Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

e-wallet adalah

E-Wallet adalah salah satu produk keuangan di sektor pembayaran online yang berbentuk dompet digital. Dengan e-wallet, seseorang bisa menyimpan uang non tunai sehingga transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Bagi pelaku usaha, pembayaran melalui e-wallet atau dompet digital adalah salah satu metode yang sering dipilih oleh kebanyakan pelanggan. Dengan adanya e-wallet, pelanggan tidak perlu lagi membawa dompet fisik dan sibuk menghitung uang kembalian. Cukup bawa smartphone Anda ke mana saja untuk melakukan transaksi pembayaran dengan praktis.

Masih ingin tahu lebih banyak tentang e-wallet? Mari simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu E-Wallet?

E-Wallet adalah aplikasi yang berfungsi sebagai dompet untuk menyimpan uang Anda secara digital. Berbagai aplikasi e-wallet tersedia di Indonesia, seperti OVO, DANA, Go-Pay, dan ShopeePay dapat diunduh secara gratis. Perlu dicatat bahwa transaksi pembayaran melalui aplikasi-aplikasi e-wallet tersebut bergantung pada ketersediaan internet.

Dalam praktiknya, e-wallet adalah alat pembayaran digital yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi, seperti pembelian pulsa, membayar tagihan, hingga investasi. Bahkan, e-wallet sekarang bisa digunakan untuk pembayaran offline dengan teknologi QRIS.

Baca juga: Transaksi Online Lebih Mudah Bayar dengan E-money, Alat Pembayaran Kekinian 

Manfaat E-Wallet

Dilihat dari penggunaannya pada aktivitas sehari-hari, e-wallet adalah alat pembayaran yang memiliki banyak manfaat, seperti:

1. Pembayaran Menjadi Lebih Praktis

pembayaran lebih praktis dengan e-wallet - faspay

Manfaat e-wallet utama yang paling bisa dinikmati oleh penggunanya adalah pembayaran menjadi lebih praktis. Pembelian barang di e-commerce pun bisa menjadi lebih praktis dengan adanya uang di dompet digital. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot menunggu kurir dan membayar langsung dengan uang tunai ketika barang datang.

Tidak hanya terbatas pada pembayaran online, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya e-wallet adalah alat pembayaran praktis yang bisa dimanfaatkan dalam aktivitas jual beli offline. Ketika menyelesaikan transaksi di toko, Anda hanya perlu mengeluarkan smartphone untuk melakukan pembayaran melalui QRIS dengan melakukan scan QR code.

2. Catatan Transaksi Lebih Rapi

catatan transaksi lebih rapi - faspay

Salah satu manfaat e-wallet bagi pelaku usaha adalah pencatatan riwayat transaksi yang rapi dan terperinci. Setiap transaksi dikategorikan sesuai dengan pemasukan dan pengeluaran sehingga pengelolaan keuangan usaha pun menjadi lebih mudah.

3. Keamanan Lebih Terjamin

e-wallet aman - faspay

Jika sering teledor membawa uang tunai, e-wallet adalah solusi tepat untuk menjamin keamanan keuanganmu selama bertransaksi secara offline. Dilihat secara online pun, e-wallet juga cenderung aman digunakan asalkan akun, password, dan kode OTP Anda tidak disebarkan kepada pihak lain.

4. Penggunaannya Lebih Fleksibel

penggunaan fleksibel - faspay

E-Wallet adalah aplikasi yang selalu berkembang. Setiap aplikasi e-wallet berlomba untuk melengkapi fitur dan layanan agar dapat memudahkan transaksi, baik untuk kebutuhan belanja, sedekah, hingga investasi.

5. Banyak Promosi yang Bisa Dimanfaatkan

banyak promo - faspay

Penggunaan e-wallet dianggap bermanfaat karena banyak promo yang ditawarkan setiap waktunya. Bahkan, penawaran khusus berupa diskon harga barang dan voucher pengiriman banyak dijumpai di e-commerce pada hari besar dan perayaan khusus.

Baca juga: Ini 4 Fungsi Open API dalam Teknologi Bisnis, Perlu Tahu! 

Kelebihan E-Wallet

Setelah memahami manfaat e-wallet, saatnya Anda mengetahui beberapa kelebihannya. Secara umum, dompet digital ini dapat memudahkan transaksi pembayaran. Dari sisi keamanan, e-wallet pun terbilang cukup menjanjikan dengan tersedianya password dan kode OTP yang hanya diketahui oleh pengguna.

Di samping itu, e-wallet bisa diakses kapan saja. Cukup gunakan smartphone untuk menyelesaikan transaksi pembayaran melalui e-wallet yang Anda gunakan, baik itu untuk kebutuhan belanja online maupun offline.

Jika bisa disimpulkan, kelebihan utama dari e-wallet adalah penggunaannya yang simple dan praktis. Dengan adanya e-wallet, penjual tidak perlu bingung menghitung kembalian di setiap transaksi pembayaran. Sedangkan, pembeli tidak perlu lagi repot mengeluarkan dompet fisik dan memastikan pembayaran dengan lembaran uang tunai yang bertumpuk.

Cara Kerja E-Wallet

Ketika berbicara tentang e-wallet, fokus pembahasan sering kali diarahkan kepada seberapa praktisnya penggunaan alat pembayaran ini. Cukup klik beberapa tombol untuk melakukan prosedurnya hingga transaksi selesai. Lantas, tahukah Anda cara kerja e-wallet?

E-wallet bekerja melalui aplikasi yang diunduh oleh pengguna. Adapun aplikasi tersebut terhubung dengan rekening bank atau kartu kredit dari pengguna itu sendiri. Sebelum melakukan transaksi, pastikan untuk mengisi saldo e-wallet terlebih dahulu melalui top up di m-banking, Virtual Account, atau metode lainnya.

Saat saldo sudah terisi, barulah Anda bisa melakukan transaksi pembayaran. Ketika transaksi selesai, maka Anda akan mendapatkan notifikasi yang menyatakan sejumlah dana pengeluaran. Demikian pula dengan setiap dana yang masuk kepada e-wallet. Dana pemasukan akan tercatat dalam riwayat transaksi yang dapat diakses kapan saja.

Contoh E-Wallet

Berikut adalah beberapa contoh e-wallet yang bisa diaktifkan dengan mendaftar sebagai merchant Faspay:

  • OVO: Dompet digital untuk segala transaksi yang terhubung dengan aplikasi Grab dan dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan serupa seperti Gojek.
  • DANA: Dompet digital yang berlisensi Bank Indonesia dan terhubung dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. DANA bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi, seperti pembelian makanan dan minuman hingga pembayaran tagihan.
  • ShopeePay: Dompet digital yang disediakan oleh Shopee dan bisa digunakan untuk menyelesaikan pembelian barang maupun transaksi belanja di aplikasi Shopee itu sendiri. ShopeePay juga dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan.
  • LinkAja: Dompet digital yang mendapatkan izin resmi dari bank Indonesia sebagai Perusahaan Penerbit Uang Elektronik dan Penyelenggara Layanan Keuangan Digital Badan Hukum dengan Sistem Keamanan Informasi. LinkAja dapat digunakan untuk menyelesaikan transaksi jual beli, termasuk pembayaran tagihan.

Sediakan Pembayaran E-Wallet Bisnis dengan Faspay

Demikian pembahasan seputar e-wallet yang merupakan alat pembayaran praktis untuk berbagai kebutuhan. E-Wallet bisa digunakan secara online maupun offline. Dalam praktik jual beli online, e-wallet adalah alat pembayaran andalan yang dapat memudahkan proses transaksi.

Untuk mengoptimalkan transaksi melalui e-wallet, pelaku usaha bisa menggunakan Faspay Business yang menyediakan sistem pembayaran e-wallet melalui payment gateway. Dengan begitu, pelaku usaha tidak perlu melakukan aktivasi dompet digital satu per satu dan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan sekaligus.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar menjadi merchant Faspay sekarang agar kebutuhan pengiriman dana melalui e-wallet semakin mudah dan praktis!

Baca juga: Laporan Keuangan Perusahaan: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Lihat Artikel Lainnya

Manfaat Google Business Profile

10 Manfaat Google Business Profile untuk Meningkatkan Bisnis Anda

tips liburan hemat

5 Tips Liburan Hemat agar Cicilan Tak Membengkak!

Newsletter SEPTEMBER 2023 part 3_Thumbnail

BRI Manajemen Investasi Gandeng Faspay: Berhasil Meningkatkan Jumlah Transaksi dan Nasabah