Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Cara Bayar Virtual Account BRI di BRImo

BRI Virtual account atau biasanya Virtual Account BRI menjadi salah satu metode transaksi yang sebaiknya tersedia di laman pembayaran toko online Anda. Hal ini dikarenakan, produk dari Bank Rakyat Indonesia ini dapat memberikan cukup banyak keuntungan pada penggunanya yang merupakan kalangan pengusaha. Lantas, bagaimana cara bayar virtual account BRI di BRImo?

Mari simak penjelasan mengenai produk, manfaat atau keunggulan, cara bayar, hingga cara aktivasi virtual account BRI melalui ulasan dibawah ini.

Apa Itu Virtual Account BRI?

Virtual account BRI merupakan inovasi dari salah satu perusahaan finansial di Indonesia, yaitu Bank Rakyat Indonesia. Lebih dikenal dengan sebutan BRIVA, layanan ini ditawarkan perbankan untuk mempermudah pengelolaan kas perusahaan. Cara bayar virtual account BRI pun terbilang mudah.

Di sisi lain, terdapat manfaat dari virtual account BRI, yaitu catatan uang yang masuk dapat di data secara lebih mudah, cepat, dan juga efektif oleh para pengusaha. Jika Anda sudah tahu seperti apa virtual account, tentu mengenal BRIVA bukan hal yang sulit.

Sebab, kegunaan produk ini tidak jauh berbeda dengan virtual account pada umumnya. Perbedaannya hanya ada pada bagian manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan dari layanan ini. 

Manfaat BRI Virtual Account untuk Pebisnis 

Untuk seorang pebisnis, virtual account BRI atau BRIVA adalah layanan yang perlu disediakan dalam toko online-nya. Ini dilakukan untuk mempermudah proses transaksi yang dilakukan pelanggan.

Bersamaan dengan kesan mudah yang dirasakan pelanggan, kredibilitas toko online juga bisa meningkat. Hal ini dikarenakan, pengusaha dirasa sangat memperhatikan kepuasan konsumen sehingga branding-nya pun ikut naik secara bersamaan.

Di samping manfaat itu, pengusaha juga bisa merasakan kemudahan dalam berbagai hal berkat kemudahan dari cara bayar VA lewat BRimo dan pengusaha bisa mendapatkan rincian kas masuk yang lebih terstruktur dan mudah dibaca.

Selain itu, database yang tercatat tersebut juga dilengkapi dengan informasi nama pengirim uangnya. Jadi, jika rincian kas masuk ini dibutuhkan untuk membuat data penjualan bulanan, Anda bisa membukanya langsung di API BRIVA.

Layanan API BRIVA yang serupa dengan sekretaris ini dapat diakses kapan saja tanpa memerlukan biaya. Efektifnya lagi, semua transaksi akan tercatat secara otomatis tanpa terkecuali sehingga minim adanya misinformation.  

Cara Bayar Virtual Account BRI (BRIVA) di BRIMo 

Sebelumnya, Anda sudah mengetahui sekilas informasi tentang BRI virtual account hingga manfaatnya yang rata-rata memang dapat memudahkan siapa saja. Sejalan dengan manfaatnya itu, cara tranfer virtual account BRI melalui brimo juga sangat mudah sehingga tidak menyulitkan pelanggan yang ingin membayar barang yang dibeli.

Untuk diketahui, berikut adalah beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan konsumen saat akan membayar barang belanjaannya. Cara Bayar Virtual Account BRI (BRIVA) ini bisa dilakukan di aplikasi BRImo, jadi tidak perlu ke mana-mana. Berikut caranya:

1. Menyimpan Nomor Rekening Virtual Account

Cara Bayar Virtual Account BRI

Cara bayar virtual account BRI yang pertama adalah, pastikan untuk menyimpan nomor rekening virtual BRI yang didapat dari toko online dengan menyimpan rekening tersebut dapat memudahkan dalam proses menyalin virtual account yang sudah di persiapkan sebelumnya.

2. Masuk Ke Aplikasi BRI Mobile

Cara bayar virtual account BRI

 

Selanjutnya, masuk ke aplikasi BRI Mobile atau kini lebih populer dengan nama BRImo. Masukan user name dan password kemudian pin dari BRI Mobile.

3. Masuk Menu Pembayaran

BRI Virtual Account

 

Tahapan berikutnya cara bayar virtual account BRI adalah masuk ke menu Pembayaran dan tap BRIVA di antara beberapa opsinya. Menu tersebut terdapat beberapa pilihan ternasuk cara melihat nomor briva di brimo dan juga yang nantinya menjadi sarana untuk tranfer virtual account.

4. Salin Nomor Virtual Account

Cara bayar virtual account BRI

Lalu, konsumen bisa menyalin nomor rekening BRIVA di kolom yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk menuliskan nominal uang yang akan ditransfer dengan jumlah pas.

5. Masukan Kode Pin Transaksi

BRI Virtual Account

Langkah terakhir dalam cara Bayar virtual account BRI adalah cukup masukkan kode PIN keamanan akun BRImo dan klik tombol Kirim. Transaksi selesai dan notifikasi uang terkirim akan masuk ke aplikasi BRImo.

Di saat yang sama, Anda sebagai penjual juga akan mendapatkan notifikasi bahwa konsumen sudah mengirimkan transfer uangnya. Jadi, Anda bisa segera melakukan packing dan mengirimkan barang pesanan konsumen untuk memaksimalkan kepuasan yang dirasakan pelanggan.

Keunggulan Virtual Account BRI

BRI Virtual account bisa dikatakan sebagai satu metode pembayaran yang sangat penting diterapkan di toko online Anda. Mengapa demikian? Berikut beberapa keunggulan dari virtual account BRI. 

1. BRIVA Memaksimalkan Keamanan Data Pelanggan 

Sebagaimana virtual account bank lainnya, BRIVA memiliki bentuk berupa angka yang terdiri dari beberapa digit. Kode tersebut akan muncul secara otomatis setiap kali konsumen memilih cara bayar barang beliannya dengan BRI virtual account. Menariknya, kode yang merupakan nomor rekening virtual tersebut tidak sama setiap waktunya. Jadi, meskipun konsumen menyimpan nomor rekening virtual suatu e-commerce, kemudian akan melakukan pembayaran kembali, kode sebelumnya tidak berlaku lagi.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya sistem keamanan yang dinamakan tokenization technology. Teknologi tokenisasi ini dapat menghasilkan angka-angka unik yang sebelumnya tidak pernah muncul dan tidak akan hadir lagi di kemudian hari. Bagian tersebut tentu menjadi sebuah keuntungan untuk pengirim, dalam hal ini adalah konsumen. Sebab, pengiriman uang tidak memerlukan nomor rekening asli sehingga risiko data bocor akibat adanya oknum yang meretas sangatlah minim.

Sifat virtual account BRI yang hanya bisa digunakan sekali membuatnya kedaluwarsa secara otomatis. Jadi, sekalipun seorang peretas mengetahui nomor rekening virtual seseorang, angka-angka tersebut tidak bisa dilacak.

2. BRIVA Menjadikan Cara Bayar Barang Lebih Fleksibel 

Sebagaimana telah diketahui, cara bayar BRIVA ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi BRImo. Jadi, bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Selain itu, BRI Virtual Account juga menerima pembayaran dari layanan fintech lain, baik itu e-wallet, e-money, ataupun bank lainnya. Jika tidak bisa dengan cara-cara tadi, pembayaran ke rekening BRIVA juga bisa dilakukan di ATM ataupun teller bank mana saja.

Jadi, ini sangat fleksibel dan tidak benar-benar memudahkan proses bayar barang belian. Dengan demikian, konsumen akan merasa makin senang berbelanja di tempat usaha Anda, bukan? 

3. Transaksi Tercatat Secara Real-time oleh Sistem BRIVA

Salah satu keuntungan menerapkan produk virtual account di toko online Anda tidak hanya memudahkan konsumen dalam hal pembayaran. Akan tetapi, konsumen juga tidak perlu repot-repot mengirimkan bukti transfer-nya kepada Anda supaya barang segera diproses untuk dikirim.

Pasalnya, transaksi yang telah terjadi akan tercatat langsung di akun penerima transfer, yaitu Anda. Pencatatan transaksi ini dilakukan secara otomatis oleh sistem BRIVA sehingga tidak ada batas waktu untuk proses ini.

4. BRIVA Meminimalisir Risiko Kesalahan dalam Mencatat Keuangan Perusahaan 

Berlanjut dari keuntungan di poin ketiga, alasan lain pentingnya BRIVA untuk pebisnis adalah guna meminimalisir risiko kesalahan. Baik kesalahan dalam pencatatan transaksi, informasi pengirim, jumlah nominal yang diterima, atau kelalaian lainnya.

Dengan virtual account BRI, semua risiko tadi tidak akan terlalu besar sehingga kinerja perusahaan juga akan makin maksimal. 

Setelah mengetahui langkah-langkah aktivasi tadi, bagaimana menurut Anda? Sangat mudah bukan untuk mendapatkan layanan BRI virtual account? Memang, mendaftarkan diri untuk aktivasi layanan tersebut tidaklah sulit. Terlebih, Anda hanya harus sabar menunggu verifikasinya dalam jangka waktu empat belas hari setelah langkah-langkah tadi.

Namun, tidak semua orang bisa merasa cara aktivasi tadi mudah dilakukan. Hal ini bisa dikarenakan orang tersebut bukan nasabah BRI sehingga harus membuat rekeningnya terlebih dulu. Selain itu, ada juga masyarakat yang merasa kesulitan mendapatkan acc atas permohonannya mengajukan BRIVA. Biasanya, ini disebabkan terlalu banyaknya klien yang mengajukan pendaftaran layanan.

Bukan itu saja, beberapa pengusaha juga mengalami kesulitan registrasi layanan tersebut hanya karena belum memiliki badan usaha yang tercatat. Jadi, kredibilitasnya dirasa kurang oleh perbankan dan pengajuan layanannya cenderung ditolak. Jika Anda juga mengalami masalah demikian, tidak perlu khawatir mengenai itu. Pasalnya, kini sudah tersedia perusahaan payment gateway dengan nama Faspay yang dapat membantu Anda memiliki layanan BRIVA.

Tidak hanya itu, dengan satu kali registrasi Faspay, Anda bisa juga menyediakan layanan virtual account dari bank lain, seperti Mandiri, BCA, BNI, Permata dan bank lainnya. Lantas, bagaimana cara mendapatkan layanan BRIVA dan virtual account lain dengan memanfaatkan Faspay?

Lihat Artikel Lainnya

Thumbnail article February end-03 (1)

Here are 9 Jobs That Can be Replaced by Technology

Membuat business plan

Ini 5 Langkah Membuat Business Plan Bagi Pemula

Merchant Story Image

Begini kisah K7TopUp Setelah Menggunakan Faspay! #MerchantStory

keuntungan gpn

5 Keuntungan Pakai Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)