Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Thumbnail article December 2022-02

Cara Mudah Daftar QRIS Online dengan Cepat dan Mudah di Faspay

Sudah tahukah Anda mengenai layanan QRIS Online? Sebagai pebisnis di era modern ini, sebaiknya Anda tidak melewatkan informasi berikut.

Di bawah ini, akan diulas mengenai seputar QRIS dengan sistem online. Mulai dari pengertiannya, keunggulan, manfaat, jenis-jenis, hingga cara daftarnya. Simak hingga tuntas, ya.

Pengertian QRIS Online

QRIS Online merupakan sebutan untuk sistem pembayaran yang bisa dijangkau semua orang,  khususnya pengguna merchant digital. Sebagai informasi, layanan QRIS atau Quick Response Code Indonesia Standard telah ada sejak tahun 2019, tepatnya mulai 17 Agustus.

Layanan ini dibuat dalam sistem digital sehingga lebih mudah diakses oleh banyak orang kapan pun dan di mana pun. Kehadiran sistem ini sebagai opsi pembayaran tentu bisa memberikan banyak keuntungan dan kemudahan pada masyarakat.

Jika sebelumnya Anda sudah memanfaatkan barcode QR code dari suatu bank, QRIS ini dasarnya tidak jauh beda dengan itu. Namun, jangkauannya jauh lebih luas sebab memanfaatkan kecanggihan smartphone.

Ini dikarenakan, sejak tahun 2019, QRIS dijadikan standar pembayaran digital melalui berbagai aplikasi uang elektronik. Baik server based, e-wallet, maupun mobile banking.

Jadi, jika Anda mempunyai QRIS, orang-orang dapat melakukan pembayaran dengan metode apa pun. Entah itu menggunakan uang elektronik dari mobile banking ataupun e-wallet.

Ini tentu berbeda dengan sistem QR Code yang sebelumnya mungkin Anda punya. Sebab, QR Code umumnya hanya bisa digunakan untuk pengguna rekening/akun uang elektronik yang sama.

Maksudnya, ketika Anda membuat QR Code dari mobile banking maka transaksi yang bisa dilakukan orang lain harus dari aplikasi sama.

Berbagai Manfaat QRIS Online untuk Bisnis

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, sistem pembayaran ini sangat bermanfaat untuk semua kalangan masyarakat, terutama untuk para pengusaha.

Dilihat dari penjelasan mengenai QRIS Online tadi, Anda tentu dapat menggambarkan sedikit banyak manfaat yang bisa didapatkan dari ini. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak beberapa poin-poin mengenai manfaat QRIS untuk pebisnis berikut ini.

1. Transaksi Lebih Mudah dan Cepat

Salah satu manfaat dari QRIS adalah dapat menjadikan transaksi lebih mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan, QRIS memungkinkan siapa saja untuk membayar tagihan tanpa perlu mengetikkan nomor rekening.

Baik itu rekening bank maupun merchant di e-wallet. Untuk para pengusaha, Anda pun tidak harus selalu mengingat nomor rekening ataupun e-wallet.

Sebab, ketika terdapat pelanggan yang akan mengirim uang, pelanggan akan dialihkan ke QRIS untuk kemudian di-scan oleh pelanggan dan pelanggan dapat melakukan pembayaran. 

2. Proses Jual Beli Barang Jadi Lebih Simpel

Ketika Anda memiliki QRIS, berbagai akun lain fintech lain, baik e-wallet maupun e-money tidak lagi dibutuhkan. Sebab, semua fungsinya terkumpul dalam satu tempat, yaitu QRIS.

Cukup mendaftar sekali di QRIS dan semua konsumen Anda dapat melakukan pembayaran barang yang dibelinya dengan banyak metode. Ini tentu lebih simpel dibandingkan harus membuat banyak akun e-wallet, e-money, atau mendaftar di aplikasi fintech lainnya.

3. Metode Pembayaran yang Sangat Variatif

Beberapa kali disinggung sebelumnya, mendaftar QRIS artinya membuka akses pembayaran untuk semua metode yang terhubung dengan layanan itu. Maksudnya, ketika memiliki QRIS, semua metode pembayaran yang dilakukan oleh konsumen bisa diterima oleh Anda.

Contohnya, ketika konsumen melakukan transaksi via e-wallet, seperti OVO, Anda tidak perlu mempunyai akun yang sama hanya untuk menerima uang tersebut. Ini dikarenakan, QRIS dapat menerimanya dan mengirimkannya ke rekening Anda.

Untuk diketahui, saat ini tersedia lebih dari 30 merchant e-wallet yang sudah terhubung dengan QRIS. Mulai dari OVO, DANA, Gopay, LinkAja, dan lain sebagainya.

Selain itu, mobile banking yang terhubung dengan sistem pembayaran ini juga sudah sangat banyak. Jadi, makin memudahkan siapa saja untuk melakukan transaksi cashless.

4. Mencegah Peredaran Uang Palsu

Manfaat selanjutnya dari QRIS Online ini adalah mencegah peredaran uang palsu. Seperti diketahui, saat ini makin banyak uang palsu yang mempunyai tampilan sangat mirip dengan uang asli. 

Di sisi lain, tidak sedikit orang yang berbuat tidak baik sehingga memanfaatkan kondisi ini untuk menipu para pengusaha. Guna menghindari pembayaran yang dilakukan dengan uang palsu, Anda bisa menerapkan QRIS sebagai metode transaksi.

5. Menghemat Biaya Operasional Usaha

Jika Anda memanfaatkan metode transaksi dengan QRIS, biaya operasional usaha jelas akan lebih hemat. Ini dikarenakan, Anda hanya perlu membayar MDR atau merchant discount rate untuk setiap transaksi yang dilakukan dengan ini.

Besaran MDR ini juga tidak terlalu besar, nominalnya tergantung pada jenis perusahaan yang dikelola. Contohnya, untuk bisnis reguler sebesar 0,7%, transaksi pendidikan sebesar 0,6%, dan transaksi di SPBU sekitar 0,4%.

Untuk transaksi lain, seperti bantuan sosial suatu yayasan atau organisasi, MDR-nya 0%. Sebagai informasi, MDR ini adalah biaya yang ditanggung pemilik merchant untuk setiap transaksi. Jadi, jika konsumen Anda melakukan pembayaran dengan jumlah Rp10.000, uang yang akan diterima adalah Rp9.930 rupiah.

Untuk diketahui, nominal MDR tersebut tidak bisa dibebankan pada konsumen sebab telah terdapat aturannya. Jika Anda takut rugi, sebaiknya itu tidak perlu.

Sebab, nominal untung yang bisa didapatkan dari ini dipastikan jauh lebih besar dibandingkan dengan MDR tadi. Dibandingkan dengan biaya switching di GPN (Gerbang Pembayaran Nasional), nominal MDR juga jauh lebih murah.

Jadi, sebaiknya tidak perlu takut rugi jika ingin menerapkan sistem ini. Karena secara keseluruhan, QRIS dibuat untuk membantu pengusaha lebih mudah dalam mendapatkan keuntungan.

6. Keamanan Transaksi Terjamin

Untuk diketahui, transaksi dengan QRIS tidak jauh berbeda dengan metode transfer antar bank ataupun antar akun e-wallet. Yang mana, orang-orang akan diminta memasukkan pin keamanan terlebih dahulu untuk memastikan pembayaran benar-benar ingin dilakukan oleh pemilik rekening.

Jika ada transaksi yang tidak wajar, hal ini dapat dilaporkan pada penyedia layanan sebab semua informasi tersebut pasti tercatat.

7. Catatan Transaksi Lebih Efisien 

Setiap pembayaran yang dilakukan dengan QRIS akan tersedia di sistem dan Anda dapat membukanya kapanpun. Jadi, jika butuh catatan pemasukan toko dalam sebulan, Anda bisa menghitungnya lebih mudah dengan catatan dari QRIS.

Untuk diketahui, setiap transaksi yang terjadi dengan metode pembayaran ini akan dicatat secara real-time. Jadi, pengelolaan keuangan bisa dilakukan secara lebih efisien dibandingkan dengan cara konvensional.

Cara Daftar QRIS Online dengan Mudah 

Jika Anda tertarik untuk memiliki QRIS, tentu harus tahu cara daftarnya, bukan? Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat QRIS dari berbagai merchant.

1. Cara Daftar QRIS Online Shopeepay

Berikut adalah langkah-langkah untuk daftar QRIS Shopeepay.

  • Pastikan Anda sudah mempunyai toko di aplikasi dan telah diverifikasi.
  • Pastikan akun toko Anda memenuhi persyaratan, seperti tidak pernah mengajukan kode QR sebelumnya.
  • Hubungi layanan Shopee dan siapkan beberapa data yang pasti diminta pihak layanan tersebut. Di antaranya adalah alamat, nomor telepon aktif, nama toko, dan penjelasan kenapa ingin menerapkan QRIS.
  • Kirim data tersebut dan tunggu hingga verifikasi diberikan, maksimal 19 hari kerja. 

Jika kode belum diberikan meski sudah melewati batas waktu, Anda bisa menghubungi pihak Shopee Pay.

2. Cara Daftar QRIS Online OVO

Untuk membuat QRIS dengan OVO, caranya lebih simpel dari langkah-langkah pada Shopeepay. Nah, berikut adalah step by step-nya.

  • Masuk ke aplikasi OVO.
  • Masuk ke balkon atau menu utama.
  • Ketuk tombol Profil.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan QR Code.
  • Anda bisa menyimpan kode QR tersebut dengan cara men-screenshot dan mencetaknya bila perlu.

3. Cara Daftar QRIS Online BCA

Untuk memiliki QRIS BCA, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi mobile banking Anda.
  • Masuk ke akun seperti biasanya.
  • Masuk ke menu Profil, lalu QR Code. Di menu tersebut Anda bisa mendapatkan QR Code khusus BCA.

Anda dapat menyimpan kode QR tersebut untuk memudahkan konsumen melakukan pembayaran melalui BCA. 

4. Cara Daftar QRIS Online 

 

 

Jika cara-cara tadi dikhususkan untuk pembayaran dengan metode tertentu, QRIS Online satu ini bisa untuk semuanya. Untuk mendaftar, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini, ya.

  • Buka situs resmi QRIS di https://qris.id/ atau bisa pendaftaran melalui Faspay.
  • Klik tombol Daftar.
  • Siapkan dokumen untuk pengajuan, seperti KTP, sertifikat perusahaan, NPWP, Nomor KK, dan lain-lain.
  • Isi formulir pendaftaran dengan benar.

Jika sudah, klik kirim dan tunggu hasil verifikasi maksimal 14 hari kerja. Apabila lolos verifikasi, tim QRIS akan mengirimkan username dan password akun QRIS Anda. Lebih lanjut, Anda bisa langsung menggunakan layanan tersebut untuk memudahkan transaksi.

Daftar Faspay untuk Mendapatkan QRIS Online Tanpa Harus Menunggu Lama

Butuh QRIS dengan segera? Jika, ya, solusinya adalah Faspay. Anda bisa mendaftar di Faspay untuk mendapatkan keunggulan QRIS dan juga manfaatnya.

Untuk diketahui, layanan ini merupakan payment gateway yang menjadi salah satu penyelenggara QRIS. Jadi, semua manfaat QRIS dan jaminan keamanannya bisa didapatkan dari layanan ini.

Di sisi lain, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kode QR dari layanan ini. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda di Faspay untuk memudahkan transaksi dan mengembangkan bisnis Anda.

Lihat Artikel Lainnya

keuntungan gpn

Apa itu GPN? 5 Keuntungan Gerbang Pembayaran Nasional

ovo-payment-channel-faspay

OVO is now available as the newest payment channel in FASPAY!

rencana-liburan-1.jpg

Rencanakan Liburan Hemat agar Cicilan Tak Membengkak

WhatsApp Image 2020-11-24 at 3.29.39 PM (1)

Strategi Tingkatkan Pengalaman Pelanggan yang Bikin Sukses Bisnis Anda