Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Payment Gateway Terbaik untuk Website dan Toko Online

Ketika melakukan transaksi online ada bagian yang menentukan keberhasilan pembelian pelanggan, yaitu sistem pembayaran. Untuk itu, Anda membutuhkan payment gateway terbaik di website ataupun aplikasi. 

Sistem pembayaran adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh website maupun aplikasi. Karena pengalaman pembayaran akan menciptakan kesan tersendiri bagi para pelanggan yang melakukan pembelian.

Sebagian orang yang tertarik dengan produk Anda bisa saja membatalkan proses pembelian karena beberapa hal, seperti: 

  • Ragu bertransaksi dengan kartu kredit karena merasa tidak aman
  • Pilihan channel pembayaran online tidak lengkap
  • Penyedia jasa pembayaran (payment gateway) sering bermasalah
  • atau  masalah-masalah lainnya.

Dengan payment gateway terbaik, hal-hal tersebut tidak akan terjadi. Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam menyediakan pembayaran di website maupun aplikasi Anda yang dapat meningkatkan pengalaman pembelian serta membentuk loyalitas pelanggan.

Tidak perlu diragukan lagi bahwa kemudahan, kecepatan, dan keamanan merupakan elemen penting yang harus diaplikasikan pada semua sistem pembayaran. 

Untuk itu, website atau aplikasi perlu menyediakan metode pembayaran terbaik agar pelanggan dapat melakukan transaksi dengan aman dan nyaman.

Apa itu Payment Gateway?

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang payment gateway terbaik untuk website ataupun aplikasi, Anda harus mengetahui lebih dulu apa itu payment gateway. Singkatnya, payment gateway adalah sebuah sistem instrumen pembayaran untuk website dan aplikasi yang memiliki berbagai kemudahan.

Kesimpulannya, payment gateway adalah sebuah teknologi yang menjadi jembatan pembeli dengan penjual dalam melakukan transaksi online. Selain itu, payment gateway dijalankan dengan sistem otomatis yang memudahkan proses transaksi secara real-time.

Di era perkembangan teknologi ini, banyak bisnis yang mulai menggunakan payment gateway sebagai metode pembayaran bisnisnya. Dengan segala kemudahan dan kecepatan yang diberikan, sekarang giliran Anda yang bertransformasi ke payment gateway

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Payment Gateway Terbaik

Namun sebelum memilih, sebaiknya Anda mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih payment gateway, contohnya jenis usaha apa yang Anda jalankan dan jenis transaksi apa yang dilakukan setiap harinya.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan pada saat memilih metode pembayaran online untuk website atau aplikasi ialah sebagai berikut:

1.   Keamanan

Salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan dengan teliti sebelum memilih layanan payment gateway adalah keamanan. 

Pastikan layanan yang akan digunakan menerapkan standar keamanan yang tinggi, seperti enkripsi data dan PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) agar data tetap terlindungi.

Karena payment gateway menyimpan data penting pelanggan, maka Anda perlu memastikan layanan yang dipilih memiliki sistem keamanan yang dapat mengenkripsi data dan melindunginya tetap aman selama proses transaksi berlangsung.

2.   Kompatibilitas

Selain mengecek keamanannya, Anda perlu memastikan apakah payment gateway yang digunakan kompatibel dan sesuai dengan platform bisnis online yang Anda gunakan. Mengingat ada beberapa payment gateway yang dirancang hanya untuk platform-platform tertentu saja.

Cara mengeceknya bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan API (Application Programming Interface) atau menggunakan plugin

API adalah integrasi produk pada website atau aplikasi yang bisa Anda kembangkan melalui coding. Sedangkan plugin merupakan pilihan template yang bisa Anda gunakan, seperti dari WordPress, Magento dan lain sebagainya.

3.   Harga dan Biaya Transaksi

Sebelum memilih layanan payment gateway terbaik, Anda harus membuat daftar biaya yang akan dibayarkan. Selain daftar biaya, Anda juga harus memastikan apakah tidak ada biaya tersembunyi yang dilakukan sebelum ataupun sesudah instalasi. 

Perhitungan ini dilakukan untuk mengetahui berapa pengeluaran dan bagaimana pertimbangan layanan yang paling tepat bagi bisnis Anda. 

Hal lain yang tidak perlu dipertimbangkan juga adalah biaya transaksi. Pastikan struktur biaya transaksi yang ditawarkan sesuai dengan skala bisnis Anda.

4.   Opsi Pembayaran

Salah satu daya tarik dari payment gateway yang banyak dicari orang adalah opsi pembayaran yang fleksibel dan beragam. Agar dapat menggunakan channel pembayaran apapun yang dimiliki pelanggan. 

Maka pastikan payment gateway memiliki channel pembayaran yang lengkap, seperti kartu kredit, debit, gerai retail, virtual account, e-wallet dan metode pembayaran lainnya. 

Ingat! Semakin banyak pilihan, maka semakin besar juga peluang Anda menjangkau konsumen lebih banyak.

5.   Layanan Pelanggan Cepat Tanggap

Pastikan payment gateway yang Anda pilih memiliki layanan pelanggan yang siap dihubungi kapan pun dan dimana pun. Sehingga bila ada pertanyaan terkait registrasi ataupun operasional, mereka bisa cepat menjawab dan memberikan solusi kepada pelanggan.

Untuk hal ini, waktu respon juga akan menentukan kelancaran bertransaksi. Jangan pernah membiarkan pelanggan menunggu berhari-hari sampai akhirnya proses transaksi tertunda. 

Bila hal tersebut terjadi, maka akibatnya sangat fatal karena akan menurunkan citra dan integritas bisnis Anda di masa yang akan datang.

6.       Reputasi

Hal lain yang tidak kalah penting dalam mempertimbangkan payment gateway adalah reputasi layanan. Pilihlah layanan yang dikenal memiliki reputasi yang baik dan memenuhi standar kepuasan pelanggan serta memberikan dukungan teknis jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

7.     Integrasi

Payment gateway yang menyediakan integrasi mudah dan cepat akan memberikan pengalaman checkout yang baik bagi pelanggan. Hal ini bisa dijadikan sebagai alasan pelanggan melakukan pembelian kembali atau re-purchase.

Selain itu, kemudahan integrasi juga dapat menjadi daya tarik dari suatu bisnis. Karena tidak semua website dan aplikasi memfasilitasi integrasi pembayaran yang mudah dan cepat seperti yang diinginkan pelanggan.

8.       Analisis dan Pelaporan

Selain proses transaksi, analisis dan pelaporan juga harus diperhatikan. Pilihlah payment gateway yang menyediakan alat analisis dan pelaporan yang dapat membantu Anda memahami performa transaksi dan pola pembayaran selama periode tertentu.

Hasil analisis atau laporan ini akan Anda gunakan untuk melihat seberapa efektif progress yang sudah Anda dapatkan serta apa saja hal-hal yang perlu ditingkatkan.

Bukan hanya itu, hasil analisis ini juga dapat membantu tim Anda menyusun strategi yang akan Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis.

9. Legalitas

Selain reputasi, pastikan juga sistem pembayaran online memiliki izin resmi dari Bank Indonesia. Sehingga pelanggan lebih percaya serta adanya jaminan ketika melakukan transaksi pada platform tersebut.

Legalitas juga merupakan salah satu faktor utama dalam memilih perusahaan payment gateway di Indonesia, sehingga Anda perlu mengetahui legalitasnya dengan jelas.

10. Variasi Payment 

Dalam bisnis online, ada beberapa pemilik bisnis yang menawarkan keanggotaan atau langganan dalam bentuk paket.

Variasi ini biasanya banyak diminati pelanggan, mengingat cara ini akan memudahkan orang yang sudah pernah bertransaksi. Dengan kehadiran fitur ini, Anda tidak perlu menagih pelanggan secara manual. Karena sistem akan merekam dengan baik siapa saja pelanggan yang sering bertransaksi.

11.   Skalabilitas

Terakhir, jangan lupa pertimbangkan pertumbuhan bisnis Anda di masa depan. Pastikan payment gateway yang Anda gunakan dapat menangani peningkatan volume transaksi yang lebih besar bila bisnis mengalami perkembangan.

Fungsi Payment Gateway

Fungsi payment gateway adalah memproses pembayaran secara online dengan menghubungkannya dengan berbagai jalur pembayaran. 

Ketika seseorang melakukan pembelian di website atau aplikasi, maka dana akan langsung di-settle atau dikirimkan ke akun bank merchant.

Selain yang terdaftar di atas, masih ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih payment gateway terbaik. Jangan ragu untuk melakukan riset dan membandingkan beberapa pilihan payment gateway sebelum akhirnya memutuskan mana yang akan Anda pilih.

Agar transaksi pelanggan lebih mudah, Anda dapat menggunakan Faspay sebagai payment gateway untuk website atau aplikasi Anda. 

Sebagai penyedia payment gateway terbaik untuk website, Faspay memiliki standar keamanan internasional yang berizin resmi, sehingga dapat dipercaya dalam menangani proses transaksi bisnis Anda.

Penting untuk diingat bahwa payment gateway berperan penting dalam menjaga keamanan transaksi dan melindungi data sensitif pelanggan, seperti rincian kartu kredit dan sebagainya. 

Oleh karena itu, pilihan payment gateway yang handal dan aman sangatlah penting bagi keberhasilan dan reputasi bisnis Anda.

Selain itu, Faspay juga memiliki berbagai produk terbaik yang dapat mendukung bisnis Anda, seperti Faspay SendMe, Billing dan juga Cash Out yang akan menyempurnakan pengalaman transaksi pelanggan menjadi lebih cepat dan mudah.

Faspay juga memiliki 50+ channel pembayaran dan telah bekerja sama dengan 150+ bank di seluruh Indonesia sehingga dapat memberikan berbagai pilihan pembayaran untuk pelanggan bisnis Anda. Hal ini terbukti dengan 5000+ merchant dari berbagai industri yang sudah mempercayakan Faspay untuk menjadi partner pembayaran online untuk bisnis mereka.

Miliki payment gateway terbaik untuk website atau aplikasi Anda, dengan daftar Faspay sekarang! Informasi lengkap serta produk-produk terbaik lainnya dapat Anda lihat pada halaman berikut https://faspay.co.id/id/.

Lihat Artikel Lainnya

BI-berkunjung

Studi Strategis Dalam Negeri Bank Indonesia Institute ke Faspay

payment gateway

Kenali Faspay Lebih Dekat Yuk – Payment Gateway Terbaik di Indonesia

Newsletter, THUMBNAIL DAN MERCHANT PAGE OCTOBER 2023 ANTERAJA ENGLISH INGGRIS_Merchant Page

Faspay Successfully Helps Anteraja Improve Logistics Efficiency and Payment Service Reliability

Manajemen Keuangan dalam Dunia Bisnis yang Perlu Diketahui

Manajemen Keuangan dalam Dunia Bisnis yang Perlu Diketahui