Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Laporan arus kas

Laporan arus kas adalah indikator penting untuk melihat sehat tidaknya kondisi finansial perusahaan. Oleh karena itu, penyusunan laporan arus kas harus dilakukan secara teliti untuk mendapatkan hasil yang akurat. 

Sederhananya, laporan arus kas adalah catatan pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan. Hal ini bermanfaat untuk mengetahui kondisi untung dan rugi bisnis. Lantas, seperti apa cara membuat laporan arus kas dan seperti apa contohnya? Simak penjelasan lengkapnya di ulasan ini, ya!

Apa itu Laporan Arus Kas?

Laporan arus kas adalah catatan keuangan perusahaan yang berisi alur pemasukan dan pengeluaran dari seluruh transaksi kegiatan operasional bisnis. Biasanya, laporan ini akan diperbarui di setiap periode tertentu. 

Dalam sebuah laporan arus kas, terdapat beberapa informasi penting yang disampaikan, seperti pemasukan kas, beban, prive, pembayaran utang, dan lainnya.

Fungsi Laporan Arus Kas

Lantas, apa fungsi laporan arus kas dalam pengelolaan keuangan perusahaan? Berikut penjelasan lengkapnya:

Evaluasi Kemampuan Perusahaan

Fungsi yang paling penting dari laporan kas adalah membantu perusahaan menilai kinerja bisnis dari kondisi finansialnya. Catatan keuangan yang ideal menggambarkan kondisi finansial dalam keadaan sehat. 

Kemampuan perusahaan dalam hal finansial juga biasanya dinilai saat membayar kewajiban dari beban operasionalnya. Pembayaran kewajiban secara tepat waktu menandakan arus kas berjalan baik dan sehat. 

Dasar Pengambilan Keputusan

Laporan arus kas juga membantu perusahaan dalam mengambil keputusan, khususnya yang berhubungan dengan kegiatan operasional. Melalui analisis laporan, perusahaan dapat menentukan langkah selanjutnya yang sesuai dengan kondisi keuangan. 

Menginformasikan Keterangan Laba dan Kas Bersih

Fungsi laporan arus berikutnya adalah menyajikan data laba dan kas bersih (pemasukan dan pengeluaran bersih) yang diperoleh oleh perusahaan selama periode tertentu. 

Melindungi Transaksi Investasi

Laporan arus kas adalah dokumen penting untuk memantau transaksi dari investasi dan seluruh pendanaan, baik yang sudah maupun sedang berlangsung. Apabila suatu saat terjadi perubahan aset dan muncul masalah tertentu, perusahaan dapat mengidentifikasi penyebabnya. Dengan begitu, transaksi investasi akan terlindungi. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Cash Flow Bisnis Anda Lebih Baik

Metode Laporan Arus Kas

Dalam implementasinya, laporan arus kas adalah catatan yang memiliki dua metode. Berikut penjelasannya:

Direct Method

Metode langsung atau direct method adalah laporan arus kas yang mengelompokkan pemasukan dan pengeluaran. Data akan dikelompokkan menjadi beberapa kategori berbeda, mulai dari pembiayaan, kegiatan operasional, sampai transaksi investasi perusahaan. 

Indirect Method

Metode tidak langsung atau indirect method mengacu pada penyusunan laporan arus kas yang berrdasarkan pada laba dan rugi bersih perusahaan. Pada metode ini, pelaku usaha perlu mengecek segala hal yang memengaruhi transaksi kas bulanan. 

Selain itu, perusahaan juga perlu mengidentifikasi seluruh beban investasi dan jumlah penghasilan, baik untuk periode yang akan datang maupun sebelumnya.

Cara Membuat Laporan Arus Kas

Setelah mengetahui fungsinya, Anda juga perlu memahami cara membuat laporan arus kas yang benar dan akurat. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menghitung Kenaikan dan Penurunan Kas

Langkah pertama dalam cara membuat laporan arus kas adalah menghitung kenaikan dan penurunan kas dari kegiatan operasional perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan finansial bisnis. Cek pada bagian keterangan di neraca atau catatan yang dimiliki perusahaan. Selanjutnya, hitung pemasukan dan pengeluarannya. 

2. Menghitung Kas Bersih dalam Aktivitas Operasional 

Setelah menghitung kenaikan dan penurunan kas, pisahkan catatan khusus untuk kegiatan operasional perusahaan. Selanjutnya, hitung jumlah keseluruhan dan susun laporan kas bersih yang digunakan dalam setiap kegiatan operasional.

3. Menghitung dan Melaporkan Kas Bersih Investasi

Setelah menghitung kas bersih dari aktivitas operasional bisnis, laporan arus kas juga harus memuat kas bersih investasi. Tahapannya sama seperti langkah sebelumnya, namun berbeda dalam hal yang dihitung.

Pada kas bersih investasi, transaksi yang dihitung adalah penjualan atau pembelian aset, aktiva tetap, dan instrumen investasi jangka panjang lainnya. 

4. Menghitung dan Membuat Laporan Kas Bersih Pendanaan

Di tahap cara membuat laporan arus kas ini, masukkan nilai penambahan atau pengurangan dari ekuitas pemilik dan kewajiban jangka panjang. 

5. Mengakumulasikan Total Kas Bersih

Terakhir, jumlahkan seluruh perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu pemasukan dan pengeluaran kas bersih dari kegiatan operasional bisnis, investasi, dan pendanaan.

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis Equity Crowdfunding Menggunakan Payment Gateway

Contoh Laporan Arus Kas

Berikut adalah beberapa contoh laporan arus kas perusahaan yang bisa dijadikan inspirasi:

Contoh laporan arus kas

Sumber: Telkomsel

Contoh laporan arus kas

Sumber: Gramedia

Contoh laporan arus kas

Sumber: Mekari Jurnal

Itu dia pembahasan seputar apa itu laporan arus kas dan fungsinya dalam mengevaluasi kesehatan keuangan suatu bisnis. Penyusunan laporan arus kas yang rapi dan akurat akan membantu perusahaan mengevaluasi kinerjanya dengan tepat. 

Selain memperhatikan penyusunan laporan arus kas yang baik, pelaku usaha juga perlu mempertimbangkan metode pembayaran yang digunakan untuk transaksi, baik dengan vendor maupun konsumen. Mempermudah metode pembayaran dan menjamin keamanan transaksinya tentu dapat meningkatkan reliability perusahaan.

Pelaku bisnis bisa menggunakan payment gateway Faspay yang menyediakan beragam layanan untuk memudahkan proses pembayaran bisnis. Faspay menyediakan 50+ metode pembayaran digital yang bekerja sama dengan 150+ bank di seluruh Indonesia. 

Tidak hanya itu, Faspay Billing juga membantu pelaku bisnis membuat invoice digital dengan praktis dan mengirimnya melalui email atau payment link ke platform chat. Mudah bukan? Yuk, daftar menjadi merchant Faspay sekarang juga!

Baca juga: 5 Alasan Penting E-commerce Menyediakan Opsi Pembayaran yang Lengkap

Lihat Artikel Lainnya

tips-menemukan-inspirasi-usaha-online-yang-cocok-untuk-bisnis-anda

Tips Menemukan Inspirasi Usaha Online yang Cocok Untuk Bisnis Anda

Inovasi Teknologi dalam Revolusi Industri Perhotelan

Ini 7 Inovasi Teknologi dalam Revolusi Industri Perhotelan

Apa itu Deposit

Apa itu Deposit? Kenali Jenis dan Bedanya dengan Deposito

Plugin Pembayaran wordpress

Ketahui 4 Keuntungan Menggunakan Plugin Pembayaran Pada WordPress