Manfaat Tagihan Online Bagi Pelanggan dan Pelaku Bisnis Faspay

Kemajuan teknologi yang semakin pesat menjadikan banyak orang memanfaatkan berbagai macam aplikasi. Kini banyak perusahaan yang sudah menghadirkan beberapa aplikasi secara mobile. Terdapat berbagai macam fitur-fitur yang ada di dalamnya dan salah satunya adalah fitur tagihan online yang banyak terdapat pada aplikasi pembayaran dan tempat berbelanja online seperti website e-commerce atau marketplace.

Apa itu Tagihan Online?

Tagihan online juga dikenal sebagai e-billing atau electronic billing, adalah proses pengiriman dan pembayaran tagihan secara elektronik melalui internet. Proses tagihan online dimulai dari pembuatan dan pengiriman tagihan oleh pihak pemberi layanan atau penjual kepada pelanggan. Pelanggan dapat dengan mudah mengakses dan membayar tagihan dari mana saja dan kapan saja menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet. Tagihan tersebut dapat berisi rincian pembelian, jatuh tempo, jumlah yang harus dibayarkan, dan opsi pembayaran yang tersedia. Kemudian, pelanggan akan menerima pemberitahuan tagihan melalui email. Beberapa metode pembayaran yang digunakan dalam tagihan online adalah transfer bank online, kartu kredit/debit, e-wallet, dan virtual account.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari fitur tagihan online bagi pelanggan :

1. Hemat waktu

Kemudahan dalam menggunakan teknologi membuat pelanggan menjadi lebih hemat waktu dan lebih efisien. Biasanya, pelanggan hanya perlu membuka aplikasi saja untuk dapat melakukan pemeriksaan terhadap tagihan tersebut. Pembayaran untuk tagihan online ini juga sudah sangat mudah dengan adanya fitur moblie banking.

2. Data langsung diterima

Jika memiliki tanggungan yang belum dibayarkan, pelanggan dapat dengan mudah untuk melakukan pemeriksaan dengan melihat tagihan online yang tertera pada aplikasi pembayaran atau tempat berbelanja online seperti website e-commerce dan marketplace.

3. Dapat melakukan estimasi waktu pembayaran

Biasanya pada tiap tagihan online yang dikeluarkan saat seorang pelanggan berbelanja secara online di website e-commerce atau marketplace terdapat batas waktu maksimum untuk melakukan pembayaran, sehingga pelanggan tersebut dapat melakukan estimasi kapan harus membayarkan tagihannya tersebut.

Manfaat Tagihan Online Bagi Pelaku Bisnis

Selain pelanggan, tagihan online juga memiliki beberapa manfaat bagi pelaku bisnis diantaranya adalah :

1. Hemat waktu

Salah satu keuntungan penggunaan tagihan online adalah Anda dapat mengatur pengiriman tagihan online secara otomatis kepada pelanggan Anda secara satuan ataupun sekaligus, dengan proses yang sangat cepat kapanpun dan dimanapun. Tagihan online juga mempermudah Anda dalam melakukan pemeriksaan tagihan, sehingga Anda tidak perlu lagi mencari satu per satu tagihan yang belum dibayarkan oleh pelanggan, karena semua data tagihan pelanggan secara detail ditampilkan pada dashboard.

2. Data langsung diterima

Anda hanya perlu mengirimkan link pembayaran kepada pelanggan dengan menggunakan SMS, email, whatsapp ataupun channel lainnya. Kemudian setelah pelanggan Anda melakukan pembayaran tagihan online, Anda dapat langsung menerima informasi pembayarannya secara real-time.

3. Pengiriman tagihan secara berkala

Penggunaan fitur tagihan online memudahkan Anda dalam mengirimkan tagihan secara berkala kepada pelanggan Anda. Pengiriman tagihan secara berkala ini sering disebut dengan istilah recurring, dimana pada sistem ini tagihan yang dibuat secara otomatis akan dikirimkan secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Contoh Penggunaan Tagihan Online dalam Beberapa Bisnis

1. Industri Edukasi

Sebagai contoh di industri edukasi seperti sekolah, perguruan tinggi, bimbingan belajar dan kursus, serta lembaga pelatihan, dapat menggunakan tagihan online untuk mengirimkan tagihan biaya sekolah, uang kuliah, atau biaya pendaftaran kepada siswa dan orang tua. Dengan tagihan online, proses pembayaran dapat dilakukan dengan mudah melalui transfer bank, kartu kredit, e-wallet, dan retail payment. Contoh lainnya di lembaga pelatihan dan bimbingan belajar dapat menggunakan tagihan online untuk biaya atas program pelatihan atau les tambahan kepada siswa secara berkala. Siswa atau orang tua mereka dapat membayar melalui invoice online yang ditagihkan oleh lembaga tersebut.

2.Industri Finansial

Di industri finansial, perusahaan asuransi dapat menggunakan tagihan online untuk mengirimkan tagihan premi asuransi kepada nasabah mereka. Nasabah akan menerima tagihan melalui email dan mereka dapat membayar premi asuransi dengan mudah melalui transfer bank atau kartu kredit.

3. Industri Internet Service Provider

Di industri Internet Service Provider, Anda dapat menggunakan tagihan online untuk mengirimkan tagihan bulanan kepada pelanggan mereka. Tagihan tersebut mencakup rincian biaya langganan internet, paket data, dan layanan tambahan lainnya. Sistem tagihan online akan mengirimkan notifikasi kepada pelanggan menjelang jatuh tempo pembayaran. Notifikasi ini dapat berupa email atau pesan teks yang mengingatkan pelanggan untuk membayar tagihan sebelum batas waktu yang ditentukan. Pelanggan akan menerima tagihan online melalui email dan tinggal klik “Pay Here” untuk melakukan pembayaran. 

4. Industri Logistik

Tagihan online dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan tagihan layanan logistik secara berkala. Tagihan tersebut dapat diatur secara otomatis dan dikirimkan dalam periode yang ditentukan. Tagihan online memungkinkan perusahaan logistik untuk menyajikan laporan dan rekapitulasi pembayaran secara akurat dan transparan kepada pelanggan. Pelanggan dapat dengan mudah melihat riwayat pembayaran dan biaya layanan logistik yang telah dikeluarkan melalui email notification setelah transaksi berhasil. 

5. Industri Transportasi

Pada industri transportasi, tagihan online dapat digunakan untuk mengirimkan tagihan kepada pelanggan atas pelayanan transportasi yang telah digunakan. Tagihan ini dapat mencakup informasi tentang tarif, rute, dan tanggal perjalanan. Tagihan ini akan mencakup rincian biaya pengiriman, asuransi, dan biaya tambahan lainnya. Sehingga pelanggan dapat melakukan pembayaran online dari di mana saja dan kapan saja.

Faspay Billing akan membantu Anda dalam menyelesaikan pembayaran tagihan online kepada pelanggan melalui email dan platform chat. Anda bisa membuat tagihan yang dikirimkan secara online sekaligus konfirmasi otomatis pada pelanggan. Detail transaksi dan tagihan online akan ditampilkan secara detail pada dashboard Faspay Billing Anda. Daftar sekarang juga di https://faspay.co.id/id/daftar/, agar bisnis Anda memiliki sistem manajemen yang efisien dalam membuat, mengirim dan mengelola tagihan yang dikirimkan kepada pelanggan Anda.

Related Articles

5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Layanan Disbursement

5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Layanan Disbursement

Bank Transfers for Business Growth

Bank Transfers

Inovasi dan Komitmen Faspay dalam Mengembangkan Ekosistem Digital di Sektor Pembayaran Online

Thumbnail Image Faspay Awards 2021