WhatsApp Image 2021-04-16 at 12.55.56 PM

Saat ini, teknologi sudah semakin berkembang pesat dan mempengaruhi berbagai kebutuhan masyarakat. Bahkan, perkembangan dunia bisnis juga sudah dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, terutama di industri hotel dan pariwisata.

Maka dari itu, untuk tetap bisa bertahan di tengah perkembangan teknologi ini, harus disertai dengan strategi yang tepat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan strategi digital marketing.

Tak terkecuali bagi industri hotel dan pariwisata yang mana harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Digital marketing hotel merupakan langkah yang paling tepat untuk melakukan strategi promosi dan mengenalkan bisnis kepada target audience.

Terlebih lagi, bisnis hotel di dunia online saat ini semakin hangat dibicarakan. Tentu, akan membuat persaingan bisnis semakin ketat setiap harinya.

Dengan begitu, menggunakan strategi digital marketing hotel dapat membantu mendorong bisnis Anda lebih unggul dari kompetitor, mendapatkan lebih banyak paparan di platform online, serta semakin banyak pelanggannya.

Jika Anda belum paham bagaimana untuk memulai digital marketing dalam industri perhotelan dan pariwisata, maka kami akan memberikan penjelasan lengkapnya.

Simak pembahasan berikut ini, ya!

​​Mengapa Digital Marketing untuk Bisnis Hotel dan Pariwisata Penting?

Strategi pemasaran digital sangat penting bagi semua bisnis, terutama industri perhotelan dan pariwisata. Hal ini dikarenakan, melalui strategi digital marketing pariwisata ini memudahkan bisnis Anda ditemukan oleh audiens.

Selain itu, terdapat beberapa alasan kenapa digital marketing sangat penting bagi industri hotel dan pariwisata, berikut penjelasannya.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Melakukan pemasaran secara online menggunakan beberapa platform media sosial, dapat membantu bisnis membangun dan menjalin hubungan lebih baik dengan konsumen.

Caranya adalah dengan melakukan pemasaran konten melalui beberapa platform online, mulai dari video marketing, blog atau artikel, dan sebagainya.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan kesadaran merek bagi konsumen dan membuat brand hotel Anda lebih mudah dikenali oleh calon konsumen. Artinya, brand bisnis Anda dianggap lebih menonjol dari kompetitor, sehingga bisa menarik banyak konsumen.

Tentu, ini dapat berdampak positif karena bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi perusahaan, baik dalam jangka pendek maupun panjang

  • Meningkatkan Interaksi dan Engagement

Digital marketing juga dapat membantu meningkatkan interaksi dan engagement perusahaan. Hal ini dikarenakan, platform media sosial memungkinkan pebisnis untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Dengan begitu, dapat membangun hubungan yang lebih baik dan kuat antara pebisnis dengan konsumen. Hal ini dapat membantu untuk mendorong citra positif bagi bisnis hotel di mata pelanggan.

  • Memudahkan Konsumen untuk Booking Hotel

Selanjutnya, alasan pentingnya industri perhotelan menggunakan digital marketing adalah untuk memudahkan konsumen booking hotel secara online. Hal ini karena melakukan pemesanan hotel secara online jauh lebih mudah dilakukan oleh konsumen.

Di mana, mereka hanya perlu melakukan booking hotel untuk penginapan saat liburan melalui smartphone dan bisa dilakukan dari jarak jauh.

Baca Juga: Peran Payment dalam Bisnis Online

8 Tips Digital Marketing untuk Bisnis Hotel dan Pariwisata

Sekarang ini, sudah terdapat banyak sekali inovasi teknologi industri pariwisata dan perhotelan yang bisa memberikan pengaruh positif. Di mana, inovasi seperti IoT, payment gateway, AI, big data, dan sebagainya semakin mempermudah berjalannya bisnis pariwisata dan hotel.

Baca Juga: Pelajari Manfaat dan Keuntungan Payment Gateway untuk Kelancaran Bisnis Hotel & Pariwisata

Nah, untuk mendukung inovasi tersebut berjalan dengan lancar, maka perlu melakukan strategi digital marketing hotel yang tepat.

Berikut ini beberapa tips digital marketing yang perlu Anda ketahui:

  • Menggunakan Website

Website merupakan salah satu bentuk strategi digital marketing  yang memudahkan calon konsumen mendapatkan berbagai informasi mengenai bisnis hotel Anda. Di dalam website, Anda bisa menampilkan beberapa informasi yang diperlukan seperti lokasi, biaya, fasilitas, harga, live chat, bahkan pemesanan hotel.

Selain itu, website juga bisa membantu meningkatkan kredibilitas calon konsumen terhadap bisnis Anda karena dapat dipercaya. Dengan website, Anda juga bisa melakukan promosi lebih efektif karena dapat diakses di manapun, kapanpun, dan oleh siapapun.

  • Manfaatkan Optimalisasi Mesin Pencari

Tips digital marketing hotel selanjutnya adalah meningkatkan traffic website dengan cara memanfaatkan optimalisasi mesin pencari, seperti SEO, SEA, dan SEM.

  • SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi yang dilakukan dengan mengoptimalisasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian.
  • SEA (Search Engine Advertising) yaitu optimalisasi mesin pencari dengan cara memasang iklan berbayar dan langsung menampilkannya di halaman mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.
  • SEM (Search Engine Marketing)  merupakan gabungan dari SEO dan SEA. Jika SEO hanya mengoptimalisasi website secara organik, dan SEA mengoptimalisasi website melalui iklan yang berbayar, maka SEM memastikan kedua usaha optimalisasi SEO dan SEA berjalan secara optimal.
  • Gunakan Google Business Profile

Berikutnya, Anda sebagai pebisnis wajib untuk mempunyai Google Business Profile yang lengkap dan sudah terverifikasi.

Hal ini karena profil bisnis di Google bisa membantu untuk meningkatkan visibilitas bisnis di hasil pencarian Google maupun Google Maps. Tentu, ini calon konsumen dapat lebih mudah untuk menemukan bisnis hotel Anda.

  • Manfaatkan Youtube Ads

Selain optimalisasi mesin pencari, Anda juga bisa memanfaatkan Youtube. Hal ini dikarenakan Youtube merupakan platform video terbesar di dunia yang mampu menjangkau konsumen dengan efektif.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan Youtube Ads atau iklan berbayar untuk menampilkan iklan video bisnis hotel Anda kepada target audiens.

  • Buat Content Marketing

Tips berikutnya adalah membuat content marketing yang mana strategi ini berfokus untuk merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang relevan serta mampu menarik perhatian pembaca.

Dengan begitu, mereka berpeluang untuk mencoba dan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tentu, ini bisa membuat bisnis hotel Anda berkembang karena banyak yang melakukan pemesanan.

  • Buat Video Marketing

Video marketing adalah sebuah strategi pemasaran bisnis dengan menggunakan konten video. Caranya adalah dengan memberikan berbagai informasi mengenai bisnis hotel Anda, misalnya fasilitas yang disediakan, pemandangan sekitar, dan penawaran harganya.

Pastikan membuat video konten yang menarik agar konsumen tertarik dan mau untuk memesan hotel di tempat Anda pada saat liburan.

  • Gunakan Social Media Marketing

Sekarang ini, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah memiliki media sosial. Melalui media sosial, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan untuk berkunjung di bisnis perhotelan Anda.

Ada beberapa sosial media yang digemari oleh masyarakat Indonesia yang dapat digunakan, seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan lain-lain. Penggunaan sosial media menjadi salah satu strategi digital marketing yang sangat efektif.

  • Berkolaborasi dengan KOL

Tips terakhir adalah melakukan kolaborasi dengan Key Opinion Leader (KOL) atau influencer. Hal ini karena mereka bisa mempengaruhi konsumen melalui konten-konten yang dibagikan.

Tentu, visibilitas dan kredibilitas bisnis hotel Anda akan semakin meningkat. Bahkan, konsumen juga akan semakin percaya dengan bisnis hotel Anda.

Atur Layanan Pembayaran Online Bisnis Hotel & Pariwisata dengan Faspay Payment Gateway

Traveling atau liburan merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang setidaknya banyak dilakukan setiap minggu atau bulan. Tujuannya supaya tidak merasa stress setelah selama satu minggu bekerja.

Umumnya, para pekerja mencari hiburan dengan cara berlibur bersama keluarga maupun pasangan di saat weekend atau libur nasional. Tentu, hal ini membuat peningkatan jumlah booking pada hotel maupun penginapan lainnya.

Baca Juga: Aktifkan BCA Virtual Account, Sebagai Alat Pembayaran Online di Bisnis Hotel & Pariwisata 

Maka dari itu, untuk mempermudah proses booking hotel, harus diimbangi dengan invoice online. Artinya, pembayaran pemesanan hotel bisa dilakukan secara online tanpa harus datang secara langsung ke tempatnya. Melainkan, hanya perlu melalui smartphone dan pilih hotel atau penginapan sesuai dengan destinasi wisata yang sedang dituju. 

Namun, jika bisnis hotel Anda belum menyediakan pembayaran secara online, maka bisa memanfaatkan payment gateway seperti Faspay. Tujuannya, supaya mempermudah booking dan pembayaran hotel secara online.

Produk yang cocok digunakan untuk kebutuhan ini seperti Faspay Billing. Yaitu layanan yang bisa membuat invoice secara online dari proses booking yang dilakukan pelanggan.

Untuk menggunakan layanan Faspay Billing, perusahaan Anda bisa daftar di sini atau ikuti langkah-langkah berikut ini: 

  1. Isi formulir pendaftaran dan pilihlah Faspay Billing sebagai produk yang ingin diajukan
  2. Pihak merchant akan menerima respon email dari tim Akuisisi Faspay dalam 1 hari kerja
  3. Merchant harus mengirimkan dokumen yang diperlukan
  4. Merchant  akan melalui proses KYC dan dilanjutkan dengan proses integrasi
  5. Merchant akan menerima User credential untuk menggunakan layanan Faspay.

Langkah mudah untuk mengembangkan bisnis, bersama layanan Faspay payment gateway!