Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Thumbnail Article Faspay 13 (1)

Virtual account BNI merupakan salah satu metode pembayaran yang sebaiknya tersedia di toko online Anda. Hal ini dikarenakan, metode pembayaran ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis yang dikelola.

Di sisi lain, keberadaan metode ini juga dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi. Pasalnya, virtual account BNI memungkinkan proses transfer bisa dilakukan dari mana saja. Simak informasi selengkapnya mengenai virtual account dari Bank BNI di ulasan berikut ini, ya.

Apa itu Virtual Account BNI? 

Virtual account BNI  merupakan layanan yang disediakan untuk mendukung efektivitas pengelolaan keuangan suatu perusahaan atau institusi. Layanan yang kerap disebut kredit BNI Virtual Account (BNI VA) ini menawarkan banyak sekali kemudahan dalam hal pengidentifikasian pentransfer.

Selain itu, produk yang ditawarkan BNI ini juga dapat memantau dan melaporkan setiap transaksi yang masuk ke rekening Anda/perusahaan. Bukan itu saja, BNI VA juga dapat mempercepat dan mempermudah proses rekonsiliasi.

Jadi, ketika Anda menerapkan sistem pembayaran ini di toko online yang dikelola, pelanggan bisa memilih cara transfer paling disukainya. Lebih lanjut, pelanggan juga tidak diwajibkan untuk mengirimkan bukti transfer, sebab datanya bakal dibukukan secara otomatis oleh sistem.

Yang lebih menarik lagi, metode pembayaran BNI VA dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang terakomodasi ke platform BNI e-Collection. Jadi, jika Anda membutuhkan data identitas pentransfer, baik pelanggan maupun mitra, informasinya bisa dengan mudah ditemukan.

Keunggulan Virtual Account BNI 

Sebagai informasi, ada berbagai keunggulan virtual account BNI. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Nama dan nomor BNI VA dapat ditentukan sendiri oleh tiap-tiap pelanggan.
  • Transfer bisa dilakukan di berbagai channel pembayaran ataupun bank lain. Baik dalam bentuk rupiah maupun dollar.
  • Implementasi tidak memakan waktu lama dan cenderung sangat singkat.
  • Pengirim dalam hal ini pelanggan maupun mitra tidak harus mempunyai rekening BNI untuk menyetor uang. 

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan layanan metode pembayaran BNI VA, caranya sangat mudah. Namun sebelum itu, simak informasi tentang channel transaksi yang bisa melakukan pembayaran ke virtual account BNI.

7 Cara Transfer Menggunakan Virtual Account BNI dengan Mudah

Pada dasarnya, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mentransfer sejumlah uang ke virtual account Bank BNI. Namun, berikut ini adalah beberapa cara yang paling umum ditanyakan oleh sebagian besar orang, simak hingga tuntas!

1. Melalui ATM BNI

Transfer uang ke virtual account Bank BNI yang pertama bisa melalui ATM. Sebelum melakukan transaksi, pastikan untuk menyimpan nomor virtual account-nya terlebih dulu supaya pembayaran bisa selesai lebih cepat dan tepat.

Jika Anda sudah menyimpan nomor rekening tujuan/BNI VA yang berjumlah kurang lebih 16 digit, selanjutnya masukkan kartu ATM. Lalu, Anda bisa memilih opsi Bahasa dan mengetikkan PIN keamanan.

Berikutnya, ketuk menu Lainnya, klik  Transfer, dan pilih jenis rekening yang akan digunakan untuk mengirim uang. Lalu, Anda bisa memilih menu Virtual Account Billing dan masukkan nomor BNI VA yang sudah disimpan sebelumnya.

Dengan cara pertama ini, Anda tidak perlu mengetikkan berapa nominal uang yang harus ditransfer sebab sistem otomatis menampilkan jumlahnya. Jadi, cukup pastikan bahwa nominal tersebut benar dan lanjutkan untuk mengirimnya. Pastikan tetap menyimpan struk bukti transfer untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

2. Meminta Bantuan Teller

Apabila Anda tidak mempunyai kartu ATM, pembayaran bisa dilakukan dengan mengunjungi cabang BNI. Anda bisa meminta bantuan pada teller untuk mengirimkan sejumlah uang yang perlu ditransfer.

Cara ini jauh lebih simpel dibandingkan metode yang pertama. Sebab, Anda hanya perlu menginformasikan tujuan pengiriman uang ke teller dan memberikan nomor virtual account Bank BNI yang dituju. Jika pembayaran sudah berhasil dilakukan, Anda akan menerima struk bukti transfer.   

3. Transfer dengan SMS Banking 

Cara transfer dengan SMS Banking menjadi opsi paling tepat untuk Anda yang malas pergi ke cabang BNI ataupun ATM. Untuk menerapkan metode ketiga ini, pastikan Anda sudah punya aplikasi SMS Banking di ponsel.

Selanjutnya, pilih Transfer dan klik opsi Rekening BNI. Berikutnya, cukup ketik 16 digit nomor virtual account BNI yang sudah didapatkan sebelumnya.

Kemudian, tulis nominal uang yang akan ditransfer, pastikan jumlahnya sesuai dengan tagihan. Lalu, ketuk tombol Proses, kemudian Setuju, dan selesaikan proses pembayaran dengan mengetikkan kode PIN saat terdapat SMS dari BNI.

4. Via Mobile Banking BNI 

Apabila cara ketiga dirasa kurang efektif karena harus selalu tersedia pulsa di SIM card Anda, transfer via M-banking bisa dipilih. Dengan cara ini, Anda bisa mengirimkan sejumlah uang ke BNI VA tanpa perlu pulsa ataupun mengunjungi cabang perusahaannya.

Untuk menerapkan cara ini, pastikan sudah tersedia aplikasi Mobile Banking BNI di smartphone Anda terlebih dahulu. Selanjutnya, masuk ke rekening dengan mengetikkan nama pengguna dan PIN keamanan.

Di menu utama, pilih Transfer, lalu klik Virtual Account Billing. Selanjutnya, pilih Rekening Debet dan input nomor virtual account BNI yang dituju.

Kemudian, tulis berapa nominal uang yang akan di transfer dan konfirmasi jika sudah dipastikan tidak ada kesalahan.

5. Via Website iBank Personal

Selain dengan mobile banking atau m-banking, Anda juga bisa melakukan transfer mudah dan cepat melalui website iBank Personal. Caranya, masuk ke website https://ibank.bni.co.id/ dan login dengan user ID serta password masing-masing.

Langkah selanjutnya tidak berbeda dengan cara keempat, yakni pilih menu Transfer dan klik Virtual Account Billing. Berikutnya, masukkan nomor BNI VA, pilih rekening yang akan mentransfer uang tersebut, dan konfirmasi jumlah tagihan.

Kemudian, Anda diharuskan untuk mengisi kode autentikasi token dan pembayaran selesai. Tidak butuh waktu lama, notifikasi transaksi berhasil dilakukan akan muncul ke ponsel ataupun komputer Anda. 

6. Dengan Bank Lain

Untuk diketahui, transfer uang ke virtual account BNI juga bisa dilakukan dengan bank lain. Baik dengan ATM, meminta bantuan teller bank, via SMS, internet banking, maupun m-banking.

Jika Anda memiliki rekening di bank lain dan akan mengirimkan uang ke BNI VA, lakukan langkah-langkah berikut ini. Pertama, catat atau salin nomor virtual account supaya transaksi bisa lebih mudah dilakukan.

Kedua, pastikan Anda ingat jumlah uang yang harus ditransfer. Jika tidak, sebaiknya simpan datanya terlebih dulu.

Ketiga, pilih cara transfer yang dirasa lebih mudah Anda lakukan. Sebagai contoh, Anda bisa memilih cara transfer dengan m-banking.

Langkah pertama, siapkan mobile banking dari bank tempat Anda menyimpan uang, misalnya BRI MO untuk Bank BRI. Langkah kedua, masuk ke akun/rekening dengan mengetikkan user ID dan password masing-masing.

Langkah ketiga, pilih Transfer di menu utama, kemudian tekan tombol Transfer Online Antar Bank. Langkah keempat, pilih Bank BNI atau masukkan kode 009 untuk memilih opsi ini.

Langkah kelima, masukkan nomor BNI VA di kolom nomor rekening tujuan dan masukkan jumlah uang yang akan ditransfer. Konfirmasi transaksi dengan menekan tombol Ya.

7. Menggunakan Akun E-Wallet OVO

Panduan transfer uang yang ketujuh bisa dengan aplikasi e-wallet, seperti OVO. Untuk mengirim uang dengan akun e-wallet, caranya hampir sama seperti via bank lain.

Di antara langkah-langkahnya, pertama-tama, Anda bisa masuk ke aplikasi OVO terlebih dulu. Lalu, pilih menu Transfer, cari Rekening Bank dan ketuk, kemudian masukkan kode BNI, yaitu 009.

Berikutnya, input nomor rekening virtual account BNI yang dituju dan tulis jumlah uang yang akan dikirimkan. Jika sudah dipastikan benar, klik Konfirmasi untuk menyelesaikan transaksi.

Untuk diketahui, langkah-langkah ini juga bisa dilakukan pada metode pembayaran menggunakan e-wallet lainnya, seperti LinkAja, Dana, atau menggunakan virtual account juga.

Syarat Mendaftar Virtual Account BNI 

Belanja secara online identik dengan berbagai kemudahannya. Jika Anda merupakan salah satu pebisnis yang bergelut di bidang penjualan secara online, sebaiknya terapkan metode pembayaran ini.

Seperti yang telah dilihat, ada banyak sekali cara transfer uang ke virtual account yang dikeluarkan oleh Bank BNI. Jadi, metode pembayaran ini dipastikan akan mempermudah banyak orang, terutama pelanggan Anda.

Jika tertarik untuk menerapkan sistem pembayaran ini, pastikan memenuhi persyaratan-persyaratannya terlebih dulu. Di antaranya, Anda perlu memiliki rekening BNI Giro, mempunyai email, dan mengisi formulir pendaftaran.

Sebagai informasi, pendaftaran langsung ke BNI umumnya membutuhkan waktu lama. Selain itu, tidak semua perusahaan bisa dengan mudah di-acc dan berhasil mendapatkan layanan BNI VA.

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan jasa payment gateway Faspay untuk mempermudah proses pengajuan BNI VA. Sebagai informasi, Faspay adalah salah satu perusahaan payment gateway yang sudah berkontribusi di Indonesia selama kurang lebih 9 tahun.

Jadi, kredibilitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan latar belakang Faspay yang sangat baik, Anda bisa mendapatkan layanan BNI VA dalam waktu lebih singkat dari cara konvensional.

Nah, tunggu apa lagi? Jika Anda ingin menerapkan metode pembayaran menggunakan virtual account BNI, daftar Faspay sekarang juga. 

Lihat Artikel Lainnya

b-secure

Pentingnya Toko Online Anda Memiliki Channel Pembayaran B-Secure

Design Artikel_Foto Mas Vincent_September2022-01

#LifeAtFaspay: Pengalaman Vincent yang Dapat Kesempatan untuk Mengembangkan Diri Dengan Situasi Kantor Kekeluargaan di Faspay

Faspay-update

Ketahui 7 Trik Psikologi Marketing untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda

ovo-payment-channel-faspay

OVO is now available as the newest payment channel in FASPAY!