Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Cara Mudah Transfer Uang Massal

Melakukan transaksi finansial, seperti transfer uang, menjadi semakin mudah berkat perkembangan teknologi. Terdapat pula berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengirimkan uang secara massal dan instant, memungkinkan para pengusaha untuk menjalankan bisnis mereka dengan lebih lancar.

Salah satu caranya adalah dengan memakai Faspay SendMe, payment gateway dengan layanan pengiriman uang cepat ke lebih dari 150 bank dan dompet digital di Indonesia. Prosesnya pun sederhana, cukup dengan melakukan 8 langkah mudah melalui platform Faspay.

8 Langkah Transfer Uang Massal, Mudah dengan Faspay SendMe

Terdapat 8 langkah yang tersedia melalui Faspay SendMe untuk melakukan pengiriman uang secara massal dan mudah. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Daftar dan Buat Akun Merchant Anda

Kunjungi situs web Faspay dan lakukan pendaftaran dengan membuat akun merchant Anda. Anda akan diminta untuk mengisi formulir mengenai informasi bisnis dan menyediakan dokumen yang diperlukan. 

Informasi yang dibutuhkan mencakup nama bisnis dan PIC, nomor telepon, alamat e-mail, URL situs web atau sistem online Anda, kategori bisnis, dan jenis bisnis.

2. Verifikasi Akun

verifikasi email saat pendaftaran

Selanjutnya, tim Faspay akan menghubungi Anda melalui e-mail atau surel. Surel tersebut berisi permintaan untuk identitas bisnis atau dokumen yang dibutuhkan sebagai bagian dari proses verifikasi.

Proses verifikasi ini umumnya membutuhkan waktu hingga satu hari kerja. Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan menerima user credential yang bisa digunakan untuk mengakses dan menggunakan layanan Faspay SendMe.

3. Login ke Dashboard Faspay SendMe Anda

dashboard faspay send me

Setelah menerima user credential, Anda dapat masuk ke dashboard Faspay SendMe. Proses ini sederhana, cukup siapkan dan memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang telah diberikan melalui surel Anda.

4. Isi Dana Akun Faspay Anda

Top up dana

Sebelum bisa melakukan transfer, Anda harus memiliki saldo pada akun. Anda dapat mengisi saldo sesuai dengan jumlah uang yang dibutuhkan untuk melakukan transfer. Setelah pengisian saldo selesai, Anda sudah siap untuk melakukan transfer.

5. Tambahkan Penerima Transfer

transfer penerima uang

Di dalam dashboard, tambahkan penerima transfer yang ingin Anda kirimkan uangnya. Anda dapat memasukkan detail jenis transfer, bank dan nomor rekening, jumlah dana yang akan ditransfer, dan deskripsi transfer.

6. Buat dan Lakukan Transfer

tentukan penerima transfer

Setelah itu, Anda dapat membuat daftar transaksi massal atau tunggal. Pilih penerima, masukkan nominal uang yang ingin Anda transfer, dan konfirmasikan transaksi. Faspay akan memproses pengiriman dana tertentu sesuai dengan perintah yang Anda berikan.

7. Pilih Metode Kirim Uang yang Sesuai

Pilih metode transfer uang

Faspay menyediakan berbagai metode kirim uang, seperti transfer bank, kartu kredit, e-wallet, virtual account, dan lainnya. Untuk melanjutkan proses transaksi, pastikan Anda memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan preferensi penerima uang.

8. Pantau dan Kelola Transaksi Anda

pantau kelola dana

Terdapat laporan transaksi yang dapat Anda akses di dashboard. Anda bisa melacak status transfer kiriman uang, mengelola daftar penerima, dan melihat riwayat transaksi untuk memantau transfer dana massal Anda.

Jika ada transaksi yang gagal, Anda tidak perlu khawatir. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun dan tetap bisa mengulang proses transaksi. Hal ini menunjukkan komitmen Faspay dalam menyediakan layanan yang transparan.

Dimana Transfer Uang Selain di Bank?

Selain melalui lembaga perbankan tradisional atau menggunakan payment gateway, ada banyak cara untuk melakukan transfer tunai dan non-tunai yang semakin populer dan mudah.

  • Aplikasi Dompet Digital (e-wallet)

Dompet digital atau e-wallet telah berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya outlet toko yang sudah menyediakan jenis transaksi dengan transfer uang tanpa ATM ini.      

Dengan e-wallet, Anda bisa melakukan pengiriman uang dengan cepat dan mudah melalui smartphone Anda tanpa rekening bank. Cukup isi saja saldo e-wallet Anda dan dana bisa langsung dikirim ke penerima. 

Beberapa e-wallet yang sudah populer tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengirim uang, tetapi juga menawarkan berbagai layanan lain seperti pelunasan tagihan, pembelian pulsa, dan bahkan transaksi di merchant offline.

  • Mobile Banking

Jika Anda memiliki rekening bank, Anda bisa membuka akun mobile banking agar proses transaksi uang bisa dilakukan di mana saja. Untuk memulai, silahkan login ke aplikasi perbankan mobile resmi yang disediakan oleh nama bank Anda.

Aplikasi tersebut biasanya memungkinkan Anda untuk mentransfer dana secara instant antara rekening bank Anda dan rekening penerima. Cukup masukkan detail rekening penerima dan jumlah yang ingin Anda transfer, lalu konfirmasikan transaksi.

  • Kantor Pos

Meski mungkin terdengar kuno, kantor pos tetap menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengirimkan uang tunai tanpa mempunyai rekening bank. Melalui layanan wesel pos, Anda bisa melakukan transfer uang tanpa rekening bank ke siapa saja di seluruh Indonesia.

Prosesnya cukup mudah, Anda hanya perlu datang ke salah satu cabang kantor pos terdekat, memberikan informasi bank tujuan transfer dan jumlah uang yang ingin ditransfer, lalu membayar biaya administrasi. Selain itu, kantor pos juga menjamin keamanan dan kerahasiaan transaksi. 

Perlu diingat untuk menyimpan tanda terima sebagai bukti transfer Anda, karena Anda mungkin memerlukannya untuk melacak pengiriman atau klaim jika ada masalah. Bukti ini akan diterima setelah proses selesai.

  • Penyedia Layanan Khusus Transfer Tunai

Western Union adalah salah satu contoh layanan atau jasa pengiriman uang. Dengan jaringan agen yang luas di berbagai negara, layanan mereka memungkinkan Anda untuk menerima uang dari dan mengirim uang ke luar negeri.

Bahkan, Western Union menyediakan layanan transfer antar individu atau bisnis melalui agen atau melalui platform online.

  • Gerai Retail

Sejumlah minimarket dan gerai retail besar kini juga menyediakan jasa transfer uang melalui cabang di seluruh Indonesia. Layanan ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengiriman ke rekening bank tujuan hanya dengan memberikan informasi tujuan dan jumlah uang yang ingin ditransfer.

Prosesnya cukup sederhana dan cepat. Anda cukup datang ke outlet terdekat, memberikan detail transaksi, lalu membayar uang dan biaya administrasi. Selain itu, layanan ini juga sangat membantu bagi mereka yang tidak memiliki akses mudah ke bank atau internet.

Saat ini, ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk melakukan pengiriman selain melalui bank, kartu ATM, dan mesin ATM. Namun, pastikan Anda memilih metode yang paling cocok dengan kebutuhan dan selalu bertransaksi dengan bijaksana.

Anda juga bisa membuka akun Faspay SendMe jika ingin melakukan transfer uang dalam jumlah banyak untuk karyawan dan mitra bisnis. Klik tautan ini dan daftar sekarang agar operasi keuangan bisnis Anda menjadi semakin lancar!

Untuk memulai bisnis pembayaran online, Anda dapat melihat peluang kerja sama (partnership) sama dengan penyedia layanan pembayaran tiket yang sudah terkenal di Indonesia atau jika Anda mumpuni, mempertimbangkan untuk membangun platform pembayaran sendiri. Pilihlah penyedia layanan yang memiliki jaringan yang luas, kemudahan integrasi, dan dukungan teknis yang baik. Jangan lupa untuk sediakan sistem pembayaran online untuk bisnis pembayaran Anda. Anda bisa pakai payment gateway, Faspay. Faspay membantu bisnis pembayaran online Anda menyediakan pembayaran online dengan 50+ pilihan channel pembayaran. Daftar Faspay sekarang melalui faspay.co.id/daftar dan dapatkan berbagai keuntungan!

Lihat Artikel Lainnya

Virtual account Mandiri

Ini 6 Cara Bayar Virtual Account Mandiri yang Mudah

Oct_Eng Pentingnya PCI DSS_Thumbnail

The Importance of PCI DSS for Transaction Security in Your Business

Promosi online

5 Strategi Promosi Online untuk Meningkatkan Penjualan Anda

5 Alasan Penting E-commerce Menyediakan Opsi Pembayaran yang Lengkap

5 Alasan Pentingnya E-commerce Menyediakan Opsi Pembayaran yang Lengkap