Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Tips Mengembangkan Bisnis Equity Crowdfunding Menggunakan Payment Gateway

Tips Mengembangkan Bisnis Equity Crowdfunding Menggunakan Payment Gateway

Equity crowdfunding telah menjadi salah satu pilihan pendanaan bisnis yang semakin populer berkat keefektifannya. Metode ini menawarkan keuntungan ganda: mempercepat akses ke modal dan sekaligus memperkuat legitimasi bisnis di mata publik.

Dengan memanfaatkan kekuatan dari banyak investor, bentuk pendanaan ini memungkinkan berbagai jenis bisnis, dari startup hingga perusahaan besar, untuk menarik investasi tanpa harus melewati proses birokrasi yang rumit dan memakan waktu.

Tidak hanya itu, metode ini juga memungkinkan bisnis baru untuk mengukur minat pasar dan memperluas jaringan. Ingin memahami dan memanfaatkan metode pendanaan ini? Jangan lewatkan pembahasan berikut!

Apa itu Equity Crowdfunding?

Berasal dari kata 'crowd' (artinya keramaian) dan 'funding' (artinya pengumpulan dana), metode ini merujuk pada teknik pengumpulan dana dari sejumlah orang untuk tujuan bisnis tertentu yang dilakukan secara online.

Proses pendanaan terjadi ketika perusahaan memasang proposal bisnisnya di sebuah platform urun dana yang terpercaya dan terverifikasi. Platform ini bertindak sebagai mediator yang memfasilitasi proses antara perusahaan dan investor

Investor, baik itu individu maupun institusi, dapat memilih untuk berinvestasi dalam perusahaan tersebut. Sebagai imbalannya, investor akan mendapatkan saham atau kepemilikan di perusahaan sesuai dengan besaran investasi yang diberikan.

4 Jenis Equity Crowdfunding di Indonesia

Ada empat jenis yang perlu Anda ketahui, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, serta cocok untuk jenis bisnis atau proyek yang berbeda.

1. Equity-based Crowdfunding

Equity-based Crowdfunding

Pada jenis ini, investor memberikan dana kepada perusahaan dengan imbalan saham atau kepemilikan perusahaan. Jenis ini sangat populer untuk perusahaan yang sedang mencari modal untuk ekspansi atau pengembangan produk. Investor kemudian mendapatkan imbalan berupa dividen dari keuntungan perusahaan.

2. Debt-based Crowdfunding atau Crowdlending

Crowdlending berbeda dari equity-based karena investor tidak mendapatkan saham perusahaan. Pasalnya, investor memberikan pinjaman kepada perusahaan dengan ekspektasi akan mendapatkan kembali pokok dan bunga dari pinjaman tersebut. 

3. Reward-based Crowdfunding

Reward-based Crowdfunding

Dalam model ini, investor memberikan dana kepada perusahaan atau proyek dan mendapatkan imbalan non-finansial, seperti produk, fitur khusus, atau layanan dari perusahaan tersebut.

Makanya, reward-based crowdfunding sering digunakan oleh perusahaan atau individu yang memiliki produk inovatif tetapi belum memiliki track record atau keuangan yang kuat untuk menarik investor besar.

4. Donation-based Crowdfunding

Donation-based Crowdfunding

Jenis ini paling jarang digunakan dalam konteks bisnis karena lebih sering digunakan untuk kegiatan sosial atau amal. Soalnya, investor memberikan dana tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

7 Strategi Mengembangkan Bisnis Equity Crowdfunding dengan Payment Gateway

Mengembangkan bisnis Layanan Urun Dana atau Equity Crowdfunding menggunakan payment gateway memerlukan strategi dan perencanaan yang cermat. Berikut beberapa strategi yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Pahami Kebutuhan Investor dan Pemilik Bisnis

Dua pihak yang terlibat pada Layanan Urun Dana atau Equity Crowdfunding adalah investor dan pemilik bisnis. Anda perlu memahami kebutuhan dua pihak ini. Investor ingin mencari keuntungan dan minimalisasi risiko, sementara pemilik bisnis membutuhkan dana untuk ekspansi atau operasional bisnis.

Misalnya, Anda bisa menawarkan fitur analisis risiko dan proyeksi ROI untuk investor, serta dashboard yang memudahkan pemilik bisnis dalam memantau perkembangan kampanye fundraising.

2. Ketahui Aturan Terkait Crowdfunding di Indonesia

Pastikan platform Anda telah mematuhi semua aturan dan regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan Indonesia untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari. Ini termasuk mengetahui syarat dan ketentuan dari platform yang Anda gunakan, syarat legal, batasan investasi, dan kewajiban pelaporan ke otoritas keuangan.

3. Pilih Payment Gateway yang Tepat

Payment gateway berfungsi untuk menjembatani setiap transaksi keuangan pada platform Layanan Urun Dana Anda. Jadi, pilihlah payment gateway yang menawarkan berbagai jenis metode pembayaran seperti virtual account, kartu kredit, e-wallet, dan transfer bank. 

Selain itu, pastikan juga Anda memilih payment gateway yang memiliki fitur keamanan berlapis dan tingkat tinggi untuk melindungi semua data pribadi dan record transaksi pengguna.

4. Integrasi Payment Gateway dengan Sistem Anda

Setelah memilih, Anda perlu mengintegrasikan payment gateway ke dalam sistem platform. Proses ini biasanya melibatkan penggunaan API (Application Programming Interface) untuk memastikan bahwa transaksi dapat diproses dengan lancar. Oleh karena itu, pertimbangkanlah payment gateway yang proses integrasinya mudah dan cepat.

5. Berikan Edukasi untuk Pengguna Platform Anda

Memberikan materi edukasi bisa membantu pengguna platform Anda memahami risiko dan peluang dalam equity crowdfunding. Anda bisa menulis blog dan artikel atau menyediakan video tutorial dan webinar untuk menyampaikan informasi ini.

6. Selalu Perbarui Keamanan Sistem Platform

Mengingat pentingnya peran data dalam transaksi finansial, keamanan data pengguna harus selalu menjadi prioritas. Anda perlu memastikan bahwa sistem keamanan sudah up-to-date dengan standar terbaru. Audit juga sistem keamanan secara berkala untuk memastikan bahwa semua celah telah ditutup.

7. Prioritaskan Transparansi dan Dukungan Pengguna

Pastikan semua informasi, mulai dari biaya transaksi hingga data terkait investasi sudah Anda jabarkan dengan jelas dan mudah diakses oleh semua pengguna platform. Jangan lupa untuk memberikan dukungan pelanggan yang responsif dan efisien, seperti FAQ yang lengkap dan layanan bantuan 24/7.

Kesuksesan bisnis Equity Crowdfunding bergantung pada persiapan yang matang, mulai dari memahami regulasi hingga menyusun proposal bisnis yang menarik. Jika Anda membutuhkan payment gateway yang andal untuk bisnis quity Crowdfunding, pertimbangkan untuk menggunakan layanan dari Faspay.

Faspay menawarkan berbagai solusi pembayaran yang tidak hanya aman tetapi juga efisien, dan cocok diaplikasikan untuk bisnis Equity Crowdfunding. Daftar sekarang sebagai Merchant dan permudah proses pembayaran online bisnis Anda!

Lihat Artikel Lainnya

WhatsApp Image 2021-03-26 at 2.46.53 PM

Satu Solusi Pembayaran Online untuk Semua Kebutuhan Bisnis

WhatsApp Image 2020-12-04 at 1.42.02 PM

Capai Impian Bisnis Lebih Cepat dan Mudah dengan Faspay Dana Usaha

medsos

Strategi Social Media Marketing yang Efektif Bagi Bisnis

Keuntungan Pembayaran Online

5 Keuntungan Pembayaran Online untuk Bisnis Top Up Game