Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran, pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

perbedaan internet banking dan mobile banking

Banyak orang yang menggunakan internet banking atau mobile banking, sayangnya banyak yang tidak tahu perbedaan internet banking dan mobile banking. Meski keduanya sama-sama menggunakan internet, nyatanya ada banyak perbedaan dari keduanya. 

Selain itu, baik dari internet banking dan mobile banking, keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun masih banyak yang merasakan manfaat pembayaran non tunai dibanding pembayaran online. Namun penggunaan internet banking dan mobile banking semakin meningkat pada kehidupan sehari-hari seiring dengan kemudahan dan keamanan yang ditawarkannya. Seperti apa informasi lengkapnya? Berikut ini kami sajikan selengkapnya!

Pengertian Internet Banking dan Mobile Banking

Internet banking dan mobile banking adalah dua metode pembayaran yang paling banyak digunakan. Untuk mengetahui lebih dalam internet banking dan mobile banking, berikut penjelasan lengkapnya.

Internet Banking

Internet Banking adalah sistem perbankan yang berjalan secara elektronik dengan memanfaatkan internet. Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 mengatur penggunaan internet banking oleh bank umum untuk mengelola risiko dalam teknologi informasi. 

Baca Juga : Reliability: Definisi dan Pentingnya dalam Sistem Pembayaran

Berbeda dengan mobile banking yang membutuhkan aplikasi khusus, internet banking dapat diakses langsung melalui browser web Anda. Fasilitasnya mencakup berbagai kegiatan finansial seperti transfer dana, pengecekan saldo, dan pembayaran tagihan, yang dapat diakses melalui perangkat digital seperti komputer atau smartphone

Dengan menggunakan layanan internet banking, baik nasabah maupun bank dapat melakukan transaksi perbankan secara lebih efisien, menghemat waktu dan biaya. Internet banking terbagi menjadi dua jenis:

  • E-Banking Berbasis Kanal Konvensional, seperti ATM, EDC, dan CDM, dimiliki oleh bank untuk transaksi.
  • E-Banking Berbasis Kanal Personal, seperti internet banking dan mobile banking, dimiliki oleh individu nasabah untuk melakukan transaksi.

Fitur internet banking mencakup informasi rekening, transfer uang antar bank, pembelian pulsa, tiket, deposito, pembayaran tagihan, serta menampilkan suku bunga dan kurs.

Mobile Banking

Mobile banking merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh bank kepada pelanggannya untuk mempermudah berbagai transaksi keuangan. Layanan ini dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi di ponsel Anda.

Beragam transaksi dapat dilakukan melalui mobile banking, termasuk pengecekan saldo, melihat mutasi rekening, transfer dana, pembayaran tagihan, hingga melakukan pembelian.

Perbedaan Internet Banking dan Online Banking-faspay

Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking dan Mobile Banking

Internet banking dan mobile banking tentu memiliki banyak kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua alat pembayaran online ini adalah sebagai berikut. 

Kelebihan Internet Banking

Kelebihan internet banking adalah kemudahannya dalam melakukan berbagai transaksi keuangan secara online. Dengan internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi seperti transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan banyak lagi tanpa perlu datang ke bank. 

Berikut adalah beberapa fitur internet banking yang disajikan dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti:

  • Transfer antar bank: Memungkinkan Anda untuk mentransfer uang dari rekening bank Anda ke rekening bank lain, bahkan jika bank tersebut berbeda.
  • Pembayaran tagihan: Memungkinkan Anda untuk membayar tagihan seperti listrik, air, telepon, dan lainnya secara online, tanpa harus datang ke kantor pembayaran.
  • Cek saldo: Memberikan informasi tentang jumlah uang yang ada di rekening Anda.
  • Riwayat transaksi: Menyajikan daftar transaksi terakhir yang dilakukan, termasuk transfer, pembayaran, dan penarikan.
  • Pembelian pulsa dan token listrik: Memungkinkan Anda untuk membeli pulsa telepon atau token listrik langsung dari aplikasi internet banking.
  • Aktivitas kartu kredit: Memberikan akses ke informasi tentang tagihan kartu kredit, pembayaran minimum, dan riwayat transaksi kartu kredit Anda.

Fitur-fitur ini membantu Anda untuk mengelola keuangan Anda dengan lebih mudah dan efisien melalui platform internet banking. Hal ini membuat proses perbankan menjadi lebih praktis dan efisien, karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja selama terhubung ke internet. Selain itu, penggunaan internet banking biasanya gratis, sehingga tidak memerlukan biaya tambahan untuk setiap transaksi yang dilakukan. 

Baca Juga : Jenis Pembayaran Internet Banking Hingga E-Money yang Digemari Pelanggan Masa Kini

Dengan adanya internet banking, nasabah juga memiliki kontrol penuh atas keuangannya, dapat memantau saldo, melihat riwayat transaksi, dan mengatur jadwal pembayaran secara mandiri. Ini semua memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna dalam mengelola keuangan mereka tanpa harus menghabiskan waktu dan tenaga untuk berkunjung ke bank secara langsung.

Kelebihan Mobile Banking

Kelebihan mobile banking adalah kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkannya kepada pengguna dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung melalui ponsel pintar mereka. Dengan mobile banking, pengguna dapat menghemat waktu dan biaya dengan tidak perlu mengunjungi cabang bank atau mesin ATM secara langsung. 

Fitur yang ada pada mobile banking lebih lengkap daripada yang ada di Internet Banking. Berikut adalah beberapa fitur mobile banking yang disajikan dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti:

  • Cek Saldo: Anda dapat melihat jumlah uang yang ada di rekening Anda.
  • Transfer Uang: Memungkinkan Anda untuk mentransfer uang dari rekening Anda ke rekening lain, bahkan jika rekening tersebut berada di bank yang berbeda.
  • Pembayaran Tagihan: Memungkinkan Anda untuk membayar tagihan seperti listrik, air, telepon, dan lainnya secara online melalui aplikasi mobile banking.
  • Aktivitas Rekening: Menyediakan riwayat transaksi terbaru, termasuk transfer, pembayaran, dan penarikan.
  • Pembelian Pulsa: Memungkinkan Anda untuk membeli pulsa telepon langsung melalui aplikasi mobile banking.
  • Penjadwalan Pembayaran: Anda dapat menjadwalkan pembayaran tagihan untuk tanggal tertentu di masa mendatang.
  • Penarikan Tunai di ATM: Memungkinkan Anda untuk menemukan ATM terdekat dan melakukan penarikan tunai tanpa kartu ATM melalui aplikasi.
  • Notifikasi Transaksi: Memberikan notifikasi untuk setiap transaksi yang terjadi pada rekening Anda, sehingga Anda dapat selalu memantau aktivitas keuangan Anda secara real-time.

Baca Juga : 5 Keuntungan Pembayaran Online untuk Bisnis Top Up Game

Selain itu, mobile banking juga dianggap lebih aman karena umumnya dilengkapi dengan fitur keamanan seperti otentikasi dua faktor, pemantauan transaksi real-time, dan kemampuan untuk dengan cepat mengunci akun dalam situasi darurat. 

Hal ini memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada pengguna dalam mengelola keuangan mereka secara online. Dengan segala keunggulan ini, mobile banking telah menjadi pilihan yang populer dan relevan bagi banyak orang dalam mengelola keuangan mereka sehari-hari.

Kekurangan Internet Banking

Kekurangan dari penggunaan internet banking adalah adanya potensi risiko keamanan yanglebih tinggi dibandingkan dengan transaksi secara langsung di bank atau melalui mesin ATM. 

Menggunakan internet banking terasa rumit karena setiap kali ingin bertransaksi, pengguna harus login terlebih dahulu, sementara mobile banking lebih mudah karena dapat diakses langsung melalui aplikasi tanpa perlu login ulang setiap kali.

Meskipun telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, seperti otentikasi dua faktor, penggunaan internet banking tetap rentan terhadap serangan cybercrime, seperti phishing dan malware, yang dapat mengancam keamanan informasi dan dana nasabah. 

Selain itu, koneksi internet yang tidak stabil atau terputus juga dapat menghambat proses transaksi dan mengakibatkan gangguan dalam mengakses layanan perbankan secara online

Selain dari aspek keamanan dan ketersediaan koneksi internet, beberapa pengguna juga mungkin merasa kurang nyaman dengan penggunaan teknologi dalam hal manajemen keuangan mereka dan lebih memilih interaksi langsung dengan staf bank. 

Meskipun demikian, dengan pemahaman yang baik tentang risiko dan tindakan pencegahan yang tepat, kebanyakan dari kekurangan ini dapat diatasi, dan internet banking tetap menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang dalam mengelola keuangan mereka

Kekurangan Mobile Banking

Mobile banking rawan terhadap risiko penipuan melalui smishing, di mana penipu menyamar sebagai lembaga keuangan dan meminta informasi rekening secara terperinci. Penggunaan mobile banking juga membawa risiko pencurian data, sehingga penting untuk selalu waspada terhadap modus penipuan yang beragam.

Selain itu, mobile banking hanya dapat diakses melalui smartphone dan tidak dapat digunakan melalui perangkat lain seperti laptop atau PC seperti internet banking. Adapun untuk mendaftar dan menggunakan mobile banking, biasanya dikenakan biaya SMS untuk pendaftaran nomor rekening, serta penggunaan kode OTP saat membuat akun pertama kali di aplikasi mobile banking.

Selain risiko keamanan, tidak semua orang memiliki akses yang stabil dan terjangkau ke internet, sehingga ada sebagian masyarakat yang tidak dapat mengakses layanan internet banking dan mobile banking dengan mudah. 

Terlepas dari kelebihannya, penting untuk mempertimbangkan kekurangan ini dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dari ancaman online saat menggunakan layanan perbankan digital.

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Internet banking dan mobile banking adalah dua cara untuk mengakses layanan perbankan secara digital. Perbedaan utamanya terletak pada cara akses dan platform yang digunakan. Internet banking dapat diakses melalui browser web, memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi perbankan melalui situs web resmi bank. 

Di sisi lain, mobile banking memerlukan pengunduhan dan instalasi aplikasi khusus yang disediakan oleh bank, yang kemudian dapat diakses melalui perangkat seluler seperti smartphone atau tablet. 

Dengan mobile banking, pengguna dapat mengakses layanan perbankan kapan pun dan di mana pun, tanpa terbatas oleh komputer atau lokasi fisik tertentu. Selain itu, mobile banking sering kali menawarkan lebih banyak fitur dan kemudahan akses dibandingkan dengan internet banking, seperti notifikasi transaksi real-time dan integrasi dengan teknologi lain seperti pembayaran digital dan digital wallet

Meskipun keduanya memungkinkan akses ke layanan perbankan secara digital, pemilihan antara internet banking dan mobile banking tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna individual. Namun keduanya sangat memungkinkan Anda memiliki kartu bank yang mana dengan fitur ini Anda bisa juga melakukan pembayaran dengan kartu debit.

Sediakan Pembayaran Internet Banking dan Mobile Banking dengan Faspay

Kegiatan pemindahan dana baik dalam konteks personal atau antar bisnis akan sangat menguntungkan jika menggunakan layanan seperti internet dan mobile banking. Faspay sebagai payment gateway berlisensi Bank Indonesia sangat tepat dalam membantu perkembangan bisnis, terutama dalam masalah transaksi sebuah bisnis. 

Faspay Business merupakan produk yang paling tepat dalam memenuhi kebutuhan metode pembayaran online perusahaan Anda. Bahkan Faspay Business telah dipercaya oleh lebih dari 5000 bisnis di berbagai industri di Indonesia, mulai dari UMKM bahkan banyak korporasi dimanapun dan kapanpun. Aktivasinya cepat dan mudah juga memiliki opsi ontegrasi yang sangat beragam. 

Faspay business juga memfasilitasi pembuatan dan pengiriman e-factur pajak secara mudah dan efisien. Tidak hanya itu, Faspay Business pun menyediakan fitur proforma invoice untuk membantu dalam proses transaksi bisnis Ingin pembayaran lebih mudah? Mulai pakai faspay saat ini.

Lihat Artikel Lainnya

Faspay Payment Gateway dengan Logo Baru

Jangkau Pelanggan Unbanked dengan Pembayaran Melalui Gerai Retail

Faspay Payment Gateway dengan Logo Baru

Faspay Hadir dengan Wajah Baru: Inovasi untuk Layanan Pembayaran yang Lebih Cepat, Aman, dan Andal

split payment

Apa itu Split Payment? Ini Manfaat dan Contoh Penerapannya

cara transfer uang ke luar negeri faspay

3 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri, Mudah dan Aman!