Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran, pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

sistem pembayaran online

Sistem pembayaran online menjadi sistem bayar transaksi yang disukai oleh masyarakat. Selain ringkas, pembayaran online juga membuat aktivitas belanja online jadi lebih mudah. Tanpa harus ke toko atau mall, customer bisa memesan produk yang disukai sekaligus melakukan pembayaran. 

Pembayaran online memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pembayaran konvensional, mulai dari transaksi yang lebih aman, lebih cepat, serta lebih praktis. Simak berbagai metode pembayaran online yang banyak digunakan di Indonesia berikut ini!

Apa Itu Sistem Pembayaran Online

Sistem pembayaran online merupakan sistem pembayaran khusus yang memanfaatkan sistem digital. Pembayaran online hanya bisa dilakukan apabila tersedia jaringan internet. 

Pembayaran online dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari kartu kredit, transfer bank, hingga e-wallet. Keuntungan yang akan dirasakan saat menggunakan sistem pembayaran ini adalah durasi transaksinya yang sangat singkat. 

Selain itu, pembayaran online juga terjamin keamanannya karena menggunakan sistem yang mutakhir. Kemungkinan uang yang digunakan tercuri atau hilang sangat kecil, karena pembayaran akan terlacak dengan baik di platform pembayaran yang digunakan. 

7 Sistem Pembayaran Online yang Paling Populer dan Sering Digunakan

Ada banyak metode pembayaran online yang ada di Indonesia, masing-masing punya cara kerjanya sendiri saat digunakan untuk bertransaksi. Dengan begitu, customer bisa memilih sendiri mana sistem pembayaran online yang sesuai dengan kebutuhan serta referensi. 

Internet Banking 

Internet banking merupakan sistem pembayaran yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan memanfaatkan metode pembayaran ini, customer bisa melakukan pembayaran via transfer bank, mesin ATM, atau menggunakan mobile banking app

Baca juga: Kini Kirim Dana ke Berbagai E-Money Lebih Mudah dengan Faspay Sendme!

Kelebihan Internet Banking

Internet banking memiliki peran sebagai sistem pembayaran online yang praktis dan cepat. Customer bisa menghemat waktu serta biaya saat melakukan transaksi, bahkan teknologi ini juga bisa mengatur jadwal transaksi tanpa harus memikirkan biaya operasional yang tinggi. 

Internet banking memiliki layanan yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan customer. Lewat internet banking, customer bisa melakukan transfer dana, melihat informasi dan mutasi saldo, melakukan pembayaran tagihan hingga pembelian tiket. 

Cara Kerja Internet Banking untuk Transaksi Online

Ketika Anda memilih internet banking sebagai metode pembayaran online, maka yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Lakukan check out dan pilihlah internet banking sebagai metode pembayaran online
  2. Akan tersedia berbagai jenis bank yang dapat digunakan, pilihlah jenis bank sesuai dengan bank yang Anda miliki
  3. Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, Anda akan diarahkan untuk transfer sejumlah dana 
  4. Selanjutnya Anda perlu menuju ke akun internet banking Anda dan pilihlah “transfer sesama bank” dengan mengisikan nomor rekening atau VA tujuan
  5. Lanjutkan dengan mengisikan pin atau password transaksi, maka platform pembelanjaan Anda akan mengonfirmasi pembayaran tersebut 

Kartu Kredit 

Berikutnya adalah kartu kredit, yang merupakan salah satu sistem pembayaran online terbaik saat ini. Ketika Anda menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran, maka pembayaran bisa dilakukan dengan sistem cicil. 

Kelebihan Kartu Kredit

Dibandingkan dengan sistem pembayaran lainnya, kartu kredit memiliki jangkauan yang lebih luas pemakaiannya. Kartu kredit bisa digunakan di dalam serta di luar negeri, sehingga bisa memberikan pengalaman belanja secara optimal kepada customer

Mekanisme pemakaian kartu kredit berbeda dengan kartu debit. Saat pengguna melakukan transaksi, kartu kredit tidak akan memotong saldo dari rekening, melainkan terhitung sebagai hutang. Nantinya hutang inilah yang akan pengguna bayar atau cicil setiap bulannya. 

Cara Kerja Kartu Kredit untuk Transaksi Online

Cenderung menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi? Anda tidak perlu khawatir karena berikut yang perlu Anda lakukan:

  1. Selesaikan jumlah pesanan yang Anda inginkan dan pilih kartu kredit sebagai metode pembayaran online
  2. Lakukan pengisian informasi kartu kredit Anda, atau bisa lebih mudah dengan memanfaatkan fitur NFC dengan menempelkan kartu ke handphone
  3. Tak lupa, isikan pula detail alamat penagihan (jika ada)
  4. Jika sudah terdaftar, Anda sudah bisa melakukan pembayaran untuk produk yang Anda check out.

Online Credit

Sistem pembayaran online selanjutnya adalah online credit atau pay later. Sistem pembayaran ini merupakan inovasi baru, dimana pengguna bisa melakukan pembayaran di e-commerce dengan sistem cicilan. Melihat peran pembayaran online dari online credit, tak mengherankan jika sistemnya disukai oleh masyarakat luas. 

Kelebihan Online Credit

Bagi Anda yang tidak bisa memiliki kartu kredit, maka online credit akan memberikan solusi saat hendak berbelanja secara online, terutama di e-commerce. Pengajuan online credit juga cukup mudah dan tak harus menunggu lama. 

Langkah pemakaian online credit cukup sederhana, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi penyedia online credit, mengisi data diri yang diperlukan, dan menunggu verifikasi data. Setelah proses tersebut selesai, pengguna bisa mengajukan pinjaman sesuai kemampuan dan kebutuhan. 

Cara Kerja Online Credit untuk Transaksi Online

Selain kartu kredit, online credit atau pay latter juga menjadi pilihan mudah untuk bertransaksi online. Berikut tata cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Setelah menentukan jenis barang yang di check out, Anda bisa memilih online credit sebagai metode pembayaran online
  2. Layanan online credit mengharuskan Anda untuk mengaktifkan layanan tersebut, terlebih jika Anda adalah pengguna baru
  3. Selanjutnya, Anda akan ditawarkan berbagai pilihan cicilan dengan jumlah bunga yang berbeda berdasarkan lamanya cicilan. Sesuaikan dengan kemampuan Anda. 
  4. Apabila proses aktivasi telah berhasil, layanan online credit sudah bisa dimanfaatkan. Serta, jenis barang yang di check out telah selesai dibayarkan. 

Virtual Account 

Sistem pembayaran online lainnya yang juga populer di Indonesia adalah virtual account. Virtual account merupakan rekening digital yang dikelola langsung oleh pihak bank. Dengan virtual account, maka pembayaran bisa dilakukan lebih mudah tanpa harus melakukan konfirmasi ke penjual. 

Kelebihan Virtual Account

Ketika menggunakan transaksi memakai sistem pembayaran virtual account, maka customer tak harus menyimpan bukti atas transaksi yang dilakukan. Sebab semua transaksi akan tercatat di platform virtual account yang dimiliki. 

Ketika customer melakukan pembayaran dengan virtual account, customer akan menggunakan kode otomatis saat membayar transaksi. Kode otomatis ini harus dimasukkan secara manual sesuai petunjuk pembayaran. 

Cara Kerja Virtual Account untuk Transaksi Online

Penggunaan virtual account sebagai metode pembayaran online juga cukup mudah dengan cara berikut:

  1. Setelah memilih produk yang akan Anda check-out, gunakan metode pembayaran virtual account
  2. Anda akan diberikan sederet nomor rekening unik sebagai rekening tujuan pembayaran. Salin nomor rekening virtual account tersebut. 
  3. Selanjutnya Anda dapat menuju akun mobile banking yang Anda miliki untuk menyelesaikan pembayaran
  4. Pilihlah fitur virtual account pada aplikasi mobile banking Anda dan sesuaikan nomor rekening virtual account yang dihasilkan dari platform pembelanjaan
  5. Selesaikan pembayaran dengan memasukkan pin atau password transaksi 

E-Wallet

Berikutnya ada e-wallet, yang juga merupakan sistem pembayaran online yang banyak digunakan. Hadirnya e-wallet memudahkan segala jenis transaksi belanja online tanpa harus datang langsung ke toko atau gerainya. 

Baca juga: Transaksi Lebih Mudah dengan E-Money, Alat Pembayaran Kekinian 

Kelebihan E-wallet

Pelanggan tak perlu membawa uang dalam jumlah besar saat bepergian. Hal ini tentu membuat minimnya kemungkinan uang hilang atau tercuri. Asalkan memiliki jaringan internet, customer tetap bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. 

Pemakaian e-wallet tidak sulit, customer cukup melakukan pengisian saldo dan menyetujui proses payment melalui aplikasi e-wallet yang digunakan. Ketika transaksi berhasil, saldo e-wallet akan berkurang sesuai nilai pembelanjaan yang dilakukan. 

Cara Kerja E-Wallet untuk Transaksi Online

Pembayaran online menggunakan e-wallet juga terbilang menjadi pilihan yang tepat dan mudah. Berikut tata cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Sama seperti tata cara pembayaran online lainnya, setelah Anda memutuskan jenis produk yang akan dibeli maka pilihlah e-wallet sebagai metode pembayaran. 
  2. Untuk metode pembayaran e-wallet, Anda terlebih dahulu harus mengisikan saldo yang sesuai jumlah pembayaran pembelanjaan Anda
  3. Pengisian saldo dapat dilakukan melalui mobile banking ataupun gerai ritel
  4. Jika saldo e-wallet sudah cukup untuk melakukan payment, maka lanjutkan dengan memasukkan PIN atau password. Proses transaksi telah selesai dilakukan. 

Pembayaran Lewat Toko Retail

Ada pula sistem pembayaran online menggunakan toko retail seperti Indomaret atau Alfamart. Dengan bantuan petugas retail yang bertugas, customer bisa melakukan proses transaksi tanpa harus memiliki rekening bank atau e-wallet

Kelebihan Pembayaran Lewat Toko Retail 

Pembayaran dengan sistem gerai retail dapat dilakukan dengan mudah, mengingat banyaknya gerai retail yang sudah tersebar di kota besar, kota kecil, hingga pedesaan. Metode pembayaran ini juga disarankan untuk mereka yang tak bisa mengakses layanan pembayaran digital. 

Pembayaran ritel bisa dilakukan dengan e-money maupun uang tunai. Customer cukup menyebutkan keperluan pembayaran, kode transaksi, dan menyerahkan dana pembayaran. Pembayaran lewat toko retail juga bisa dilakukan dengan proses kliring. 

Cara Kerja Toko Retail untuk Transaksi Online

Metode pembayaran online dengan bantuan toko retail memang menjadi pilihan bagi kalangan masyarakat yang tidak menggunakan layanan bank. Untuk itu, tata caranya adalah sebagai berikut:

  1. Selesaikan proses check-out untuk produk yang Anda inginkan lalu pilihlah metode transaksi pembayaran pada agen atau toko retail
  2. Akan tersedia berbagai jenis toko retail yang bekerja sama dengan platform yang Anda gunakan
  3. Anda akan mendapatkan struk transaksi sementara yang harus Anda tunjukkan kepada toko retail
  4. Toko retail akan membantu pembayaran Anda kemudian Anda hanya perlu melakukan pembayaran dengan uang tunai atau non-tunai kepada gerai ritel

QRIS 

Sistem pembayaran online terbaik berikutnya adalah QRIS. QRIS berfungsi sebagai jembatan untuk pelaku bisnis yang ingin menerima pembayaran lewat berbagai metode. QRIS bisa menerima pembayaran dari transfer bank, e-wallet, virtual account dan masih banyak lagi.

Baca juga: Faspay Jadi Payment Gateway Terbaik untuk Berbagai Industri Bisnis 

Kelebihan QRIS 

QRIS memiliki sifat yang universal, sehingga bisa digunakan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Selain bisa digunakan di Indonesia, QRIS juga bisa digunakan di luar negeri tanpa harus khawatir transaksi yang dilakukan akan sampai. 

Dengan menggunakan QRIS, merchant akan menampilkan QR Code pada tampilan layar handphone ataupun PC tergantung device apa yang digunakan oleh customer untuk berbelanja online. QR Code ini nantinya akan di scan oleh customer menggunakan ponsel, setelahnya customer bisa langsung melakukan pembayaran transaksi. 

Cara Kerja QRIS untuk Transaksi Online

Metode QRIS saat ini amat sangat populer, hanya satu kali scan maka pembayaran telah berhasil diselesaikan. Untuk menggunakan metode ini, Anda dapat melakukan hal berikut:

  1. Lakukan proses check-out pada barang yang Anda inginkan 
  2. Selanjutnya pilihlah metode pembayaran QRIS, maka selanjutnya akan muncul QRIS dinamis yang berubah seiring waktu pada platform pembelanjaan
  3. Dengan segera, bukalah mobile banking yang Anda miliki dan ketuk simbol QRIS yang tertera
  4. Kamera handphone Anda akan memindai kode unik QR yang tertera pada platform pembelanjaan
  5. Jika sudah berhasil terpindai, akan tertampil sejumlah nominal pembelanjaan beserta nama toko. Selesaikan proses transaksi dengan memasukkan PIN atau password. 

Dapatkan Berbagai Metode Pembayaran Online Paling Populer di Faspay

Mengingat tingginya kebutuhan masyarakat atas sistem pembayaran online, ada baiknya pelaku bisnis menyediakan sistem payment gateway. Lewat pembayaran gateway, Anda bisa menyediakan layanan pembayaran online sesuai kebutuhan pelanggan. 

Salah satu payment gateway yang menyediakan solusi pembayaran digital lengkap adalah Faspay. Faspay menghadirkan Faspay Business sebagai media penerimaan pembayaran online dari pelanggan ke pemilik bisnis. 

Dengan Faspay Business, Anda bisa menerima hingga 50+ metode pembayaran yang sudah bekerjasama dengan Faspay. Dengan sistem API atau plugin yang diintegrasikan dengan website atau aplikasi bisnis, Anda bisa mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang ingin melakukan pembayaran sesuai preferensi.

Sebagai pelaku bisnis, Anda bisa menyediakan kemudahan pembayaran kepada pelanggan dengan menghadirkan berbagai pilihan metode pembayaran. Bahkan Anda bisa melihat secara real time transaksi yang dilakukan oleh pelanggan lewat Dashboard all-in-one Faspay. 

Agar bisa menggunakan layanan Faspay Business, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Lakukan pendaftaran menjadi member di https://faspay.co.id/id/daftar/, pilih layanan Faspay Business lalu klik submit
  • Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan mendapatkan email dari Tim Akuisi Faspay.
  • Lengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran merchant baru. 
  • Setelahnya merchant akan melalui proses KYC dan integrasi
  • Apabila berhasil merchant akan mendapatkan User Credential dan siap menggunakan layanan Faspay. 

Daftar jadi member Faspay sekarang agar pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah. Lewat sistem pembayaran online yang lengkap, tentunya pelanggan lebih tertarik untuk melakukan transaksi, sehingga bisnis dapat berkembang secara signifikan. 

Internet Banking

Internet banking merupakan sistem pembayaran online yang sampai saat ini paling banyak digunakan oleh pengguna. Metode ini dapat diterapkan dengan banyak cara misalnya transfer bank, via mesin ATM atau mobile banking app. Cara yang hybrid ini masih diminati karena praktis, aman dan tentunya mesin ATM sudah banyak tersedia di gerai-gerai minimarket seluruh Indonesia.

Kartu Kredit

Pembayaran menggunakan sistem pembayaran online yang satu ini, cukup digemari terutama bagi pengguna yang membayar sesuatu secara mencicil. Selain itu kelebihan kartu kredit bagi bisnis Anda yakni kartu kredit dapat digunakan untuk transaksi dari dalam dan luar negeri sehingga jika Anda dapat menjangkau pelanggan internasional.

Online Credit

Online credit merupakan sistem pembayaran online kredit yang dihasilkan dari inovasi produk perusahaan Fintech atau financial technologyAda banyak jenis online credit dengan kelebihannya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Hadirnya online credit didasari karena adanya kebutuhan akan pembayaran cicilan di e-commerce, karena tidak semua orang bisa bayar secara tunai dan mendapatkan kartu kredit. Jenis online kredit yang sering digunakan antara lain Akulaku, Kredivo, dan Indodana.

Virtual Account

Sistem pembayaran online berikut nya adalah Virtual Account, yang merupakan rekening digital yang biasanya pada akun ini terdapat ID pelanggan yang dibuat oleh pihak Bank. Pembuatan account ini juga dapat disesuaikan oleh permintaan pengguna maupun entitas seperti perusahaan.

Dengan adanya virtual account, pengguna dimudahkan misalnya seperti saat melakukan pembayaran tidak  lagi diperlukan konfirmasi pembayaran kepada penjual. Pengguna hanya perlu membayar sesuai nominal pada invoice tagihan ke nomor virtual account milik penjual dan transaksi akan otomatis selesai.

E-Money

Sistem pembayaran online menjadi sistem bayar transaksi yang disukai oleh masyarakat. Selain ringkas, pembayaran online juga membuat aktivitas belanja online jadi lebih mudah. Tanpa harus ke toko atau mall, customer bisa memesan produk yang disukai sekaligus melakukan pembayaran. 

Pembayaran online memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pembayaran konvensional, mulai dari transaksi yang lebih aman, lebih cepat, serta lebih praktis. Simak berbagai metode pembayaran online yang banyak digunakan di Indonesia berikut ini!

Apa Itu Sistem Pembayaran Online

Sistem pembayaran online merupakan sistem pembayaran khusus yang memanfaatkan sistem digital. Pembayaran online hanya bisa dilakukan apabila tersedia jaringan internet. 

Pembayaran online dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari kartu kredit, transfer bank, hingga e-wallet. Keuntungan yang akan dirasakan saat menggunakan sistem pembayaran ini adalah durasi transaksinya yang sangat singkat. 

Selain itu, pembayaran online juga terjamin keamanannya karena menggunakan sistem yang mutakhir. Kemungkinan uang yang digunakan tercuri atau hilang sangat kecil, karena pembayaran akan terlacak dengan baik di platform pembayaran yang digunakan. 

7 Sistem Pembayaran Online yang Paling Populer dan Sering Digunakan

Ada banyak metode pembayaran online yang ada di Indonesia, masing-masing punya cara kerjanya sendiri saat digunakan untuk bertransaksi. Dengan begitu, customer bisa memilih sendiri mana sistem pembayaran online yang sesuai dengan kebutuhan serta referensi. 

Internet Banking 

Internet banking merupakan sistem pembayaran yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan memanfaatkan metode pembayaran ini, customer bisa melakukan pembayaran via transfer bank, mesin ATM, atau menggunakan mobile banking app

Baca juga: Kini Kirim Dana ke Berbagai E-Money Lebih Mudah dengan Faspay Sendme!

Kelebihan Internet Banking

Internet banking memiliki peran sebagai sistem pembayaran online yang praktis dan cepat. Customer bisa menghemat waktu serta biaya saat melakukan transaksi, bahkan teknologi ini juga bisa mengatur jadwal transaksi tanpa harus memikirkan biaya operasional yang tinggi. 

Internet banking memiliki layanan yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan customer. Lewat internet banking, customer bisa melakukan transfer dana, melihat informasi dan mutasi saldo, melakukan pembayaran tagihan hingga pembelian tiket. 

Cara Kerja Internet Banking untuk Transaksi Online

Ketika Anda memilih internet banking sebagai metode pembayaran online, maka yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Lakukan check out dan pilihlah internet banking sebagai metode pembayaran online
  2. Akan tersedia berbagai jenis bank yang dapat digunakan, pilihlah jenis bank sesuai dengan bank yang Anda miliki
  3. Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, Anda akan diarahkan untuk transfer sejumlah dana 
  4. Selanjutnya Anda perlu menuju ke akun internet banking Anda dan pilihlah “transfer sesama bank” dengan mengisikan nomor rekening atau VA tujuan
  5. Lanjutkan dengan mengisikan pin atau password transaksi, maka platform pembelanjaan Anda akan mengonfirmasi pembayaran tersebut 

Kartu Kredit 

Berikutnya adalah kartu kredit, yang merupakan salah satu sistem pembayaran online terbaik saat ini. Ketika Anda menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran, maka pembayaran bisa dilakukan dengan sistem cicil. 

Kelebihan Kartu Kredit

Dibandingkan dengan sistem pembayaran lainnya, kartu kredit memiliki jangkauan yang lebih luas pemakaiannya. Kartu kredit bisa digunakan di dalam serta di luar negeri, sehingga bisa memberikan pengalaman belanja secara optimal kepada customer

Mekanisme pemakaian kartu kredit berbeda dengan kartu debit. Saat pengguna melakukan transaksi, kartu kredit tidak akan memotong saldo dari rekening, melainkan terhitung sebagai hutang. Nantinya hutang inilah yang akan pengguna bayar atau cicil setiap bulannya. 

Cara Kerja Kartu Kredit untuk Transaksi Online

Cenderung menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi? Anda tidak perlu khawatir karena berikut yang perlu Anda lakukan:

  1. Selesaikan jumlah pesanan yang Anda inginkan dan pilih kartu kredit sebagai metode pembayaran online
  2. Lakukan pengisian informasi kartu kredit Anda, atau bisa lebih mudah dengan memanfaatkan fitur NFC dengan menempelkan kartu ke handphone
  3. Tak lupa, isikan pula detail alamat penagihan (jika ada)
  4. Jika sudah terdaftar, Anda sudah bisa melakukan pembayaran untuk produk yang Anda check out.

Online Credit

Sistem pembayaran online selanjutnya adalah online credit atau pay later. Sistem pembayaran ini merupakan inovasi baru, dimana pengguna bisa melakukan pembayaran di e-commerce dengan sistem cicilan. Melihat peran pembayaran online dari online credit, tak mengherankan jika sistemnya disukai oleh masyarakat luas. 

Kelebihan Online Credit

Bagi Anda yang tidak bisa memiliki kartu kredit, maka online credit akan memberikan solusi saat hendak berbelanja secara online, terutama di e-commerce. Pengajuan online credit juga cukup mudah dan tak harus menunggu lama. 

Langkah pemakaian online credit cukup sederhana, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi penyedia online credit, mengisi data diri yang diperlukan, dan menunggu verifikasi data. Setelah proses tersebut selesai, pengguna bisa mengajukan pinjaman sesuai kemampuan dan kebutuhan. 

Cara Kerja Online Credit untuk Transaksi Online

Selain kartu kredit, online credit atau pay latter juga menjadi pilihan mudah untuk bertransaksi online. Berikut tata cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Setelah menentukan jenis barang yang di check out, Anda bisa memilih online credit sebagai metode pembayaran online
  2. Layanan online credit mengharuskan Anda untuk mengaktifkan layanan tersebut, terlebih jika Anda adalah pengguna baru
  3. Selanjutnya, Anda akan ditawarkan berbagai pilihan cicilan dengan jumlah bunga yang berbeda berdasarkan lamanya cicilan. Sesuaikan dengan kemampuan Anda. 
  4. Apabila proses aktivasi telah berhasil, layanan online credit sudah bisa dimanfaatkan. Serta, jenis barang yang di check out telah selesai dibayarkan. 

Virtual Account 

Sistem pembayaran online lainnya yang juga populer di Indonesia adalah virtual account. Virtual account merupakan rekening digital yang dikelola langsung oleh pihak bank. Dengan virtual account, maka pembayaran bisa dilakukan lebih mudah tanpa harus melakukan konfirmasi ke penjual. 

Kelebihan Virtual Account

Ketika menggunakan transaksi memakai sistem pembayaran virtual account, maka customer tak harus menyimpan bukti atas transaksi yang dilakukan. Sebab semua transaksi akan tercatat di platform virtual account yang dimiliki. 

Ketika customer melakukan pembayaran dengan virtual account, customer akan menggunakan kode otomatis saat membayar transaksi. Kode otomatis ini harus dimasukkan secara manual sesuai petunjuk pembayaran. 

Cara Kerja Virtual Account untuk Transaksi Online

Penggunaan virtual account sebagai metode pembayaran online juga cukup mudah dengan cara berikut:

  1. Setelah memilih produk yang akan Anda check-out, gunakan metode pembayaran virtual account
  2. Anda akan diberikan sederet nomor rekening unik sebagai rekening tujuan pembayaran. Salin nomor rekening virtual account tersebut. 
  3. Selanjutnya Anda dapat menuju akun mobile banking yang Anda miliki untuk menyelesaikan pembayaran
  4. Pilihlah fitur virtual account pada aplikasi mobile banking Anda dan sesuaikan nomor rekening virtual account yang dihasilkan dari platform pembelanjaan
  5. Selesaikan pembayaran dengan memasukkan pin atau password transaksi 

E-Wallet

Berikutnya ada e-wallet, yang juga merupakan sistem pembayaran online yang banyak digunakan. Hadirnya e-wallet memudahkan segala jenis transaksi belanja online tanpa harus datang langsung ke toko atau gerainya. 

Baca juga: Transaksi Lebih Mudah dengan E-Money, Alat Pembayaran Kekinian 

Kelebihan E-wallet

Pelanggan tak perlu membawa uang dalam jumlah besar saat bepergian. Hal ini tentu membuat minimnya kemungkinan uang hilang atau tercuri. Asalkan memiliki jaringan internet, customer tetap bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. 

Pemakaian e-wallet tidak sulit, customer cukup melakukan pengisian saldo dan menyetujui proses payment melalui aplikasi e-wallet yang digunakan. Ketika transaksi berhasil, saldo e-wallet akan berkurang sesuai nilai pembelanjaan yang dilakukan. 

Cara Kerja E-Wallet untuk Transaksi Online

Pembayaran online menggunakan e-wallet juga terbilang menjadi pilihan yang tepat dan mudah. Berikut tata cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Sama seperti tata cara pembayaran online lainnya, setelah Anda memutuskan jenis produk yang akan dibeli maka pilihlah e-wallet sebagai metode pembayaran. 
  2. Untuk metode pembayaran e-wallet, Anda terlebih dahulu harus mengisikan saldo yang sesuai jumlah pembayaran pembelanjaan Anda
  3. Pengisian saldo dapat dilakukan melalui mobile banking ataupun gerai ritel
  4. Jika saldo e-wallet sudah cukup untuk melakukan payment, maka lanjutkan dengan memasukkan PIN atau password. Proses transaksi telah selesai dilakukan. 

Pembayaran Lewat Toko Retail

Ada pula sistem pembayaran online menggunakan toko retail seperti Indomaret atau Alfamart. Dengan bantuan petugas retail yang bertugas, customer bisa melakukan proses transaksi tanpa harus memiliki rekening bank atau e-wallet

Kelebihan Pembayaran Lewat Toko Retail 

Pembayaran dengan sistem gerai retail dapat dilakukan dengan mudah, mengingat banyaknya gerai retail yang sudah tersebar di kota besar, kota kecil, hingga pedesaan. Metode pembayaran ini juga disarankan untuk mereka yang tak bisa mengakses layanan pembayaran digital. 

Pembayaran ritel bisa dilakukan dengan e-money maupun uang tunai. Customer cukup menyebutkan keperluan pembayaran, kode transaksi, dan menyerahkan dana pembayaran. Pembayaran lewat toko retail juga bisa dilakukan dengan proses kliring. 

Cara Kerja Toko Retail untuk Transaksi Online

Metode pembayaran online dengan bantuan toko retail memang menjadi pilihan bagi kalangan masyarakat yang tidak menggunakan layanan bank. Untuk itu, tata caranya adalah sebagai berikut:

  1. Selesaikan proses check-out untuk produk yang Anda inginkan lalu pilihlah metode transaksi pembayaran pada agen atau toko retail
  2. Akan tersedia berbagai jenis toko retail yang bekerja sama dengan platform yang Anda gunakan
  3. Anda akan mendapatkan struk transaksi sementara yang harus Anda tunjukkan kepada toko retail
  4. Toko retail akan membantu pembayaran Anda kemudian Anda hanya perlu melakukan pembayaran dengan uang tunai atau non-tunai kepada gerai ritel

QRIS 

Sistem pembayaran online terbaik berikutnya adalah QRIS. QRIS berfungsi sebagai jembatan untuk pelaku bisnis yang ingin menerima pembayaran lewat berbagai metode. QRIS bisa menerima pembayaran dari transfer bank, e-wallet, virtual account dan masih banyak lagi.

Baca juga: Faspay Jadi Payment Gateway Terbaik untuk Berbagai Industri Bisnis 

Kelebihan QRIS 

QRIS memiliki sifat yang universal, sehingga bisa digunakan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Selain bisa digunakan di Indonesia, QRIS juga bisa digunakan di luar negeri tanpa harus khawatir transaksi yang dilakukan akan sampai. 

Dengan menggunakan QRIS, merchant akan menampilkan QR Code pada tampilan layar handphone ataupun PC tergantung device apa yang digunakan oleh customer untuk berbelanja online. QR Code ini nantinya akan di scan oleh customer menggunakan ponsel, setelahnya customer bisa langsung melakukan pembayaran transaksi. 

Cara Kerja QRIS untuk Transaksi Online

Metode QRIS saat ini amat sangat populer, hanya satu kali scan maka pembayaran telah berhasil diselesaikan. Untuk menggunakan metode ini, Anda dapat melakukan hal berikut:

  1. Lakukan proses check-out pada barang yang Anda inginkan 
  2. Selanjutnya pilihlah metode pembayaran QRIS, maka selanjutnya akan muncul QRIS dinamis yang berubah seiring waktu pada platform pembelanjaan
  3. Dengan segera, bukalah mobile banking yang Anda miliki dan ketuk simbol QRIS yang tertera
  4. Kamera handphone Anda akan memindai kode unik QR yang tertera pada platform pembelanjaan
  5. Jika sudah berhasil terpindai, akan tertampil sejumlah nominal pembelanjaan beserta nama toko. Selesaikan proses transaksi dengan memasukkan PIN atau password. 

Dapatkan Berbagai Metode Pembayaran Online Paling Populer di Faspay

Mengingat tingginya kebutuhan masyarakat atas sistem pembayaran online, ada baiknya pelaku bisnis menyediakan sistem payment gateway. Lewat pembayaran gateway, Anda bisa menyediakan layanan pembayaran online sesuai kebutuhan pelanggan. 

Salah satu payment gateway yang menyediakan solusi pembayaran digital lengkap adalah Faspay. Faspay menghadirkan Faspay Business sebagai media penerimaan pembayaran online dari pelanggan ke pemilik bisnis. 

Dengan Faspay Business, Anda bisa menerima hingga 50+ metode pembayaran yang sudah bekerjasama dengan Faspay. Dengan sistem API atau plugin yang diintegrasikan dengan website atau aplikasi bisnis, Anda bisa mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang ingin melakukan pembayaran sesuai preferensi.

Sebagai pelaku bisnis, Anda bisa menyediakan kemudahan pembayaran kepada pelanggan dengan menghadirkan berbagai pilihan metode pembayaran. Bahkan Anda bisa melihat secara real time transaksi yang dilakukan oleh pelanggan lewat Dashboard all-in-one Faspay. 

Agar bisa menggunakan layanan Faspay Business, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Lakukan pendaftaran menjadi member di https://faspay.co.id/id/daftar/, pilih layanan Faspay Business lalu klik submit
  • Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan mendapatkan email dari Tim Akuisi Faspay.
  • Lengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran merchant baru. 
  • Setelahnya merchant akan melalui proses KYC dan integrasi
  • Apabila berhasil merchant akan mendapatkan User Credential dan siap menggunakan layanan Faspay. 

Daftar jadi member Faspay sekarang agar pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah. Lewat sistem pembayaran online yang lengkap, tentunya pelanggan lebih tertarik untuk melakukan transaksi, sehingga bisnis dapat berkembang secara signifikan. 

Lihat Artikel Lainnya

20 Ide Menu Bazar Paling Laris, Jangan Takut Dicoba!

20 Ide Menu Bazar Paling Laris, Jangan Takut Dicoba!

10 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

10 Tips Jitu Meningkatkan Penjualan Bisnis Online, Jangan Sampai Salah!

faspay bill payment

Permudah Pembayaran Pelanggan Anda dari Berbagai Biller dengan Faspay Bill Payment