Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > Inilah Fungsi Penting Pembayaran Online untuk Berbagai Industri

Inilah Fungsi Penting Pembayaran Online untuk Berbagai Industri

Inilah Fungsi Penting Pembayaran Online untuk Berbagai Industri

Metode pembayaran online atau digital kini semakin umum digunakan untuk berbagai jenis keperluan, termasuk kebutuhan industri. Dalam pelaksanaannya, jenis pembayaran ini dilakukan melalui media elektronik, misalnya komputer, laptop, ponsel, dan sejenisnya.

Pembayaran online dipilih dan diterapkan tentu saja bukan tanpa alasan. Ada berbagai fungsi dan manfaat yang bisa diperoleh, baik bagi pihak industri, konsumen, maupun berbagai pihak lain yang terikat. Intip penjelasan berikut untuk mengetahui berbagai manfaat lebih lengkapnya!

Fungsi dan Manfaat Pembayaran Online untuk Berbagai Industri

Dalam metode pembayaran online, Anda tidak perlu lagi menggunakan uang, cek, atau metode pembayaran fisik lainnya. Semua sudah terekognisi dalam sistem pembayaran yang bisa membuat transaksi menjadi lebih praktis, mudah, dan cepat.

Perlu diketahui, jenis metode pembayaran ini sudah mulai populer di Indonesia, karena dianggap menjadi salah satu alternatif yang memudahkan transaksi. Berbagai aplikasi untuk pembayaran ini juga sudah mudah ditemui dan digunakan.

Karena memiliki berbagai manfaat, maka berbagai jenis industri semakin memanfaatkan sistem pembayaran online ini. Berikut merupakan penjelasan tentang keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan oleh berbagai jenis industri:

1. Industri Pendidikan

Jenis industri pertama yang akan dibahas kali ini yaitu industri pendidikan, mulai dari pendidikan usia dini, berbagai tingkatan sekolah, perguruan tinggi, hingga industri pendidikan nonformal lainnya seperti lembaga pelatihan atau kursus

Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh jika menerapkan pembayaran dengan sistem online, berikut merupakan beberapa di antaranya:

  • Memberikan Kenyamanan dan Kemudahan

Ada berbagai jenis pembayaran untuk instansi pendidikan, misalnya pembayaran bulanan, UKT kampus, dan jenis administrasi lainnya.

Jika pembayaran dapat dilakukan secara digital, maka hal ini dapat memberikan kemudahan bagi pelajar atau mahasiswanya. Mereka tidak perlu repot membawa uang tunai untuk melakukan pembayaran, karena pembayaran bisa dilakukan dari mana saja.

Proses pembayaran juga lebih mudah dan praktis sehingga memberikan kenyamanan. Pengguna yang bisa semakin terbiasa dengan perkembangan teknologi, khususnya dalam bidang keuangan.

  • Ada Berbagai Pilihan Cara Pembayaran

Jika Anda melakukan pembayaran secara langsung dengan uang tunai, maka mungkin saja ada berbagai proses yang cukup lama bahkan kadang rumit.

Namun, jika hal tersebut dilakukan secara digital, maka Anda akan merasa lebih mudah. Terdapat berbagai cara untuk melakukan pembayaran secara digital, misalnya melalui mobile banking, e-wallet atau aplikasi sejenisnya.

  • Transaksi Tercatat dengan Lebih Rapi

Dengan sistem digital, maka pencatatan transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan lebih rapi, serta mudah diakses kapan saja dan di mana saja.

Pegawai sekolah, kampus atau lembaga pendidikan nonformal pun bisa lebih fokus dalam mengerjakan berbagai kegiatan administrasi lainnya, tidak perlu memusingkan pencatatan pembayaran karena sudah terekam dengan baik.

  • Instansi Pendidikan Akan Terlihat Lebih Profesional

Jika sebuah instansi pendidikan menerapkan pembayaran online, maka manfaat lain yang akan didapatkan yaitu tampak lebih profesional.

Instansi tersebut akan dinilai lebih mendukung kemajuan teknologi, khususnya dari segi sistem transaksi dan keuangan. Kredibilitas dari instansi juga dapat lebih terjaga dengan baik, ini dapat menjadi branding yang tepat untuk era modern.

2. Industri Fintech

Belakangan ini, perkembangan teknologi telah membuat berbagai industri baru semakin berkembang, salah satunya yaitu Fintech yang merupakan singkatan dari Financial Technology.

Berbeda dengan e-commerce yang cenderung terpusat pada platform penjualan, Fintech lebih mengarah kepada berbagai inovasi dalam bidang jasa keuangan. Berbagai jenis layanan terus dikembangkan supaya bisa menyediakan jasa yang nyaman, aman, efisien, dan praktis.

Dalam industri yang satu ini, pembayaran online sudah menjadi bagian darinya. Penggunaannya adalah untuk repayment cicilan dari borrower. Berbagai keuntungan bisa didapatkan dari pembayaran dengan sistem digital ini, misalnya kecepatan dalam proses transaksi, fleksibel, mudah, transparan, dan jangkauan yang luas.

3. Industri ISP (Internet Service Provider)

Industri ISP atau Internet Service Provider merupakan jasa penyedia layanan internet. Hal ini termasuk berbagai hal terkait server, router, data kabel, broadband, dan sebagainya.

Dalam praktiknya, industri yang satu ini sudah sangat terikat dengan perkembangan teknologi, berbagai perkembangan teknologi sudah pasti bukan hal yang asing bagi mereka.

Karena jasa internet berkaitan dengan kehidupan yang serba cepat, maka metode pembayaran yang cepat pun perlu menjadi perhatian. Hal tersebut dapat tercapai dengan pembayaran subscription bulanan menggunakan sistem digital.

Sistem pembayaran online dapat memberikan berbagai jenis keuntungan dalam industri ini. Berbagai kenyamanan, kemudahan, keamanan, efisiensi, dan transparansi dapat diperoleh bagi pihak industri dan konsumen.

Saat ini, berbagai aplikasi transaksi online dapat mendukung sistem pembayaran online, sehingga perusahaan ISP juga dapat berkolaborasi dengan baik.

4. Industri FMCG

FMCG atau Fast-moving Customer Goods merupakan jenis industri yang bergerak di bidang penyedia berbagai kebutuhan sehari-hari dalam jumlah yang banyak. Biasanya, barang tersebut perlu dijual dengan cepat sehingga berbagai proses distribusinya perlu memperhatikan hal ini.

Karena berhubungan dengan kecepatan, maka berbagai perkembangan teknologi pun bisa mendukung industri ini, salah satunya dalam hal pembayaran. Dengan sistem pembayaran online, maka transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat serta mendapatkan berbagai kemudahan.

Bagi pihak bisnis, pembayaran online dapat mempermudah bisnis FMCG dalam melakukan penagihan cash collection menggunakan invoice online, sehingga proses penagihan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Selain itu juga, proses cash collection dapat berlangsung secara direct dari agen ke supplier ataupun distributor, sehingga mengurangi risiko fraud. 

Selanjutnya bagi konsumen,, pembayaran ini bisa memberikan kenyamanan, keamanan, transparansi, serta memiliki berbagai pihak akses pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Dibandingkan pembayaran dengan uang tunai, jenis pembayaran ini kini semakin banyak diminati karena dianggap praktis. Tidak perlu lagi membawa uang dalam jumlah yang banyak ketika akan membeli banyak barang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Bagi pihak industri, berbagai keuntungan bisa diperoleh, misalnya kemudahan pencatatan dan  transparansi transaksi. Selain itu, jika konsumen merasa lebih mudah dan nyaman dalam melakukan transaksi, maka dapat meningkatkan kepercayaan terhadap pihak industri dalam jangka waktu yang panjang.

5. Industri Logistik

Di Indonesia, ada berbagai jenis industri logistik yang berkembang dengan tujuannya masing-masing. Sebagai contoh, perusahaan yang berkecimpung dalam usaha pengantaran barang.

Seiring berkembangnya teknologi, pembayaran online sudah menjadi hal yang cukup umum dilakukan dalam industri ini.

Ketika hendak melakukan transaksi, berbagai metode online bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Berikut merupakan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan sistem pembayaran online ini.

  • Lebih Fleksibel

Hal ini membuat transaksi terkait jasa logistik dapat dilakukan dengan lebih fleksibel. Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah, cukup dengan ponsel, maka pembayaran bisa selesai dengan mudah.

  • Pencatatan Lebih Rapi

Berbagai pengelolaan dan pencatatan juga dapat dilakukan secara digital, sehingga dapat mempermudah pelaporan. Jika bicara soal industri logistik yang seringkali membutuhkan pencatatan yang lumayan beragam, maka hal ini bisa memberikan keuntungan.

6. Industri Transportasi

Seiring berkembangnya teknologi, pembayaran online pun telah banyak diterapkan dalam berbagai industri transportasi. Hal ini bisa terlihat dalam berbagai praktik, misalnya pembelian tiket pesawat atau kereta atau ketika menggunakan jasa ojek online.

Sistem pembayaran online dipilih bukan tanpa sebab, ada berbagai fungsi dan manfaat yang bisa diperoleh dari perkembangan teknologi ini, misalnya sebagai berikut.

  • Pembayaran Menjadi Lebih Mudah dan Praktis

Saat ini, sudah cukup banyak aplikasi pembayaran online ketika hendak menggunakan berbagai alat transportasi. Ini dapat membuat kebutuhan transportasi menjadi lebih mudah terpenuhi dengan praktis.

Kemudahan ini dapat membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk memanfaatkannya, sehingga dapat menguntungkan untuk pihak industri transportasi.

  • Lebih Transparan

Sistem pembayaran online dapat membuat konsumen bisa melihat transparansi dari transaksi yang telah dilakukan. Harga yang telah ditetapkan, dapat dibayar secara sesuai, tidak perlu ragu apakah terlalu mahal atau murah.

Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi pihak industri dan pihak pengguna. Bagi pihak industri, hal ini juga dapat berpengaruh terhadap pencatatan transaksi.

Berbagai jenis transaksi dapat tercatat dan tersimpan dengan lebih rapi, sehingga nantinya juga bisa mempermudah laporan keuangan.

  • Menghindari Pungutan Liar

Masih terkait dengan pembahasan sebelumnya tentang transparansi, jika memakai sistem digital dalam melakukan pembayaran, maka konsumen bisa mengurangi risiko pungutan liar.

Jika sistem pembayarannya yang sudah berjalan dengan baik, maka konsumen tidak perlu melakukan berbagai pembayaran lain yang bisa jadi di antaranya merupakan pungutan liar.

Bagi pihak industri, ini juga merupakan sebuah keuntungan karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

  • Mengurangi Kepadatan dalam Berbagai Proses Pembayaran

Ketika akan melakukan berbagai jenis pembayaran, seringkali terdapat antrian yang panjang, khususnya ketika hari libur. Sebagai contoh, ketika sedang berada di pelabuhan, bandara, stasiun, bahkan rest area.

Dengan melakukan pembayaran secara online, maka berbagai titik kepadatan bisa berkurang. Hal ini menjadi semakin penting ketika sedang berada pada masa libur panjang, misalnya hari raya.

Itulah berbagai fungsi dan manfaat dari pembayaran online untuk berbagai industri. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda manfaatkan dengan baik jika menggunakan sistem online ini, transaksi pun menjadi lebih mudah.

Dalam mendukung kemudahan pembayaran online untuk industri yang sedang Anda jalankan, Faspay bisa menjadi solusi Anda. Dengan Faspay, Anda bisa terhubung dengan berbagai channel pembayaran untuk transaksi online di aplikasi atau website bisnis Anda. Segera kunjungi  halaman pendaftaran Faspay  dan Faspay business untuk mendapatkan informasi lebih lengkap!

Lihat Artikel Lainnya

Tips Efektif Mengembangkan E-commerce dari Pakar E-commerce Dunia

Tips Efektif Mengembangkan E-commerce dari Pakar E-commerce Dunia

Faspay Image 2

Creating a Branding Strategy to Reach More Customers

Ciri-Ciri Bukti Transfer Palsu

Ciri-Ciri Bukti Transfer Palsu dan Tips Menghindarinya

bisnis

Memaknai Semangat Perjuangan Kemerdekaan dalam Bisnis