Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Naikan konversi dengan payment gateway

Dalam era digital saat ini, pembayaran online telah menjadi hal yang umum digunakan untuk berbelanja, membayar tagihan, atau melakukan transaksi keuangan lainnya. Jadi, bagi pengusaha yang ingin berbisnis secara online, penting untuk mereka mengetahui cara integrasi payment gateway.

Sebab dengan adanya sistem pembayaran online berbasis payment gateway, transaksi yang menggunakan uang fisik tidak lagi diperlukan. Oleh karena itu, ketahui seperti apa cara kerja dan metode untuk mengintegrasikan bisnis Anda dengan sistem pembayaran ini.

Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?

Sebelum mengetahui cara integrasi payment gateway, sebaiknya ketahui dulu apa definisi beserta cara kerjanya. Pada dasarnya, payment gateway adalah sebuah sistem yang memungkinkan transaksi pembayaran dilakukan secara online. Jadi, penyedia layanan payment gateway akan memproses informasi pembayaran dan melakukan otorisasi transaksi untuk memastikan keamanan dan keabsahan data yang dikirimkan.

Cara kerjanya sederhana, yaitu ketika seorang pelanggan melakukan pembelian di sebuah situs web atau aplikasi, maka data pembayaran mereka seperti nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa, dan kode keamanan akan dikirim secara aman ke payment gateway.

Setelah itu, penyedia layanan payment gateway akan memproses informasi tersebut dan mengirimkannya ke bank atau lembaga keuangan terkait untuk otentikasi dan otorisasi. Jika pembayaran berhasil, maka penjual dan pelanggan akan memperoleh notifikasi bahwa transaksi online telah sukses dilakukan.

Manfaat Integrasi Payment Gateway bagi Pebisnis

Dengan mengintegrasikan sistem pembayaran bisnis Anda dengan payment gateway, ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh secara signifikan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Metode Pembayaran yang Bervariasi

Metode Pembayaran yang Bervariasi

Integrasi payment gateway memungkinkan pebisnis untuk menyediakan berbagai metode pembayaran kepada pelanggan mereka. Termasuk di antaranya kartu kredit, debit, dompet digital, transfer bank, atau jenis metode pembayaran lainnya.

Sehingga, pebisnis dapat memenuhi preferensi pembayaran pelanggan dan memperluas potensi penjualan. Fleksibilitas ini tentu dapat memungkinkan pebisnis untuk menjangkau dan menarik lebih banyak pelanggan.

2. Transaksi Terjamin Aman

secure paymanet

Payment gateway menyediakan tingkat keamanan yang tinggi dalam proses pembayaran. Hal ini karena informasi pembayaran pelanggan dengan cara integrasi payment gateway dilindungi dengan sistem enkripsi yang kuat untuk mencegah penyalahgunaan atau pencurian data. 

3. Notifikasi dan Konfirmasi Transaksi Otomatis

Notifikasi dan Konfirmasi Transaksi Otomatis

Setelah pembayaran berhasil, sistem payment gateway akan mengirimkan notifikasi kepada penjual dan pelanggan mengenai status transaksi secara otomatis. Penjual akan mendapatkan informasi bahwa pembayaran telah diterima, sedangkan pelanggan akan mendapatkan konfirmasi pembayarannya telah berhasil.

Notifikasi dan konfirmasi tersebut bersifat otomatis. Artinya, pelanggan selaku pengirim dana tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran secara manual, misalnya dengan cara mengirimkan foto bukti transfer.

4. Jumlah Transaksi Tidak Terbatas

Transaksi Tidak Terbatas

Manfaat selanjutnya, sistem ini tidak memiliki batasan pada jumlah transaksi yang dapat diproses. Sehingga, pebisnis dapat menerima dan mengelola transaksi dalam jumlah besar tanpa ada batasan secara birokrasi maupun administratif. Hal ini membuat pebisnis dapat memaksimalkan pembayaran bisnis dan membuat bisnisnya semakin berkembang.

5. Jangkauan Transaksi Lebih Luas

transaksi lebih luas

Adanya integrasi payment gateway memungkinkan pebisnis untuk memperluas jangkauan transaksinya hingga ke seluruh Indonesia. . 

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para pebisnis untuk memperluas jangkauan usaha, menjangkau pelanggan dari seluruh Indonesia, dan memperluas pangsa pasar mereka.

6. Pemilik Bisnis Tidak Perlu Membuat Banyak Rekening

Tidak perlu buka banyak rekening

Dengan cara integrasi payment gateway pada bisnis Anda, maka Anda selaku pemilik bisnis tidak perlu membuat banyak akun atau rekening bank. Sebab integrasi ini memungkinkan pengelolaan semua transaksi pembayaran melalui satu akun.

7. Rekap Pembayaran dan Pembelian Menjadi Lebih Mudah

Rekap Pembayaran dan Pembelian

Melalui payment gateway Anda akan mendapatkan laporan transaksi secara terperinci dan melacak status transaksi real-time dalam satu dashboard.

Sehingga, pemilik bisnis dapat dengan mudah melihat dan menganalisis informasi transaksinya. Rekapan ini membantu dalam pelacakan dan rekonsiliasi transaksi, membuat proses akuntansi dan pelaporan keuangan lebih efisien dan akurat.

8. Proses Integrasi Mudah dan Cepat

Terakhir, cara integrasi payment gateway sangat mudah, bahkan bisa diterapkan ke dalam sistem e-commerce dalam waktu singkat. 

Itu sebabnya, semakin banyak pelaku bisnis yang beralih menggunakan sistem pembayaran ini untuk transaksi bisnisnya.

Cara Integrasi Payment Gateway Website

Integrasi payment gateway berbasis website mengacu pada proses menghubungkan sistem payment gateway ke dalam situs web secara umum. Proses ini melibatkan penggunaan API (Application Programming Interface) yang disediakan penyedia layanan payment gateway.

API tersebut digunakan untuk mengirimkan permintaan pembayaran dari situs web ke payment gateway dan memproses responnya. Jadi, metode ini biasanya melibatkan coding pada sisi server untuk mengatur komunikasi antara situs web dan payment gateway.

Adapun langkah-langkah untuk mengintegrasikan metode payment gateway pada situs web Anda adalah sebagai berikut:

  1. Pilih penyedia layanan payment gateway sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
  2. Buat akun dan dapatkan informasi API yang diperlukan.
  3. Gunakan API tersebut untuk menghubungkan payment gateway ke website Anda. Untuk melakukannya, dibutuhkan coding atau pengkodean pada sisi server untuk mengirim permintaan pembayaran dan memproses respon dari payment gateway.
  4. Buat halaman pembayaran yang responsif dan terintegrasi dengan tampilan dan branding website Anda.
  5. Uji hasil integrasi dengan cara melakukan transaksi uji untuk memastikan bahwa pembayarannya terproses dengan benar.
  6. Jika berfungsi dengan baik, artinya integrasi payment gateway berhasil diaktifkan.

Cara Integrasi Payment Gateway WooCommerce

WooCommerce adalah plugin populer untuk platform WordPress yang digunakan untuk membangun toko online. Untuk mengintegrasikan payment gateway dengan WooCommerce, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih penyedia payment gateway yang kompatibel dengan WooCommerce.
  2. Aktifkan plugin payment gateway di WooCommerce dan masukkan informasi akun yang diberikan oleh penyedia, seperti kunci API dan ID merchant.
  3. Konfigurasikan pengaturan plugin untuk mengatur preferensi dan tampilan halaman pembayaran.
  4. Uji hasil integrasi dengan cara melakukan transaksi uji untuk memastikan bahwa pembayarannya terproses dengan benar.
  5. Jika hasil uji cobanya berhasil, artinya sistem payment gateway Anda sudah terintegrasi dengan WooCommerce.

Cara Integrasi Payment Gateway PHP

Integrasi payment gateway PHP (Hypertext Preprocessor) adalah metode di mana sistem PHP digunakan untuk mengintegrasikan payment gateway ke dalam aplikasi web yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Karena semua kode ditulis secara khusus dalam bahasa pemrograman PHP, maka metode ini memungkinkan tingkat kontrol yang lebih tinggi dan fleksibilitas dalam proses integrasi. Jika ingin mengintegrasikan sistem payment gateway secara langsung ke dalam aplikasi PHP yang Anda bangun, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih penyedia payment gateway yang menyediakan dokumentasi dan API untuk pengembang PHP.
  2. Buat kode PHP yang sesuai dengan API penyedia payment gateway. Kode ini akan digunakan dalam mengirimkan permintaan pembayaran, memvalidasi data, dan memproses respon pembayaran.
  3. Lakukan pengujian dengan cara melakukan transaksi uji untuk memastikan bahwa pembayarannya terproses dengan benar.
  4. Jika transaksi berjalan dengan baik, artinya sistem payment gateway sudah bisa diimplementasikan ke aplikasi PHP Anda.

Faspay, Solusi Integrasi Payment Gateway

Dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan ramah pengguna, pemilik bisnis bisa  mengatur dan mengintegrasikan payment gateway ke dalam situs web atau aplikasinya dengan beragam opsi integrasi dan sandbox untuk menguji sistem pembayaran Anda. 

Tersedia pula sistem laporan otomatis yang memberikan ringkasan transaksi bisnis secara realtime. Melalui tampilan dashboard yang responsif, Anda dapat memaksimalkan analisis volume transaksi bisnis secara lebih akurat.

Selain itu, Faspay juga menerima berbagai metode pembayaran yang bervariasi, termasuk di antaranya kartu kredit, transfer bank, e-wallet, dan lain sebagainya. Karena sudah memiliki izin resmi dari Bank Indonesia, setiap transaksi lebih terjamin keamanannya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait cara integrasi payment gateway melalui Faspay, lakukan pendaftaran sekarang juga melalui halaman https://faspay.co.id/id/daftar/ dan dapatkan berbagai manfaatnya!

Lihat Artikel Lainnya

invoice online indonesia

Bikin Invoice Tanpa Ribet dengan Faspay Billing

Manfaat Google Business Profile

10 Manfaat Google Business Profile untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Thumbnail PELUANG DAN TIPS SUKSES_WEBSITE BLOG

Peluang dan Tips Sukses Menjalankan Bisnis di Bidang Pendidikan

Virtual account Mandiri

Ini 6 Cara Bayar Virtual Account Mandiri yang Mudah