Cara Baru Terima Pembayaran Online Melalui QR Code

Saat ini rasanya manusia tak pernah bisa lepas dari teknologi. Teknologi sudah jadi bagian hidup yang susah dipisahkan termasuk untuk masalah perbankan. Menciptakan sebuah budaya cashless dimana masyarakat tak lagi bertransaksi dengan uang tunai. Cashless dinilai lebih praktis, mudah, dan hemat waktu. Salah satu transaksi cashless yang belakangan makin populer adalah QRIS (Quick Response Indonesia Standard) atau QR code payment nasional. 

Apa Itu QR Code Payment?

QR code adalah sistem pembayaran tanpa uang maupun kartu yang cara kerjanya adalah dengan scanning kode ketika akan melakukan transaksi pembayaran. Kode-kode tersebut biasanya berupa bentuk yang berdimensi. QR Code yang dapat digunakan untuk pembayaran atau QRIS adalah standar kode QR yang dibuat secara nasional untuk memfasilitasi pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet digital, dan mobile banking.  Lantas seberapa menguntungkannya transaksi dengan Quick Response Indonesia Standard untuk para pebisnis online?

  1. Membuat Transaksi Lebih Mudah

Menyediakan fitur QRIS pada bisnis online Anda akan membuat proses transaksi terasa lebih mudah, bukan hanya bagi pelanggan tetapi juga bagi Anda pemilik bisnis. Anda tak lagi perlu menyediakan berbagai jenis QR Code Payment untuk masing-masing transaksi pelanggan. Cukup satu QRIS, sudah bisa digunakan untuk melayani pembayaran dari berbagai aplikasi atau dompet digital. Ini membuat proses transaksi Anda cepat dan mudah. Pelanggan Anda juga akan merasa senang karena kenyamanan bertransaksi yang sangat praktis. 

  1. Pendaftaran Bisnis Lebih Mudah 

Tanpa menggunakan QRIS, Anda harus mendaftarkan bisnis online Anda di berbagai aplikasi pembayaran digital, mulai dari OVO, DANA, Shopee, GoPay, dan lain sebagainya. Anda jadi butuh banyak waktu untuk mengurus proses pendaftaran ini. Proses approval juga biasanya juga butuh waktu yang cukup panjang. Dengan adanya QRIS, Anda hanya perlu sekali mendaftar supaya bisa menerima sistem pembayaran digital melalui aplikasi apapun. 

  1. Transaksi Jadi Lebih Aman

Dengan adanya standarisasi QR code payment ini, para merchant maupun pelanggan tidak perlu khawatir akan keamanan transaksi karena semua PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia. Oleh karena itu, transaksi akan terjamin keamanannya sesuai dengan standarisasi Bank Indonesia. 

  1. Ikut Mencegah Peredaran Uang Palsu dan Virus Covid-19

Keuntungan keempat menggunakan QRIS adalah meminimalisir adanya peredaran uang palsu dan virus COVID-19. Penggalakan penggunaan QRIS ini sangatlah tepat karena dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19 yang bisa disalurkan melalui uang kertas maupun logam. Anda sebagai pebisnis online maupun para pelanggan juga ikut menerapkan anjuran pemerintah untuk transaksi cashless. 

  1. Keuangan Bisnis Terpantau Secara Real-time

Sebagai pebisnis, Anda bisa gunakan fitur QRIS dari Faspay. Fitur ini akan membantu Anda untuk memantau jumlah transaksi bisnis online Anda secara real time hanya dengan melihat dashboard Faspay. Terpantaunya transaksi secara real time akan memudahkan Anda dalam memantau kondisi keuangan bisnis online Anda. 

 

Jenis-Jenis QR Code Payment

Terdapat dua jenis kode QR yang biasa digunakan untuk bertransaksi, yakni:

a. QR Statis
Sesuai namanya, kode QR statis tidak berubah-ubah, dapat dikatakan merchant hanya perlu menampilkan satu QR code. Static QR code dapat digunakan berulang kali. Maka dari itu, apabila terdapat perubahan sistem, QR statis haruslah diganti. Dengan jenis QR ini, Anda perlu memasukkan nominal pembayaran karena nominal pembayaran tidak muncul secara otomatis saat Anda melakukan scan. Oleh karena itu, alur dari Static QR code adalah pelanggan Anda perlu memindai, mengisi jumlah pembayaran, lalu mengotorisasi pembayaran.

b. QR Dinamis
Sementara itu, QR dinamis kode selalu berubah-ubah. Hal ini dikarenakan QR dinamis yang baru akan selalu dicetak setiap ada transaksi. QR code ditampilkan melalui struk yang dicetak mesin EDC ataupun ditampilkan pada monitor. Dynamic QR code hanya berlaku untuk satu kali penggunaan. Dengan jenis QR ini, Anda tidak perlu memasukkan nominal pembayaran karena nominalnya sudah muncul secara otomatis saat Anda melakukan scan. QR code sudah mempunyai nominal pembayaran yang perlu dibayar konsumen.

 

Apa itu QRIS Faspay?  

QRIS Faspay merujuk pada layanan pembayaran menggunakan QRIS yang disediakan oleh Faspay. Dengan QRIS Faspay, pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan cara memindai kode QR yang muncul di website atau aplikasi merchant atau penjual. Layanan QRIS Faspay memungkinkan para pelaku usaha untuk menerima berbagai jenis pembayaran elektronik dari QRIS, termasuk dari e-wallet serta mobile banking penyedia QRIS. Ini memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan cara yang nyaman dan efisien, sementara juga memberikan kemudahan kepada bisnis dalam menerima berbagai jenis pembayaran tanpa harus mengintegrasikan berbagai sistem pembayaran secara terpisah.

Terima Pembayaran dengan QR Code Faspay 

Apakah Anda ingin memanfaatkan channel QRIS yang telah disediakan oleh Faspay untuk mengoptimalkan operasional bisnis Anda, tetapi masih merasa kurang familiar dengan prosesnya? 

Berikut adalah beberapa langkah panduan yang bisa Anda ikuti:

1. Menyusun Dokumen yang Diperlukan

Sebagai langkah awal, perlu disiapkan sejumlah dokumen berikut sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Baik untuk bisnis yang berbadan hukum maupun bisnis perorangan, langkah penting ini mencakup pengisian formulir, penyediaan rekening bank, serta penyediaan salinan KTP/KITAS dan NPWP.

Untuk bisnis berbadan hukum, terdapat pula dokumen tambahan yang wajib dilampirkan, yaitu salinan Akta Pendidikan, salinan SK Kemenkumham, salinan SIUP, salinan TDP, serta salinan Surat Keterangan Domisili.

2. Mengunjungi Laman Faspay

Kunjungi laman pendaftaran Faspay. Di bagian ini, Anda akan diminta untuk mengisi rincian dokumen sebelumnya. Pastikan untuk melengkapi formulir ini dengan seksama. Mulai dari nama entitas bisnis, PIC bisnis, nomor telepon, alamat email bisnis, situs web atau aplikasi bisnis, kategori bisnis, jenis bisnis, hingga jumlah tenaga kerja. Anda dapat memulai pengisian formulir di halaman ini.

3. Tahap Integrasi dan Pengujian

Harap periksa kotak masuk email Anda dalam waktu paling lambat satu hari kerja. Biasanya, Anda akan menerima surel dari Tim Akuisisi yang akan memberikan petunjuk mengenai pengiriman dokumen yang dibutuhkan. Langkah berikutnya adalah menjalani proses KYC (Know Your Customer) dan integrasi (apabila dibutuhkan) sebagai pengguna baru.

4. Mendapatkan Kredensial Pengguna

Setelah semua tahap di atas telah diselesaikan, langkah akhir adalah menerima kredensial pengguna untuk mengakses dashboard Faspay. Dengan ini, Anda sudah dapat menggunakan QRIS tersebut sebagai sistem pembayaran dalam bisnis Anda.

Anda bisa dapatkan semua keuntungan QRIS di atas hanya dengan mendaftar Faspay. Faspay sebagai payment gateway Indonesia menawarkan kemudahan bagi para pelaku bisnis online untuk proses pendaftaran QRIS, tentunya dengan jaminan keamanan dari standarisasi dari Bank Indonesia. Faspay sendiri merupakan payment gateway penyelenggara QRIS yang sudah mendapatkan izin serta pengawasan dari bank Indonesia. Tertarik untuk menggunakan layanan Faspay? Daftarkan bisnis Anda sekarang di halaman ini

Related Articles