Image Article Faspay Nov 21

Sistem pembayaran online makin umum digunakan, terutama oleh pelaku bisnis yang tak ingin ketinggalan zaman. Mengingat saat ini makin banyak masyarakat yang menggunakan e-wallet sebagai media pembayaran dibandingkan dengan uang tunai. 

Lewat pembayaran secara online, customer tak harus melakukan pembayaran fisik pada tiap transaksi, cukup memanfaatkan media bayar yang sudah tersedia. Media pembayaran ini bisa berupa transfer bank, QRIS, kartu kredit, hingga e-wallet.

Kenapa sistem pembayaran ini jauh lebih disukai dibandingkan pembayaran konvensional? Berikut adalah penjelasan lengkap sekaligus keuntungan dan manfaat atas pemakaiannya. 

Apa Itu Sistem Pembayaran Online?

Sistem pembayaran online merupakan proses pembayaran yang dilakukan dengan bantuan internet. Dalam sistem ini, customer akan melakukan pembayaran transaksi menggunakan alat pembayaran elektronik yang dimiliki.

Pemanfaatan cara pembayaran ini akan mengurangi pemakaian uang tunai atau cek fisik, sehingga transaksi bisa dilakukan lebih cepat dan praktis. Customer nantinya bisa melakukan pembayaran tanpa harus bertemu penjual, cukup dengan beberapa klik saja dari gadget ataupun perangkat sejenisnya. 

Secara keseluruhan, pembayaran online mengubah cara bisnis menjadi kian aman, fleksibel dan juga dinamis. Lewat perkembangan teknologi, transaksi tanpa harus melakukan tatap muka jadi hal yang memungkinan untuk dilakukan di era digital kini. Menggunakan pembayaran online juga bisa menjadi cara mengenal payment gateway sebagai metode pembayaran kekinian.

Baca juga: Cara Setting WooCommerce Payment Gateway di Faspay 

 

Manfaat Sistem Pembayaran Online

Manfaat sistem pembayaran online, tak hanya dirasakan oleh customer, tapi juga oleh pelaku usaha, di antaranya:

  • Proses Transaksi Lebih Cepat 

Dibandingkan dengan sistem pembayaran konvensional, pembayaran online punya durasi waktu yang jauh lebih cepat. Customer tentu lebih puas melakukan transaksi, yang akhirnya bisa membuat bisnis berkembang secara signifikan. 

  • Transaksi yang Lebih Aman dari Fraud

Berikutnya adalah membuat transaksi yang lebih aman dari fraud atau kecurangan. Metode pembayaran digital, sekaligus platform dan aplikasi digital yang digunakan, memiliki sistem keamanan yang tinggi. Dengan kata lain, kemungkinan terjadinya kecurangan atau penipuan lebih bisa diminimalisir bagi bisnis maupun pelanggan. 

Baca juga: Damri Gandeng Faspay sebagai Mitra Pembayaran Resmi Damri Apps

  • Pelacakan yang Lebih Mudah

Memanfaatkan sistem pembayaran online memungkinkan pelacakan tiap transaksi dilakukan dengan lebih mudah. Pelaku bisnis bisa melacak setiap transaksi customer secara real-time, sehingga pembukuan dan pencatatan transaksi jadi lebih rapi. 

  • Hemat Biaya 

Mengapa pemakaian pembayaran online jauh lebih hemat dibandingkan pembayaran konvensional? Alasannya karena ketika bisnis Anda memanfaatkan pembayaran digital, Anda tak perlu mengeluarkan biaya operasional tambahan seperti pembelian kertas untuk pembuatan invoice

  • Lebih Fleksibel 

Manfaat sistem pembayaran online lainnya adalah metode pembayaran yang lebih fleksibel. Jika sebelumnya pembayaran harus dilakukan dengan tatap muka, maka pembayaran online bisa dilakukan dimana saja, bahkan dari luar negeri sekali pun. Customer pun bisa memilih metode pembayaran sesuai kebutuhan mereka. Sehingga tentunya memudahkan pelanggan dan membuat pelanggan puas bertransaksi di bisnis Anda.

Kini pembayaran online menjadi cara paling mudah dan efisien dalam melakukan transaksi online. Karena berubahnya tren pembayaran ini, pelaku bisnis diharapkan dapat mengikuti perkembangan zaman dengan menyediakan pilihan pembayaran secara online

Jenis Jenis Sistem Pembayaran Online 

Setidaknya ada lima jenis sistem pembayaran online yang bisa pelaku bisnis sediakan untuk mengakomodasi kebutuhan customer, di antaranya:

  • Internet Banking

Jenis sistem pembayaran online yang pertama adalah internet banking. Internet banking merupakan media pembayaran online yang memanfaatkan layanan dari bank. Dengan internet banking, customer bisa melakukan pembayaran via transfer bank, baik memakai mobile banking ataupun mesin ATM. 

 

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis Equity Crownfunding Menggunakan Payment Gateway

  • Kartu Kredit

Berikutnya adalah kartu kredit, sistem pembayaran yang juga memanfaatkan layanan dari bank. Kartu kredit menjadi pilihan terbaik untuk mereka yang ingin berbelanja dengan sistem cicil, sehingga harganya lebih ringan. Kelebihan lain yang dimiliki oleh kartu kredit adalah sistem pembayarannya yang bisa digunakan hingga ke luar negeri. 

  • Dompet Digital

Dompet digital menjadi jenis pembayaran online yang paling disukai oleh kawula muda. Pasalnya dompet digital lebih praktis dan aman saat digunakan, bahkan tersedia banyak diskon yang bisa dimanfaatkan saat membayar. Dengan dompet digital, customer tak harus membawa uang tunai kemana-mana dalam jumlah besar.

  • Virtual Account

Pembayaran dengan virtual account juga cukup populer, alasannya karena customer tak harus memiliki rekening bank untuk melakukan pembayaran. Nantinya customer akan mendapatkan rekening virtual, sehingga pembayaran bisa dilakukan secara online di merchant atau platform online tertentu.

  • Online Credit  

Ada pula sistem pembayaran online menggunakan online credit. Hadirnya online credit ini akan membantu customer untuk melakukan pembayaran secara cicil di e-commerce atau marketplace. Apalagi tidak semua orang bisa memiliki kartu kredit untuk membeli secara cicilan atau bayar tunai lunas. 

Aktifkan Sistem Pembayaran Online untuk Menjalankan Bisnis yang Lebih Efektif dan Efisien

Bisnis online membutuhkan sistem pembayaran berupa payment gateway. Bisnis yang mengembangkan payment gateway, memiliki lebih banyak keuntungan dalam manajerial transaksi dengan customer, diantaranya:

  • Lebih Efisien

Toko online seringkali memiliki waktu yang lebih lama untuk mengecek setiap transaksi yang dilakukan. Dengan sistem payment gateway, setiap pembayaran dan transaksi dapat diterima secara langsung. Inilah yang menyebabkan efisiensi waktu pelaku usaha lebih tinggi karena setiap transaksi bisa langsung dikonfirmasi. 

  • Layanan yang Lebih Memuaskan Bagi Pelanggan 

Kehadiran payment gateway terbukti memberikan kepuasan lebih besar kepada pelanggan. Customer bisa melakukan pembayaran lebih fleksibel, sedangkan pelaku usaha berhasil mengakomodasi kebutuhan pelanggan di sistem pembayaran. 

  • Fitur yang Lebih Lengkap

Payment gateway memiliki fitur yang lebih lengkap, sehingga tiap transaksi yang dilakukan bisa berlangsung lebih singkat dan cepat. Hal ini bisa terjadi karena sistem keamanan yang tinggi, sehingga payment gateway minim gangguan, yang akhirnya membuat teknis pembayaran customer lebih optimal.

  • Channel Payment yang Beragam

Ketika menggunakan payment gateway, maka channel pembayaran jadi lebih lengkap. Pelanggan bisa menggunakan kartu kredit, virtual account, ataupun mobile banking untuk melakukan pembayaran sesuai kebutuhannya. Dengan channel payment yang lebih lengkap, pelanggan lebih tertarik melakukan transaksi karena proses bayarnya yang lebih mudah. 

Dengan tingginya jumlah customer yang lebih tertarik menggunakan pembayaran online, ada baiknya pelaku bisnis menyediakan platform pembayarannya. Salah satunya dengan menggunakan QRIS, sehingga customer bisa membayar tanpa harus menggunakan uang tunai. 

Apalagi saat ini banyak platform atau aplikasi pembayaran online yang menyediakan pembayaran scan QR. Menyediakan QRIS akan membuat proses pembayaran online jadi lebih singkat, cepat, dan praktis. 

Cara membuat QRIS jadi lebih mudah dengan memanfaatkan layanan QRIS Faspay. Faspay menghadirkan QRIS yang bisa diintegrasikan langsung dengan Faspay Business maupun Faspay Billing sehingga semua pembayaran bisa terekam dengan baik di satu tempat dan tercatat dengan baik.

Faspay menyediakan QRIS dinamis yang bisa dimanfaatkan untuk menerima berbagai metode pembayaran di website atau aplikasi bisnis Anda dengan mengintegrasikannya secara mudah menggunakan API. 

Daftar jadi merchant Faspay sekarang untuk menikmati layanan ini. Dengan Faspay, Anda bisa menyediakan sistem pembayaran online kekinian yang akan membantu mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. 

Related Articles

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.