Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Strategi pemasaran online

Dalam era digital seperti sekarang, memahami strategi pemasaran online untuk bisnis adalah salah satu hal yang penting. Jika tidak, usaha yang dikelola akan sulit maju dan berkembang.

Selain itu, beberapa usaha juga mungkin mengalami penurunan penjualan sehingga pada akhirnya, bisnisnya akan bangkrut. Untuk menghindari skenario tersebut pada bisnis yang Anda kelola, simak ulasan dibawah ini tentang apa saja strategi pemasaran online.

Apa itu Strategi Pemasaran Online?

Strategi pemasaran online atau strategi penjualan online adalah trik menjual barang dagangan melalui internet. Sebagaimana trik berjualan ala konvensional, memasarkan produk di  internet juga bisa dengan menginformasikan langsung apa yang dijual kepada target.

Akan tetapi, mengingat ini dilakukan dalam lingkup digital alias tidak langsung, otomatis beberapa hal akan dirasa terbatas. Contohnya, ketika berjualan secara konvensional, Anda bisa menemui target demi target dan menawarkan barang dagangan secara real-time.

Sementara itu, jika berjualan dilakukan di internet, belum tentu orang-orang mau mengetahui apa yang Anda jual. Bahkan, meskipun Anda meminta beberapa orang untuk melihat barang yang dijual atau orang-orang tersebut melihat informasinya.

Dari hal itu, dapat disimpulkan bahwa Anda butuh strategi agar orang-orang mau melihat ataupun mengetahui informasi yang dibagikan. Lebih lanjut, peluang closing juga tentu lebih besar jika jumlah orang yang dijangkau terbilang banyak. 

Namun, bagaimana cara menjangkau lebih banyak orang tersebut? Semua bisa diketahui dan didapatkan solusinya dari strategi bisnis online.

Manfaat Strategi Pemasaran Online

Dari penjelasan sebelumnya, Anda tentu bisa paham tentang seberapa penting strategi pemasaran online ketika berjualan di internet. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menerapkan strategi pemasaran online, yaitu:

1. Menjangkau Lebih Banyak Target Konsumen 

Menurut data dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), sekitar 210 juta masyarakat di Indonesia telah menggunakan internet. Data tersebut merupakan yang terbaru, yakni tahun 2022.

Dari data ini, APJII juga menyimpulkan bahwa jumlah masyarakat yang menggunakan internet mengalami peningkatan sebanyak 35 juta pengguna. Sangat banyak, bukan?

Jadi, ketika Anda memutuskan untuk menjual barang di internet dengan strategi, peluang barang dilihat oleh banyak orang sangatlah tinggi.

2. Meningkatkan Peluang Closing  

Selaras dengan peluang jualan dijangkau lebih banyak orang, kemungkinan penjualan meningkat juga sama tingginya. Bukan sekadar bualan, peluang ini ada karena semakin banyaknya masyarakat yang mulai tertarik berbelanja secara online.

Berdasarkan data tahun 2021, sebanyak 74% masyarakat di Indonesia lebih sering berbelanja melalui toko online dibandingkan offline. Tentu, ada banyak sekali alasan mengapa berbelanja online lebih dipilih masyarakat di era modern ini.

Selain menginginkan hal-hal yang serba mudah, tidak sedikit juga masyarakat yang terlalu sibuk sehingga tak bisa berbelanja secara langsung. Dengan strategi, Anda bisa menggaet minat banyak konsumen sehingga mau membeli barang yang Anda jual.

3. Menghemat Biaya Pemasaran 

Untuk memasarkan produk di internet disertai tekniknya, biaya yang dibutuhkan tidak lebih besar dibandingkan berjualan secara konvensional. Ini dikarenakan, Anda tidak butuh papan reklame, spanduk, poster, ataupun metode iklan lain yang memakan biaya cukup tinggi. 

Untuk menerapkan strategi pemasaran online, Anda bisa mengurangi jumlah biaya yang dibutuhkan untuk menjual barang.  

4. Meminimalisir Risiko Kalah Saing oleh Kompetitor 

Jika Anda menerapkan strategi marketing online, risiko kalah saing oleh kompetitor dipastikan akan lebih minim. Sebab, Anda bisa dengan cepat menemukan solusi untuk  mengatasi berbagai masalah penjualan yang terjadi di perusahaan. 

Terlebih, dibandingkan cara konvensional, pemasaran secara digital memiliki lebih banyak cara. Beberapa di antaranya bisa Anda ketahui di ulasan berikut ini. 

7 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif 

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran online yang sebaiknya diterapkan ketika Anda berjualan di internet, antara lain:

1. Riset 

strategi pemasaran online

Agar strategi penjualan online yang Anda terapakan berjalan secara efektif dan mendapatkan keuntungan, sebaikanya lakukan riset terlebih dahulu. Riset yang dimaksud disini mencakup banyak hal, seperti pasar utama, target market, kompetitor, dan lain sebagainya.

2. Tentukan Sistem dan Strategi 

strategi pemasaran online

Strategi pemasaran online yang kedua adalah menentukan sistem dan strategi. Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, terdapat beberapa strategi promosi online yang dapat digunakan. Oleh karena itu, Anda bisa memilih salah satunya terlebih dulu. Contohnya, Anda bisa memilih untuk membuat content marketing, mobile marketing, continuous marketing, personalized marketing, affiliate marketing, dan lain-lain.

3. Buat Konten

strategi pemasaran online

Setelah menentukan sistem dan strategi pemasaran bisnis online, Anda harus memikirkan content marketing seperti apa yang akan dibuat. Usahakan untuk membuat konten yang benar-benar kreatif sehingga konsumen tertarik pada jualan milik Anda.

Sebagai informasi, ada beberapa pilihan konten yang bisa Anda terapkan untuk iklan jualan. Contohnya seperti konten video, foto dengan quote, artikel, dan lain sebagainya.

4. Manfaatkan Platform 

strategi pemasaran online

 

Manfaatkan tools online dan menerapakan tips jitu pemasaran di sosial media untuk meningkatkan insight sserta mendapatkan keuntungan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Google Ads

Google Ads merupakan layanan yang diberikan Google untuk membantu pebisnis menjangkau lebih banyak konsumen dengan mudah. Layanan ini sudah ada sejak tahun 2004 dan terbukti mempengaruhi tingkat penjualan pebisnis.

Terlebih, Google adalah browser nomor satu di dunia dengan pengguna paling banyak. Jadi, jika Anda ingin mengenalkan produk yang dijual ke khalayak lebih ramai, layanan ini bisa digunakan.

  • Facebook

Hingga saat ini, media sosial buatan Mark Zuckerberg yang pertama kali meluncur di tahun 2007 masih memiliki banyak pengguna. Bahkan, penggunanya bisa dikatakan lebih banyak dibandingkan platform lain. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin memanfaatkan aplikasi ini untuk berjualan, pilihan tersebut tidaklah salah. Terlebih, kini terdapat lebih banyak fitur yang dapat membantu pebisnis dalam menjual barang dagangannya secara online. Mulai dari marketplace, laman toko, akun bisnis, dan lain sebagainya.

  • HubSpot 

Salah satu keunggulan HubSpot adalah memiliki fitur CRM atau Customer Relations Management. Dengan fitur ini, pebisnis dapat mengelola data penting terkait penjualan maupun konsumen dalam satu tempat. Selain itu, aplikasi ini juga jelas bisa membuat  bisnis Anda lebih efisien kedepannya. 

  • Ahrefs

Platform ini biasanya digunakan untuk membantu pebisnis dalam menerapkan prinsip SEO. Jika Anda menjadikan situs web sebagai tempat berjualan, aplikasi ini sangat patut dimanfaatkan.

5. Buat Website 

strategi pemasaran online

Selain memanfaatkan beberapa platform di poin sebelumnya, membuat website juga jadi opsi yang tepat untuk membangun bisnis. Terlebih, jika usaha yang dijalankan sudah cukup lama, tetapi belum menunjukkan tanda-tanda perkembangan maupun kemajuannya.

Dengan membuat website, Anda bisa membangun branding dan meningkatkan kredibilitas. Jadi, selain untuk meningkatkan penjualan, popularitas perusahaan juga bisa ditingkatkan.

6. Gunakan Komponen dalam Marketing Online  

strategi pemasaran online

Strategi pemasaran online berikutnya bisa dengan menerapkan komponen yang sebaiknya ada dalam marketing online. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau SEO merupakan komponen yang banyak dimanfaatkan para pengusaha untuk meningkatkan penjualannya. Dengan SEO, traffic yang bisa didapatkan dipastikan jauh lebih tinggi. Dengan begitu, barang yang Anda jual berpeluang dikenal lebih banyak orang. 

  • Pay per Click Advertising (PPC)

Untuk diketahui, PPC atau Pay per Click Advertising merupakan metode iklan yang mengharuskan pebisnis untuk membayar pada waktu tertentu saja. Tepatnya, jika ada seseorang yang mengklik iklan jualan milik Anda.

Sebagian besar pengusaha telah membuktikan keefektifan strategi pemasaran online ini. Komponen PPC merupakan salah satu cara cepat untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Sebab, iklan jualan milik Anda hanya akan muncul pada orang-orang yang sedang atau baru saja mencari produk serupa. Jadi, peluang meningkatkan penjualan juga dipastikan lebih besar.

  • Social Media Marketing

Sebelumnya, Anda sudah tahu mengenai platform Facebook yang cocok digunakan untuk berjualan. Nah, karena saat ini ada lebih banyak platform media sosial, Anda juga bisa mencoba itu.

Misalnya, Anda bisa menjadikan Tiktok, Instagram, Twitter, YouTube, dan lain-lain sebagai tempat berjualan.

  • Tools Analisis Marketing 

Supaya strategi pemasaran online yang Anda lakukan lebih efektif lagi, gunakan tools analisis marketing. Dengan alat, Anda bisa memantau, meriset, hingga membuat strategi baru yang lebih efisien untuk meningkatkan penjualan.  

7. Terapkan Metode Pembayaran yang Beragam 

strategi pemasaran online

Saat ini, semakin banyak masyarakat yang menginginkan kemudahan berbelanja, terutama dalam hal pembayaran. Namun, seringkali beberapa pebisnis tidak menyadari hal ini, sehingga sulit meningkatkan jumlah konsumen.

Dengan menerapkan berbagai metode pembayaran, Anda dapat memastikan adanya peningkatan jumlah konsumen yang membeli produk yang ditawarkan. Lantas, bagaimana caranya menerapkan beragam metode pembayaran di bisnis Anda?

Jika Anda ingin menerapkan beragam metode pembayaran di toko online Anda, Anda dapat dengan mudah memperoleh layanan payment gateway dari Faspay. Perusahaan ini telah membantu banyak pebisnis meningkatkan penjualan mereka dengan menyediakan metode pembayaran yang beragam.

Dengan mendaftar di Faspay, Anda dapat menerima pembayaran dari pembeli dengan berbagai metode tanpa kesulitan.

Jadi, untuk memastikan kemajuan dan perkembangan bisnis Anda, penting untuk menerapkan strategi pemasaran online yang telah dijelaskan. Jangan lupakan pula untuk mendaftar di Faspay guna mengoptimalkan hasil dari strategi pemasaran online yang Anda terapkan.

Lihat Artikel Lainnya

WhatsApp Image 2021-07-14 at 9.51.14 AM

Tips Bisnis Tetap Lancar Saat PPKM

Faspay Newletters dan ARTIKEL II APRIL 2023_Remaining Products Eng copy

Manfaat Payment Gateway untuk Membangun Bisnis Travel

Naikan konversi dengan payment gateway

Maksimalkan Tingkat Konversi dengan Integrasi Payment Gateway, Berikut Panduannya

akulaku-Square_190121_163826.jpg

AKULAKU is now available as the Newest Payment Channel in FASPAY!