Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Keuntungan Menggunakan VA - Faspay

Dalam dunia bisnis yang semakin terhubung secara digital, kemampuan untuk melakukan transaksi secara efisien dan aman menjadi kunci keberhasilan. Masyarakat pada umumnya masih memilih metode pembayaran bank transfer, di mana pelanggan perlu mengirimkan bukti transfer manual kepada penjual untuk konfirmasi pembayaran. Meskipun masih umum digunakan, proses ini cenderung lebih rentan risiko keamanan dan memerlukan waktu lebih lama untuk memproses pembayaran. Terlebih jika Anda memiliki ratusan bahkan ribuan transaksi harian, Anda perlu mengecek satu per satu. 

Salah satu solusi yang semakin populer dalam mengatasi tantangan ini adalah penggunaan Virtual Account (VA). Pelanggan tidak perlu lagi mengirim bukti transfer, sistem dapat langsung verifikasi secara otomatis. Selain itu, pelanggan tidak perlu pembukaan rekening baru secara fisik karena VA berupa sebuah nomor ID customer yang dibuat oleh Bank sesuai permintaan sebuah perusahaan untuk melakukan transaksi. Dengan nomor rekening virtual yang unik, bisnis dapat menerima pembayaran dari berbagai metode, seperti ATM maupun aplikasi perbankan digital. 

Apa Saja Keuntungan Virtual Account? 

1. Penerimaan Pembayaran yang Mudah

Dengan VA, bisnis dapat menerima pembayaran dari berbagai sumber dengan nomor rekening virtual yang unik. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan mudah melalui ATM, mobile banking, atau internet banking, sehingga mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan untuk memproses pembayaran karena pelanggan dapat melakukan transaksi di mana pun dan kapan pun. Beberapa bank di Indonesia, seperti BRI, BCA, BSI, BNI, Mandiri, dan CIMB Niaga, telah menyediakan layanan VA. 

2. Efisiensi Administrasi

Penggunaan VA membantu mengotomatiskan proses administrasi penerimaan pembayaran. Setiap pembayaran yang masuk akan tercatat secara otomatis dalam sistem, sehingga mengurangi risiko kesalahan manusia. Selain itu, Anda menghemat waktu karena tidak perlu lagi melakukan konfirmasi kepada pelanggan.

Baca juga: 10 Tips Bisnis di Bulan Ramadhan 

3. Keamanan Terjamin 

VA memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dalam penerimaan pembayaran, karena nomor rekening virtual yang diberikan kepada pelanggan hanya dapat digunakan untuk tujuan pembayaran tertentu. Hal ini membantu mengurangi risiko penipuan dan kebocoran data atau informasi keuangan.

4. Pilih Jenis Virtual Account Sesuai Kebutuhan

Bisnis dapat dengan mudah menyesuaikan nomor VA sesuai dengan kebutuhan mereka, baik untuk tujuan pembayaran reguler maupun promosi khusus. Hal ini memberikan fleksibilitas dalam manajemen keuangan dan strategi marketing.

5. Monitor Transaksi Lebih Efektif 

Dengan VA, bisnis dapat melacak dan memantau setiap transaksi pembayaran dengan lebih efektif. Informasi mengenai pembayaran yang masuk dapat diakses secara real-time, memungkinkan analisis yang lebih baik untuk pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Baca juga: Pahami Cara Menghitung Biaya Produksi Serta Penerapannya

Contoh Penggunaan Virtual Account Untuk Bisnis

VA dapat digunakan untuk berbagai industri, terutama jika bisnis Anda yang menerima transaksi dalam jumlah besar. Sebagai contoh toko baju online yang menggunakan Virtual Account sebagai metode pembayaran yang aman dan efisien bagi pelanggannya. Setiap pelanggan yang melakukan pembelian melalui website akan diberikan nomor rekening virtual yang terhubung dengan pesanan mereka. Setelah pelanggan melakukan pembayaran melalui layanan perbankan, sistem toko secara otomatis akan mengenali pembayaran tersebut dan mengirimkan konfirmasi pesanan kepada pelanggan. Dengan menggunakan VA, Toko Baju Online dapat memperluas pilihan pembayaran bagi pelanggannya, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan mengoptimalkan proses pengiriman barang.

Baca juga: Buyer Persona: Pengertian, Manfaat Pembuatan, dan Contohnya

Setelah mengetahui keuntungan menggunakan Virtual Account, apakah Anda tertarik untuk menyediakan metode pembayaran VA untuk bisnis? 

Anda juga dapat mengintegrasikan Faspay sebagai solusi pembayaran menggunakan VA. Dengan payment gateway, Anda tidak perlu memiliki banyak rekening untuk menyediakan kemudahan bertransaksi. Anda dapat dengan mudah menerima transaksi dari berbagai rekening bank, sistem keamanan terjamin,  rekonsiliasi & settlement cepat, dan pantau transaksi dalam satu dasbor Faspay. 

Faspay punya penawaran menarik nih! 

Dengan harga spesial Rp. 3.499/transaksi, Anda bisa terima pembayaran dari 10+ virtual account bank, yaitu  BCA, BRI, Mandiri, BNI, BSI, PermataBank, Maybank, Sinarmas, Danamon, Neo Commerce, dan CIMB Niaga. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keuntungan lainnya, mulai dari gratis Biaya Set Up, gratis Biaya Maintenance, dan juga gratis Social Media Exposure Senilai Jutaan Rupiah. Promo hanya berlaku hingga 29 Februari. Jadi, segera daftarkan bisnis Anda di sini ya! 

Lihat Artikel Lainnya

tips bisnis normal

Tips Sukses Berbisnis di Era New Normal

apa itu faktur

Apa itu Faktur? Kenali Fungsi, Jenis, Komponen, & Contohnya

Kartu Debit Mandiri

6 Kartu Debit Mandiri yang Bisa Menjadi PIlihan Pembayaran

era industri 4 - 0

Ini 4 Manfaat Era Industri 4-0 (Era Digitalisasi)