Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > 10 Manfaat Google Business Profile untuk Meningkatkan Bisnis Anda
Thumbnail article Maret Sociopreneur-03 (2)

Untuk Anda para pebisnis yang sudah melakukan digitalisasi, apakah sudah tidak asing lagi dengan Google My Business atau sekarang disebut Google Business Profile? Atau Anda belum paham apa itu Google Business Profile? Nah, tahukah Anda bahwa google tidak hanya sebagai mesin pencarian saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat lain, termasuk untuk mengelola bisnis Anda salah satunya. Sebagai pebisnis penting untuk mengetahui fitur google yang satu ini, karena Google Business Profile bisa membantu bisnis Anda dan menarik pelanggan baru. Untuk tahu lebih banyak mengenai Google Business Profile seperti apa sebenarnya Google Business Profile, apa manfaatnya serta fungsi untuk bisnis, mari simak lebih dalam mengenai Google Business Profile pada artikel di bawah ini!

Pengertian Google Business Profile

300225

Pernahkah Anda membuka google dan mencari nama bisnis, lalu muncul nama bisnis beserta rincian jam buka, website, telfon, petunjuk arah bahkan hingga rating dan ulasan dari pelanggan di sebelah kanan pencarian google? Nah itu yang dimaksud dengan Google Business Profile. Google Business Profile termasuk salah satu tools atau fitur google untuk membantu bisnis dalam menampilkan informasi mengenai bisnis secara terperinci. Selain itu, Anda bisa menambahkan rincian profil bisnis Anda seperti gambar sampul, foto produk dan logo.

Manfaat Google Business Profile

search-engine-optimization-research-infomation-technology-concept

Google My Business memiliki manfaat yang sangat banyak untuk sebuah bisnis. Dengan Google Business Profile, bisnis Anda akan lebih mudah dijangkau oleh pelanggan. Google Business Profile juga memiliki banyak keuntungan seperti mudah, gratis dan mudah di kostumisasi. Apa lagi manfaat dari tools google yang satu ini? Mari simak beberapa manfaatnya untuk bisnis!

  1. Salah satu strategi branding
    Google my business bisa dimanfaatkan untuk branding. Anda bisa kustom profil bisnis Anda seperti informasi mendetail, logo, ulasan pelanggan, gambar, dan lainnya. 
  2. Bisnis lebih mudah ditemukan
    Dengan Business Profile, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Saat mereka mencari bisnis Anda di mesin pencarian Google, akan muncul beragam informasi. Nah, dari alamat tersebut, pelanggan dapat langsung menggunakan Google Maps untuk menunjukan jalan menuju tokomu.
  3. Meningkatkan pelanggan
    Manfaat lainnya adalah google my business dapat meningkatkan pelanggan. Dengan fitur google yang satu ini, bisnis Anda akan lebih mudah dilihat oleh pelanggan. Selain itu, Google Business Profile sebagai salah satu alat promosi yang harus Anda coba.
  4. Meningkatkan SEO
    Tahukah Anda Google Business Profile juga membantu  dalam meningkatkan SEO. Saat orang mencari bisnismu di Google, ada kemungkinan bisnis Anda muncul di halaman pencarian google. Selain itu, Google Business Profile punya fitur analytics sehingga lebih mudah menganalisis performa bisnis.
  5. Meningkatkan kepercayaan pelanggan
    Dengan adanya bisnis Anda di pencarian google akan menambah kredibilitas bisnis Anda. Bisnis Anda akan terlihat lebih profesional. Pelanggan pun dapat melihat secara lengkap informasi bisnis Anda yang terpercaya. 
  6. Optimalkan strategi pemasaran
    Optimalkan strategi pemasaran Anda dengan mendaftarkan bisnis ke akun Google Business Profile. Tingkatkan visibilitas bisnis Anda lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Selain itu, bisnis Anda akan otomatis terdaftar di google maps yang bisa dilihat orang secara global.
  7. Memudahkan pelanggan mencari lokasi bisnis Anda
    Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa bisnis Anda akan terlihat di google maps jika Anda memakai Google Business Profile. Hal ini sangat baik untuk bisa membantu pelanggan dalam mengetahui informasi detail lokasi bisnis Anda.
  8. Salah satu sarana komunikasi dengan pelanggan
    Salah satu manfaat yang sangat bagus adalah Google Business Profile dapat menjadi sarana komunikasi bisnis Anda dengan pelanggan. Bisnis Anda bisa menerima ulasan pelanggan, Anda pun dapat membalasnya. Terkadang banyak juga pelanggan yang mengirim pertanyaan lewat fitur ulasan, seperti menanyakan informasi jam buku toko, lokasi toko dan lainnya.
  9. Layanan gratis
    Google Business Profile termasuk layanan gratis yang dapat Anda manfaatkan, hal ini sangat menguntungkan bisnis Anda. Dengan Google Business Profile, bisnis Anda memiliki tools yang gratis, tetapi lengkap dan dapat beragam manfaat lainnya. 
  10. Meningkatkan traffic ke website
    Pada Google Business Profile juga bermanfaat untuk meningkatkan traffic ke website Anda karena pada Google Business Profile Anda dapat memasukkan website Anda yang akan memancing pelanggan untuk mengunjungi website bisnis Anda. Sangat bermanfaat bukan?

Nah, setelah mengetahui mengenai pengertian dan manfaat google my business. Apakah Anda tertarik untuk mendaftar bisnis Anda ke google my business? Nah, jika sudah berhasil dapatkan manfaat google my business, saatnya memaksimalkan sistem pembayaran Anda dengan pakai payment gateway. Payment gateway Faspay dapat membantu bisnis Anda terima pesanan lebih banyak, karena dilengkapi channel pembayaran yang lengkap mulai dari e-money, virtual account, internet banking, kartu kredit, hingga gerai ritel. Selain lengkap dan fleksibel, dengan pakai Faspay, bisnis Anda dapat memiliki sistem pembayaran yang aman dan terpercaya karena sudah memiliki lisensi dan sertifikasi PCI DSS. Tunggu apalagi? Jangan lupa daftarkan bisnis Anda!

Lihat Artikel Lainnya

Promosi online

5 Strategi Promosi Online untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Tips Cerdas Mengelola THR

Tips Cerdas Mengelola THR

Article Image Nov 2021

3 Manfaat Sistem Pembayaran Online untuk Menjalankan Bisnis yang Lebih Efektif dan Efisien

Layanan Disbursement

Tips Memilih Penyedia Layanan Disbursement Aman dan Terpercaya di Indonesia