Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > 3 Keuntungan Pembayaran Online untuk Bisnis Perhotelan 

3 Keuntungan Pembayaran Online untuk Bisnis Perhotelan

Thumbnail June End Hotel

Fasilitas pembayaran hotel masa kini begitu canggih dan praktis. Sebelumnya, ketika pelanggan ingin melakukan pembayaran, mereka harus melakukan pembayaran secara manual dengan metode pembayaran yang terbatas. Namun, semakin meningkatnya minat pelanggan domestik atau internasional, hal ini menjadi perhatian para pebisnis untuk mengembangkan dan menambahkan fasilitas pembayaran online hotel agar pelanggan dapat bertransaksi dengan fleksibel, mudah, dan aman. 

Dengan adanya metode pembayaran online, para pelanggan dapat melakukan pembayaran online layanan tersebut dengan beragam pilihan metode pembayaran seperti melalui kartu kredit, virtual account, dan lain sebagainya. Dengan koneksi Payment Gateway, para pebisnis tidak perlu melakukan integrasi satu per satu dengan bank atau payment channel lainnya, sehingga dapat memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.  

Faspay dapat membantu memenuhi kebutuhan dan tantangan bagi pebisnis dengan sistem pembayaran yang lebih mudah dan fleksibel. Salah satu layanan Faspay yaitu Faspay Billing merupakan produk yang berfungsi untuk membuat tagihan online (email invoicing) dan payment link serta menerima pembayaran secara online dan real time dari berbagai metode pembayaran yang tersedia. Layanan Faspay Billing juga dilengkapi dengan fitur pengecekan status pembayaran melalui dasbor Faspay. Simak 3 keuntungan pembayaran online untuk bisnis perhotelan!

Keuntungan Menggunakan Pembayaran Online untuk Bisnis Perhotelan 

  1. Beragam Pilihan Metode Pembayaran untuk Seluruh Layanan Hotel
    Payment Gateway dapat mengakomodir pembayaran dengan beragam pilihan metode pembayaran, mulai dari debit, kartu kredit, virtual account, dan sebagainya. Selain dapat melakukan pemesanan kamar hotel, pembayaran dapat dilakukan untuk pembayaran pada fasilitas lainnya, misalnya di beberapa hotel yang menyediakan pemesanan layanan tur wisata, aktivitas, atau tiket acara di sekitar kota atau tempat wisata. Selain itu, pihak hotel dapat menggunakan email invoicing untuk mengirimkan tagihan  pemesanan ruang pertemuan, fasilitas konferensi  untuk acara bisnis atau pertemuan lainnya. Kemudian hotel juga memiliki fasilitas olahraga seperti lapangan tenis, lapangan golf, dan gym, penggunaan fasilitas ini mungkin memerlukan biaya tambahan. 
  2. Mencegah Kerugian Hotel dari Pelanggan yang No-Show
    Bagi para pelanggan yang telah melakukan pemesanan, biasanya mereka dapat melakukan pembayaran secara langsung di hotel. Hal ini tentu beresiko bagi pihak hotel karena bisa saja para pelanggan yang sudah melakukan pemesanan dan memilih metode pembayaran di tempat, tidak hadir tanpa melakukan pemberitahuan terlebih dahulu (No-Show). Adanya Faspay Billing dapat mencegah Pelanggan No-Show karena email invoice atau payment link membuat pelanggan dapat membayar online dan mereka wajib melakukan pembayaran di batas waktu tertentu. 
  3. Mencegah Adanya Chargeback
    Chargeback adalah permintaan pengembalian dana yang diajukan oleh pemegang kartu kredit melalui bank kepada merchant. Ini biasanya terjadi ketika pemegang kartu merasa ada ketidakcocokan atau masalah dengan transaksi yang mereka lakukan, misalnya barang tidak diterima, barang cacat, atau transaksi yang tidak sah. Proses chargeback membutuhkan proses yang cukup panjang karena perlu melakukan pengajuan sanggahan kepada bank dan membutuhkan dokumen pendukung serta bukti transaksi dan  proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam konteks bisnis perhotelan, peristiwa ini bisa saja terjadi kepada pihak hotel. Faspay Billing menyediakan Fraud Detection System untuk membantu mengurangi potensi chargeback di bisnis hotel Anda.

Setelah membaca penjelasan tersebut, Anda dapat memahami bahwa pembayaran online memberikan keuntungan bagi pebisnis Hotel. Terlebih lagi bagi para pebisnis yang sedang mengembangkan bisnis dan jangkauan target pelanggan. Apabila Anda adalah pebisnis hotel yang tertarik menerapkan pembayaran online dengan berbagai pilihan metode pembayaran, tetapi belum menemukan layanan yang tepat, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda bersama Faspay melalui link ini!

Lihat Artikel Lainnya

Faspay Thumbline MEI 2023 part 1-07 (1)

Panduan Cara Membuka Agen Pembayaran Online Dengan Modal Minim

Strategi Pemasaran Terbaik Produk Food & Beverage Agar Dapat Bersaing

Strategi Pemasaran Terbaik Produk Food & Beverage Agar Dapat Bersaing

Pembayaran Online Terbaik_Thumbnail

Hindari Tunggakan Tagihan dengan Channel DANA Subscription Melalui DANA Balance atau DANA Credit!

Article Image

3 Manfaat Beralih dari Invoice Manual ke Invoice Online