Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Kemudahan Sarana Pembayaran Online bagi Pemilik Bisnis dengan Metode Pembayaran Direct Debit

Pernah mendapatkan laporan bahwa banyak pelanggan Anda yang meninggalkan cart belanja mereka karena metode pembayaran yang sukar? Jika demikian, sudah saatnya bagi bisnis Anda untuk menawarkan sistem pembayaran direct debit.

Dengan menghubungkan kartu debit ke online platform, fitur pembayaran ini memungkinkan transaksi realtime hanya dengan satu kali klik. Jadi, customer Anda tidak perlu lagi memasukkan informasi kartu setiap kali ingin melakukan transaksi.

Metode ini juga dapat memperkuat kepercayaan pelanggan karena memfasilitasi transaksi digital yang aman dan meminimalisir risiko kesalahan pembayaran. Ingin tahu lebih lanjut? Jangan lewatkan penjelasan lengkap mengenai debit langsung.

Apa yang Dimaksud dengan Direct Debit?

Dikenal juga dengan direct withdrawal (penarikan langsung), metode pembayaran ini memungkinkan bisnis untuk menarik dana secara otomatis dari rekening bank atau kartu debit pelanggan, setelah mendapatkan otorisasi dari pelanggan tersebut.

Proses ini dimulai dengan pendaftaran awal, di mana pelanggan akan menerima One Time Password (OTP) untuk menyelesaikan otorisasi. Otorisasi dilakukan sekali saja, pada awal transaksi. Setelah itu, pembayaran bisa dilakukan secara otomatis setiap kali ada tagihan atau kebutuhan transaksi lainnya.

Ini berbeda dari metode pembayaran lain seperti transfer bank atau kartu kredit, di mana pelanggan harus memasukkan rekening yang dituju maupun informasi kartu kredit setiap kali ingin melakukan pembayaran karena transaksi dilakukan secara otomatis.

Cara Kerja Direct Debit Bank Online

Ada tiga tahapan utama dalam proses debit langsung guna memastikan bahwa proses pembayaran transaksi berlangsung cepat dan lancar dari awal hingga akhir. Berikut daftar dan penjelasan ringkasnya:

  • Otorisasi

Proses Otorisasi

Langkah pertama adalah otorisasi. Pelanggan perlu mendaftarkan kartu debit atau rekening banknya pada platform bisnis tempat mereka ingin melakukan transaksi. Proses ini dilakukan melalui formulir mandat online yang disediakan oleh platform tersebut. 

Pelanggan akan diminta untuk memasukkan informasi rekening atau kartu debit, termasuk nomor rekening, nama bank, dan kadang-kadang juga kode CVV untuk kartu debit. Setelah informasi ini dimasukkan, platform akan menyimpannya untuk digunakan dalam transaksi mendatang.

  • One Time Password (OTP)

 One Time Password (OTP)

Setelah proses otorisasi, pelanggan akan menerima One Time Password (OTP) melalui SMS atau email. OTP adalah kode keamanan sementara yang digunakan untuk memverifikasi identitas pelanggan dan menyelesaikan proses otorisasi.

Pelanggan perlu memasukkan OTP ini pada platform bisnis untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Langkah keamanan tambahan ini memastikan bahwa hanya pemilik rekening atau kartu sah saja yang bisa melakukan transaksi.

  • Transaksi

Transaksi

Dengan selesainya proses otorisasi dan verifikasi OTP, pelanggan bisa melakukan transaksi menggunakan direct debit. Dana akan otomatis ditarik dari rekening atau kartu debit yang telah diotorisasi.

Tidak ada lagi kebutuhan untuk memasukkan informasi kartu atau rekening setiap kali transaksi. Hal ini memudahkan pelanggan karena mereka tidak perlu mengingat detail rekening atau kartu, dan juga mempercepat proses checkout.

6 Contoh Pemanfaatan Direct Debit Real-time Indonesia untuk Bisnis

Direct debit bukan hanya sebuah metode pembayaran yang memudahkan pelanggan, tetapi juga sebuah alat strategis yang bisa mengubah cara Anda mengelola bisnis. Berikut beberapa contoh aplikasinya:

1. Pembayaran Pinjaman atau Tagihan Bulanan

Jika bisnis Anda bergerak di sektor keuangan atau utilitas seperti listrik, air, atau internet, metode ini bisa menjadi solusi untuk memastikan pembayaran pinjaman atau tagihan bulanan selalu tepat waktu.

Ini mengurangi beban administratif dan biaya operasional terkait penagihan, sekaligus memperkuat hubungan bisnis Anda dengan pelanggan.

2. Pembayaran Layanan Berlangganan

Untuk perusahaan yang menawarkan layanan berbasis langganan, seperti SaaS (software as a service) atau media online, direct debit bisa sangat memudahkan proses pembayaran pelanggan. Ini juga membantu dalam meningkatkan LTV (Lifetime Value) pelanggan dengan meminimalkan churn rate akibat kendala pembayaran.

3. Pembayaran pada E-commerce Platform

Platform E-commerce seringkali melibatkan transaksi yang kompleks. Namun, penggunaan direct debit sebagai sumber dana pembayaran bisa mempercepat proses checkout dan mengurangi risiko kesalahan transaksi yang bisa sangat merugikan bisnis.

4. Pembayaran Layanan Telekomunikasi

Layanan telekomunikasi seperti paket data dan layanan cloud sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang dan perusahaan. Dengan menggunakan sistem direct debit sebagai source of fund (SoF), transaksi bisa diproses dengan lebih cepat.

Melalui ini, perusahaan Anda bisa dengan mudah melakukan transaksi instan tanpa harus menunggu proses konfirmasi dari pelanggan. Mereka cukup menghubungkan akun rekening bank atau kartu kredit ke sistem pembayaran Anda.

Dengan metode ini, dana akan dipindahkan secara otomatis, memungkinkan aliran transaksi yang lebih efisien.

5. Pembayaran Layanan Logistik dan Pengiriman

Industri logistik dan pengiriman memerlukan proses transaksi yang cepat dan efisien, terutama dalam kondisi high-volume. Payment gateway dengan opsi direct debit dapat membantu perusahaan untuk mempercepat proses pembayaran dari pihak pengirim, setiap kali transaksi dilakukan.

Kemudahan ini akan sangat berguna untuk meminimalisir waktu tunggu dan mempercepat seluruh proses operasional, terutama untuk pengiriman barang pangan atau bahan kimia yang memerlukan penanganan cepat.

6. Asuransi

Membayar premi asuransi tepat waktu adalah kunci untuk memastikan customer Anda tetap terlindungi. Perusahaan asuransi dapat memanfaatkan debit langsung untuk mempercepat proses transaksi pembayaran premi.

Hasilnya, metode ini dapat mengurangi risiko pembatalan polis dan memperkuat retensi pelanggan, seiring dengan percepatan transaksi premi.

 

5 Kelebihan Direct Debit Online

Lima kelebihan di bawah ini menjelaskan mengapa semakin banyak bisnis yang beralih ke metode pembayaran debit langsung untuk memaksimalkan operasional mereka.

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Anda

Kepercayaan adalah aspek paling penting dalam setiap hubungan bisnis. Melalui direct debit, Anda menunjukkan kepada pelanggan bahwa bisnis Anda mengutamakan kemudahan dan keamanan dalam transaksi.

Ini bisa meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Selain itu, karena direct debit memerlukan otorisasi awal dari pelanggan, ini juga menambah lapisan keamanan yang bisa membuat pelanggan merasa lebih aman saat bertransaksi dengan bisnis Anda.

2. Meningkatkan Fleksibilitas Transaksi

Debit langsung mendukung berbagai jenis transaksi, dari pembayaran satu kali hingga pembayaran berulang, semuanya dalam satu sistem yang terintegrasi. Sistem ini memungkinkan bisnis Anda untuk menyesuaikan metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan spesifik pelanggan atau jenis transaksi yang dilakukan. 

Fleksibilitas ini bisa sangat berguna karena kebutuhan dan preferensi pembayaran pelanggan terkadang berubah. Hasilnya, bisnis Anda akan lebih cepat merespons permintaan pasar dan meningkatkan daya saing bisnis Anda.

3. Mengurangi Biaya Administrasi

Penggunaan debit langsung dalam operasional bisnis dapat mengurangi biaya admistrasi. Ambil contoh dari biaya cetak dan kirim invoice fisik yang bisa mencapai puluhan hingga ratusan ribu rupiah per bulan, tergantung pada volume transaksi Anda. 

Selain itu, proses manual seperti verifikasi pembayaran membutuhkan SDM yang menambah beban gaji. Namun, Anda bisa menghilangkan tugas manual ini dengan memanfaatkan direct debit

4. Mengurangi Tingkat Kegagalan Transaksi

Dalam sistem pembayaran ini, semua proses, dari otorisasi hingga penarikan dana, terjadi secara real-time dan terintegrasi dengan keamanan tingkat tinggi. Kedua hal ini memastikan bahwa transaksi digital berjalan lancar dan mengurangi risiko kegagalan karena masalah teknis atau kesalahan manual.

5. Adanya Jaminan Direct Debit

Keamanan transaksi adalah salah satu kekhawatiran utama dalam transaksi finansial online. Metode ini menawarkan solusi praktikal melalui Jaminan debit Langsung, yaitu serangkaian protokol yang diikuti oleh channel pembayaran dan penyedia jasa pembayaran online yang menerima instruksi untuk membayar.

Kebijakan ini sebagian besar menguntungkan pelanggan dan memastikan bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas pembayaran yang salah. Mengapa demikian? Karena jika terjadi kesalahan dalam pembayaran, dana akan dikembalikan segera ke pelanggan.

Selain itu, Bank Indonesia juga memberikan regulasi yang memastikan keamanan dan keberlanjutan dari metode pembayaran elektronik ini. Keamanan ini tidak hanya memberikan ketenangan pikiran kepada pelanggan tetapi juga menambah kredibilitas bisnis Anda.

Faspay: Mitra Tepat untuk Solusi Pembayaran Online Bisnis Anda

Bisnis Anda sedang mencari payment gateway yang menawarkan solusi pembayaran komprehensif? Bergabunglah bersama Faspay! Faspay memiliki tujuan untuk menjadi mitra yang bisa diandalkan untuk setiap jenis transaksi pembayaran online bisnis Anda.

Faspay memiliki dua layanan unggulan yang bisa memaksimalkan operasional bisnis terutama dalam menerima pembayaran online, yaitu Faspay Business dan Faspay Billing. Faspay Business adalah solusi untuk bisnis yang membutuhkan berbagai opsi pembayaran yang disambungkan dengan website atau aplikasi bisnis.

Sementara itu, Faspay Billing mempermudah proses penagihan melalui invoice online yang dapat disambungkan melalui sistem website atau aplikasi bisnis Anda, serta disediakan juga all-in-one dashboard yang bisa Anda akses jika bisnis Anda belum memiliki website atau aplikasi. Kedua layanan ini mendukung saluran pembayaran direct debit BRI dan direct debit DANA, sehingga memberikan Anda fleksibilitas dalam menerima pembayaran.

Biaya per transaksi juga sangat terjangkau. Hanya 1.5% per transaksi berhasil. Lihat detail harga di sini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda. Daftar sebagai Merchant Faspay sekarang juga dan nikmati berbagai keuntungannya!

Lihat Artikel Lainnya

Image Article

3 Alasan Mengapa Layanan Refund Menjadi Hal Yang Penting Bagi Bisnis

GPN sebagai Masa Depan Transaksi Non Tunai Indonesia

GPN sebagai Masa Depan Transaksi Non Tunai Indonesia

5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Layanan Disbursement

5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Layanan Disbursement

Holicat

Bagaimana Cerita Holicat Indonesia Setelah Menggunakan Faspay? #MerchantStory