in mandiri dan membuka kamar mereka menggunakan aplikasi ponsel mereka.

Layanan kamar dan permintaan tambahan juga dapat diproses lebih cepat melalui sistem otomatis, meningkatkan kepuasan tamu secara keseluruhan karena mengurangi waktu tunggu dan antrian. Selain itu, teknologi juga memungkinkan personalisasi layanan berdasarkan preferensi tamu, seperti makanan khusus, bantal favorit, atau program hiburan pilihan.

C. Komunikasi yang Lebih Efektif

Teknologi telah memfasilitasi pemasaran dan komunikasi yang lebih efektif bagi hotel. Anda dapat secara teratur memperbarui berita terbaru untuk pelanggan anda dan bisa memberi mereka akses ke konten yang dapat diperbarui secara otomatis. Melalui pemanfaatan media sosial, website, dan platform pemesanan online, hotel dapat lebih mudah mencapai target pasar mereka dan berkomunikasi dengan calon tamu. Strategi pemasaran digital seperti targeted ads dan email marketing juga dapat membantu hotel mendapatkan lebih banyak reservasi.

D. Analisis Data dan Pengambilan Keputusan yang Lebih Matang

Inovasi teknologi juga memungkinkan hotel untuk mengumpulkan dan menganalisis data lebih mendalam tentang perilaku tamu dan kinerja bisnis. Dengan adopsi teknologi analitik, hotel dapat memahami preferensi tamu, tren pemesanan, dan kinerja operasional mereka.

Informasi ini memungkinkan manajemen hotel dapat memahami lebih baik pelanggan untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

E. Pengelolaan Persediaan yang Lebih Efisien

Penerapan inovasi teknologi dalam industri perhotelan juga membantu dalam mengelola persediaan dengan lebih efisien. Melalui sistem manajemen persediaan berbasis komputer, hotel dapat memantau stok secara real-time dan mengoptimalkan pembelian untuk mengurangi pemborosan dan biaya operasional.

Dengan adopsi teknologi ini, hotel dapat memantau stok secara real-time, mengoptimalkan pembelian, dan menghindari pemborosan. Selain itu, teknologi juga dapat memprediksi permintaan dan mengidentifikasi tren konsumsi, sehingga persediaan selalu tersedia dan segar.

F. Perlindungan dan Keamanan Data

Hotel menghadapi tantangan dalam menjaga keamanan data tamu mereka. Industri teknologi menyediakan solusi untuk melindungi informasi sensitif, seperti data kartu kredit dan informasi pribadi tamu. Penggunaan sistem keamanan digital dan enkripsi data memastikan bahwa data tetap aman dari potensi pelanggaran keamanan.

G. Pengurangan Dampak Lingkungan

Teknologi juga membantu hotel bergerak menuju praktik ramah lingkungan. Penggunaan teknologi hemat energi, seperti sensor otomatis untuk mengatur pencahayaan dan suhu, membantu mengurangi konsumsi energi secara keseluruhan.

Hotel juga dapat mengurangi penggunaan kertas melalui penerapan sistem check-in digital dan faktur elektronik. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan untuk mengelola limbah dengan lebih efisien dan mengadopsi praktik ramah lingkungan lainnya.

Penerapan inovasi teknologi akan memberikan banyak keuntungan tidak hanya pada bisnis perhotelan, tetapi juga pada setiap industri. Selain beberapa inovasi teknologi yang telah disebutkan di atas, Faspay Billing juga merupakan salah satu inovasi teknologi yang akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bisnis. 

Melalui produk Faspay Billing, Faspay mampu memberikan solusi bagi pelaku bisnis hotel untuk mengurangi pembatalan reservasi, ketidakhadiran tamu ataupun masalah charge back melalui layanan email invoicing

Faspay Billing dapat digunakan pihak hotel untuk mengirimkan tagihan online untuk reservasi kamar, banquet, dan meeting room tanpa perlu melakukan proses integrasi di sisi website hotel. Dengan invoice online, Anda dapat melakukan penagihan yang lebih cepat dan instan serta pelanggan dapat melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja secara fleksibel dengan berbagai metode yang diinginkan pelanggan. Dengan adanya notifikasi pembayaran secara online, maka akan menjadikan bisnis perhotelan Anda jauh lebih terpercaya. 

Untuk itu, jangan ragu untuk menggunakan layanan Faspay untuk bisnis Anda sekarang.

Lihat Artikel Lainnya

Faspay Payment Gateway dengan Logo Baru

Jangkau Pelanggan Unbanked dengan Pembayaran Melalui Gerai Retail

Faspay Payment Gateway dengan Logo Baru

Faspay Hadir dengan Wajah Baru: Inovasi untuk Layanan Pembayaran yang Lebih Cepat, Aman, dan Andal

split payment

Apa itu Split Payment? Ini Manfaat dan Contoh Penerapannya

cara transfer uang ke luar negeri faspay

3 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri, Mudah dan Aman!