Terima Pembayaran Instan Melalui Chat Platform dan Media Sosial dengan Payment Link Faspay Payment Gateway

Faspay Solusi Terima Dana Instan Melalui Chat Platform dan Media Sosial dengan Payment Link

Di tengah situasi bisnis yang sulit, pebisnis mau tidak mau harus segera beralih ke pembayaran online untuk memperluas jangkauan pelanggan dan menghadirkan metode pembayaran yang diminati oleh calon pelanggan. Pebisnis juga seringkali menghadapi kesulitan menerima pembayaran online karena tidak memiliki website, opsi pembayaran yang terbatas, hingga rekonsiliasi transaksi manual. Layanan payment link Faspay hadir bagi pebisnis yang berjualan online melalui chat platform maupun media sosial.

Fitur payment link ini akan membantu pelaku bisnis untuk dapat dengan mudah membuat tautan atau link pembayaran melalui dashboard Faspay Billing dan dapat membagikan tautan tersebut ke platform apa pun. Pelaku bisnis bisa membagikan payment link ke platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp atau platform manapun yang diinginkan pelanggan Anda. Pelanggan Anda yang mendapatkan payment link tersebut pun dapat dengan mudah melakukan pembayaran. Setelah pembayaran sukses dilakukan pelanggan, baik pelaku bisnis maupun pelanggan akan mendapatkan notifikasi sukses pembayaran.

Dengan fitur payment link ini, tidak hanya akan membuat pengalaman transaksi pelanggan Anda semakin mudah dan cepat, tetapi juga akan memberikan segala kemudahan bagi pelaku bisnis offline maupun online. Kemudahan-kemudahan tersebut di antaranya ialah pelaku atau pemilik bisnis akan mendapatkan data rekonsiliasi seluruh transaksi, memonitor seluruh transaksi secara real-time, dan menerima pembayaran online secara instan dengan pilihan pembayaran yang lengkap hanya dengan memberikan payment link kepada pelanggan.

Bagaimana Cara Kerja Payment Link?

Dengan Faspay Billing, Anda dapat membuat payment link (invoice) lebih mudah, terima pembayaran melalui link dan kirim invoice secara satuan atau massal ke pelanggan. Anda juga dapat menggunakan Faspay Billing Lite untuk pembuatan payment link dengan tampilan user interface yang sederhana dan dapat diakses melalui browser smartphone Anda. Payment link dapat dikirimkan melalui email, platform chat, atau media lainnya sesuai dengan kebutuhan dari merchant dan pelanggan sehingga lebih mudah dalam proses penerimaan pembayaran. Anda tidak perlu khawatir karena metode ini tidak mengharuskan bisnis memiliki website ataupun aplikasi, sehingga lebih terbuka bagi seluruh pemilik bisnis dari berbagai indusri.

Berikut cara yang dapat Anda ikuti untuk membuat payment link:

Merchant page

  1. Masuk ke Halaman Faspay Merchant Page
    Langkah pertama adalah membuka browser melalui PC, kemudian buka alamat situs faspay.co.id/merchantpage, masukkan username dan password yang diberikan Faspay setelah lolos KYC, kemudian klik login.Setelah berhasil masuk ke akun Merchant Page, maka Anda dapat langsung masuk ke menu Faspay Billing untuk membuat invoice tagihan. Menu Faspay Billing ini dapat digunakan untuk membuat tagihan secara single atau mass. Terdapat data-data yang perlu Anda isi dengan benar dan teliti.Pertama, Anda perlu mengisi data pelanggan. Data ini terdiri dari nama pelanggan, email, serta alamat dan data-data lainnya terkait pengiriman tagihan dalam bentuk payment link.Kedua, pilih jenis billing yang diinginkan, terdapat tiga pilihan billing, yaitu:
      • Once: pengiriman secara langsung
      • Scheduled: pengiriman tagihan  yang dijadwalkan
      • Recurring: pengiriman tagihan secara berulang pada periode yang ditentukan.

    Setelah memilih jenis billing yang diinginkan, lalu klik submit kemudian masukan detail transaksi barang yang akan ditagihkan, kemudian lampirkan dokumen pada billing, preview, dan mengirim billing.

    Setelah itu, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa tagihan telah terkirim.

  1. Mengirim payment link kepada Pelanggan
    Ketika tagihan dalam bentuk invoice sudah jadi dan telah diperiksa kembali, maka Anda telah memiliki nomor dan link dari invoice yang sudah dibuat. Kemudian merchant dapat mengirimkan invoice ke pelanggan dengan melalui email. Selain itu, merchant juga dapat mengirim tagihan dalam bentuk payment link, yaitu dengan mengklik tombol “copy link” untuk menyalin link dan menempel link tagihan Faspay Billing ke pelanggan melalui ke chat platform atau media sosial.
  2. Pelanggan menerima payment link
    Setelah terkirim, pelanggan akan menerima invoice sesuai dengan barang/jasa yang dibeli. Selanjutnya, pelanggan juga bisa melakukan pembayaran secara online melalui tombol “pay here” di dalam link invoice Faspay Billing.Setelah pembayaran selesai, maka baik merchant maupun pelanggan akan menerima notifikasi melalui email atau SMS (syarat dan ketentuan berlaku untuk notifikasi SMS).

Manfaat Terima Transaksi Online Menggunakan Payment Link Bagi Bisnis

  1. Penjual menerima pesanan dari berbagai platform yang tersedia
    Salah satu faktor calon pembeli membatalkan transaksi adalah terbatasnya pilihan platform pembayaran. Mayoritas calon pembeli tidak ingin dibebani dengan tambahan biaya transfer. Oleh karena itu, dibutuhkan metode transaksi yang dapat mencakup banyak platform pembayaran sekaligus sehingga pembeli dapat menentukan platform pembayaran yang dikehendaki. Baik itu transfer kartu kredit, virtual account, atau e-wallet, semua bisa disediakan menggunakan payment link dari Faspay Billing. Hal ini memungkinkan fleksibilitas dalam pilihan pembayaran dan meningkatkan kepuasan pelanggan
  2. Penjual membuat dan mengirim payment link dengan praktis
    Anda dapat membuat dan mengirim payment link dengan cara yang praktis dan mudah. Bagi penjual, menggunakan tautan pembayaran akan membuat transaksi jadi lebih fleksibel. Pelanggan dapat mengklik link yang diberikan dan langsung diarahkan ke halaman pembayaran, menghindari kesulitan dalam mengirimkan pembayaran.
  3. Pembeli bayar lebih cepat dari payment link
    Pembeli tidak perlu lagi melakukan login untuk bertransaksi sehingga bisa menghemat waktu. Pembeli hanya klik payment link dan memeriksa nominal yang akan ditransfer lalu melakukan konfirmasi pembayaran. Penggunaannya bisa membuat semua transaksi menjadi lebih cepat dan praktis. Metode ini tidak mengharuskan pembeli untuk melakukan login sehingga bisa menghemat waktu. 
  4. Notifikasi sukses pembayaran untuk penjual dan pembeli
    Pembeli dan penjual akan mendapatkan notifikasi pembayaran real-time yang dikirimkan ke email. Dengan adanya notifikasi ini, pembeli tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran dan penjual juga tidak perlu melakukan pengecekan pembayaran manual.
  5. Penjual bisa cek seluruh status transaksi di dashboard Faspay
    Seringkali penjual kerepotan memantau transaksi yang masuk, apalagi dengan banyaknya jumlah transaksi yang masuk dan terlebih dari berbagai channel pembayaran yang berbeda. Dengan satu dasboard yang tersentralisasi, Anda dapat dengan mudah melakukan pengecekan status transaksi secara real-time dan memberikan kemudahan dalam pemantauan keuangan bisnis, serta Anda dapat mencari tagihan satu per satu apabila diperlukan.

Jenis Bisnis yang Cocok Menggunakan Payment Link

  1. Lembaga Pendidikan
    Dalam dunia pendidikan, baik itu sekolah, universitas, atau lembaga kursus online, penggunaan payment link dapat memberikan keuntungan. Lembaga pendidikan seringkali memiliki banyak transaksi pembayaran, seperti biaya pendaftaran, uang kuliah, atau pembelian buku dan materi belajar. Dengan payment link, lembaga pendidikan dapat mengirimkan tagihan atau invoice kepada para siswa atau peserta kursus dengan rincian biaya yang jelas menggunakan payment link dari Faspay. Mereka dapat dengan mudah melakukan pembayaran melalui tautan tersebut, tanpa perlu transfer uang secara manual atau datang ke lokasi pembayaran. Hal ini akan mempermudah proses administrasi keuangan lembaga pendidikan dan meningkatkan efisiensi.
  2. Residential
    Bisnis properti, terutama yang berfokus pada residential atau perumahan, juga sangat cocok menggunakan payment link sebagai solusi pembayaran yang mudah dan praktis. Bagi agen properti, payment link memungkinkan calon pembeli atau penyewa untuk membayar DP (Down Payment) dan biaya sewa, melalui tautan yang diberikan. Selain itu, payment link juga dapat digunakan untuk menerima pembayaran cicilan bulanan atau angsuran, serta biaya fasilitas sehingga memudahkan proses transaksi bagi semua pihak yang terlibat. Dengan penggunaan payment link, proses pembayaran dalam bisnis properti menjadi lebih mudah, lancar, dan efisien.
  3. BPR (Bank Perkreditan Rakyat)
    Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah lembaga keuangan mikro yang berfokus pada pemberian kredit kepada masyarakat. Dengan memberikan payment link kepada nasabah, mereka dapat dengan mudah melakukan pembayaran angsuran tanpa harus datang ke kantor BPR.
  4. Freelancer
    Bagi para freelancer atau pekerja lepas, menerima pembayaran dari klien adalah hal yang krusial. Payment link menjadi solusi efektif untuk menerima pembayaran dari klien, terutama jika mereka berada di luar negeri. Dengan menggunakan payment link, freelancer dapat mengirimkan tautan pembayaran kepada klien, dan klien dapat melakukan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran yang disediakan oleh platform payment link tersebut. Hal ini akan mengurangi hambatan dalam transaksi lintas negara dan memperluas jangkauan pasar bagi para freelancer. Selain itu, payment link juga memudahkan para freelancer dalam mengelola pembayaran dari berbagai klien dengan lebih teratur dan efisien.
  5. Donasi
    Organisasi nirlaba atau lembaga amal yang mengandalkan dana dari donasi juga sangat diuntungkan dengan penggunaan payment link. Payment link memungkinkan organisasi amal untuk menyampaikan pesan donasi secara langsung kepada para donatur melalui berbagai saluran komunikasi seperti email, media sosial, atau pesan singkat. Donatur dapat langsung merespon dengan melakukan donasi melalui tautan yang diberikan, sehingga proses penggalangan dana menjadi lebih efisien dan transparan. Payment link juga memungkinkan organisasi amal untuk memantau dan melacak donasi dengan lebih baik.

Bagaimana 5 langkah mudah registrasi Faspay Billing untuk bisa menggunakan payment link?

  1. Daftar melalui faspay.co.id/daftar
  2. Memberikan kelengkapan dokumen
  3. Merchant akan melalui proses KYC
  4. Mendapatkan User ID dan Password untuk masuk ke dashboard Faspay
  5. Penjual siap menggunakan payment link

Sudah siap menikmati kemudahan menerima pembayaran dengan payment link? Hubungi hotline Faspay 0811-1310-1900 (Whatsapp Only) atau daftar melalui faspay.co.id/regist untuk menggunakan payment link.

Related Articles